Spanning Tree Protocol

1,681 views

Published on

Tugas 2 Sistem Keamanan Jaringan

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,681
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
57
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Spanning Tree Protocol

  1. 1. SPANNING TREE PROTOCOL• Yang akan dibahas antara lain: Pengertian STP  Kegunaan STP  Bridge Protocol Data Unit (BPDU)  Cara Kerja STP  Keuntungan STP  Peranan STP
  2. 2. PENGERTIAN SPANNING TREE PROTOCOL (STP)Spanning Tree Protocol (STP) adalah protokol yangberada di jaringan switch yang memungkinkansemua perangkat untuk berkomunikasi antara satusama lain agar dapat mendeteksi dan mengelolaredundant link dalam jaringan.STP merupakan protokol manajemen link yangmenyediakan redundansi sementara mencegahperulangan yang tidak diinginkan dalam jaringan.
  3. 3. KEGUNAAN SPANNING TREE PROTOCOL (STP)Kegunaan Spanning Tree Protocol (STP) yaitumenyediakan redundansi jalan denganmendefinisikan sebuah tree yang membentang disemua switch dalam jaringan yang diperpanjang.
  4. 4. KEUNTUNGAN SPANNING TREE PROTOCOL (STP)Keuntungan menggunakan STP yaituperangkat dapat mengelola dirinya sendiriuntuk mengumpulkan informasi. Sepertialamat media access control (MAC), switchdan port prioritas, port identifier, path cost,root switch identifier, root port identifier,designated port identifiers, dan path cost fromthe port to the root switch. Informasi inidikirim keperangkat STP lain di dalamjaringan dengan menggunakan BridgeProtocol Data Units (BPDU).”
  5. 5. Bridge Protokol Data Unit (BPDU) BPDU adalah sebuah datagram yang digunakan oleh switch untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dan mengadakan pertukaran informasi. Sebuah datagram adalah self-contained, atau independen data pembawa informasi yang akan disalurkan dari sumber ke computer tujuan. Informasi yang dikumpulkan dari perangkat BPDU di jaringan akan membantu keputusan dalam konfigurasi.
  6. 6. Sebuah pertukaran BPDU akan menghasilkan beberapa hasilberikut ini: •Salah satu switch akan dipilih sebagai root switch (root switch adalah salah satu fungsi pertama dilakukan karena itu adalah awal STP logis dalam jaringan). •Jarak terpendek dari switch ke root switch akan dihitung. •Sebuah switch yang ditunjuk akan dipilih yang paling dekat dengan root switch melalui frame dan akan diteruskan ke root. •Port yang dipilih untuk setiap switch akan menjadi port yang menyediakan jalan terbaik dari root beralih ke switch. •Ports yang termasuk dalam Spanning Tree Protokol akan dipilih.
  7. 7. Cara Kerja Spanning Tree Protocol STP bekerja dengan cara memaksa jalur data redundan ke standby state, sehingga jika salah satu segmen jaringan di STP tidak bisa diakses (tidak bisa dijangkau), atau jika terjadi perubahan biaya STP. Maka, algoritma spanning tree akan mengkonfigurasi ulang spanning tree topologi dan membangun kembali link dengan mengaktifkan standby path.
  8. 8. 1. Menentukan root bridge. Root bridge dari STPadalah bridge dengan bridge ID terkecil (terendah).Tiap bridge mempunyai unique identifier (ID) dansebuah priority number yang bisa dikonfigurasi. Untukimembandingkan dua bridge ID, priority number yangpertama kali dibandingkan dengan yang kedua. Jikapriority number antara kedua bridge tersebut sama,maka yang akan dibandingkan selanjutnya adalahMAC addressnya. Sebagai contoh, jika switch A(MAC=0000.0000.1111) dan switch B(MAC=0000.0000.2222) memiliki priority number yangsama, misalnya 10, maka switch A yanga akan dipilihmenjadi root bridge. Jika admin jaringan ingin switch Byang jadi root bridge, maka priority number switch Bharus lebih kecil dari 10.
  9. 9. 2. Menentukan least cost paths ke root bridge.Spanning tree yang sudah dihitung mempunyai propertiyaitu pesan dari semua alat yang terkoneksi ke rootbridge dengan pengunjungan (traverse) dengan cost jalurterendah, yaitu path dari alat ke root memiliki costterendah dari semua paths dari alat ke root.Cost oftraversing sebuah path adalah jumlah dari cost-cost darisegmen yang ada dalam path. Beda teknologi mempunyadefault cost yang berbeda untuk segmen-segmenjaringan. Administrator dapat memodifikasi cost untukpengunjungan segment jaringan yang dirasa penting.
  10. 10. 3. Non-aktifkan root path lainnya. Karena pada langkahdiatas kita telah menentukan cost terendah untuk tiap pathdari peralatan ke root bride, maka port yang aktif yang bukanroot port diset menjadi blocked port. Kenapa di blok? Hal inidilakukan untuk antisipasi jika root port tidak bisa bekerjadengan baik, maka port yang tadinya di blok akan di aktifkandan kembali lagi untuk menentukan path baru.
  11. 11. Gambar dan Topologi yang ada padaSpanning Tree Protocol (STP) •Gambar : Spanning Tree Protocol Port States
  12. 12. Root Bridge dan Proses Pertukaran Nilai BPDU
  13. 13. •Gambar : Bagaimana Spanning Tree Protocol Bekerja
  14. 14. Terima kasih 

×