Buku tutorial visual basic 6

1,217 views
1,016 views

Published on

Published in: Design
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,217
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
92
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Buku tutorial visual basic 6

  1. 1. Buku Tutorial Visual Basic 6.0Visual Basic adalah salah suatu development tools untuk membangun aplikasi dalamlingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakanpendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untukkodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. VisualBasic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer dalampengembangan aplikasi skala kecil sampai ke skala besar.Dalam lingkungan Windows User-interface sangat memegang peranan penting, karenadalam pemakaian aplikasi yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi programyang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan.Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan userinterface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam userinterface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilahpengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.Silahkan DownloadDownload Dasar Pemrograman Visual BasicDownload Pemanfaatan Crystal Report pada VB6Download Pemanfaatan DataGrid dan TrueDBGrid pada VBDownload Pemanfaatan SQL server dengan VB6Download Pemrograman Database dengan DAO pada VBDownload Penggunaan DataReport pada VBDownload Belajar Membuat Database
  2. 2. Cara Install (Linux) ClearOSSekarang ini kebanyakan gateway dari warnet menggunakan mikrotik. Disini saya akanmenggunakan sebuah distro linux yang bisa digunakan sebagai gateway dari warnet, yaituClearOS. Untuk info mengenai ClearOS ini,Klik disiniMenurut penjelasin di homepage dari ClearOS ini, distro ini selain dapat di gunakan untukgateway, dapat pula dijadikan Server ^^, dibawah ini feature – feature yang ditawarkanClearOS untuk menggunakan sebagai gateway :Antimalware – Antivirus, Antiphishing, AntispywareAntispamBandwidth ManagementIntrusion Protection, Intrusion Prevention, Intrusion DetectionProtocol Filtering including Peer-to-Peer DetectionContent FilterWeb ProxyAccess Controlselain fitur – fitur diatas, beberapa hal yang saya temukan mengenai Distro ini adalah :remote gateway dari client menggunakan web browser.1.tampilan konfigurasi di PC yang kita gunakan sebagai gateway sama dengan tampilan diweb browser ketika kita me-remote dari client, tidak hanya layar hitam (konsole).2.Installasi dan konfigurasi yang menurut saya jauh lebih mudah dan cepat.3.Web proxy, dengan ini koneksi di warnet anda akan terasa cepat, karena page dariwebsite di cache di server.4.Dan terakhir yang paling saya suka, Gratiss,.untuk membuat gateway ini tentunya dibutuhkan PC yang akan di install ClearOS ini. SpekPC yang akan saya gunakan adalah :prosessor P4 2.4Ghz
  3. 3. mobo Amptron (typenya lupa )Ram DDR2 2GBHDD 80GB Seagate2 Lan Card, untuk eth0 dan eth1.Setelah persiapan Ok, sekarang langsung saja ke proses installasi dari ClearOS ini :pertama atur agar first Boot dari PC ini adalah CD/DVD-Rom, setelah di atur dan CDClearOS dapat berjalan, maka tampilanya pertamanya adalah seperti dibawah ini :yang harus kita lakukan, cukup tekan enter saja. Karena kita akan melakukan fresh install ke PCini. Lalu tunggu hingga ke step selanjutnya.disini disuruh memilih bahasa yang akan kita gunakan, tidak usah repot – repot mencari bahasaindonesia karena tidak ada , untuk itu kita pilih yang cukup aman saja, pilih English.
  4. 4. Selanjutnya disini ada pertanyaan dimana sumber installasi di disediakan, karena disini sayamenggunakan CD-ROM jadi pilih Lokal CD-ROM.Disini kita disuruh memilih apakah akan melakukan Install atau upgrade. Bila anda baru maumenginstall ClearOS ini maka pilih Install, sedangkan bila sudah ada ClearOS dan anda inginmelakukan Upgrade pilihlah Upgrade.Selanjutnya, disini kita diberi peringatan bahwa semua isi dari harddisk akan di hapus, dan bilaanda telah yakin maka ketik ClearOS pada kotak yang disediakan.
  5. 5. Selanjutnya, disini kita di haruskan memilih mode apa yang akan kita gunakan. Jadi seperti yangtelah dijelaskan sebelumnya ClearOS memiliki 2 mode yaitu1.Gateway Mode ; yang digunakan untuk gateway.2.Standalone Mode : yang digunakan untuk server.Jadi untuk kali ini yang kita pilih adalah Gateway Mode.Selanjutnya, kita memilih jenis koneksi internet yang digunakan. Disini saya memilih Ethernet.Selanjutnya, disini kita memilih apakah IP address nya menggunakan konfigurasi DHCP ataumanual, disini saya memilih manual.Pertama saya akan jelaskan terlebih dahulu, untuk membuat gateway ini kita akanmenggunakan dua buah NIC yaitu :
  6. 6. 1.NIC yang pertama untuk menyambungkan antara gateway dengan modem. (eth0)2.NIC yang kedua untuk menyambungkan antara gateway dengan jaringan Lokal. (eth1)sehingga akan ada dua buah IP yang terdapat dalam gateway ini, dan juga ada dua buahsubnetwork yang berbeda misalnya 192.168.1.XX untuk eth0 dan misalnya 192.168.0.XX untuketh1. Ilustrasinya dapat dilihat dibawah ini.Nah sekarang kembali ke proses installasi tadi, disini kita memasukan IP address untuk NICyang pertama (eth0). Jadi konfigurasinya adalah :IP address : 192.168.1.2 / 255.255.255.0gateway ; 192.168.1.1 (merupakan IP dari Modem)Name Server : 202.134.0.155 (merupakan DNS dari Speedy)selanjutnya disini kita memasukan IP address untuk NIC yang kedua (eth1).
  7. 7. Selanjutnya disini masukan password untuk system / root dari ClearOS ini. Dan jangan lupa diverify, password inilah yang akan digunakan untuk melakukan login ke system ClearOS dan jugamelakukan remote dari Client.Selanjutnya, disini adalah untuk memilih schema dari partisi clearOS ini. Disini saya memilih UseDefault. Untuk memilih konfigurasi default dari ClearOS, namun bila anda berkeinginan untukmengatur konfigurasi partisi sendiri untuk ClearOS ini anda bisa memilih I will do my ownpartitioning.Selanjutnya, disini kita akan memilih module – module standard yang akan di install di ClearOSini, disini saya akan mengaktifkan Graphical Console, Antimalware, Antispam, Bandwidthmanager, Intrusion Protection, Protocol Filter.
  8. 8. Selanjutnya, disini kita akan memilih module – module tambahan yang akan di install di ClearOSini, disini saya akan mengaktifkan Web Proxy, Content Filter, Windows Networking, dan WebServer.Disini ada peringatan terakhir apakah semua setting yang tadi anda masukan telah benar, bilaya, pilih done. Selanjutnya anda mengambil secangkir kopi dan cemilannya untuk menungguproses installasinya selesai, (yang ini Optional lho )Proses Installasinya
  9. 9. setelah ada pesan seperti dibawah ini, maka installasi selesai, lalu reboot PC.selamat, anda telah berhasil menginstall Gateway warnet. sampai ketemu di artikel selanjutnyayang merupakan kelanjutan dari artikel ini mengenai konfigurasi dari ClearOS ini.

×