Assalamu’alaikum wr. Wb 
#basa-basi dulu ya hhe
Halo, selamat datang di modul 5! Di modul ini, kita akan membahas sedikit...
Nah, berhubung kita udah tau tentang sistem operasi, khususnya Linux Mint, kita mulai
aja instalasinya. Yang harus dipersi...
3. Pada tahap ini, kita akan diberikan rekomendasi memori yang sebaiknya
digunakan. Klik Next.

4. Pilih ‘Create a virtual...
6. Pilih Dinamycally allocated (untuk penyesuaian lebih lanjut). Kemudian klik Next.

7. Pilih memori yang akan digunakan(...
9. Klik Settings atau Ctrl + S, kemudian pilih Storage.

10.Klik pada tulisan ‘Empty’, lalu klik icon CD ini

11.Klik Choo...
12.Jangan lupa memberi checklist pada tulisan Live CD/DVD, kemudian klik Ok.

13.Setelah muncul tampilan seperti ini, klik...
15.Pilih bahasa yang ingin digunakan. Klik Forward

16.Pilih lokasi dimana kita tinggal (untuk mengatur jam sesuai waktu l...
18.Pada tahap ini, ‘pilih tentukan partisi secara manual’, kemudian klik forward.

19.Klik ‘teruskan’ ketika muncul jendel...
21.Buat partisi baru dengan mengisi data seperti di bawah ini, kemudian klik OK.

22.Isi nama, username, dan password, set...
24.Proses Instal sedang berlangsung, tunggu beberapa saat dan...

25.Eureka! Selamat mengoperasikan Linux Mint dan menjadi...
Tp5 1304145 kanita nada hasya
Tp5 1304145 kanita nada hasya
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Tp5 1304145 kanita nada hasya

261 views
131 views

Published on

modul instalasi linux mint

Published in: Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
261
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tp5 1304145 kanita nada hasya

  1. 1. Assalamu’alaikum wr. Wb  #basa-basi dulu ya hhe Halo, selamat datang di modul 5! Di modul ini, kita akan membahas sedikit mengenai sistem operasi (operating system), dan agak banyak mengenai cara instalasi Linux Mint. Semangat! Apa itu Sistem Operasi? Kata Wikipedia, sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Beberapa sistem operasi yang umumnya digunakan, antara lain: Windows (ini nih yang biasa kita pake), Linux, Posix, dan maaaasih banyak lagi haha. Tapi yang bakal dibahas di modul ini adalah Linux Mint. Linux Mint teh apa? Ehem, sebagai anak ilkom sejati, kita harus mengetahui apa itu Linux Mint. Selain biar gak malu-maluin, juga supaya keliatan keren. Ya intinya sih, Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu. (loh kok kata-katanya asa pernah baca di wikipedia ya? Eh emang copas dari sana deng).
  2. 2. Nah, berhubung kita udah tau tentang sistem operasi, khususnya Linux Mint, kita mulai aja instalasinya. Yang harus dipersiapkan sebelum memulai instalasi adalah:  Oracle VM VirtualBox  Linux Mint.iso Jika sudah, instalasi siap dilakukan. 1. Buka Oracle VM VirtualBox, kemudian akan tampil jendela seperti ini. 2. Klik ‘New’, kemudian muncul jendela seperti ini. Isi ‘Name’ dengan nama ‘linux’, dengan begitu, kotak ‘Type’ dan ‘Version’ akan terisi dengan sendirinya. Klik Next, kemudian akan munculjendela selanjutnya.
  3. 3. 3. Pada tahap ini, kita akan diberikan rekomendasi memori yang sebaiknya digunakan. Klik Next. 4. Pilih ‘Create a virtual hard drive now’, dan klik Create. 5. Pilih VDI (VirtualBox Disk Image), kemudian klik Next.
  4. 4. 6. Pilih Dinamycally allocated (untuk penyesuaian lebih lanjut). Kemudian klik Next. 7. Pilih memori yang akan digunakan(biasanya 8GB), create! 8. Muncul tampilan seperti ini.
  5. 5. 9. Klik Settings atau Ctrl + S, kemudian pilih Storage. 10.Klik pada tulisan ‘Empty’, lalu klik icon CD ini 11.Klik Choose a virtual CD/DVD disk file, kemudian pilih file .iso yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  6. 6. 12.Jangan lupa memberi checklist pada tulisan Live CD/DVD, kemudian klik Ok. 13.Setelah muncul tampilan seperti ini, klik Start. 14.Tunggu beberapa saat dan akan muncul desktop Linux Mint. Untuk memulai instalasi, klik Instal Linux Mint.
  7. 7. 15.Pilih bahasa yang ingin digunakan. Klik Forward 16.Pilih lokasi dimana kita tinggal (untuk mengatur jam sesuai waktu lokal). Klik Forward 17.Pilih susunan papan ketik (keyboard) yang diinginkan. Klik Forward
  8. 8. 18.Pada tahap ini, ‘pilih tentukan partisi secara manual’, kemudian klik forward. 19.Klik ‘teruskan’ ketika muncul jendela seperti ini. 20.Pilih perangkat ruang bebas dengan cara diklik hingga berwarna hijau, klik tambah.
  9. 9. 21.Buat partisi baru dengan mengisi data seperti di bawah ini, kemudian klik OK. 22.Isi nama, username, dan password, setelah itu klik Forward. 23.Linux Mint siap diinstal. Klik Pasang.
  10. 10. 24.Proses Instal sedang berlangsung, tunggu beberapa saat dan... 25.Eureka! Selamat mengoperasikan Linux Mint dan menjadi anak Ilkom sejati

×