Your SlideShare is downloading. ×
Belajar customer relationship management dan quality management
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Belajar customer relationship management dan quality management

933
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
933
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Belajar Customer Relationship Management dan Quality Management dari Seorang Penjual Mangga dengan Pandangan Islami oleh : Rahmat Taufiq Sigit, SSGB http://ikhwanseadanya.wordpress.com E-mail : miradzji@yahoo.com / ikhwanseadanya@yahoo.co.idMungkin saya sendiri tak akan pernah menyangka bahwa suatu hari saya akandiberikan sebuah pelajaran berharga dari seorang penjual mangga, apalagipelajaran tentang Customer Relationship Management dan Quality Management.Hari itu, tepatnya jumat 7 desember 2012, ketika sedang asik duduk santai sambilberdiskusi dengan Pak Robert seorang pejabat fungsional dan Pak Sugiman yangseorang petugas dapur, keduanya orang karyawan di tempat saya bekerja. Tiba-tibadatang seorang dengan tubuh kecil, kurus berkulit hitam, penuh peluh menghampirikami dengan senyuman yang sangat ramah sambil membawa pisau di tangankanannya dan satu buah mangga di tangan kirinya.Orang itupun berdiri disamping kami sambil mendengarkan percakapan kamibertiga, sesekali ada candaan yang membuat kami tertawa, Orang itu ikut tertawa.Tak lama, ketika pembahasan kami mulai reda, ia pun mulai memotong manggayang ada ditangan kirinya dan menawarkan kepada Kami bertiga “Silahkan pak,dicoba”. sambil mengambil potongan mangga dari orang tersebut, Pak Robertberkata “Ini bukan berarti membeli ya pak”, “Tidak pak, silahkan dicoba saja”, jawabsi bapak penjual mangga disertai tawa, Pak Robert lanjut berkata kepada saya “Mat,Daeng. Baso ini, bisa dibilang karyawan di Perusahaan ini, karena rajin datangkesini.. hahahaha”, dari kalimat itu, saya pun tau kalo bapak itu bernama Daeng.Baso, selanjutnya ditulis Dg. Baso.“Mat, mangga Dg. Baso terkenal manis, dan kalo kecut..boleh ditukar lagi…” KataPak Robert, “Betul begitu Pak?”.. Tanyaku dengan dibalas anggukan kepala Dg.Baso.
  • 2. Sambil menunggu Dg Baso memberikan mangga hasil potongannya untuk sayacoba, saya pun kembali bertanya. “Pak kenapa mangganya langsung di potong?,sebaiknya di kupas dulu, pak”, “Kalo langsung di kupas, tapi tidak langsungdimakan, rasa mangganya bisa berubah pak, makanya kalau ada yang maumencicipi, baru saya potong…” jawab Dg BasoTibalah giliran saya mencicipi mangga hasil potongan Dg. Baso. dan rasanyaMantap, Betul-betul manis, sungguh mangga yang berkualitas”. tak lama pak Robertberkata “Pak, mangganya 4 kilo ya pak.. masih 50 ribu kan?”... “Masih pak” jawabDg Baso yang kemudian segera berjalan ketempat parkiran motor tempat barangdagangannya beliau simpan, karena masih ragu saya pun mengikuti Dg. Baso daribelakang.Dg. Baso pun memilah dan memilih mangga yang layak untuk diberikan kepada pakRobert kemudian menimbangnya. Karena sudah merasa yakin dengan prosespemilihan dan kualitas mangga Dg. Baso, saya akhirnya ikut memesan.. “Pak, saya3 kilo ya, 2 kilonya di plastikin, 1 kilonya kasih ke bapak-bapak satpam yang ada dipos”…Sambil memilih mangga untuk saya, Dg. Baso berkata “Pak, mangganya kecil-kecilmanis, gak masalahkan pak?”.. “Kalo bisa sih besar dan manis pak… tapi gkmasalah pak,yang penting beratnya sesuai pesanan” jawabku… “Ada sih pak yangbesar tp kayaknya tidak manis”, Beliau menunjukkan satu buah mangga yang besar,”Tapi InsyaAllah pak,sesuai pesanan”. lanjut Dg. Baso.Saya pun memberikan uang bayaran buat Dg. Baso, uang itu kemudian di dekatkankedahinya dengan tangan kanan dan berkata “Alhamdulillah”, gaya pedagang dikota Makassar sebagai ucapan syukur kepada Allah Subhanahuwataala…Dari kisah diatas, ada banyak pelajaran yang saya peroleh tentang CustomerRelationship Management dan Quality Management yaitu sebagai berikut: 1. Dg. Baso sangat menjaga hubungan baik dengan pelanggannya, dengan datang bersilarurrahim ke kantor-kantor calon pelanggannya.
  • 3. 2. Dg. Baso sangat mengerti keinginan pelanggannya karena itu beliau memilih mangga yang terbaik sebagai sample 3. Dg. Baso sangat mengenal produk yang dijualnya dan tau persis bagaimana menjaga kualitas dari produknya. 4. Jaminan yang diberikan oleh Dg Baso menandakan bahwa beliau sangat menjaga kepercayaan pelanggannya. 5. Dg Baso sangat menghormati pelanggannya dengan memberikan kuaitas terbaik dari sisa produk yang dijualnya.5 Point diatas mungkin bisa saja dianggap sebagai point yang sederhana namunsangat sulit untuk diimplementasikan, apalagi dalam sebuah perusahaan lebihbesar, akan tetapi apabila dikaji lagi dalam sudut pandang agama islam, adabeberapa point yang membuat saya mengerti mengapa Dg. Baso menjadi orangyang sukses dalam bisnisnya.Nilai-nilai dari kegiatan Dg. Baso diatas yang dapat saya tarik dan jabarkan sebagaiberikut:  Jujur1. “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah bersama-sama orang yang jujur” (At-Taubah:119)2. Dari Abu Khalid (Hakim) bin hizam r.a. berkata, Rasulullah SAW bersabda , Penjual dan pembeli keduanya bebas belum terikat selagi mereka belum berpisah maka jika benar dan jelas keduanya, diberkahi jual beli itu tetapi jika menyembunyikan dan berdusta maka terhapus berkah jual beli itu."3. “Sesungguhnya jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga, sesungguhnya orang yang berkata benar maka orang tersebut dicatat
  • 4. sebagai orang yang paling jujur. Sesungguhnya dusta itu membawa kepadakejahatan dan kejahatan itu mengantarkan ke neraka dan orang yang dustamaka akan ditulis di sisi Allah sebagai orang yang paling dusta” (Shahih Bukhari,hal: 65 juz: 4)Dari ketiga Hadist diatas menjelaskan keharusan seseorang untuk berlaku jujurdan dan dampaknya bahwa setiap orang yang baik akan mendekati orang yangbaik pula, kejujuran akan membawa seseorang untuk selalu berbuat baik dansudah barang tentu kebaikan adaklah jalan untuk masuk surga. Danmenjelaskan keharusan untuk meninggalkan perbuatan dusta dan menelaskanpula dampaknya. Yaitu perbuatana dusta akan selalu membawa kejahatan dankejahatan itu mengantarkan ke neraka.Kejujuran dan kedustaan, kedua-duanya dapat diusahakan oleh seseorang. Bilaseseorang selalu berbuat jujur dan berusaha untuk jujur maka akan dicatat disisiAllah sebagai orang yang paling jujur. Bila seseorang selalu berbuat dusta danselalu berkeinginan untuk dusta maka akan dicatat oleh Allah sebagai pendusta(Drs. H. Moh. Matsna, MA.Qur‟an Hadits. Hal:121).Dalam kegiatan jual beli yang tidak didasari dengan kejujuran maka tidak akanmendatangkan berkah dari Alloh Subhanawataala.Implementasi dalam PerusahaanJika setiap individu dalam sebuah perusahaan bersikap jujur dalam pekerjaandan tanggung jawabnya, maka akan membentuk sebuah organisasi yangberjalan dengan penuh kejujuran, sehingga tentunya akan mengundang berkahdari Alloh Subhanawataala. Menjadi seorang individu yang jujur sangatlah sulitapalagi menjadi sebuah Organisasi yang jujur, namun yang menjadi sebuahpenghargaan adalah usaha untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut ini contohdari sebuah kejujuran organisasi/perusahaan:Honda Motor Corporation menarik kembali mobil CR-V keluaran tahun 2002sampai 2006 karena adanya kelemahan dalam sakelar listrik pada pintupengemudi yang bisa meleleh dan menimbulkan kebakaran.Keputusan Honda yang menarik produknya dari pasaran dikarenakan kualitasyang berkurang ternyata tidak menyurutkan angka penjualan mobil Honda CRVterbukti dengan naiknya nilai penjualan Mobil Honda CRV pada tahun 2012
  • 5. pada posisi ke 3 untuk kelas kendaraan CRV diseluruh dunia. Kenaikan tingkat penjualan ini menunjukkan semakin tingginya tingkat kepercayaan konsumen terhadap Honda. Sumber: 1. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/10/07/20594035/Honda.Tarik.Kembali.CR- V.Tahun.2002-2006 2. http://usnews.rankingsandreviews.com/cars-trucks/rankings/Affordable-Compact-SUVs  Menjaga Hubungan Sesama Manusia1. Sebagaimana firman Allah dalm Q.S Al-Hujurat Ayat 13 “Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal”2. ”Anas bin Malik r.a. berkata, “saya telah mendengar Rosulullah SAW bersabda, “barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dilanjutkan umurnya, hendaklah menyambung hubungan persaudaraan (kerabat)”. (H.R. Bukhari Muslim) Secara sosiologis, pertama di atas menjelaskan bahwa sudah menjadi suatu fitrah kehidupan manusia untuk hidup bermasyarakat. Masyarakat terbentuk dari setiap kelompok-kelompok sosial. dan kelompok sosial ini terbentuk dari individu-individu. Makna kata “litaarofuu” dalam ayat di atas menunjukan bagaimana kehidupan manusia tidak akan pernah terlepas dari manusia yang lainnya. Silaturrahmi artinya menyambung tali persaudaraan. Hadist diatas menggambarkan tentang begitu pentingnya menjaga silaturahmi dalam kehidupan umat. Hal ini karena menyambung silaturahmi berpengaruh terhadap rezeki yang merupakan bekal hidup di dunia untuk mengabdi kepada-Nya. Selain itu, orang yang selalu menyambung tali silaturahmi akan dipanjangkan umurnya dalam arti akan dikenang selalu.
  • 6. Dalam hadist kedua Rasulullah memberikan jaminan kelancaran rezeki dan umur yang panjang dengan menjaga hubungan antar umat Implementasi dalam Perusahaan Menjaga hubungan baik antar umat manusia juga tertuang kedalam kegiatan perusahaan yang biasa kita kenal dengan Customer Relationship Management. Hal ini mengartikan bahwa hubungan antara organisasi dengan pelanggan sama dengan hubungan antar umat. Hubungan yang baik dengan Alloh adalah Takwa (menjalankan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya) sama dengan hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan cara.memenuhi pemintaan yang sebenarnya dari pelanggan dan memberikan yang terbaik baginya serta menghindari segala kemungkinan terjadinya hal-hal yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan. Beberapa perusahaan retail besar di Indonesia menerbitkan kartu keanggotaan untuk kepentingan pemasaran mereka seperti Matahari menerbitkan Matahari Club Card, Makro menerbitkan kartu anggota Makro, Carrefour menerbitkan kartu belanja yang sekaligus berfungsi sebagai kartu kredit dan bekerja sama dengan GE Finance. Contoh lainnya adalah Telkomsel yang mengeluarkan layanan SimpatiZone untuk pelanggan pra bayarnya. Ini dilakukan karena yang terdaftar di Telkomsel tentu saja adalah pelanggan pasca bayar, sementara pelanggan pra bayar tidak terdaftar profilnya. Semua kegiatan CRM dari beberapa perusahaan diatas adalah untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan membantu perusahaan dalam mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.  Menjaga Kualitas1. Banyak hadis yang membicarakan tentang kualitas salah satunya dalam ibadah korban, antaranya hadis dari A‟isyah, Rasulullah bersabda; “Tidak ada satu amalan anak Adam di hari-hari Nahar (Hari-hari „Eidul Adha) yang paling Allah sukai selain dari pada menumpahkan darah (sembelih), kerana ia (binatang korban) itu akan datang di hari kiamat nanti dengan tanduk dan kukunya dan bulu-bulunya (sebagai saksi ke atas ibadah korban tuannya),
  • 7. dan sesungguhnya darah (binatang korban itu) akan tumpah di sisi Allah di suatu tempat sebelum tumpah ke bumi, oleh itu pilihlah olehmu binatang terbaik (paling menarik) untuk dikorbankan. ” (Hadis riwayat Hakim, Ibnu Majah dan Tirmizi dan dianggap sebagai Hadis Hasan Gharib) Dari hadist dinyatakan bahwa segala sesuatu persembahan yang terbaik maka akan memperoleh hasil yang terbaik pula baik di sisi Alloh dan ketentuan- ketentuan yang telah ditetapkan Alloh Subhanawataala terhadap penentuan hewan qurban menandakan betapa tingginya perhatian Alloh terhadap sebuah kualitas persembahan.2. Dari Abi Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Allah itu baik, tidak menerima sesuatu kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang Mumin dengan apa yang telah diperintahkan kepada Rasul-rasul maka Allah telah berfirman, "Hai Rasul-rasul! Makanlah dari segala sesuatu yang baik dan bekerjalah kamu dengan pekerjaan yang baik. Dari kedua hadist diatas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap Manusia menyukai yang baik-baik bahkan Alloh Subhanawataala selakipun, anjuran untuk memakan yang baik –baik dan bekerja yang baik karena sesuai janji Alloh Subhanawataala segala yang baik-baik maka akan berbuah kebaikan pula bagi yang mengerjakannya. Implementasi dalam Perusahaan Melakukan sebuah kegiatan produksi barang/jasa sebaiknya dilakukan dengan baik, baik dalam proses atapun dalam memasarkannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa setiap manusia menyukai hal yang baik, ternyata hal ini juga menjadi dasar bagi perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam memproduksi barang dan jasanya seperti General electric dimana General Imaging (GIC), pemegang lisensi ekslusif kamera digital GE untuk seluruh dunia, menerima pengakuan internasional untuk tahun kedua berturut-turut dari Penghargaan bergengsi Plus X, untuk empat kamera digital terbaru 2011. Kamera Digital GE mengambil penghargaan tertinggi dalam kategori berikut ini: GE X500 untuk
  • 8. Kualitas, Desain dan Kemudahan Penggunaan; GE PJ1 untuk Inovasi danKemudahan Penggunaan; GE DV1 untuk Kemudahan Penggunaan; dan GEE1450W untuk Kemudahan Penggunaan.Mungkin Dg. Baso hanyalah seorang penjual mangga yang sangat terkenaldiwilayah Makassar, tapi tanpa beliau sadari bahwa prinsip-prinsip penjualan danproduksi yang dilakukannya selama ini merupakan pilar-pilar dasar yang jugadigunakan oleh perusahaan-perusahaan raksasa kelas dunia dalam meraihkesuksesan. “Mungkin tak ada salahnya apabila saya menyebut Dg. Baso adalahpenjual mangga kelas dunia”.Itu pula sebabnya kenapa perusahaan-perusahaan yang saya sebutkan diatasbisa menjadi sukses walaupun tidak memiliki budaya islami. “Sungguh AllohSubhanahuwataana maha adil dan maha menepati janji” ----SEKIAN---