Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani

on

  • 6,257 views

 

Statistics

Views

Total Views
6,257
Views on SlideShare
6,257
Embed Views
0

Actions

Likes
2
Downloads
96
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani Budaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani Presentation Transcript

  • PKnBudaya Demokrasi menuju Masyarakat Madani Nama : Nawang Wulan JF Kelas : xi ips 3 Absen : 12
  • Demokrasi secara sederhana berarti pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dalam pengertian yang lebih kompleks, demokrasi berarti suatu sistempemerintahan yang mengabdi kepada kepentingan rakyat dengan tanpa memandang partisipasi mereka dalam kehidupan politik, sementara pengisian jabatan-jabatan publik dilakukan dengan dukungan suara rakyat dan mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih.
  • Pengertian Demokrasi Secara UmumO Secara etimologis istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani “demokratia” yang terdiri dari dua kata, yaitu demos = rakyat dan kratos = kekuatan/pemerintahan. Secara harafiah, demokrasi berarti kekuatan rakyat atau suatu bentuk pemerintahan negara dengan rakyat sebagaai pemegang kedaulatannya. Dalam konteks budaya demokrasi, nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi anutan dapat diterapkan dalam praktik kehidupan demokratis yang tidak hanya dalam pengertian politik saja, tetapi juga dalam berbagai bidang kehidupan.
  • Pengertian Demokrasi menurut Para AhliO Giovanni Sartori Memandang demokrasi sebagai suatu sistem di mana tak seorang pun dapat memilih dirinya sendiri, tak seorang pun dapat mengidentifikasikan dia dengan kekuasaannya, kemudian tidak dapat juga untuk merebut dari kekuasaan lain dengan cara-cara tak terbatas dan tanpa syarat.O Abraham Lincoln Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
  • Unsur rule of lawO Pengakuan hak asasi manusiaO Pemisahan atau pembagian kekuasaanO Pemerintahan menurut hukumO Peradilan administrasi dalam perselisihan
  • Dalam bidang hukum, rule of law mencakup O Supremasi hukum, dalam arti hukum lebih utama dari kekuasaan O Kedudukan yang sama di hadapan hukum
  • Terjaminnya hak individu oleh pengadilan pada abad ke-20 menyebabkan terjadinya perubahan konsepsi tentang demokrasi sebagai akibat/ekses industrialisasi,sosialisme, dan pengaruh kapitalisme. Henry B. Mayo mengatakan bahwa sistem politik yang demokratis ialah apabila kebijakanumum ditentukan atas dasat mayoritas oleh wakil-wakil rakyat melalui pemilihan umum yang bebas dan kebersamaan politik
  • Rule of law meliputi :O Jaminan hak individu secara konstitusonal, termasuk prosedurnyaO Badan kehakiman yang bebas dan tidak memilihO Pemilihan umum yang bebas dan kebersamaan politikO Kebebasan mengemukakan pendapatO Kebebasan berserikat dan beroposisiO Pendidikan politik/kewarganegaraan
  • Rumusan Demokrasi Politik Menurut Henry B. MayoO Menyelesaikan setiap konflik secara damai melalui dialog yang terbuka lewat cara kompromi, konsensus, kerjasama dan dukungan, baik memanfaatkan lembaga maupun sarana komunikasi sosial.O Menjamin perubahan sosial secara damai melalui cara penyesuaian kebijakan dan pembinaan oleh pemerintah.
  • O Menyelenggarakan pergantian pemimpin secara tertatur, damai, dan terbuka, artinya tidak boleh atas dasar keturunan, paksaan, coup d’etat, atau tirani minoritas.O Membatasi tindak kekerasan terhadap kaum minoritas.O Mengakui keanekaragaman sikap secara wajar hingga batas toleransi persatuan bangsa.O Menjamin tegaknya pengadilan.
  • Ciri-ciri DemokrasiO Adanya pembatasan terhadap tindakan pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi individu dan kelompok, dalam penyelenggaraan pergantian pimpinan secara berkala, tertib, damai dan melalui alat-alat perwakilan rakyat yang efektif.O Prasarana pendapat umum baik pers, televisi, dan radio harus diberi kesempatan untuk mencari berita secara bebas dalam merumuskan pendapat mereka.
  • O Sikap menghargai hak-hak minoritas dan perorangan, lebih mengutamakan musyawarah daripada paksaan dalam menyelesaikan perselisihan, sikap menerima legitimasi dari sistem pemerintahan.
  • Prinsip-prinsip DemokrasiO Demokrasi sebagai sumber utama dari semua kewenangan adalah rakyat.O Harus adanya pembagian kekuaasaan sehingga tak ada satu bagian pun dari pemerintahan yang bisa menjadi begitu kuat yang akan menindas keninginan rakyat.O Hak-hak individu dan minoritas harus dihargai, dan mayoritas tidak boleh memakai kekuatannya untuk mencabut kemerdekaan mendasar setiap orang.
  • Dalam teori dan praktik politik demokrasi, masalah lain yang tidak kalah pentingnya adalah “tingkat persamaan”. Beberapa negara baik yang menerapkansistem politik maupun bukan, selalu berupayamencapai tingkat persamaan yang lebih besar. Berkenaan dengan masalah tingkat persamaan di dalam masyarakat, terdapat lima ide yang terpisah atau merupakan kombinasi.
  • Kelima ide itu adalah :O Persamaan politik Persamaan hak suara Persamaan untuk dipilihO Persamaan di depan hukumO Persamaan kesempatanO Persamaan ekonomiO Persamaan sosial
  • Demokratisasi Demokratisasi merupakan proses pendemokrasian segenap rakyat untuk turut serta dalam pemerintah melalui wakil- wakilnya. Atau berpartisipasi dalam berbagai bidang kegiatan baik langsung atau tidaklangsung, dengan mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi warga negara.
  • Demokratisasi biasanya diawali dengan adanyaliberalisasi yang selanjutnya berkembang dengan longgarnya media massa, akses masyarakat terhadap politik dan adanya penghargaanterhadap pluralisme. Demokratisasi meerupakan bentuk yang lebih luas daripada sekedar liberalisasi, karena dalam tahap ini terdapatpersaingan terbuka untuk memperoleh dukungan rakyat yang antara lain dalam pengisian jabatan- jabatan publik melalui pemilihan umum.
  • O Kriteria untuk sebuah masyarakat dan negara yang melakukan demokratisasi dapat dicermati berdasarkan pendapat Robert A. Dahl berikut ini : O Partisipasi efektif O Persamaan suara O Pemahaman yang jelas O Pengawasan agenda O Pencakupan orang dewasa.
  • Ciri-ciri Masyarakat Madani O Sifat partisipatif O Otonom O Tidak bebas nilai O Merupakan bagian dari sistem dengan struktur non-dominatif (plural) O Termanifestasi dalam organisasi
  • Karakteristik Masyarakat MadaniO Free public sphereO DemokratisO ToleranO PluralismeO Keadilan sosial
  • Pemilihan Umum Pemilihan umum adalah suatu cara untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan rakyat serta salah satu pelayanan hak-hak asasi warga negara di bidang politik. Untuk itu sudah menjadi keharusan suatu pemerintahan dengansistem politik demokrasi untuk melaksanakan pemilihan umum dalam waktu-waktu yang telah ditentukan.
  • O Cara langsung berarti rakyat secara langsung memilih wakil-wakilnya yang akan duduk di badan-badan perwakilan rakyat.O Cara bertingkat berarti rakyat memilih dulu wakilnya, kemudian wakilnya itulah yang akan memilih wakil rakyat yang akan duduk di badan-badan perwakilan rakyat.
  • O Dalam pemilihan umum diharapkan wakil yang dipilih benar-benar sesuai dengan aspirasi dan keinginan rakyat yang memilihnya. Oleh sebab itu, dalam ilmu politik secara teoritis dikenal dengan cara atau sistem memilih wakil rakyat agar mewakili rakyat yang memilihnya. Berdasarkan kondisi tersebut, terdapat tiga sistem pemilihan umum, yaitu :O Sistem distrikO Sistem proporsionalO Sistem gabungan
  • TERIMA KASIH