Your SlideShare is downloading. ×
Google hangouts
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Google hangouts

3,873

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
3,873
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
64
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Digital Interaksi dan Komunikasi Online (1) S M K P G R I PANGKALPINANG MATERI KELAS X MULTIMEDIA
  • 2. PENGERTIAN INTERAKSI DAN KOMUNIKASI Interaksi terjadi karena adanya proses atau pertukaran informasi antara satu individu dengan individu lainnya atau satu kelompok dengan kelompok lainnya dan akhirnya menciptakan ‘’feedback’’ atau umpan balik. Umpan balik adalah komunikasi yang diberikan pada sumber pesan oleh penerima pesan untuk menunjukan pemahaman.
  • 3. Pengertian atau Definisi Komunikasi Komunikasi sering kita lakukan dalam sehari-hari, komunikasi ini merupakan kebutuhan yang paling mendasar manusia. Saat seseorang dengan orang lain berdekatan maka terjadi komunikasi secara verbal, namun jika mereka berada dalam jarak yang jauh mereka menggunakan beberapa cara untuk berkomunikasi.
  • 4. TEKNOLOGI TELAH MAMPU MEMBUAT SEBUAH ARTI KOMUNIKASI MENJADI LEBIH LUAS DAN TANPA MEMANDANG JARAK DAN TEMPAT.
  • 5. PERKEMBANGAN INTERNET TERHADAP TEKNOLOGI KOMUNIKASI Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi di bidang internet,salah satunya dengan Berkembangnya Kecepatan pengiriman data (ADSL,3G,HSDPA,dsb) telah membuat teknologi komunikasi ikut berkembang dan mengalami banyak perubahan bentuk. Sebagai beberapa contoh diantaranya adalah chat,video chating,video conference, dan lain sebagainya yang dikenal dengan istilah komunikasi online
  • 6. KOMUNIKASI ONLINE DIBAGI MENJADI 2 , YAITU... 1. SINKRONUS 2. Asynchronous Istilah ‘komunikasi online’ mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan komunikasi melalui jaringan komputer.
  • 7. 1. Sinkronus yaitu komputer memfasilitasi komunikasi langsung (dimana orang berkomunikasi secara real time( bersamaan) melalui perangkat lunak chat atau diskusi, dengan semua peserta komputer pada waktu yang sama) a. adalah disaat para siswa bertanya jawab langsung pada guru di edmodo disaat waktu yang bersamaan b. Melakukan chat pada facebook,yahoo messenger,wechat,line kakaotalk CONTOH
  • 8. Contohnya : a. Guru membuat note pada edmodo,agar bisa dibaca keesokan harinya oleh siswa b. Menulis status/note pada facebook atau edmodo 2. Asynchronous adalah Komputer memfasilitasi komunikasi secara tunda. (dimana orang-orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh komputer, dengan menggunakan program e-mail, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melalui World Wide Web)
  • 9. PADA PEMBAHASAN INI KITA AKAN MEMFOKUSKAN TENTANG KOMUNIKASI ONLINE DENGAN CARA SINKRONUS/REAL TIME DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO/CAMERA (WEBCAM)
  • 10.  Teknologi video chatting “ adalah untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi-lokasi yang berbeda. “  Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer, tablet atau smartphone (juga disebut telepon video chatting), dan mungkin melibatkan point-to-point (atau satu-satu) interaksi, seperti FaceTime dan Skype, atau interaksi multipoint (atau satu-ke-banyak), seperti dalam Google Hangouts.
  • 11. Pertanyaan .... Apakah sama istilah Video Chatting dan Video Conference
  • 12. Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
  • 13. dalam kebanyakan kasus videoconference mengacu pada multipoint (3 atau lebih partisipan) audio dan video interaksi dikerahkan di lingkungan bisnis,belajar bersama sedangkan video chatting paling sering merujuk kepada satu ke satu panggilan video yang dilakukan melalui perangkat lunak aplikasi seperti Skype, FaceTime, Facebook Video Chat dan ooVoo.
  • 14. VIDEO CHATTING
  • 15. VIDEO CONFERENCE
  • 16. DENGAN MEMPELAJARI VIDEO CONFERENCE/GOOGLE HANGOUTS : 1.SISWA DAPAT MEMPELAJARI,MEMAHAMI DAN MEMANFAATKANNYA UNTUK BERINTERAKSI DENGAN GURU 2.SISWA MAMPU MENGUASAI DAN MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIBIDANG KOMUNIKASI SECARA ONLINE SMK PGRI PANGKALPINANG

×