Bertumbuh dalam kasih karunia

5,339
-1

Published on

Allah mau agar kita bertumbuh. Pertumbuhan ini bisa terjadi apabila kita ada dalam kasih karunia Allah.

Published in: Spiritual
1 Comment
8 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
5,339
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
258
Comments
1
Likes
8
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bertumbuh dalam kasih karunia

  1. 1. Pdt. Yohanes R. Eda, M.Th
  2. 2. Rencana Allah agarkita bertumbuhsempurnaPertobatan
  3. 3. Pertumbuhan itu Proses Ibr 6:1
  4. 4. pertumbuhan ada penghambat- penghambatenghambat
  5. 5. 1. Dunia: Sistem nilai dan cara hidup orang-orang duniawi yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.2. Daging: Suatu kecenderungan untuk berdosa yang berada di dalam semua manusia, yang didapatkan sejak manusia jatuh ke dalam dosa.3. Iblis: Sebagai pencuri yang hanya datang untuk mencuri, membunuh dan membinasakan.
  6. 6. Kehidupan rohani sejatinyaharus bertumbuh.Bertumbuh ke arah Kristusdan menjadi serupadengan-Nya. Menjadi dewasa di dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus.
  7. 7. Kehidupan rohani yang bertumbuh merupakan kerinduan dan keinginan terbesar dari setiap orang percaya.
  8. 8. Tetapi, faktanya banyakorang yang terus menerusgagal untuk bertumbuh.
  9. 9. Stagnasi Meskipun pelayanan kelihatan semakin maju. Meskipun pengetahuan kelihatan semakin bertambah. Meskipun berkat-berkat kelihatan semakin berlimpah. Meskipun yang menjadi pengajar firman Tuhan bertambah.
  10. 10. Bagaimanakah hal ini mungkin terjadi?
  11. 11. Kebutuhan: Pemulihan Pemulihan
  12. 12. Pertanyaan yang perlu diajukanuntuk direnungkan ialah: “Adakah tools atau alat bantu untukbertumbuh?” Alkitab memberikanjawaban bahwa untuk bertumbuhdalam kasih karunia ada toolsnya atau ada alat bantunya. Apa sajakah tools atau alat bantu tersebut?
  13. 13. 1. Masalah, Tantangan dan Penderitaan dalam Hidup“Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sengsara seperti yang telah kuderita di Antiokhia dan di Ikonium dan di Listra.Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya. Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Yesus Kristus akan menderita aniaya” – 2 Timotius 3:11-12.
  14. 14. Sejarah membuktikan bahwa pertumbuhan iman dan kedewasaan rohani dialami justru ketika orang percaya – Gereja Tuhan – dianiaya, mengalami tantangan, masalah dan penderitaan.“Engkau telah ikut menderita penganiayaan dan sesangsara seperti yang telah kuderita di Antikhia dan di Ikonium dan di Listra. Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya” – 2 Tim.3:11a-12.
  15. 15. Ketika kita mengalami keadaan yang sukar,menderita dan dianiaya, ingatlah bahwa hal itu merupakan tools atau alat bantu untukbertumbuh dalam kasih karunia Tuhan. Dalam hal inilah kita pasti mengalami PROVIDENSIA yang sempurna dari Allah.“Semua penganiayaan itu kuderita dan Tuhan telah melepaskan aku dari padanya” 2 Timotius 3:11b.
  16. 16. Alkitab memberikan contoh tentang tokoh-tokoh yang mengalami tantangan dan penderitaan dalam hidup, walaupun demikiankeadaannya, mereka tetap bertumbuh dalam kasih karunia Tuhan.
  17. 17. YUSUF“Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telahmereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar” Kejadian 50:20.
  18. 18. AYUB“Tetapi jawab Ayub kepadanya: “Engkauberbicara seperti perempuan gila! Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah,tetapi tidak mau menerima yang buruk?”Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya” Ayub 2:10.
  19. 19. STEFANUS “Sedang mereka melemparinya, Stefanus berdoa , katanya: “Ya, Tuhan Yesus,terimalah rohku.” Sambil berlutut ia berseru dengan suara nyaring: “Tuhan, janganlahtanggungkan dosa ini kepada mereka!” Dan dengan perkataan itu meninggallah ia” Kisah Para Rasul 7:59-60.
  20. 20. PAULUS“Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadisempurna.” Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat” 2 Korintus 12:9-10.
  21. 21. 2. Hidup dalam Komunitas yang Sehat dan Saling Mendukung “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dansemakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat” Ibrani 10:25.
  22. 22.  Yang paling merusak hidup kita adalah komunitas. Dan komunitas juga yang bisa menolong kita untuk bertumbuh. Tidak ada orang percaya yang bisa bertumbuh sendirian . Jadi, komunitas sangat berperan penting terhadap pertumbuhan iman dan kedewasaan hidup rohani kita.
  23. 23. Sifat-sifat yang penting agar bisa bertumbuh dalam komunitas Mempraktekkan semua nilai-nilai yang sudah kita pelajari. Nilai yang patut dipelajari:  Keterbukaan  Akuntabilitas – pertanggung jawaban kepada saudara seiman Memulai perubahan dari diri kita sendiri.
  24. 24. 3. Mengkonsumsi Suplemen Rohani Setiap Hari “Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasehat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil” – Mazmur 1:1-3. “Jawab orang itu: “Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya” – Lukas 13:8
  25. 25. Upaya tetap sehat: Setiap kita ingin supaya hidupnya sehat. Setiap hari kita makan makanan sehat. Setiap hari kita konsumsi suplemen penambah tenaga. Setiap hari kita protect atau melindungi diri kita dari berbagai hal yang bisa merusak kesehatan kita. Kita tahu bahwa setiap hari ada bakteri atau virus yang dapat menyerang tubuh kita.
  26. 26. Upaya bertumbuh secara rohani Sadar dan berjaga-jaga “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya” – 1 Petrus 5:8.
  27. 27.  Berdoa senantiasa “Tetaplah berdoa” – 1 Tesalonika 5:17.
  28. 28.  Hidup dalam firman Tuhan – “Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah” – Matius 4:4.
  29. 29.  Tetaplah bersekutu dengan tubuh Kristus – “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemua ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat” – Ibrani 10:25.
  30. 30.  Jadilah pelaku firman “Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri” – Yakobus 1:22.
  31. 31. 4. Penutup Bertumbuh dalam iman dan menjadi dewasa secara rohani tidak terjadi begitu saja. Harus ada upaya yang serius dan komitmen yang kuat dari kita untuk melakukannya. Alkitab sudah memberikan toolsnya kepada kita. Oleh sebab itu, ambil toolsnya dan implementasikan dalam kehidupan setiap hari, maka dijamin iman kita pasti bertumbuh.

×