sistem peredaran darah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

sistem peredaran darah

  • 903 views
Uploaded on

sistem peredaran darah pada vertebrata

sistem peredaran darah pada vertebrata

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
903
On Slideshare
903
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
41
Comments
0
Likes
2

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. welcome Created by : Dwi kusuma sari lokajaya (12) Dyah chandra sukmawati dewi (13) Catur prasetyo (24) Radityo irfan zaelani (34) XI IPA 1 Rendy RP (35)
  • 2. SEPATU Presentator : Dyah Chandra SD Dwi Kusumasari L Rendy rizki Moderator : Raditya Irfan Z
  • 3. Sistem Peredaran Darah katak, Ikan, Reptil
  • 4. Sistem Peredaran Darah Darah merupakan salah satu komponen tubuh yang sangat penting. Darah membawa berbagai zat dari luar tubuh ke dalam dan juga sebaliknya membawa zat dari dalam tubuh untuk dikeluarkan. Jika kehilangan darah dalam jumlah banyak, dalam waktu singkat akan mengakibatkan kematian. Fungsi sistem ini adalah menyediakan darah untuk melayani kebutuhan sel dan jaringan, mentranspor nutrien dan oksigen ke semua sel, mentranspor produk-produk yang tidak berguna serta mentranspor hormon dari bagian tubuh satu ke bagian tubuh lainnya.
  • 5. Hal Yang Berperan Dalam Sistem Peredaran Darah jantung yang memompa darah pembuluh darah sebagai ‘pipa’ penyalur darah saraf yang mengatur substansi kimia yang dapat mempengaruhi Darah diedarkan ke seluruh tubuh oleh jantung Darah dipompakan ke semua bagian tubuh oleh kontraksi otot jantung. Jantung berkontraksi untuk memompakan darah sepanjang hidup tanpa berhenti untuk kelangsungan hidup seseorang. Berhentinya jantung adalah salah satu tanda kematian seseorang.
  • 6. Sistem Peredaran Darah Pada Vertebrata Sistem tranportasi pada vertebrata terdiri dari darah ,jantung ,pembuluh darah ,getah bening. Darah vertebarata selalu mengalir di dalam pembuluh darah sehingga dikatakan memiliki sistem peredaran darah tertutup Peredaran darah vertebrata dibedakan menjadi 2 yaitu tunggal dan rangkap Peredaran darah tunggal adalah peredaran darah yang memungkinkan darah melewati jantung satu kali dalam sekali beredar Peredaran darah rangkap adalah peredaran darah yang memungkinkan darah melewati jantung dua kali dalam sekali beredar
  • 7. Sistem Peredaran Darah Pada Ikan Pisces Jantung ikan terdiri : - 2 ruang : meliputi 1 atrium (serambi) dan 1 ventrikel (bilik) - Sinus venosus : yang menerima darah dari vena kardinalis anterior dan vena kardinalis posterior. Arah aliran darah : Darah dari jantung keluar melalui aorta ventral menuju insang. Di insang aorta bercabang menjadi arteri brankial dan akhirnya menjadi kapiler-kapiler (terjadi pertukaran gas yaitu pelepasan CO2 dan pengambilan O2 dari air. Dari kapiler insang darah mengalir ke aorta dorsal, kemudian ke kapiler seluruh tubuh untuk memberikan O2 dan sari makanan serta mengikat CO2 . Selanjutnya darah kembali ke jantung melalui vena kardinalis anterior dan vena kardinalis posterior. Peredaran ikan termasuk peredaran darah tunggal (dalam satu kali peredarannya, darah melalui jantung satu kali).
  • 8. Sistem Peredaran Darah Pada Katak Amphibia Jantung katak terdiri : - 3 ruang : 2 atrium dan 1 ventrikel - Sinus venosus : menampung darah dari pembuluh besar yang akan masuk ke atrium kanan. Arah aliran darah : Darah yang kaya O2 dari paru-paru dan kulit masuk ke atrium kiri. Darah yang miskin O2 masuk ke atrium kanan dengan perantaraan sinus venosus. Dari atrium darah masuk ke ventrikel sehingga terjadi percampuran darah yang kaya O2 dan darah yang miskin O2 . Dari ventrikel darah yang kaya O2 dipompa ke jaringan tubuh dan pada saat darah yang miskin O2 dialirkan ke paru-paru ke kulit untuk memperoleh O2. Peredaran darah katak termasuk peredaran darah ganda (dalam satu kali peredarannya, darah melewati jantung 2
  • 9. Sistem Peredaran Darah Pada Reptil Reptilia Jantung reptilia terbagi menjadi 4 ruang, yaitu : - 2 atrium : - 1 atrium dekster (serambi kanan) - 1 atrium sinister (serambi kiri) - 2 ventrikel : - 1 ventrikel dekster (bilik kanan) - 1 ventrikel sinister (bilik kiri) Sekat di antara ventrikel kiri dan ventrikel kanan belum sempurna. Peredaran darah reptilia merupakan peredaran darah ganda. Pada buaya, sekat ventrikel terdapat suatu lobang yang disebut foramen panizzae yang memungkinkan pemberian O2 ke alat pencernaan dan untuk keseimbangan tekanan dalam jantung sewaktu penyelam di air.
  • 10. Skema peredaran darah melewati jantung a)reptilia ,b)ikan ,c)katak Ve n trike l A t riu m V e n trik e l Se b a g ia n se ka t A t riu m A) B) C)
  • 11. Perbandingan sistem peredaran darah vertebrata a)ikan b)katak dan reptil Ka p iler p a ru p a ru A t riu m V e n t r i k e l Ka p ile r tu b u h A t riu m V e n t r i k e l Ka p ile r t u b u h Ka p ile r in g sa n g A) B)
  • 12. PERBANDINGAN SISTEM TRANSPORTASI PADA VERTEBRATA no Kelompok hewan Jenis peredaran darah Ruang jantung Struktur jantung keterangan 1 Ikan Tunggal Tertutup 2 1 serambi 1 bilik Tidak ada sekat pemisah 2 Katak Rangkap Tertutup 3 2 serambi 1 bilik Tidak ada sekat pemisah 3 Reptil Rangkap Tertutup 4 2 serambi 2 bilik Sekat pada bilik belum sempurna, kecuali buaya
  • 13. Inilah materi kami Kini saatnya sesi tanya jawab Capa yang ndak taw silahkan tanya!!!!!!
  • 14. Kalau udah kacih kritiknya yaw bear kelompok kami tambah baek
  • 15. THANKS FOR ATTENTION Bye-bye