OLEH : IBNU SAPUTRA
AULIANTO
 Limbah merupakan suatu barang (benda) sisa dari sebuah

kegiatan produksi yang tidak bermanfaat/bernilai ekonomi
lagi. L...
 Limbah Gas

merupakan jenis limbah yang berbentuk gas, contoh limbah dalam
bentuk Gas antara lain: Karbon Dioksida (CO2)...
Pengolahan limbah



limbah padat
1.
Penimbunan Terbuka
2.
Sanitary Landfill
3.
insinerasi
4.
Pembuatan kompos padat dan ...
Contoh limbah yang ada :

Gambar berikut merupakan contoh
Limbah padat, yang berupa sampah
domestik, dan sampah logam
Contoh limbah cair dan B3
Pada perusahaan ini tidak terdapat tempat
pengolahan limbah, hanya ada tempat
penampungan sementara.
Semua proses pengolah...
Pengolahan limbah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Pengolahan limbah

5,580

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
5,580
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
242
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengolahan limbah

  1. 1. OLEH : IBNU SAPUTRA AULIANTO
  2. 2.  Limbah merupakan suatu barang (benda) sisa dari sebuah kegiatan produksi yang tidak bermanfaat/bernilai ekonomi lagi. Limbah sendiri dari tempat asalnya bisa beraneka ragam, ada yang limbah dari rumah tangga, limbah dari pabrik-pabrik besar dan ada juga limbah dari suatu kegiatan tertentu.
  3. 3.  Limbah Gas merupakan jenis limbah yang berbentuk gas, contoh limbah dalam bentuk Gas antara lain: Karbon Dioksida (CO2), Karbon Monoksida (CO), SO2,HCL,NO2. dan lain-lain.  Limbah cair adalah jenis limbah yang memiliki fisik berupa zat cair misalnya: Air Hujan, Rembesan AC, Air cucian, air sabun, minyak goreng buangan, dan lain-lain.  Limbah padat merupakan jenis limbah yang berupa padat, contohnya: Bungkus jajanan, plastik, ban bekas, dan lain-lain.
  4. 4. Pengolahan limbah  limbah padat 1. Penimbunan Terbuka 2. Sanitary Landfill 3. insinerasi 4. Pembuatan kompos padat dan cair 5. Daur Ulang  Limbah cair 1. Pengolahan Primer (Primary Treatment) penyaringan (screening), pengolahan awal (pretreatment), pengendapan, pengapungan (floation) 2. Pengolahan Sekunder (Secondary Treatment) Metode Trickling Filter, Activated Sludge, Treatment ponds/ Lagoons,. 3. Pengolahan Tersier (Tertiary Treatment) 4. Desinfeksi (Desinfection) 5 Pengolahan Lumpur (Sludge Treatment)      Pengolahan limbah Gas Untuk penanganan limbah gas lebih ditekankan pada bagaimana mencegah gas pencemar tersebut mencemari lingkungan, misalnya dengan memasang filter (penyaring) pada knalpot kendaraan bermotor, pengendap siklon, mengontrol emisi gas buang dan masih banyak lagi.  Pengolahan limbah B3 Pengolahan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) memiliki cara yang berbeda, limbah haruslah diolah terlebih dahulu baik melalui pengolahan fisik, biologi dan kimia dengan tujuan dapat menghilangkan efek berbahaya yang terdapat didalam limbah. Berikut ini beberapa cara pengolahan limbah B3: Kolam penyimpanan (surface impoundments) -Sumur dalam/Sumur injeksi -Secure landfill/lanfill untuk limbah B3
  5. 5. Contoh limbah yang ada : Gambar berikut merupakan contoh Limbah padat, yang berupa sampah domestik, dan sampah logam
  6. 6. Contoh limbah cair dan B3
  7. 7. Pada perusahaan ini tidak terdapat tempat pengolahan limbah, hanya ada tempat penampungan sementara. Semua proses pengolahan limbah dilakukan oleh instansi / perusahan lain yang memang bergerak di bidang pengolahan limbah. Namun pada pada bagian painting terdapat sebuah kolam yang digunakan untuk menampung limbah bekas cat agar dapat diambil bagian yang menggumpal sehingga tidak tercampur dengan aliran air di sekitar lingkungan perusahaan.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×