Sikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka

9,224 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,224
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
110
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sikap positif terhadap pancasila sebagai ideologi terbuka

  1. 1. Nadia Aliyatul Izzah Cahyo Suluk R. Anggi Nofian Pratiwi Yuni Ribti Fitriyani Amir Fahmi SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
  2. 2. Cara bersikap Positif Terhadap Pancasila sebagai Ideologi Terbuka 1. Pengamalan secara objektif. melaksanakan dan mentaati peraturan perundangan yang berlaku, bersifat memaksa dan ada sanksi hukum bagi siapa saja yang melanggar norma hukum 2. Pengamalan secara subjektif menjalankan nilai-nilai Pancasila yang berwujud norma-etika sebagai pedoman bersikap dan bertingkah laku dalam masyarakat dan Negara.
  3. 3. Ketuhanan Yang Maha Esa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan Yg dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan Keadilan Sosial bagi Seluruh Indonesia
  4. 4. Ketuhanan Yg Maha Esa  beriman dan brtaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.  sikap hormat menghormati dan berkerjasama antarpemeluk agama yang berbeda-beda agar kerukunan dan kadamaian hidup antar umat beragama dapat berjalan dengan baik.
  5. 5. Kemanusiaan yg adil dan beradab  melakukan perbuatan-perbuatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.  memberi pertolongan kepada orang lain maupun bangsa lain yang betul-betul membutuhkan pertolongan.  menghargai orang Iain dengan memperlakukan manusia sesuai harkat martabatnya, mengakui bahwa manusia sebagai makhluk Tuhan memiliki derajat, hak dan kewajiban yang sama meskipun berbeda agama, suku, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan wama kulit.
  6. 6. Persatuan Indonesia  menjunjung tinggi nilai nasionalisme, dengan cara menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.  mendukung dan menghormati keberadaan suku-suku bangsa dan menghindari terjadinya pertikaian antarsuku.  menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya falsafah srta ideologi bangsa dan negara yang melandasi, membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya serta menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan, menjaga nama baik bangsa di manapun kita berada, menghargai dan bangga terhadap kebudayaan nasional dan produk-produk dalam negeri.
  7. 7. Kerakyatan yg dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan  melakukan perbuatan yang mendukung pelaksanaan demokrasi Pancasila  menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan hasil musyawarah, serta menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab
  8. 8. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat indonesia  mengakui adanya hak setiap warga negara untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang Iayak bagi kemanusiaan, tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bertentangan atau merugikan kepentingan umum, menghormati hak-hak orang Iain, menghargai hasil karya orang Iain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan barsama, melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan keadilan sosial, serta selalu berusaha mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
  9. 9. End.

×