Your SlideShare is downloading. ×
Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur K4 9B
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur K4 9B

580

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
580
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1.  KELOMPOK 4  SITI LAILATUL MUFARIKHA (37)  ALIF VIA NUR ISLAMI (02)  NINA EKA AMELIA (29)  KRISMAWATI (12)  YOLLA ARMELIA CRISTIANA PUTRI (38)
  • 2. A.softwere untuk aplikasi internet Untuk mengakses internet diperlukan software yang disebut dengan browser. Browser digunakan untuk membuka halaman web dan mengakses menu-menu didalamnya  pada saat kita menjelajahi internet, untuk menggunakan layanan tertentu yang ada diinternet diperlukan software pendukung selain browser atau bisa disebut software tambahan. software tambahan tersebut antara lain FTP, SMTP/OP Mail, dan Chatting.  Browser yang sering digunakan untuk akses internet adalah sebagai berikut.  1. Ms Internet Explore  2. Mozila Firefox  3. Opera  4. Netscape Communicator  5. Maxthon  Dari beberapa browser diatas yang paling banyak digunakan adalah Ms. Internet Exsplore dengan alasan software tersebut sudah secara otomatis terinstall pada windows. Meskipun demikian beberapa software memiliki kemampuan dan fasilitas yang sama dengan Ms. Internet Explore. 
  • 3. B. Browser dengan Microsoft Internet Explorer (MSIE) MICROSOFT INTERNET EXPLORER ADALAH BROWSER YANG MUDAH DIPELAJARI. MELALUI BROWSER INI KITA DAPAT MEMPEROLEH BERBAGAI INFORMASI DARI BERBAGAI ALAMAT SITIS WEB DI INTERNET DENGAN MENGETIKAN ALAMAT SITUS TERTENTU PADA ADDRESS BAR, MAKA BROWSER YANG AKAN MENGHANTARKAN KITA DAN MENAMPILKAN HOMEPAGE PADA LAYAR MONITOR. SEBELUM KITA MENULISKAN ALAMAT SITUS PADA ADDRESS BAR TERLEBIH DAHULU KITA HARUS MENJALANKAN BROWSER INTERNET EXPLORER. 1. MELALUI MENU START . KLIK MENU START B. PILIH PROGRAM >> INTERNET EXPLORER 2. MENGGUNAKAN IKON PADA DESKTOP KLIK DUA KALI PADA IKON INTERNET EXPLORER YANG TERDAPAT PADA DESKTOP. 3. MENGGUNAKAN QUICK LAUNCH YAITU KELOMPOK IKON PADA BAGIAN KIRI TAKSBAR.
  • 4. 1. Tittle Bar TITTLE BAR ATAU BARIS JUDUL BERISI JUDUL HALAMAN WEB EXPLORER YANG SEDANG DI BUKA DAN TOMBOL KONTROL UNTUK JENDELA INTERNET EXPLORER. KONTROL JENDELA TERSEBUT BERISI TOMBOL MAXIMISME, MINIMIZE, RESTORE, DAN CLOSE.
  • 5. 2. Menu Bar  Menu bar juga di sebut pulldown menu, merupakan sederetan menu yang apabila di klik akan memunculkan menu di bawahnya (sub menu).  Macam-macam menu bar di arena kerja internet explorer yaitu File, Edit, View, Favorities, Tools, Help.
  • 6. 3. Standart Button (Standart Toolbar)  Standart button adalah sederet ikon-ikon standart yang akan sering kita pakai untik melakukan surfing di internet.
  • 7. 4. Address Bar  bagian paling kanan digunakan untuk menampilkan alamat-alamat website yang Address bar atau alamat bar adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukan alamat website yang ingin kita kunjungi pada internet explorer.Dalam adrress bar tombol anak panah kebawah yang terletak pada kita kunjungi terakhir.  jika kita sedang mengarahkan mouse pada suatu kalimat, ikon/gambar dan petunjuk mouse berubag menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk berarti kata,kalimat,ikon/gambar tersebut aktif dan akan membawa kita pada halaman lain atau biasa disebut HYPERLINK atau Link.
  • 8. 5. status bar  merupakan bagian menu yang menunjukkan status/proses menampilkan isi suatu halaman web.Misalkan saja opening http://www.google.co.id (sedang terjadi proses membuka halaman situs web www.google.co.id) , downloading image from http://id.yahoo.com (proses download gambar untuk ditampilkan), Done (proses menampilkan halaman web yang telah lengkap), Baris status akan menampilkan sebuah pesan jika kursor mouse ditempatkan pada sebuah hiperlink.
  • 9. C. URL untuk Mengakses web UNTUK DAPAT BERKOMUNIKASI DENGAN SEMUA KOMPUTER YANG TERHUBUNG KE INTERNET DI GUNAKAN SEBUAH PROTOKOL YANG MENGGUNAKAN TCP/IP (TRANSMISSION CONTROL PROTOCOL/INTERNET PROTOKOL). UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI ATAU DATA DI INTERNET KITA DAPAT MENGAKSESNYA DENGAN MENGETIKAN ALAMAT WEB PADA ADRESS BAR. ALAMAT SUATU SITUS DI INTERNET DI SEBUT DENGAN NAMA DOMAIN, JADI NAMA DOMAIN ADALAH ALAMAT PERMANEN SITUS DI INTERNET YANG DI GUNAKAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI SITUS DI INTERNET.
  • 10.  istilah lain dari nama domain adalah URL (Uniform Resource Locator) di artikan sebagai alamt situs suatu file di internet. alamat URL mencakup semua jenis file yang bisa di akses oleh internet misalkan html, zip, rar, jpg, gif dan png.  penulisan URL secara lengkap adalah ( Protocol : //nama_host/path/nama_file).  1. Protocol adalah jenis protocol yang akan di gunakan seperti http atau ftp.  2. nama_host adalah nama host (domain) yang di panggil  3. path adalah lokasi atau directori tempat file-file diletakkan pada web server  4. nama_file adalah nama file yang dipanggil.  contoh : http//www.gimonca.com/sejarah/sejarah.shtml  1. URL di atas menggunakan protocol http  2. nama domain adalah www.gimonca.com  3. path atau directory yang dituju adalah sejarah  4. nama file yang di akses adalah sejarah.shtml
  • 11. Berikut ini adalah nama domain yang sering kita jumpai ketika meng akses suatu situs  1. Domain Generik (Generic Top Level Domain      atau TLDs) : contoh domain generic adalah sebagai berikut. a. .com : top level domain untuk kepentingan komersial (commercial) b. .edu : domain yang ditunjukan untuk kepenringan pendidikan (education) c. .mil : domain untuk kepentingan angkatan bersenjata (military) d. org : domain untuk lembaga atau organisasi non profit ( organization )
  • 12. 2.Domain suatu negara(Countrys Specific Top Level Domains / ccTLDs)        Domain suatu negara, yaitu domain yang berkaitan dengan 2 huruf Ekstensi dan sering juga disebut second level domain. misalkan saja .id (indonesia);.au(Australia);.jp(jepang), dll. pengguna dari masing-masing akhirnya tergantung pada penggunaan berikut ini. a. .co.id : badan usaha yang mempunyai badan hukum sah. b. .ac.id : lembaga pendidikan c. .go.id : lembaga pemerintahan RI d. .mil.id : khusus untuk militer RI e. .org.id : untuk semua organisasi yang tidak termasuk dalam kategori “ .ac.id „‟ atau “ .co.id ”. f. .web.id : badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan World Wide Web.

×