Pengenalan ms word

  • 3,342 views
Uploaded on

 

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
3,342
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
0
Comments
0
Likes
3

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. P E N D A H U L U A NMutia Sari, A.Md, S.Sos.IMutia_black@yahoo.comHttp://mutiasari.disdikporabna.com
  • 2. Pengenalan Word  Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.  Microsoft Word, selanjutnya disebut Word 2000 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perobahan dan perbaikan disana sini sehingga lebih fleksibel digunakan dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2000 dan fasilitas lainnya yang akan bahas lebih lanjut, telah menghantarkan Word 2000 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.
  • 3. Memulai Word 2000 Word 2000 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan langkah - langkah memulai bekerja dengan Word 2000 sebagai berikut :  Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.  Muncul sejumlah menu, pilih Program, Klik Microsoft Word.  Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word yang masih kosong(lihat gbr disamping)  Microsoft Word siap untuk digunakan.
  • 4. Mengenal Elemen Jendela MS-Word Setelah Word 2000 diaktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama Document 1,seperti gambar disamping  Menu Bar, berisi dftr menu yang dapat kita gunakan, dmn menu ini mempunyai sub menu masing -masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Menu File, maka sub menu-nya berisi segala hal yg berkaitan dengan file.
  • 5. Toolbar Standar, merupakan kumpulan icon-icon standar yang disediakan oleh Word 2000secara otomatis. Walaupun bgitu icon dari toolbar ini jg dapat kita tambah/dikurangi sesuaikeperluan. Default dari toolbar ini terdiri dari icon Untuk mengetahui nama dari icon - icon tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada icon yang dituju, tunggu sesaat sehingga tampil nama dari icon tersebut. Misalnya kita arahkan pointer mouse pada icon yang bergambar printer, maka akan keluar informasi nama dari icon tersebut. Toolbar Formatting, termasuk toolbar default yang disediakan oleh Word 2000. Toolbar ini berisi kumpulan icon-icon yang berfungsi dalam pemformatan pada Word 2000.
  • 6. • Ruler, sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, batas kiri, kanan, paragraph dll. Ruler ini dapat kita atur ukurannya, apakah centimeter, inchi, millimeter, points atau pica. Untuk menentukan ukuran ini dapat dilakukan dengan cara : Klik menu tool, lalu klik Options pada kotak dialog option klik general pada kotak pilihan measurement units tentukan jenis pengukuran yang diinginkan, lalu klik OK.• Scrollbar, berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gu-nakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.Mengakhiri Word 20001. Simpan terlebih dahulu lembar kerja Anda.2. Kemudian pilih salah satu langkah untuk mengakhiri penggunaan Word 2000 berikut ini ; - Pilih dan klik File, Exit, atau - Klik tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas jendela Word, atau - Klik ganda icon kontrol menu yang berada pada pojok kiri atas jendela (Alt+F4)3. Tunggu sampai jendela Word 2000 ditutup.
  • 7. Membuka File yang sudah Tersimpan1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.3. Klik pada nama file yang akan dibuka.4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.Alternatif lain :1. Klik tombol Open File pada baris menu.2. Tekan Ctrl+O.Dari kedua cara di atas, akan menghasilkan tampulan kotak dialog Open File,pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dulu.Klik tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
  • 8. Menyimpan Dokumen1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save
  • 9. 3. layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.4. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.Alternatif lain dalam penyimpanan file :1. Klik tombol Save pada baris menu.2. Tekan tombol Ctrl+S pada keyboard. Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.
  • 10. Pengenalan Star Writer Open Office Writer adalah aplikasi pengolah kata pada OpenOffice dimana anda dapat membuat dokumen pribadi, dokumen bisnis, surat kabar, dan berbagai variasi teks dokumen yang lain. Writer memungkinkan untuk membuat dokumen dari kertas kosong atau dari berbagai template. Mengenal Layar Writer • Untuk memulai klik K menu > OpenOffice.org > OpenOffice.org Writer tunggu kira-kira 10 detik.
  • 11. Secara default akan nampak 5 Bar, yaitu• Menu Bar• Command Bar, icon untuk memformat teks• Function Bar, icon untuk pengoperasian umum, seperti : Open, Save, Copy, Paste, Cut dan lainlain.• Main Toolbar, tool spesifik yang digunakan selama pengetikan seperti menyisipkan gambar, object, tabel, grafik, form dan lain-lain• Status Bar yang menampilkan halaman sekarang, template yang berlaku, zoom, status tombol Insert/OverwriteBegitu pula terdapat 2 window melayang, yaitu :• Stylist, digunakan untuk mengganti style halaman, paragraf, maupun teks dengan sedikit klik• Navigator, sangat bermanfaat jika dokumen yang dikerjakan panjang dengan banyak bab, seksi, gambar dan sebagainya.Untuk mengakhiri Klik menu File > Exit atau Ctrl+Q
  • 12. Pengenalan Star ImpressDengan Ooo Impress memungkinkan untuk membuat sarana presentasi. Output daripresentasi ini bisa untuk layar, transparansi film, maupun kertas.Ooo Impress dapat membaca dan menulis dalam format Microsoft PowerPoint.Membuat Presentasi BaruUntuk membuat presentasi anda akan dipandu oleh AutoPilot Presentation. Langkah-langkah ini meliputi memilih cara membuat/membuka presentasi yang sudah ada. Langkah-langkah ini akan menuntun hingga pada akhirnya anda disiapkan dengan presentasi
  • 13. Mengenal Layar ImpressSecara umum layar Impress sama seperti layar Writer.
  • 14. Pengenalan L A T E X• TEX merupakan perangkat lunak pengolah dokumen yang terutama ditujukanmenghasilkan dokumen yang berisi simbol-simbol matematik. Perangkat lunak inidiciptakan oleh Donald E. Knuth pada bulan Mei 1977 sebagai bahasa pembentukdokumen (document formatting language). Pada• awalnya TEX diimplementasikan dengan menggunakan bahasa Pascal, namunimplementasi yang banyak dipakai saat ini adalah TEX yang dituliskan dalam bahasa C.Demikian juga perintahperintah yang ada dalam implementasi TEX yang digunakan saatini sudah jauh berbeda dengan yang dirancang oleh Knuth pada tahun 1977.• Seringkali nama TEX dan LATEX diucapkan sebagai “teks” dan “lateks”. Pengucapan inisalah karena kata TEX sesungguhnya dibentuk dari tiga huruf Yunani (dalam hurufbesar: TEX). Kata lain yang memiliki akar kata yang sama adalah “technology”. Jadipengucapan yang benar untuk TEX dan LATEX adalah “tekh” dan “latekh”. Akar kataini juga berarti “seni”.•Dalam penulisan nama TEX atau LATEX, jika huruf ’E’ tidak mungkin dituliskan agakturun ke bawah atau huruf ’A’ tidak mungkin dituliskan agak naik ke atas, penulisandilakukan sebagai TeX atau LaTeX.
  • 15. Dengan adanya LATEX2e masyarakat pengguna LATEX memiliki sistem yangbaku. Versi LATEX yang sudah baku ini memiliki beberapa kekuatan, diantaranya1. Tulisan ini untuk digunakan oleh pemakai yang menggunakan LATEX2e2. Standard yang sangat baik untuk menyiapkan tulisan teks, formula teknis, dan tabel-tabel3. Kemudahan penggunaan oleh penulis naskah4. Portabilitas dokumen pada berbagai platform5. Adaptabilitas terhadap banyak bahasa (multilingual support)6. Ketersediaan secara meluas dan bebas7. Dukungan dan pemeliharaan yang handal dari kelompok LATEX3 yang dipimpin oleh Frank Mittelbach.Dokumen LATEX• Sebuah dokumen LATEX memiliki struktur yang dicirikan dengan blok yang diapitoleh pasangan perintah begin dan end. Setiap dokumen harus dimulai denganperintah documentclass{...} untuk menyatakan jenis dokumen yang akan diolah.•Jenis dokumen ini dapat berupa buku, artikel, laporan, transparansi, thesis, dsb.Badan utama dokumen dituliskan di antara pasangan begin{document} danend{document}
  • 16. Kemampuan TEX Font yang digunakan oleh TEX sudah disiapkan untuk dapat memiliki resolusimencapai 215. TEX diciptakan untuk menghasilkan buku-buku yang indah seperti yang dapatdihasilkan dari percetakan buku• Simbol-simbol tertentu pada buku yang dikeluarkan percetakan berbeda dengan buku-buku hasil pengetikan biasa.• Pada buku percetakan, ada beberapa kombinasi karakter yang digabungkan dan dianggapsebagai satu unit. Kombinasi ini disebut ligature
  • 17. TEX sudah menangani hal (rinci) seperti di atas secara otomatis.  Simbol-simbol fonetik logiciel (Fr.) [l cxis j "l], exception [ik s "p sen]  Not-balok (MusicTEX)  Huruf arab dengan ArabTEX  Huruf kanji