• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Zikir dan doa
 

Zikir dan doa

on

  • 1,240 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,240
Views on SlideShare
1,240
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
13
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Zikir dan doa Zikir dan doa Presentation Transcript

    • Zikir DoaZikir dan Doa setelah Solat
    • ● Pengertian Zikir● Dalil Tentang Zikir● Tujuan Berdzikir● Bentuk – Bentuk Zikir● Adab Tata Cara Berdzikir● Faedah/Manfaat Berdzikir
    • Zikir berasal dari kata yang menurut arti harfiah/bahasaadalah ingat. Sedangkan menurut istilah adalah mengingatAllah dengan cara melafalkan sifat – sifat keagungan dankemuliaan Allah SWT dalam rangka mendekatkan diri kepada -Nya. Kita diperintahkan untuk berzikir kepada Allah untukmengingat kebasaran dan kekuasaanNya agar kita tidakmerasa sombong dan takabur. Sebagaimana tersebut dalamfirman-Nya;Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebutnama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya (Q.S. Al Ahzab :41).
    • “Dan sebutlah (nama) Allahsebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.” (QS. Al-Anfal:45)“Karena itu, ingatlah kamukepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, danbersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari(nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)“Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama)Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan danpahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35)
    • “Maukah kalian saya beritahukan tentang sebaik-baik amalankalian, yang lebih dicintai oleh Rabb kalian, lebih mengangkatderajat kalian, dan ini lebih baik bagi kalian daripada kalianbersedekah dengan emas dan perak, lebih baik daripadakalian berperang dengan musuh-musuh kalian kemudiankalian tebas batang leher mereka atau mereka menebasbatang leher kalian?” Para sahabat bertanya, “Apakahamalan itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Berzikirkepada Allah.” (HR. At-Tirmizi no. 3377, Ibnu Majah no.
    • A. Untuk menenteramkan hati“Ingatlah, dengan mengingat Allah makahati akan menjadi tenang.” (QS. ar-Ra‟d: 28)B. Untuk mendapatkan keberuntungan“Apabila telah ditunaikan shalat, makabertebaranlah kamu di muka bumi; dancarilah karunia Allah dan ingatlah Allahbanyak-banyak supaya kamuberuntung.” (Q.S. Al-Jumu‟ah/62: 10).
    • Menurut Ibnu Katsîr, yang dimaksudkeberuntungan dalam ayat ini ialahkeberuntungan dalam jual-beli dan usahalain. Sedangkan tujuan dari perintah untukberdzikir kepada Allâh ialah agar kalian tidakdilalaikan oleh kesibukan dunia sehinggalupa berdzikir, padahal berdzikir itu akanmemberi manfaat bagi kehidupan akhirat.Mujahid berkata : “Seseorang tidak akan bisamencapai derajat dan terhitung sebagaihamba yang banyak berdzikir, sehingga iamelaksanakan Dzikrullâh dalam keadaanberdiri, duduk dan berbaring”.
    •  Zikir dengan hati, yaitu dengan carabertafakur, memikirkan semua yangada di alam semesta ini adalahciptaan, sehingga timbul fikiranbahwa Allah lah yang maha kuasa.Zikir seperti ini dapat membuatseseorang kepada Allah SWT akanbertambah.
    •  Zikir dengan lisan (ucapan), yaitu dengancara melafalkan kalimat – kalimat yangmengandung asma allah seperti : tasbih,tahlil, tahmid, takbir, sholawat,dsb. Zikirseperti ini dianjurkan dalam islam, dan Zikiryang dikerjakan Rasulullah saw. Dan nabi –nabi terdahulu, sebagaimana sabdaRasulullah saw. sebagai berikut :“Se paling afdal kalimat yang aku baca danNabi-nabi sebelum aku ialah Laa ilahaillallah”
    • C) Zikir dengan perbuatan, yaitudengan cara melakukan perintahAllah dan menjauhilaranganNya. Semua perbuatantersebut harus dilandasi dengan niatuntuk mendapatkan keridhoan AllahSWT. Dengan demikian amalan –amalan lain yang diperintahkanagama termasuk dalam ruanglingkup zikir dengan perbuatan.
    • a)Zikir hendaknya dilakukan dengansikap tadaruk (merasa hinadihadapan Allah SWT.) dengandemikian orang yang berzikir harusmenampakkan sikap tawadukkepada Allah SWT.b)Zikir dilakukan dengan rasa takutkepada Allah SWT.c)Zikir dilakukan dengan suarapelan, tidak mengeraskan suara.
    • ( )Dan berzikirlah kepada Tuhanmu dalam hatimu,dengan merendah diri serta dengan perasaantakut (melanggar perintahNya), dan dengantidak pula mengeraskan suara, pada waktu pagidan petang dan janganlah engkau menjadi dariorang-orang yang lalai. Sesungguhnya mereka(malaikat) Yang ada di sisi Tuhanmu tidakbersikap angkuh (ingkar) daripada beribadatkepadaNya, dan mereka pula bertasbih
    •  Menumbuhkan ketenangan, kebahagiaan danketentraman di dalam qolbuAlloh Ta‟alaa berfirman , “(yaitu) orang-orangyang beriman dan hati mereka manjaditenteram dengan mengingat Alloh.Ingatlah, hanya dengan mengingat Alloh-lahhati menjadi tenteram“ (Ar Ra‟d: 28). Hati tidakakan merasa tenteram kecuali dengan dzikirkepada Alloh, sesungguhnya dzikir itu adalahkekuatan bagi hati. Syaikhul Islam Ibn Taimiyahberkata, “(Manfaat) dzikir bagi qolbu seperti(manfaat) air bagi ikan, maka bagaimanakeadaan ikan jika dia terpisah dari air” (AlWabilush Shoyyib).
    •  Alloh akan mengingat hamba yang berdzikirkepada-NyaAlloh Ta‟alaa berfirman , “Karena itu ingatlahkepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula)kepadamu” (QS.Al Baqoroh: 152).Dalam sebuah hadits Qudsi, Allohberfirman,“Barangsiapa yang mengingat-Kudalam dirinya, maka Aku akanmengingatnya dalam diri-Ku”(HR. Bukhori danMuslim).
    •  Mendapat pahala dengan amalan yangmudahDengan hanya menggerakkan lisan kitamampu memperoleh pahala yang amatbesar. Rasululloh shallallohu „alaihi wasallam bersabda,“Barangsiapa yang mengucapkanSubhanalloh wa bihamdih seratus kalidalam sehari, maka akan dihapuskandosa-dosanya meski dosanya semisal buihdi lautan” (HR. Bukhori dan Muslim).
    •  Dzikir akan menjadi cahaya yang menerangipelakunyaAlloh Ta‟alaa berfirman , “Dan apakah orangyang sudah mati kemudian dia Kamihidupkan dan Kami berikan kepadanyacahaya yang terang, yang dengan cahayaitu dia dapat berjalan di tengah-tengahmasyarakat manusia, serupa dengan orangyang keadaannya berada dalam gelapgulita yang sekali-kali tidak dapat keluar daripadanya?” (QS. Al An‟aam: 122).
    • Mendapat rahmat dari Alloh dan sebabmendapatkan hidayah dari-NyaAlloh Ta‟alaa berfirman , ” Hai orang-orang yangberiman, berdzikirlah (dengan menyebut nama)Alloh, (dengan) dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberirahmat kepadamu dan malaikat-Nya(memohonkan ampunan untukmu), supaya Diamengeluarkan kamu dari kegelapan kepadacahaya (yang terang). Dan adalah Dia MahaPenyayang kepada orang-orang yangberiman” (QS. Al Ahzaab: 41-43).
    • Membentengi dari kemaksiatanDengan mengingat Allah di setiapsaat maka akan terbayangkeagungan-Nya bahwa Diaadalah Dzat yang tidak pantasuntuk didurhakai, makabagaimana bisa diri ini bermaksiatdan mendurhakai-Nya jikakeadaannya demikian?
    • ● Pengertian Doa● Dalil Tentang Doa● Tujuan Berdoa● Waktu yang Baik untuk Berdoa● Adab Tata Cara Berdoa● Penyebab Doa tidak Dikabulkan
    • Doa yang berasal dari kata menurut arti bahasaadalah memohon atau meminta sesuatu.Sedangkan menurut istilah adalah memohon ataumeminta suatu yang bersifat baik kepada Allah SWTdengan merendahkan diri dan tunduk kepadaNya.Sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT setiap saatkarena akan selalu didengar olehNya.Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.Sesungguhnya orang-orang yangmenyombongkan diri dari menyembah-Ku akanmasuk neraka Jahannam dalam keadaan hinadina (Q. S. Al Mu‟min : 60)".
    • Dalil Tentang Doa14. Hanya bagi Allah-Lah (hak mengabulkan) doa yang benar.dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidakdapat memperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkanseperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya kedalam air supaya sampai air ke mulutnya, Padahal air itu tidakdapat sampai ke mulutnya. dan doa (ibadat) orang-orang kafiritu, hanyalah sia-sia belaka. (Q.S. Ar-Ra‟d : 14)60. Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akanKuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yangmenyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka
    • “Tidaklah seorang muslim memanjatkan do‟a pada Allahselama tidak mengandung dosa dan memutuskansilaturahmi (antar kerabat) melainkan Allah akan beripadanya tiga hal: (1) Allah akan segera mengabulkando‟anya, (2) Allah akan menyimpannya baginya di akhiratkelak, dan (3) Allah akan menghindarkan darinya kejelekanyang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalaubegitu kami akan memperbanyak berdo‟a.” Nabishallallahu „alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nantiyang memperbanyak mengabulkan do‟a-do‟a kalian.”
    •  Memohon hidup selalu dalambimbingan Allah SWT Agar selamat dunia akhirat Untuk mengungkapkan rasa syukurkepada Allah SWT Meminta perlindungan Allah SWT dariSetan yang terkutuk
    • A) Sepertiga akhir malamDari Abu Hurairah Radhiyallahu „anhu bahwasanyaRasulullah Shallallahu „alaihi wa sallambersabda. “Artinya : Sesungguhnya Rabb kamiyang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiapmalam ke langit dunia hingga sepertiga akhirmalam, lalu berfirman ; barangsiapa yangberdoa, maka Aku akan kabulkan, barangsiapayang memohon, pasti Aku akan perkenankandan barangsiapa yang meminta ampun, pastiAku akan mengampuninya”. (Shahih Al-Bukhari, kitab Da‟awaat bab Doa Nisfullail 7/149-
    • B) Pada hari JumatDari Abu Hurairah Radhiyallahu „anhu bahwaAbul Qasim Shallallahu „alaihi wa sallambersabda. “Artinya : Sesungguhnya padahari Jum‟at ada satu saat yang tidakbertepatan seorang hamba muslim shalatdan memohon sesuatu kebaikan kepadaAllah melainkan akan diberikanpadanya, beliau berisyarat dengantangannya akan sedikitnya waktu tersebut”.(Shahih Al-Bukhari, kitab Da‟awaat 7/166.Shahih Muslim, kitab Jumuh 3/5-6)
    • C) Waktu antara adzan dan iqamahDari Anas bin Malik Radhiyallahu „anhubahwa Rasulullah Shallallahu „alaihi wasallam bersabda. “Artinya : Doa tidakakan ditolak antara adzan dan iqamah”.(Sunan Abu Daud, kitab Shalat 1/144 No.521. Sunan At-Tirmidzi, bab JamiudDa‟waat 13/87. Sunan Al-Baihaqi, kitabShalat 1/410. Dishahihkan oleh Al-Albani, kitab Tamamul Minnah hal. 139)
    • D) Saat Berbuka puasaDari Abdullah bin „Amr bin „Ash Radhiyallahu„anhu bahwa dia mendengar RasulullahShallallahu „alaihi wa sallam bersabda.“Artinya : Sesungguhnya bagi orang yangberpuasa pada saat berbuka ada doayang tidak ditolak”. (Sunan Ibnu Majah,bab Fis Siyam La Turaddu Da‟watuhu1/321 No. 1775. Hakim dalam kitabMustadrak 1/422. Dishahihkan sanadnyaoleh Bushairi dalam Misbahuz Zujaj 2/17).
    • E) Setelah salat farduDari Abu Umamah, sesungguhnya RasulullahShallallahu „alaihi wa sallam ditanyatentang doa yang paling didengar olehAllah Subhanahu wa Ta‟ala, beliaumenjawab. “Artinya : Di pertengahanmalam yang akhir dan setiap selesaishalat fardhu”. (Sunan At-Tirmidzi, babJamiud Da‟awaat 13/30. Dishahihkan olehAl-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi3/167-168 No. 2782).
    • F) Ketika membaca Al QuranG) Waktu antara dua khutbahH) Saat ibadah hajiI) Waktu makan sahurJ) Saat kritis atau gentingK) Saat teraniayaL) Ketika minum air zam zam
    • M) Pada Saat Perang BerkecamukDari Sahl bin Sa‟ad Radhiyallahu „anhu bahwaRasulullah Shallallahu „alaihi wa sallam bersabda.“Artinya : Ada dua doa yang tidak tertolak ataujarang tertolak ; doa pada saat adzan dan doatatkala peang berkecamuk”. (Sunan Abu Daud,kitab Jihad 3/21 No. 2540. Sunan Baihaqi, babShalat Istisqa‟ 3/360. Hakim dalam Mustadrak1/189. Dishahihkan Imam Nawawi dalam Al-Adzkaar hal. 341. Dan Al-Albani dalam Ta‟liq AlalMisykat 1/212 No. 672).
    • N) Pada Waktu Bangun Tidur Pada MalamHariDari „Amr bin „Anbasah Radhiyallahu „anhubahwa Rasulullah Shallallahu „alaihi wasallam bersabda. “Artinya :Tidaklah seoranghamba tidur dalam keadaan suci laluterbangun pada malam hari kemudianmemohon sesuatu tentang urusan dunia atauakhirat melainkan Allah akanmengabulkannya”. (Sunan Ibnu Majah, babDoa 2/352 No. 3924. Dishahihkan oleh Al-Mundziri 1/371 No. 595)
    • O) Pada Waktu Sujud Dalam ShalatDari Ibnu Abbas Radhiyallahu „anhu bahwaRasulullah Shallallahu „alaihi wa sallambersabda. “Artinya : Adapun pada waktusujud, maka bersungguh-sungguhlahberdoa sebab saat itu sangat tepat untukdikabulkan”. (Shahih Muslim, kitab Shalatbab Nahi An Qiratul Qur‟an fi Ruku‟ waSujud 2/48) Yang dimaksud adalah sangattepat dan layak untuk dikabulkan doakamu.
    • P)Pada Saat Sedang KehujananDari Sahl bin a‟ad Radhiyallahu „anhubahwasanya Rasulullah Shallallahu „alaihi wasallam bersabda. “Artinya : Dua doa yang tidakpernah ditolak ; doa pada waktu adzan dandoa pada waktu kehujanan”. (Mustadrak Hakimdan dishahihkan oleh Adz-Dzahabi 2/113-114.Dishahihkan oleh Al- Albani dalam Shahihul Jami‟No. 3078).Imam An-Nawawi berkata bahwa penyebab doapada waktu kehujanan tidak ditolak atau jarangditolak disebabkan pada saat itu sedang turunrahmat khususnya curahan hujan pertama diawal musim. (Fathul Qadir 3/340).
    • Q) Pada Saat Ajal TibaDari Ummu Salamah bahwa Rasulullahmendatangi rumah Abu Salamah (pada hariwafatnya), dan beliau mendapatkan keduamata Abu Salamah terbuka lalu beliaumemejamkannya kemudian bersabda.“Artinya : Sesungguhnya tatkala ruh dicabut,maka pandangan mata akan mengikutinya‟.Semua keluarga gempar. Beliau bersabda :„Janganlah kalian berdoa untuk diri kaliankecuali kebaikan, sebab para malaikatmengamini apa yang kamu ucapkan”.(Shahih Muslim, kitab Janaiz 3/38)
    • R) Pada Malam Lailatul QadarAllah Subhanahu wa Ta‟ala berfirman.“Artinya : Malam kemuliaan itu lebih baikdari seribu bulan. Pada malam itu turunmalaikat-malaikat dan malaikat Jibrildengan izin Tuhannya untuk mengatursegala urusan. Malam itu penuhkesejahteraan sampai terbit fajar”. (Al-Qadr : 3-5) Imam As-Syaukani berkatabahwa kemuliaan Lailatul Qadar amatdiharapkan doa setiap orang pastidikabulkan. (Tuhfatud Dzakirin hal. 56)
    • S) Pada Hari ArafahDari „Amr bin Syu‟aib Radhiyallahu„anhu dari bapanya dari datuknyabahwasanya Nabi Shallallahu „alaihiwa sallam bersabda. “Artinya :Sebaik-baik doa adalah pada hariArafah”. (Sunan At-Tirmidzi, babJamiud Da‟waat 13/83. Dihasankanoleh Al-Albani dalam Ta‟liq alalMisykat 2/797 No. 2598
    • A)Diawali dengan bacaan basmalah, hamdalah dan sholawatDari Fadhalah bin Ubaidillah ia berkata : Rasulullah telahbersabda : “Apabila seorang di antara kamu berdoa,hendaklah memuji kepada Allah SWT. dan berterma kasihkepada-Nya, kemudian membaca sholawat dan salamkepada Nabi Muhamm Saw., kemudian berdoa sesuaikeinginannya.”B) Mengangkat kedua tangan ketika berdoa, dan mengusapkedua tangan pada wajah ketika selesaiDari Umar bin Khattab ia berkata : Rasulullah SAW apabilaberdoa mengangkat kedua tangannya, dan tidakmenurunkan kedua tangan itu sampai beliaumengusapkan kedua tangan itu pada wajah beliau
    • C)Hati khusyu’, ikhlas dan seriusD)Berharap agar doanya diterima Allah SWT.Dari Abu Hurairah R.A., ia berkata : RasulullahSAW bersabda : “Berdoalah kamu kepadaAllah dan hendaklah kamu meyakini doa ituakan dikabulkan oleh-Nyab. Ketahuilah bahwaAllah SWT. tidak memperkenankan doa darihati yang lalai dan lengah.” (H.R. At Turmudzi.)
    • E)Melembutkan suara dan tenang saat berdoa)(186. dan apabila hamba-hamba-Kubertanya kepadamu tentang Aku, Maka(jawablah), bahwasanya aku adalah dekat.aku mengabulkan permohonan orang yangberdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi(segala perintah-Ku) dan hendaklah merekaberiman kepada-Ku, agar mereka selaluberada dalam kebenaran. (Q.S. AlBaqarah : 186)
    • F) Menggunakan lafazh – lafazhdoa yang terdapat dalam Alqur’anG) Berdoa kembali dengan caraberulang – ulang di lain waktu
    • a) Ditunda untuk lain waktub) Ditangguhkan untuk dikabulkan diakhiratc) Dikabulkan dalam bentuk laind) Mungkin menjadikan kita tidak baik biladikabulkan
    •  Zikir Setelah Solat Doa Setelah Solat
    •  Astaghfirullaahal „adzhiim (Akumohon ampun kepada Allah yangMaha Agung). 3x Alladzi laa ilaaha illa huwal hayyulqayyum wa atubu ilaihi (yang tidakada Tuhan kecuali Allah, Dzat yangMaha Hidup dan terus Hidup, dankami mohon ampun kepadaMu yaAllah). 1x
    •  Laa Ilaaha Illallah wahdahu laasyariikalahlahulmulku walahulhamdu yuhyii wayumiituwahuwa alaa kulli syaiin qadiir (Tidak ada Tuhanselain Allah, dzat yang Maha Esa, tidak adasekutu untukNya (tidak ada yangmenyamai), dzat yang mempunyai kerajaandan semua pujian. Dzat yang menghidupkandan mematikan, dan berkuasa atas segalasesuatu). 10x Laa khaula walaa quw wata illaa billa hil „aliy yil„adzhiim (Tiada daya dan kekuatan, Melainkandengan pertolongan Allah yang Maha Agung).1x
    •  Allahumma ajjirna minannar (Ya Allahlindungilah kami dari api neraka). 7x Allahumma antassalam waminkassalam wailaika ya‟udussalam fahayyina rabbanaabissalam, wa adkhilna jannatadaarassalaam, tabarakta rabbana wa ta aalaitayaa dzaljalaali wal ikram. (Ya Allah EngkaulahAs-Salam(keselamatan, keberkahan, kemulian, ketenangan) dan keselamatan dari-Mu dan keselamatankembali padaMu, berilah keselamatan dalamhidup kami, Dan masukkan kami ke dalam surgaDarussalam, Maha Suci Engkau ya Rabb yangMaha Luhur, yang Maha agung dan Maha
    •  Allahumma laa maani‟a limaa „a‟thaita walaamu‟thia limaa mana‟ta walaa yanfa‟u dzal jaddiminkal jaddu (Ya Allah tiada orang yangmenghalangi terhadap apa yang telah Engkauberikan dan tiada orang yang memberiterhadap apa yang telah Engkau halangi dankekayaan orang yang kaya itu tidak akan bisamenyelamatkan dia dari siksa-Mu). 1x Allahumma a‟inna „ala dzikrika wa syukrika wahusni „ibadatika (Ya Allah anugerahkanlahpertolongan kepada kami untuk mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah yangbaik kepada-Mu). Doa indah yang diwasiatkanRasulullah kepada Muadz bin Jabal. 1x
    •  SUB-HAANALLOOH (33x) (artinya: Maha Suci Allah) AL-HAMDULILLAAH (33x) (artinya: Segala puji bagiAllah) ALLOOHU AKBAR (33x) (artinya: Allah Maha Besar) LAA ILAAHA ILLALLOOHU WAKH-DAHU LAA SYARIIKA-LAH, LAHUL-MULKU WA-LAHUL KHAMDU, WA-HUWA„ALAA KULLI SYAY-IN QODIIR (1x)(artinya: Tidak ada ilah yang berhak diibadahi denganbenar melainkan hanya Allah Yang Maha Esa, tidakada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kerajaan danbagi-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atassegala sesuatu)
    •  Doa untuk kedua orang tua“Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.Artinya :“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan IbuBapakku, sayangilah mereka sepertimereka menyayangiku diwaktu kecil”.
    •  Doa keselamatan dunia akhirat)( 201. "Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan didunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalahKami dari siksa neraka”. Doa minta ilmu yang bermanfaat ( )114. "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmupengetahuan."