TEORI
ORGANISASI
MOCH. YUDHA ANDRIANSYAH
2KA17
14112670
BAB 1 - 2
arti pentingnya organisasi
Pengertiannya

Menurut para ahli


Paul Preston dan Thomas Zimmerer



James D. Moo...
BAB 3
Ciri-ciri teori organisasi
Ciri-ciri dari organisasi adalah :
 Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
 Adanya kerja...
Unsur-unsur organisasi


Organisasi Niaga
Organisasi yang tujuan utamanya untuk mencari keuntungan, terutama dalam bidang...
Teori organisasi

modern

Klasik


berisi konsep-konsep tentang
organisasi mulai dari tahun seribu
delapan ratusan(abad 1...
Bab 4
Organisasi Niaga, Sosial, Regional dan
Internasional
ORGANISASI

PENGERTIAN

CONTOH

Organisasi Niaga

Suatu organis...
Bab 5-6
tipe atau bentuk organisasi
Tipe dan bentuk organisasi

Struktur organisasi



Piramida mendatar(flat)



Bentuk...
Bab 7-8
konflik
Pengertian konflik


Adanya pertentangan yang timbul di
dalam seseorang (masalah intern)
maupun dengan or...
Jenis dan
Sumber Konfilik

INTERN

ANTAR

Pertentengan kepentingan
atau keinginan. Hal ini sering
terjadi antara dua orang...
Bab 9-10
proses organisasi


proses mempengaruhi

kegiatan untuk mempengaruhi individu
ataupun kelompok baik maupun tidak...
Bab 11
komunikasi dalam organisasi
Pengertian


organisasi adalah sekelompok
masyarakat yang saling bekerja
sama untuk me...
Hambatan-hambatan komunikasi
hambatan terhadap proses komunikasi
yang tidak disengaja dibuat oleh pihak
lain tetapi lebih ...
Bab 12

perubahan perkembangan organisasi
Intern


Berasal dari luar, atau sering
disebut lingkungan. Organisasi
bersifat...
Pengertian perubahan menurut para ahli
Perubahan menurut para ahli yaitu :
†

NENI NURMAYANTI HUSANAH
Perubahan merupakan ...
Definisi perkembangan menurut para
Perkembangan
ahli terjadi sebagai merupakan serangkaian perubahan progresif yang
akibat...
Perkembangan organisasi
a.

Merupakan
Strategi
Terencana
Dalam
Mewujudkan
Perubahan
Organisasional, Yang Memiliki Sasaran ...
Metode perkembangan organisasi
Metode perkembangan perilaku

Metode perkembangan struktur


Manajemen berdasarkan
sasaran...
Bab 13-14
kepemimpinan
PARA AHLI

PENGERTIAN

George R. Terry

Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam
diri seseorang ...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Kayudd

344 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
344
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
107
Actions
Shares
0
Downloads
3
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kayudd

  1. 1. TEORI ORGANISASI MOCH. YUDHA ANDRIANSYAH 2KA17 14112670
  2. 2. BAB 1 - 2 arti pentingnya organisasi Pengertiannya Menurut para ahli  Paul Preston dan Thomas Zimmerer  James D. Mooney  Stephen P. Robbins  Organisasi adalah suatu pola hubunganhubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan manager mengejar tujuan bersama. Organisasi adalah sekumpulan orangorang yang disusun dalam kelompokkelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).  Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.  Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  3. 3. BAB 3 Ciri-ciri teori organisasi Ciri-ciri dari organisasi adalah :  Adanya komponen ( atasan dan bawahan)  Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)  Adanya tujuan  Adanya sasaran  Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati  Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
  4. 4. Unsur-unsur organisasi  Organisasi Niaga Organisasi yang tujuan utamanya untuk mencari keuntungan, terutama dalam bidang bisnis.  Organisasi Sosial Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum. Berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat untuk ikut andil dalam pembangunan bangsa dan negara menuju arah yang lebih baik lagi dengan tujuan menjadikan bangsa dan negara dalam pembentukan sosialisasi yang baik dan menjadikan masyakarat yang penuh dengan jiwa sosialisasi yang tinggi.  Organisasi Regional dan Internasional Organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.
  5. 5. Teori organisasi modern Klasik  berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai dari tahun seribu delapan ratusan(abad 19) yang mendefinisikan organisasi sebagai struktur hubungan, kekuasaankekuasaan, tujuan-tujuan, perananperanan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terjadi bila orang-orang bekerja sama.  dikenal sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation movement). Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik.
  6. 6. Bab 4 Organisasi Niaga, Sosial, Regional dan Internasional ORGANISASI PENGERTIAN CONTOH Organisasi Niaga Suatu organisasi yang sifatnya untuk mencapai suatu keuntungan. PT, CV, FA, Joint Ventura, TRUST, KARTEL DLL Organisasi Sosial perkumpulan sosial yang dibentuk Balai Pemuda oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hokum. Organisasi Regional Dan Internasional mempunyai wilayah kegiatannya bersifat regional, dan keanggotaan hanya diberikan bagi negara-negara pada kawasan tertentu saja. APEC, EEC, WHO, ASEAN, UNICEF DLL
  7. 7. Bab 5-6 tipe atau bentuk organisasi Tipe dan bentuk organisasi Struktur organisasi  Piramida mendatar(flat)  Bentuk vertikal  Piramida terbalik  Bentuk mendatar / horizontal  Type kerucut  Bentuk lingkaran / circular  Bentuk setengah lingkaran / semi sircular  Bentuk elliptical  Bentuk piramida terbalik (invented piramid)
  8. 8. Bab 7-8 konflik Pengertian konflik  Adanya pertentangan yang timbul di dalam seseorang (masalah intern) maupun dengan orang lain (masalah ekstern) yang ada di sekitarnya. Konflik dapat berupad perselisihan (disagreement), adanya keteganyan (the presence of tension), atau munculnya kesulitan-kesulitan lain di antara dua pihak atau lebih. Konflik sering menimbulkan sikap oposisi antar kedua belah pihak, sampai kepada mana pihakpihak yang terlibat memandang satu sama lain sebagai pengahalang dan pengganggu tercapainya kebutuhan dan tujuannya Jenis dan sumber konflik Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda. Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok.
  9. 9. Jenis dan Sumber Konfilik INTERN ANTAR Pertentengan kepentingan atau keinginan. Hal ini sering terjadi antara dua orang yang berbeda status, jabatan, bidang kerja dan lain-lain.
  10. 10. Bab 9-10 proses organisasi  proses mempengaruhi kegiatan untuk mempengaruhi individu ataupun kelompok baik maupun tidak baik yang dapat mempengaruhi dan terjadinya perubahan sikap prilaku.  proses pengambilan keputusan suatu bentuk pemilihan dari berbagai alternatif tindakan yang mungkin dipilih, yang prosesnya melalui mekanisme tertentu dengan harapan akan menghasilkan suatu keputusan yang terbaik
  11. 11. Bab 11 komunikasi dalam organisasi Pengertian  organisasi adalah sekelompok masyarakat yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. dan komunikasi adalah perekat yang memungkinkan kelompok masyarakat tersebut secara bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik. Unsur-unsur komunikasi  1. sumber 2. komunikator 3. pesan 4. channel/ saluran 5. komunikasi 6. efek
  12. 12. Hambatan-hambatan komunikasi hambatan terhadap proses komunikasi yang tidak disengaja dibuat oleh pihak lain tetapi lebih disebabkan oleh keadaan yang tidak menguntungkan.
  13. 13. Bab 12 perubahan perkembangan organisasi Intern  Berasal dari luar, atau sering disebut lingkungan. Organisasi bersifat responsive terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Ekstern  Perubahan yang berasal dari dalam organisasi yang bersangkutan, yang dapat berasal dari berbagai sumber
  14. 14. Pengertian perubahan menurut para ahli Perubahan menurut para ahli yaitu : † NENI NURMAYANTI HUSANAH Perubahan merupakan sesuatu yang unik karena perubahan-perubahan yang terjadi dalam berbagai kehidupan itu berbeda-beda dan tidak bias disamakan, walaupun memmiliki beberapa persamaan dalam prosesnya. † Brian clegg Perubahan merupakan suatu kekuatan yang sangat hebat, yang dapat memotivasi atau mendemotivasi. † A.B susanto Perubahan adalah keniscayaan yang menyertai kehidupan, dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja.
  15. 15. Definisi perkembangan menurut para Perkembangan ahli terjadi sebagai merupakan serangkaian perubahan progresif yang akibat dari proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif ( e.B. Harlock ). dimaksudkan bahwa perkembangan merupakan proses perubahan individu yang terjadi dari kematangan (kemampuan seseorang sesuai usia normal) dan pengalaman yang merupakan interaksi antara individu dengan lingkungan sekitar yang menyebabkan perubahan kualitatif dan kuantitatif ( dapat diukur) yang menyebabkan perubahan pada diri individu tersebut. Perkembangan mengandung makna adanya pemunculan sifat-sifat yang baru, yang berbeda dari sebelumnya ( kasiram, 1983 : 23), menandung arti bahwa perkembangan merupakan peubahan sifat individu menuju kesempurnaan yang merupakan penyempurnaan dari sifat-sifat sebelumnya.
  16. 16. Perkembangan organisasi a. Merupakan Strategi Terencana Dalam Mewujudkan Perubahan Organisasional, Yang Memiliki Sasaran Jelas Berdasarkan Diagnosa Yang Tepat Dan Akurat Tentang Permasalahan Yang Dihadapi Oleh Suatu Organisasi. b. Merupakan Kolaborasi Antara Berbagai Pihak Yang Akan Terkena Dampak Perubahan Yang Akan Terjadi Terhadap Suatu Organisasi. c. Menekankan Cara-cara Baru Yang Diperlukan Untuk Meningkatkan Kinerja Seluruh Organisasi Dan Semua Satuan Kerja Dalam Organisasi. d. Mengandung Nilai Humanistik Dimana Pengembangan Potensi Manusia Menjadi Bagian Terpenting. e. Menggunakan Pendekatan Komitmen Sehingga Selalu Memperhitungkan Pentingnya Interaksi, Interaksi Dan Interdependensi Antara Organisasi Sau Dengan Organisasi Yang Lainnya
  17. 17. Metode perkembangan organisasi Metode perkembangan perilaku Metode perkembangan struktur  Manajemen berdasarkan sasaran/manajemen  Program geradi manajemen  Pembinaan tim  Sistem 4  Perencanaan kehidupan  Teknologi desain maps  Pelatihan kepekaan
  18. 18. Bab 13-14 kepemimpinan PARA AHLI PENGERTIAN George R. Terry Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Orwad Tead (1929) Kepemimpinan sebagai perpaduan perangai yang memungkinkan seseorang mampu mendorong pihak lain menyelesaikan tugasnya. Rauch & Behling (1984) Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktifitas-aktifitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan

×