Analisis saham
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Analisis saham

on

  • 967 views

 

Statistics

Views

Total Views
967
Slideshare-icon Views on SlideShare
967
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
88
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Analisis saham Analisis saham Presentation Transcript

    • ANALISIS SAHAM
    • Ada 4 (empat) hal yang harus dipahamioleh seorang investor, antara lain yaitu :Seluk beluk berdagang sahamMemilih brokerMemilih sahamMengestimasi harga saham
    • I. Seluk beluk berdagang sahamtujuan investasiDiversifikasi keuanganTipe investorPembukaan rekening dana danrekening efekPenempatan dan pemanfaatanorder
    • tujuan investasiuntuk mendapatkan capital gain (selisihharga beli < harga jual suatu efek)untuk mendapatkan keuntungan jangkapendek dan keuntungan jangka panjang.Tujuan investasi jangka pendek ataujangka panjang memiliki konsekuensi padapemilihan analisis yang berbeda.Tujuan investasi jangka pendek lebih tepatmenggunakan analisis teknis sedangkantujuan investasi jangka panjang sangatcocok menggunakan analisis fundamental.
    • Diversifikasi keuanganJumlah dana yang diinvestasikanmerupakan ”kelebihan dana” untukkebutuhan rutin masa sekarang dan danarutin masa datang.Investor harus menyisihkan terlebih dahuludana untuk kehidupan hidup bulanan, danakesehatan, premi asuransi jiwa, danapendidikan anak-anak, dana iuran pensiun,dan dana pengeluaran tak terduga.
    • Tipe investorRisk taker, risk lover, risk seeker, yaitusuatu tipe investor yang beranimengambil risiko.Risk averter, risk aversion, yaitu suatutipe investor yang takut atau engganmenanggung risiko.Risk moderate, moderate investor,indifference investor, yaitu suatu tipeinvestor yang hanya berani menanggungrisiko sebanding dengan return yangakan diperolehnya.
    • Pembukaan rekening dana danrekening efekRekening dana adalah rekening yangmemuat catatan masuk keluarnyauang nasabah dan saldo nasabahsetiap saat.Rekening efek adalah rekening yangmemuat saldo efek milik nasabahyang disimpan di broker efek.
    • Penempatan dan pemanfaatanorderBeberapa cara yang dapat ditempuh olehnasabah untuk melakukan pesanan jualatau pesanan beli, adalah :nasabah datang langsung ke kantorbroker dan memberi order jual atau belilangsung kepada Wakil Perantara danPedagang Efek (WPPE) secara lisan tautertulis.Nasabah memberi order jual atau belilewat telepon atau handphone atau surattertulis kepada WPPE.
    • II. Memilih brokerAda beberapa kriteria pilihan broker efeksesuai dengan yang diinginkan olehseorang investor, yaitu yang dapatmemberikan pelayanan, berikut :Informasi perdagangan efekPelayanan informasi mikro dan makroPelayanan Margin TradingProduk berdagangan bervariasiBiaya transaksiPelayanan khusus
    • Informasi perdagangan efekBroker yang baik tercermin dari indikatorpelayanan saat pertama kali akan menerima caloninvestor sebagai nasabah, yaitu :Adanya pemberitahuan kepada nasabah segera setelahterjadi transaksi perdagangan telah dilaksanakan dantereksekusi.Adanya informasi setiap perkembangan saham yangdipesan.Adanya beberapa pandangan terhadap saham yang baikuntuk dibeli, untuk dijual ataupun untuk ditahan.Dapat memberikan pemahaman yang mudah dimengertiterhadap pilihan saham yang baik yang dapat dibeliataupun yang dijual.Menyediakan informasi perdagangan selama jamperdagangan berlangsung yang tersedia lewat RTI, IMQ,Bloomberg, atau Reuter.
    • Pelayanan informasi mikro danmakroSetiap kejadian atau peristiwa yang terjadidan langsung berhubungan dengankepentingan perusahaan baik yang bersifatmerugikan maupun menguntungkanperusahaan, selalu diinformasikan kepadapara nasabahnya baik itu apakah informasimikro ataupun informasi makro.Informasi mikro mencakup mengenai informasikeadaan internal perusahaan tersebut.Dan informasi makro mencakup mengenaiinformasi keadaan lingkungan eksternalperusahaan tersebut.
    • Pelayanan Margin TradingKebijakan margin trading adalahkebijakan untuk memberikan kreditkepada nasabahnya agar dapatmelakukan transaksi maksimal satukali modal yang dimiliki nasabah.Nasabah akan melakukan margintrading apabila kondisi Bursa Efek dimasa datang diperkirakan mengalamibullish.
    • Produk berdagangan bervariasiProduk yang dijual di Bursa Efek terdiri darisaham, obligasi, bukti right, waran, futures,dan options.Perusahaan broker efek yang dapatmelakukan transaksi atas semua produkyang ada di Bursa Efek dapat dianggapsebagai broker yang lebih baik daripadayang lain, yang hanya dapat melakukantransaksi atas sebagian produk yang ada.Perlu diketahui bahwa tidak semua brokerefek dapat melayani transaksi atas semuaproduk dari Bursa Efek.
    • Biaya transaksiAda 2 (dua) jenis biaya transaksi, yaitu :Biaya transaksi membeli saham atau biayatransaksi mensual saham. Biaya transaksimenjual saham selisihnya lebih besar 0,1 %daripada biaya transaksi membeli saham.Biaya transaksi yang dibayar oleh preusanbroker efek lepada pihak penyelenggara BursaEfek, biaya ini jauh lebih kecil daripada yangdibayar oleh investor, yaitu 0,03% untuksaham, dan 0,05% untuk obligasi.
    • Pelayanan khususPelayanan khusus ini mencakupruangan yang sangat sejuk baginasabah, komputer informasi secaragratis, ruang khusus bagi investorbesar, dan lainnya.
    • III. Memilih sahamPilihan saham yang dilakukan investor, bergantungpada :Tipe invetor itu sendiri, apakah ia seorang risktaker, risk averter, atau risk moderate. Hal iniberkaitan dengan risiko dan return yang diperoleholeh investor.Siklus ekonomi, apakah siklus ekonomimengalami krisis, resesi, atau depresi, pilihaninvestor akan mengerah kepada saham dariperusahaan yang menghasilkan produk tahanlama atau tidak tahan lama.Likuiditas perdagangan. Berkaitan denganperdagangan yang terjadi baik itu terjadi tiap hariataupun tidak tiap hari terjadi perdagangan.
    • IV. Mengestimasi harga sahamBeberapa pendekatan yang dapatdigunakan untuk mengestimasiharga saham :Relative approach, meliputi :Price Earning RatioPrice Book Value RatioPrice Dividend RatioDiscounted approach
    • Price Earning RatioPendekatan PER, harga sahamdipengaruhi oleh dua faktor yaitu labaper saham yang disingkat E, dantingkat risiko atas suatu saham yangbiasa disebut ratio, disingkat R,dengan rumus sebagai berikut :P = E X RREP ×= REP ×= REP ×=
    • Laba per sahamBanyak cara untuk mengetahui prospek laba persaham, seperti :Menghitung rata-rata laba per saham beberapa tahunyang lalu.Laba per saham tahun berjalan sama dengan laba persaham tahun depan.Laba per saham beberapa bulan dalam tahun berjalandikonversi menjadi satu tahun.Laba per saham dapat diperoleh dari laporan rugilaba yang disediakan oleh PRPM (Pusat ReferensiPasar Modal).Rumusnya :Laba per saham = Laba bersih / jumlah saham
    • Rasio atau multiplierSuatu rasio, atau R, yangmenyatakan berapa kali EPS modalitu dapat kembali. Penghitungan Rdapat dilakukan dengan dua carayaitu :R teoritisR aktual
    • R teoritisKita dapat menulis kembali rumus PER, dimana Radalah kebalikan daripada return.P = E X R atauP = E x 1/k atau P = E/kRumus ini hanya berlaku untuk laba per sahamyang stabil (tidak ada perkembangan). Laba persaham akan berkembang jika hanya sebagianlaba bersih yang dibagikan kepada pemegangsaham dan sebagian lagi ditahan untukreinvestasi.Dalam hal ini, k = cost of capital atau minimumrate of return, atau expected return, k dapatditetapkan oleh setiap investor dengan cara :Intuitif, yaitu berdasarkan pengalaman dan keberanian.Rasional, yaitu menggunakan penghitungan secarailmiah, misalnya capital asset pricing model (CAPM).
    • R aktualRumus R aktual :R aktual = P aktual / E aktualDimana :R aktual = rasio aktual masa laluP aktual = harga aktual masa laluE aktual = laba per saham masa laluRumus ini hanya dapat digunakan untukmenghitung Raktual tahunan ketikalaporan keuangan yang telah diaudit perDesember sudah diterbitkan dan hargasaham juga telah diketahui.
    • Price Book Value RatioAdalah suatu metode estimasi harga saham yangmenggunakan variabel nilai buku per saham dan suatu rasioatau multiplier. Rumusnya :P = B x RDimana :P = harga estimasi saham yang dapat dihitung (estimatedprice)B = nilai buku per saham (book value per share)R = rasio atau multiplierNilai buku per saham dapat dihitung dengan rumus :B = Ekuitas/ jumlah sahamEkuitas dan jumlah saham diperoleh dari neraca yangditerbitkan setiap triwulan, tengah tahunan, dan tahunan.Neraca yang digunakan untuk analisis adalah laporanterakhir yang paling dekat dengan saat estimasi hargadilakukan.
    • Price Dividend RatioAdalah suatu metode estimasi hargasaham yang didasarkan pada variabeldividen tunai dan tingkat risiko, rumusnya :P = D x RDimana : P estimasi = dividen tunai x rasioPendekatan PDR jarang digunakan dalampraktik karena dividen tunai tidak selaluberarti perusahaan mendapatkan laba.
    • Discounted approachMerupakan model penghitungan harga sahamyang dilakukan dengan cara menilai tunai semuacashflow yang akan diterima di masa datang.Cashflow disini adalah dividen tunai yang akanditerima setiap tahun dan harga saham terakhirpada saat akan dijual (terminal value).Disini rumus present valuenya adalah :V0 = (D1+P1)/(1+k)Apabila rencana investasi adalah selama 2 tahun,maka rumusnya adalah :V0 = (D1)/(1+k)+ (D2)/(1+k)2+ (P2)/(1+k)2
    • Finishsekian & terima kasih