Komunikasi 2

653 views
537 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
653
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Komunikasi 2

  1. 1. CREATED BY GROUP 2
  2. 2. MEMPELAJARI TENTANG PENGERTIAN SEJARAH KOMUNIKASI PRINSIP TIPS
  3. 3. KELOMPOK 2 : IRRADATUN NAFIAH MASITA CAMELIA NISRINA NUR’AINI RISTA DIAS AFRISKA SINNDY FITRIANI SEKAR WIJAYANTI
  4. 4. PENGERTIAN suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Komunikasi dilakukan dengan 2 cara : 1. Lisan / verbal 2. Non verbal (gerakan badan)
  5. 5. SEJARAH KOMUNIKASI Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang berarti sama. Communico, communicatio atau communicare ya ng berarti membuat sama (make to common).Secara sederhana komuniikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya (communication depends on our ability to understand one another).
  6. 6. PRINSIP KOMUNIKASI 1. Jangan berbicara dengan lidah bercabang > Ketika orang memiliki arti pemimpin adalah layak kepercayaan mereka ( jangan bicara berbelit-belit) berbicaralah yang pasti. 2. . Dapatkan pribadi > "orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu sampai mereka tahu seberapa banyak Anda peduli." 3. Dapatkan spesifik > Belajar untuk berkomunikasi dengan kejelasan. Sederhana dan ringkas selalu lebih baik daripada rumit dan membingungkan.
  7. 7.  4. Memiliki pikiran yang terbuka >kekakuan pikiran yang tertutup adalah faktor pembatas tunggal terbesar dari peluang baru. 5. . Shut-up dan mendengarkan > Pemimpin besar tahu kapan harus dial up, dial ke bawah, dan dial off (kebanyakan bawah dan off). 6. Ganti ego dengan empati >Ketika keterbukaan dikomunikasikan dengan empati & peduli dan tidak arogansi sombong dari ego meningkat lebih dari hal- hal baik mulai terjadi. Empati komunikator menampilkan tingkat keaslian dan transparansi yang tidak hadir dengan mereka yang memilih untuk berkomunikasi belakang fasad hati-hati crafted disangga-up dengan ego yang sangat rapuh. Memahami prinsip komunikasi inilah yang membantu mengubah kemarahan menjadi rasa hormat dan keraguan ke dalam kepercayaan.
  8. 8.  7. Baca yang tersirat > Mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk memahami apa yang tidak dikatakan, disaksikan, atau mendengar. Menjadi seorang pemimpin tidak harus dipandang sebagai lisensi untuk meningkatkan volume retorika. 8. Ketika Anda berbicara, tahu apa yang Anda bicarakan >Anda pernah mendengar pepatah "itu bukan apa yang Anda katakan, tetapi bagaimana Anda mengatakannya yang penting," 9. Berbicaralah dengan kelompok sebagai individu >Besar komunikator dapat menyesuaikan pesan sehingga mereka dapat berbicara kepada 10 orang di ruang rapat atau 10.000 orang di auditorium dan mereka merasa seolah-olah mereka berbicara langsung kepada mereka masing-masing sebagai individu.
  9. 9.  10. Bersiaplah untuk mengubah pesan jika diperlukan > Komponen lain dari strategi komunikasi yang jarang dibahas adalah bagaimana mencegah pesan dari akan buruk, dan apa yang harus dilakukan ketika tidak. Ini disebut menjadi disiapkan dan mengembangkan rencana kontingensi.
  10. 10. TIPS~ pada umumnya tidak hanya ingin sekedar mendengarkan konsep-konsep dari para ahli pada bidang tertentu. Orang akan antusias mendengarkan anda ketika mereka tahu betapa Anda peduli pada mereka. Jadilah pemimpin yang bukan hanya pandai berkomunikasi, tetapi jadilah pemimpin yang menginspirasi dalam setiap kata-katanya. Jauhkan mata Anda & telinga terbuka dan menutup mulut Anda dan Anda akan takjub melihat betapa tingkat kesadaran atau organisasi dinaikkan.
  11. 11.  Anda harus ingat bahwa untuk interaksi sukses terjadi, tujuan Anda harus sejalan dengan yang Anda berkomunikasi dengan.Jika keahlian Anda, empati, kejelasan, dll tidak memiliki efek yang diinginkan, yang dengan cara sangat jarang, Anda harus mampu untuk membuat dampak dengan mengubah segalanya dengan cepat
  12. 12. MENJADI PENDENGAR YANG BAIK Pusatkan perhatian dan evaluasi sambil mendengarkan Usahakanlah agar anda berpikir secara aktif tentang apa yang diketengahkan orang lain Agar memberi tanggapan pada saat-saat yang tepat Selalu memberi dorongan dan semangat agar pembicara melanjutkan
  13. 13. THE END.. Pelajaran kepemimpinan di sini adalah setiap kali Anda memiliki pesan untuk berkomunikasi (baik secara langsung maupun melalui pihak ketiga) pastikan kata pesan itu benar & yang benar, baik beralasan, dan dibuktikan dengan logika bisnis yang kuat yang spesifik, konsisten, jelas dan akurat.

×