Belajar lbih cerdas bukan lebih keras
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Belajar lbih cerdas bukan lebih keras

on

  • 915 views

lebih bersemangat dalam belajar dan jangan lupa baca buku sebanyak2nya...

lebih bersemangat dalam belajar dan jangan lupa baca buku sebanyak2nya...

Statistics

Views

Total Views
915
Views on SlideShare
915
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
24
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Belajar lbih cerdas bukan lebih keras Belajar lbih cerdas bukan lebih keras Presentation Transcript

  • Create by : Muhammad Fayza Fardiansyach VII.3 Bukan Lebih Keras Belajar Lebih Cerdas
  • MEMBACA & MENGHAFAL Tentukan tujuan membaca. Menggunakan petunjuk dalam buku. Carilah buku lain jika diperlukan. Gunakan petunjuk yang ada di setiap BAB. Carilah kata kunci. Bacalah kembali untuk mendapatkan detail. Mengingat apa yang sudah di baca.
  • TIGA CARA MEMBACA1. Membaca referensi singkat : Berfokus untuk mendapatkan informasi spesifik yang menjawab pertanyaan khusus.2. Membaca Kritis : Mempertimbangkan gagasan dan konsep yang membutuhkan analisis lebih lanjut.3. Membaca estetica : Mencari hiburan untuk mengapresiasi gaya penulis dan kemampuan penulis. View slide
  • HAL-HAL YANG DAPAT MENGURANGIKECEPATAN MEMBACA Membaca bersuara atau mengerakan bibir. Membaca mekanis : menunjuk setiap kata yang di baca dan menggerakan kepala. Menggunakan cara membaca yang salah untuk jenis materi yang di baca. Kurang menguasai kosakata. View slide
  • CARA MENINGKATKANKECEPATAN MEMBACA Fokuskan perhatian dan konsentrasi . Kurangi gaguan dari luar. Ciptakan lingkungan belajar yang teratur dan nyaman. Memahami keseluruhan konsep. Perbanyak pengetahuan kosakata. Perbanyak membaca atau sering membaca. Hindari membaca ulang sebuah kata atau frasa.
  • MENJADI SEORANGPEMBACA YANG AKTIFMINIMAL sehari membaca 1 buku atau + 500 lembar.Supaya pengetahuan semakin luas dan cara membaca semakin bertambah.
  • MENGATUR WAKTU Buatlah kalender harian Contoh : Jadwal bangun tidur sampai tidur, untuk mengatur waktu agar kita bisa disiplin.
  • UNGGUL DI KELASBerapapun peringkat ,nilai ,target penting ,disiplin ilmuyang dimiliki setiap orang berbeda tetapi ada persamaan yaitu pengalaman di kelas.Kebanyaan guru memanfaatkan kelas untuk membahas materi dalam teks bacaan dan tugas bacaan lain. Jiak seseorang bisa mengerjakan tugas sebelum pembelajaran berakhir, di waktu senggang itu bisa kita buat belajar materi baru yang belum di sampaikan oleh guru.
  • KENALI GURU KITAKita sebagai pelajar harus mengenal dan memahami guru kita apa yang di suka dan tidak disukainya, preferensinya, gaya mengajarnya, dan apa yang guru harapkan untuk siswanya agar bisa lulus.Kenalilah guru dengan cara2 sederhana seperti :a. Mengajukan pertanyaan kepada guru.b. Mengajukan pendapat kepada guru.c. Menjawab pertanyaan2 yang guru tanyakan.d. Berpartisipasi seaktif mungkin pada diskusi kelas.e. Kebiasaan untuk menganalisis.
  • PERSIAPAN MENGHADAPIKELAS  Menyelesikan semua tugas2.  Mengulang kembali catatan yang ada di buku.  Siapkan pertanyaan.  Siapkan sikap baik dan sopan.
  • HAL2 YANG HARUS DIKERJAKAN DIKELAS  Usahakan duduk di bangku depan.  Hindari teman yang suka menggangu.  Hindari teman yang sifatnya kurang baik.  Mendengarkan petunjuk verbal.  Waspada terhadap petunjuk non-verbal.
  • LIMA ATURAN DASAR KARYATULIS1. Selalu mengikuti instruksi guru dalam penulisan kata.2. Selalu serahkan karya tulis tepat waktu.3. Selalu serahkan karya tulis yang bersih dan jelas.4. Selalu di simpan, paling tidak satu salinan dari setiap karya tulis.5. Jangan pernah membiarkan satu pun kesalahan pada ejaan dalam setiap karya tulis.
  • LIMA LANGKAH LEBIHEFEKTIF1. Mendengarkan dengan aktif.2. Memilih informasi yang berkaitan dengan konteks pelajaran.3. Mempersingkat atau meringkas pelajaran.4. Memilah atau mengatur pelajaran.5. Menginterpretasikan pelajaran.
  • PERSIAPAN MENGHADAPIUJIANKunci persiapan menghadapi ujian adalah dengan mengetahui materi yang akan diujikan serta bentuk ujian, belajar materi yang akan di ujikan, selalu mendengarkan apa yang disampaikan guru kepada kita, fokus terhadap materi yang akan di ujikan, mengerjakan soal2 yang di berikan oleh guru atau mengerjakan soal2 yang ada di buku pelajaran (buku paket), saat pelajaran berlangsung banyaklah bertanya kepada guru apa yang belum di mengerti.
  • CARA MENURUNKAN TINGKAT KECEMASANSAAT MENGHADAPI UJIAN ATAU ULANGAN Mengetahui jawaban pertanyaan di bawah ini bis mengurangi kecemasan:  Materi apa saja yang akan keluar saat ujian?  Apa yang dinilai pada ujian nanti?  Berapa lama ujian berlangsung?  Jenis soal apa yang di ujikan?  Berapa point setiap soal?  Berapa soal nati di ujian?  Apa saja barang yang boleh dibawa saat ujian?  Apakah nilai saya dikurangi jika jawabannya salah?  Dimana ujian di laksanakan?  Siapakah guru yang mendampingi saat ujian?
  • PERSIAPAN UNTUK MERAIH NILAITINGGI  Membuat rencana kedepannya.  Gunakan jam beker untuk mengetahui waktu ujian.  Buatlah tugas yang bersifat pilihan menjadi suatu keharusan.  Makanlah permen karet sebelum ujian.  Kumpulkan berkas materi.  Belajar seminggu sebelum ujian. Karena jika dadakan, otak akan setres memikirkan ujian esok harinya.
  • PERATURAN & PENGINGAT HARIUJIAN  Gunakan waktu untuk membaca dan memahami secara cepat.  Kenali guru secara baik.  Raihlah nilai yang baik.  Diskriminasi dan eliminasi.  Ikuti Instruksi yang ada.
  • 10 Tips Menjawab PilihanGanda Bacalah pertanyaan Memahami pertanyaan Garis bawahi kata kunci pada pertanyaan Cermati kata2 yang tidak masuk sesuai pertanyaan Pilihlah kata2 yang menurut kita menyambung dengan pertanyaan Ketahuilah bahwa pertanyaan itu menjebak Semakin rumit jawabannya semakin besar kebenarannya. Jawaban yang benar biasanya jawaban yang kata2nya paling berbeda dari jawaban yang lain. Jangan mengeliminasi jawaban kecuali tahu ari kata itu. Jawaban kemungkinan benar jika kebanyakan
  • STRATEGI UJIAN PILIHANGANDA Mulailah dari peratanyaan pertama dan seterusnya Lewati jika pertanyaan itu perlu di pikirkan Jawablah pertanyaan langsung atau tidak perlu memikir untuk menjawabnya. Lewati pertanyaan yang sangat sulit Jawablah pertanyaan yang memerlukan pemikiran. Terakhir, Jawablah pertanyaan2 yang menurut mu sulit atau perlu pemikiran yang sangat besar.
  • CARA BELAJAR FOKUS Ciptakan lingkungan yang membuat belajar nyaman Terangkan pencahayaan Susunlah beberapa aturan Istirahat sesuai kebutuhan Pilihlah sebuah simbol
  • TERIMA KASIH ~ THANKS YOU