Hidrosfer Perairan Laut

7,936 views
7,699 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,936
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
463
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hidrosfer Perairan Laut

  1. 1. Perairan LautYear 10GeographyTunas Bangsa Christian School
  2. 2. Laut adalah bagian dari permukaanbumi yang digenangi oleh airmengandung kadar garam.
  3. 3. A. Perairan Laut BerdasarkanLuas dan Bentuknya 1) Teluk adalah bagian laut yang menjorok (masuk) ke daratan. Misalnya, Teluk Pelabuhan Ratu, Teluk Poso, dan Teluk Tomini.
  4. 4. Perairan Laut BerdasarkanLuas dan Bentuknya 2) Selat adalah laut yang relatif sempit dan terletak di antara dua pulau. Misalnya, Selat Sunda, Selat Bali, dan Selat Madura.
  5. 5. Perairan Laut BerdasarkanLuas dan Bentuknya 3) Laut adalah perairan yang terletak di antara pulau-pulau yang relatif lebih luas dibadingkan dengan selat. Misalnya, Laut Jawa, Laut Tengah, dan Laut Merah.
  6. 6. Perairan Laut BerdasarkanLuas dan Bentuknya 4) Samudera adalah laut yang sangat luas dan terletak di antara benua-benua. Misalnya, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, dan Samudera Pasifik.
  7. 7. B. Perairan Laut BerdasarkanProses Terjadinya 1) Laut Transgresi adalah laut yang terjadi karena ada genangan air laut terhadap daratan pada waktu berakhirnya zaman es. Misalnya, Laut Jawa, Laut Arafuru, dan Laut Cina Selatan.
  8. 8. Perairan Laut BerdasarkanProses Terjadinya 2) Laut Regresi adalah laut yang menyempit, yang terjadi pada zaman es karena penurunan permukaan air laut sebagai akibat adanya penurunan.
  9. 9. Perairan Laut BerdasarkanProses Terjadinya 3) Laut Ingresi adalah laut yang terjadi karena dasar laut mengalami gerakan menurun. Misalnya, Laut Banda, Laut Flores, Laut Sulawesi, dan Laut Maluku
  10. 10. C. Perairan LautBerdasarkan Letaknya 1) Laut Tepi adalah laut yang terletak di tepi benua. Misalnya, Laut Cina Selatan yang dipisahkan oleh Kepulauan Indonesia dan Filipina.
  11. 11. Perairan LautBerdasarkan Letaknya2) Laut Pertengahan adalah laut yang terletak di antara benua-benua. Misalnya, laut yang berada di Indonesia, Laut Tengah (Laut Mediteran) yang terletak di Benua Eropa, Benua Afrika, dan Benua Asia.
  12. 12. Perairan laut berdasarkanletaknya3) Laut Pedalaman adalah laut yang terletak di tengah-tengah benua dan dikelilingi oleh daratan. Misalnya, Laut Kaspia, Laut Hitam, dan Laut Mati.
  13. 13. Mengukur KedalamanLautTeknik Bandul Timah Hitam(dradloading)Teknik ini ditempuh denganmenggunakan tali panjang yang ujungnyadiikat dengan bandul timah sebagaipemberat. Dari sebuah kapal taliditurunkan hingga bandul menyentuhdasar laut. Selanjutnya panjang tali diukurdan itulah kedalaman laut.
  14. 14. Gema Duga/Echo Sounder(Echoloading)Penggunaan teknik ini didasarkan pada hukumfisika tentang perambatan dan pemantulan bunyidalam air. Isyarat bunyi yang dikeluarkan darisebuah peralatan yang dipasang di dasar kapalmemiliki kecepatan merambat rata-rata 1600meter per detik sampai membentur dasar laut.Setelah membentur dasar laut bunyi dipantulkandalam bentuk gema dan ditangkap melaluisebuah peralatan yang juga dipasang di dasarkapal. Jarak waktu yang diperlukan untukperambatan dan pemantulan dapatditerjemahkan sebagai kedalaman laut.
  15. 15. Perairan laut menurutkedalamannya 1) Zona littoral • Zona littoral atau zona pesisir laut terletak di antara garis pasang dan garis surut. Jadi, kedalamannya 0 m (nol meter). Pada zona ini tampak beberapa jenis binatang, tetapi bukan ikan, misalnya undur-undur dan jengking (kepiting darat). 2) Zona neritik Zona neritik adalah laut yang terletak pada kedalaman 0 m - 200 m. Misalnya, Laut Jawa, Laut Natuna, Selat Malaka dan Laut Arafuru. Ciriciri zona neritik sebagai berikut. • a) Sinar matahari masih menembus dasar laut. • b) Kedalamannya 200 m. • c) Bagian paling banyak terdapat ikan dan tumbuhan laut.Sumber
  16. 16. Perairan laut menurutkedalamannya
  17. 17. • Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) adalah zona yang luasnya 200 mil dari garis dasar pantai, yang mana dalam zona tersebut sebuah negara pantai mempunyai hak atas kekayaan alam di dalamnya, dan berhak menggunakan kebijakan hukumnya, kebebasan bernavigasi, terbang di atasnya, ataupun melakukan penanaman kabel dan pipa.
  18. 18. ARUS LAUT1. Pergerakan massa air secara vertikal dan horizontal sehingga menuju keseimbangannya, atau gerakan air yang sangat luas yang terjadi di seluruh lautan dunia2. Gerakan mengalir suatu massa air yang dikarenakan tiupan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan gelombang panjang3. Dipengaruhi oleh angin, perbedaan tekanan air, perbedaan densitas air, dll
  19. 19. Selain angin, arus dipengaruhi olehtiga faktor: Bentuk topografi Gaya Coriollis dan Arus EkmanGaya Corriolis memengaruhi aliran massa air, di mana gayaini akan membelokkan arah mereka dari arah yang lurus.Gaya corriolis juga yangmenyebabkan timbulnyaperubahan-perubahan arah arus yang komplekssusunannya yang terjadi sesuai dengan semakin dalamnyakedalaman suatu perairan. Perbedaan densitasPerbedaan densitas menyebabkan timbulnya aliran massaair dari laut yang dalam di daerah kutub selatan dan kutubutara ke arah daerah tropik
  20. 20. Arus Laut BerdasarkanPenyebabnya 1. Arus Ekman : Arus yang dipengaruhi oleh angin. 2. Arus Termohaline : Arus yang dipengaruhi oleh densitas dan gravitasi. 3. Arus Pasut (pasang surut) : Arus yang dipengaruhi oleh pasut. 4. Arus Deostropik : Arus yang dipengaruhi oleh gradien tekanan mendatar dan gaya coriolis. 5. Wind Driven Current : Arus yang dipengaruhi oleh pola pergerakan angin dan terjadi pada lapisan permukaan.
  21. 21. Arus Laut BerdasarkanKedalaman Arus permukaan : Terjadi pada beberapa ratus meter dari permukaan, bergerak dengan arah horizontal dan dipengaruhi oleh pola sebaran angin. Arus dalam : Terjadi jauh di dasar kolom perairan, arah pergerakannya tidak dipengaruhi oleh pola sebaran angin dan mambawa massa air dari daerah kutub ke daerah ekuator.
  22. 22. Arus Laut BerdasarkanSuhu1. Arus panas yaitu suhunya lebih panas dari suhu air laut di sekitarnya.Contoh : arusGulfstream, Kurosyiwo, Brazilia, Maskaren, Agulhans2. Arus dingin yaitu suhunya lebih dingin dari suhu air laut di sekitarnya.Contoh : arusPeru, Oyasyiwo, Labrador, Canari, Benguela, California
  23. 23. Relief Dasar Lauta. Gunung Lautb. Punggung Lautc. Landas Kontinen (shelf dan plat) Shelf : kedalaman kurang dari 200 m Plat (dangkalan) : kedalaman kurang dari 20 md. Palung Laut/Trench : dasar laut yang berupa lembah yang dalam, sempit dan memanjang dengan penampang seperti huruf V.e. Lubuk laut (basin) : dasar laut yang berbentuk cekungan seperti huruf U dengan kedalaman mencapai 5000m.f. Ambang laut : dasar laut berupa bukit yang memisahkan dua buah laut.g. Seamount dan Guyot

×