Backup bab1
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Backup bab1

on

  • 474 views

 

Statistics

Views

Total Views
474
Views on SlideShare
474
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
3
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Backup bab1 Backup bab1 Document Transcript

  • BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat. Perkembangan ini juga didukung dengan pengembangan perangkat lunak yang cepat. Pengembangan perangkat lunak terdiri dari berbagai macam tahapan, pada umumnya yaitu analisis, perancangan, implementasi, dan testing. Tidak lepas dari perkembangan teknologi tersebut maka dibutuhkan sarana pendukung yang sempurna yaitu komputer. Komputer adalah salah satu sarana terpenting bagi organisasi, perusahaan atau lembaga, dimana dapat mengolah dan mengakses data yang diperlukan dengan cepat dan tepat sehingga dapat memanfaatkan waktu yang tersisa dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Dengan disediakannya berbagai fasilitas yang dimiliki oleh komputer, maka tidak diragukan bahwa setiap pimpinan menginginkan lembaganya dilengkapi dengan komputer beserta perangkat lunak yang sesuai dengan bidang tertentu. Perangkat lunak ini akan semakin mempermudah dan mempercepat kinerja dalam proses pengolahan informasi sehari-hari. Maka, dengan dibangunya aplikasi ini dapat mendukung dan mengembangkan sistem yang ada diruangan manajemen informatika khususnya dalam penginputan data dan penilaian proposal Tugas Akhirdi ruangan ManajemenPoliteknik Negeri Sambas.
  • Bahasa pemrograman delphi dipilih sebagai bahasa yang digunakan dalam kerangka kerja aplikasi ini. Aplikasi menggunakan borland Delphi 7.0 karena borlanddelphi7.0 memiliki fungsi-fungsi lengkap yang diperlukan untuk pembuatan program aplikasi ini. Selain itu, borland Delphi merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Aplikasi yang dibangun ini telah dirancang dan dijalankan dengan menggunakan bahasa pemogramanborland Delphi 7.0, aplikasi ini telah dibangun untuk memenuhi kriteria penilain seleksi penerimaan proposal tugas akhir mahasiswa yang terdapat pada ruangan manajemen, dengan demikian aplikasi dapat dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu menjadi kerangka kerja yang digunakan untuk menjalankan pada sistem aplikasi . 1.2.Perumusan Masalah 1. Bagaimana menghasilkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai penerimaan seleksiproposal tugas akhir. 2. Bagaimana membangun aplikasi yang dapat mendukung manajemen khususnya bagi pengguna. 3. Bagaimana menghasilkan aplikasi dalam laporan yang dapat menghasilkan laporan seleksi mahasiswa beserta dengan daftar nilai yang diterima dalam seleksi.
  • 1.3. Batasan Masalah Untuk memudahkan pembahasan permasalahan, penulis membatasi permasalahan yang ada, maka akan dapat dihasilkan suatu informasi sebagai berikut: a. Sistem mengunakan metode kriteria dalam melakukan perhitung hasil seleksi mahasiswaagar diterima maupun tidak diterima berdasarkan hasil seleksi perumusan masalah, landasan teori, gambaran umum, relevansi / manfaat tugas akhir dan kelayakan tugas akhir. b. Membangun aplikasi c. Membuat laporan judul proposal yang diterima secara grafik d. Software yang digunakanborland Delhi 7.0 e. Data Base menggunakan Microsoft acces 2007 f. Aplikasi yang dijalankan menggunakan borland Delphi 7.0 g. Hasil keluaran dari laporan berupa spreadsheet dalam format Microsoft Office Word sesuai dengan template yang disediakan dalam reportquery. 1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian 1.4.1.Tujuan Sistem a. Memudahkan Pengguna untuk melakukan suatupekerjan agar bisa di selesaikan dengan efektif dan efisien. b. Mampu membuka wawasan para pengguna sistem informasi untuk memanfaatkan sumber daya komputer yang ada.
  • 1.4.2. Manfaat Penelitian a. Bagi Lembaga 1. Membangun aplikasi yang dapat mendukung manajemen khususnya bagi pihak pengguna terutama dalam melakukan seleksi proposaltugas akhir dengan standart nilai bobot yang telah ditentukan. 2. Menghasilkan aplikasi dalam laporan yang dapat menghasilkan laporan seleksi mahasiswa beserta dengan daftar nilai dan daftar mahasiswa yang diterima maupun tidak diterima dalam seleksi. 3. Mempermudah penyeleksian proposal tugas akhir. 4. Mempermudah penyimpanan dan mencari data. b. Bagi mahasiswa yang bersangkutan : 1. Untuk mempelajari secara mendalam bagaimana situasi kerja di dalam Manajemen. 2. Untuk menambah kepercayaan diri dan keberanian serta tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. 3. Untukmendidik, melatihsertamempersiapkan penulis agar menjadigenerasisiappakai, dan menjadi bekalketerampilanmaupundaripengetahuan. c. BagiMasyarakat Luar 1. Dapat mengetahui informasi mahasiswayang diterima dalam laporan Tugas Akhir.
  • 2. Dapatdigunakandalamkajianilmiahbagimasyarakatdanmenambahba hanbacaan dan melakukan pengembangan lebih lanjut. 1.5. Metodologi Penelitian Pada proses analisis kebutuhan, dilakukan pengumpulan informasi mengenai kebutuhan perangkat lunak yang diperlukan. Analisis kebutuhan juga dilakukan dengan melakukan ujicoba pada aplikasi. Aplikasi seleksi penerimaan proposal tugas akhir, yang merupakan salah satu aplikasi yang akan dibangun pada ruangan manajemen. Oleh sebab itu dengan adanya pengujian pada aplikasi, maka beberapa kebutuhan yang diperlukan untuk melengkapi kerangka kerja aplikasi yang dapat dilengkapi. 1. PerancanganSistem perancangansistemmerupakanlangkahdalammelakukanperancanga ndarisistem yang akandibuat. Langkah- langkahtersebutadalahsebagaiberikut: a. perancangansistemkerangkakerjaaplikasi; b. perancangankelasutamakerangkakerjaaplikasi; c. perancanganaturantabelkonfigurasi; d. perancanganaturantabel; dan e. perancanganaturanskripaplikasi (driver script). 2. Implementasi Implementasi padatahapinidilakukanimplementasidarisistemdarirancangan yang telahdibuat. Perinciantahapiniadalahsebagaiberikut:
  • a. implementasisistemkerangkakerjaaplikasi; b. implementasikelasutamakerangkakerjaaplikasi; c. implementasitabelkonfigurasi; d. implementasitabel; dan e. implementasiskripaplikasi. 3. UjicobadanEvaluasi Padatahapinidilakukanujicobaterhadapkerangkakerjaaplikasi yang sudahdibuat. Ujicobadilakukandengansederhanahinggaakan menjadikompleks. Ujicobadilanjutkandenganmenjalankanaplikasi yang menguji yangbernilaisalah. Hasildariujicobaakandievaluasiuntukmengetahuiapakahkerangkakerjaaplik asisudahdapatberjalandenganbenaratautidak. 4. Analisis Sistem Dari aplikasi yang telah dibuat tersebut akan dilakukan percobaan dengan tujuan mengetahui dan menganalisis hasil perancangan sistem. Jika tes dan analisis berjalan dengan lancar maka program ini akan dilanjutkan untuk diadakan uji coba yang lebih matang. 5. PenyusunanLaporan Padatahapinidilakukanpendokumentasiandanlaporandariseluruhko nsep, dasarteori, implementasi, proses yang telahdilakukan, danhasil-hasil yang telahdidapatkanselamapengerjaanTugasAkhir.