MAKNA PROKLAMASI DAN KONSTITUSI PERTAMA
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

MAKNA PROKLAMASI DAN KONSTITUSI PERTAMA

on

  • 4,826 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,826
Views on SlideShare
4,826
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
64
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

MAKNA PROKLAMASI DAN KONSTITUSI PERTAMA MAKNA PROKLAMASI DAN KONSTITUSI PERTAMA Presentation Transcript

  • MAKNA PROKLAMASI DAN KONSTITUSI PERTAMA SMPIT AL-AULIYA BALIKPAPAN Pendidikan Kewarganegaraan By Deibi A Bidjuni, S.Pd
  • SOALJAWABAN
  • Latar Belakang ProklamasiKosa Kata • Amerika Serikat menjatuhkan bom atom pada tanggal 6 Agustus 1945 Merongrong di kota Hiroshima di Jepang. Kemudian pada tanggal 9 Agustus 1945adalah merusak bom atom kedua dijatuhkan di kota Nagasaki Jepang.secara perlahan dan terus- • Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu yang diketuai Amerika menerus. Serikat pada tanggal 14 Agustus 1945. Tahukah Anda? Perang Dunia I terjadi pada tahun 1914 – 1918. Perang Dunia II terjadi pada 1 September 1939 – 2 September 1945. Kelompok PDII dibagi menjadi dua aliansi militer yang berlawanan yaitu Sekutu dan Poros.
  • • Kekalahan Jepang membuat pejuang Indonesia dari golongan muda menghendaki kemerdekaan secepatnya (Sukarni, Adam Malik, Kusnaini, Syahrir, Soedarsono, Soepono, Chaerul Saleh)• Sementara pejuang golongan tua, antara lain Soekarno dan Hatta tidak ingin terburu-buru karena mereka tidak menginginkan terjadinya pertumpahan darah pada saat proklamasi.• Pada saat itu para pejuang golongan muda kehilangan kesabaran kemudian mereka menculik Soekarno dan Hatta serta membawanya ke Rengasdengklok. Tujuannya agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang.• Sementara itu di Jakarta, golongan muda yang diwakili Wikana, dan golongan tua yang diwakili Mr. Ahmad Soebardjo melakukan perundingan. Mr. Ahmad Soebardjo menyetujui untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. maka diutuslah Yusuf Kunto untuk mengantar Ahmad Soebardjo ke Rengasdengklok untuk menjemput Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.• Mr. Ahmad Soebardjo berhasil meyakinkan para pemuda untuk tidak terburu - buru memproklamasikan kemerdekaan.
  • • Tiba di Jakarta, mereka langsung menuju ke rumah Laksamana Maeda di Oranye Nassau Boulevard (sekarang menjadi Jl. Imam Bonjol No. 1 gedung museum perumusan teks proklamasi) untuk mempersiapkan teks Proklamasi.Ingat-Ingat!! • pagi harinya Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 jam 10 waktu Indonesia bagian barat Soekarno yang didampingi Moh. Hatta Tujuan NKRI membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumah tercantum dalam kediaman Soekarno Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta alenia ke-4 UUD 1945 (sekarang menjadi Jalan Proklamasi No. 1). Tahukah Anda? Asal kata Proklamasi adalah dari kata “proclamatio” (bhs. Yunani) yang artinya pengumuman kepada seluruh rakyat. Pada umumnya kemerdekaan bagi suatu bangsa dimaksudkan untuk: a. melepaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa lain; b. dapat hidup sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang telah merdeka dalam pergaulan antar bangsa di dunia internasional; c. mencapai tujuan nasional bangsa.
  • Makna Proklamasi Kemerdekaan 1. Pernyataan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia sudah merdeka 2. Bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat sehingga wajib dihormati secara layak 3. Bangsa Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka dalam pergaulan dunia 4. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasib sendiri beserta tanah airnya dalam segala aspek kehidupan. Informasi : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan norma pertama dari pada Tata hukum baru, yaitu tata hukum Indonesia.
  • Konstitusi Konstitusi adalah Undang-Undang Dasar. Konstitusi memiliki arti hukum dasar yang tertulis dan tidak tertulis. Hukum dasar yang tertulis adalah Undang-Undang Dasar dan hukum dasar yang tidak tertulis disebut Konvensi. Dikatakan konvensi karena mempunyai sifat-sifat sebagai berikut: 1. merupakan kebiasaan yang berulang-ulang dan terpelihara dalam praktek penyelenggaraan negara; 2. tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar dan berjalan sejajar; 3. diterima oleh seluruh rakyat; 4. bersifat pelengkap, sehingga memungkinkan sebagai aturan dasar yang tidak terdapat dalam Undang-Undang Dasar.
  • Isi Undang-Undang Dasar Undang-Undang Dasar pada umumnya berisi hal-hal sebagai berikut: 1. Organisasi negara 2. Hak-hak asasi manusia 3. Prosedur mengubah Undang-Undang Dasar 4. Ada kalanya memuat larangan untuk mengubah sifat tertentu dari undang-undang dasar 5. Sering pula memuat cita-cita rakyat dan asas-asas ideologi negara. CATATAN Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai/ Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) beranggotakan 63 Orang, diketuai K.R.T Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Itchibangase Yosio dan Raden Pandji Soeroso. BPUPKI dibentuk 29 April 1945 bertepatan hari Ulang Tahun Kaisar Hirohito. Sidang I BPUPKI dilaksanakan 29 Mei-1 Juni 1945 membahas Dasar Negara. Sidang II BPUPKI dilaksanakan 10 Juli-16 Juli 1945 membahas Hukum Dasar. Pada tanggal 7 Agustus 1945 Jepang membubarkan BPUPKI dan membentuk PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia/ Dokuritsu Junbi Inkai). to be continued ...