Your SlideShare is downloading. ×
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Makalah android
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Makalah android

1,824

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,824
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
69
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. MAKALAH ANDROID DALAM PENDIDIKAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Oleh: MASRUHIL NIM: 1102412037 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2013
  • 2. BAB I PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Sekolah merupakan sarana utama dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pendidikan. Untuk itu sekolah harus terletak pada posisi yang strategis dan tersebar merata diseluruh daerah. Wilayah kota yang sedang berkembang seperti pada tempat-tempat industri, pariwisata, pendidikan, sarana transportasi umum dan fasilitas pelayanan umum lainnya. Sebagai Kota yang sedang berkembang untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik maka perlu untuk dibangun sebuah layanan informasi yang dapat membantu masyarakat dalam memudahkan serta mempercepat pencarian informasi mengenai fasilitas pendidikan. Perencanaan spasial dan pemilihan perangkat yang sesuai sangat berperan dalam mengatasi permasalahan ini. Penerapan SIG (Sistem Informasi Geografis) merupakan langkah yang tepat untuk mengetahui fasilitas pendidikan yang ada. Pemilihan android dalam penerapan SIG ini adalah dikarenakan perangkat ini mendukung GPS, Cell dan WiFi GeoLocation sehingga sangat cocok dalam penerapan SIG pada perangkat berjalan. Disamping itu android juga memiliki beberapa API (An application programming interface) yang dapat digunakan dan membantu dalam mempermudah perancangan dan pembuatan SIGuntuk android. Pada sistem informasi ini pengolahan input berupa peta digital dari OpenStreetMap yang selanjutnya data jalan yang masih kurang lengkap akan di tambahkan menggunakan bantuan JOSM editor dan divisualisasi berbasis mobile dengan menggunakan android. PERUMUSAN MASALAH Dalam melaksanakan perencanaan dan pembuatan sistem yang akan dibuat pada proyek akhir ini, permasalahan yang ada adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana membangun sistem informasi geografis pada android. 2. Bagaimana cara mendapatkan, menampilkan dan menyajikan informasi fasilitas pendidikan di android.
  • 3. TUJUAN Tugas matakuliah TIK ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memudahkan serta mempercepat pencarian informasi mengenai fasilitas pendidikan dengan menggunakan SIG berbasis android dan dapat menjadi acuan untuk lembaga pendidikan terkait yang ada untuk pembangunan fasilitas pendidikan yang baru. BAB II PEMBAHASAN Definisi Pendidikan Sesuai isi dari Undang-Undang No.2 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, Pendidikan dapat didefinisikan sebagai “Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Selain definisi diatas, arti dari pendidikan sendiri sangatlah luas. Banyak definisidefinisi lain, seperti yang dikatakan oleh John Dewey, seorang filsuf asal Amerika Serikat yang mendefinisikan pendidikan sebagai “Proses tanpa akhir (education is the process without end). Dan pendidikan merupakan proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik menyangkut daya fikir (daya intelektual) maupun daya emosional (perasaan) yang diarahkan kepada tabiat manusia dan kepada sesamanya”. Sistem Informasi Geografis Pada subbab ini akan dibahas pengertian tentang Geografi, pengertian Peta, pengertian SIG, dan jenis data masukan SIG. Pengertian Geografi Geografi berasal dari bahasa yunani yaitu geo ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan"). Jadi, geografi berarti lukisan tentang bumi. Oleh karena itu, geografi sering disebut sebagai ilmu bumi. Menurut Ikatan Geografi Indonesia (IGI), “Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan”.
  • 4. Pengertian Peta Untuk pengertian sebuah peta itu sendiri, ada beberapapengertian dari banyak ilmuan dan badan organisasi. Menurut Aryono Prihandito (1988), peta adalah gambaran bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu. Peta adalah suatu representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Menurut Erwin Raisz (1948), peta adalah gambaran konvensional muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas, dibuat bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelasan. Menurut International Cartographic Association (ICA), peta merupakan gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi atau benda angkasa yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil atau diskalakan. Dan menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL - 2005), peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tingkatan pembangunan. Jadi, sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi yang mempunyai skala untuk menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Pengertian Sistem Informasi Geografis Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang (yang membangun dan mengoprasikannya) dan data sebagai bagian dari sistem ini. Komponen kunci dalam SIG adalah sistem komputer, data geospatial (data atribut) dan pengguna yang dapat digambarkan sebagai berikut : Komponen Kunci SIG SIG mempunyai perbedaan dengan bentuk sisteminformasi lainnya, perbedaan itu adalah SIG dapat bekerja dengan data spasial. SIG mempunyai kemampuan untuk menghubungkan layer-layer data suatu titik yang sama dalamsatu ruang, serta mengkombinasikan, menganalisis, dan memetakan hasilnya. Jenis Data Masukan Sistem Informasi Geografis Di dalam SIG terdapat 2 jenis data,yaitu data spasial dan data non-spasial. Berikut penjelasan dari dua jenis data tersebut.
  • 5. Data Spasial Data spasial merupakan data yang memuat tentang lokasi suatu objek dalam peta berdasarkan posisi geografis objek tersebut didalambumi denganmenggunakan system koordinat. Data Non-Spasial Data ini merupakan data yang memuat karakteristik atau keterangan dari suatu objek yang terdapat dalam peta yang sama sekali tidak berkaitan dengan posisi geografi objek tertentu. Sebagai contoh, data atribut dari sebuah kota adalah luas wilayah, jumlah penduduk, kepadatan penduduk, tingkat kriminalitas, dan sebagainya. Android Sejarah singkat perkembangan Android Pada tahun 2005 Google mengakusisi Android Inc yang pada saat itu dimotori oleh Andy Rubin,Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Yang kemudian pada tahun itu juga memulai membangun platform Android secara intensif. Kemudian pada tanggal 12 november 2007 Google bersama Open Handset Alliance (OHA) yaitu konsorium perangkat mobile terbuka, merilis Google Android SDK, setelah mengumumkannya seminggu sebelumnya. Dan sambutannya sangat luar biasa, hampir semua media berita tentang IT &programing memberitakan tetntang dirilisnya Android SDK (Software Development Kit) ini. Ini dikarenakan ide dari platform Android ini sangat menarik untuk developer dan programer di seluruh penjuru dunia. Di sisi lain, produsen pembuat handset ponsel juga segera berlomba-lomba membuat handset dengan platform Android ini. Google bersama OHA merilis paket software SDK yang lengkapuntuk mengembangkan aplikasi pada perangkat mobile. Yaitu: Sistem Operasi, Middleware dan Aplikasi utama untuk perangkat mobile. Sebagai Programer atau Developer kita bisa melakukan segalanya, mulai dari membuat aplikasi pengiriman SMS hanya dengan dua baris kode, hingga mengganti even pada Home Screen perangkat Android. Selain itu, bahkan dengan mudah kita bisa membuat dan menkustomisasiSistem Operasinya, atau mengganti semua aplikasi default dari Google. Semua aplikasi yang dibuat untuk Android akan memiliki aksesyang setara dalam mengakses seluruh kemampuan handset, tanpa membedakan apakah itu merupakan aplikasi inti atau aplikasi pihak ketiga. Dalam kata lain dengan platform Android ini, Programer atau Developer secara penuh akan bisa mengkustomisai perangkat Androidnya. Android built pada Linux Kernel (Open Linux Kernel), dengan sebuah mesin virtualyang telah didesain dan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya memori dan hardware pada lingkungan perangkat mobile (Mobile Environment).
  • 6. Dalvik adalah nama dari Android Virtual Mesin,yang merupakan interpreter (Interpreter-only) virtual mesin yang akan mengeksekusi file kedalam format Dalvik Executable (*.dex). Sebuah format yang dirancang untuk ruang penyimpanan yang efisien dan eksekusi memori yang terpetakan (memorymappable execution). 6 Dalvik Virtual Mesin (DalvikVM) berbasis register (register-based), dan dapat mengeksekusi kelas (class) yang telah terkompilasi pada compiler bahasa java, kemudian di transformasikan ke dalam native format dengan menggunakan Tool ”dx” yang telah terintegrasi. Kita mungkin telah mengenal JavaVM (Java Virtual Machines). DalviVM memiliki keunggulandengan menggunakan Registered Based, ini karena pada prosesor perangkat genggam telah dioptimasi untuk eksekusi berbasis register (registerbased execution). Android saat ini tidak hanya berjalan pada handphone, beberapa vendor menanamkan Android pada Tablet, Internet Tablet, E-Book Reader, Laptop, dan gadget lainnya. Dengan begitu, akan sangat berharga sekali mempelajari platform Android ini, dengan arsitekturnya yang terbuka, maka platform Android adalah platform mobile masa depan. Tentang Android Android merupakan subset perangkat lunak untuk perangkat mobile yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi inti yang direlease oleh Google. Sedangkan Android SDK (Software Development Kit) menyediakan Tools dan API yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Dikembangkan bersama antara Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, NVIDIA yang tergabung dalam OHA (Open Handset Alliance) dengan tujuan membuat sebuah standarterbuak untuk perangkat bergerak (mobile device). Arsitektur Android Bahasa pemrograman yang berjalan pada Android adalah Java. Disamping itu Android juga menyediakan tools dan API yang dibutuhkan selama pembuatan program. 1. Features Features yang tersedia pada platformAndroid saat ini antara lain: • Frame work Aplikasi •Mesin virtual Dalvik • Integrated browser • SQLite •Media support • GSM Telephony • Blutooth, EDGE, 3G dan WIFI • Dukungan perangkat tambahan
  • 7. •Multi touch • Lingkungan Development •Market 2. Arsitektur Android a. Linux kernel Android bukan linux, akan tetapi Android dibangun diatas Linux Kernel yaitu versi 2.6 sehingga kehandalannya bisa dipercaya. Untuk inti sistemservice linuxyang digunakan seperti keamanan, manajemen memori, proses manajemen, network, dan driver model. Kernel juga bertindak sebagai lapisan abstrak antara hardware dan software stacknya. b. Libraries Android menyertakan liblaries C/C++ yang digunakan oleh berbagai komponen dari sitem android. Kemampuan ini disediakan kepada Developer aplikasi melalui Framework Aplikasi Android. c. Android-Runtime Android terdiri dari satu set core libraries yang menyediakan sebagian besar fungsi yang sama dengan yang terdapat pada core libraries bahasa pemrograman Java. Setiap aplikasi menjalankan prosesnya sendiri dalam Android, dengan masing-masing instan dari mesin virtual Dalvik (DalvikVM). Dalvik dirancang agar perangkat dapat menjalankan multiple VMs secara efisien. Mesin Virtual Dalvik mengeksekusi filedalam Dalvik executable (.dex), sebuah format yang dioptimalkan untuk memori yang kecil. Dalvik VM berbasis, berjalan dan dikompilasi oleh compiler bahasa Java yang telah ditransformasikan ke dalam .dex format oleh tool ”dx” yang telah di sertakan. Dalvik VM bergantung pada kernel linux untuk berfungsi, seperti threading dan manajemen memori tingkat rendah. d. Framework-Aplikasi Pengembang memiliki akses penuh menuju API framework yang sama, dengan yang digunakan oleh aplikasi inti. Arsitektur aplikasi dirancang agara komponen dapat digunakan kembali (reuse) dengan mudah. Setiap aplikasi dapat memanfaatkan kemampua ini dan aplikasi yang lain mungkin akan memanfaatkan kemampuan ini (sesuai dengan batasan keamanan yang didefinisikan oleh framework). Meknaisme yang sama memungkinkan komponen untuk diganti oleh pengguna. Semua aplikasi merupakan rangkaian set layanan dan sistem, termasuk: • Views • Content Provider • Resource Manager
  • 8. • Notification Manager • Activity Manager e. Applications Android telah menyertakan aplikasi inti seperti email client, SMS, kalender, peta, browser, kontak, dan lain-lainnya. Semua aplikasi tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Pada layer inilah developer atau kita menempatkan aplikasi yang dibuat. Yang istimewa adalah pada Android semua aplikasi baik aplikasi inti (native) maupun aplikasi pihak ketiga berjalan pada layer aplikasi dengan menggunakan librari API yang sama. Ini berarti semua aplikasi yang dibuat untuk android akan memiliki akses yang setara dalam mengakses seluruh kemampuan handset, tanpa membedakan apakah itu merupakan aplikasi inti atau aplikasi pihak ketiga. Dengan kata lain dengan platform android ini, programmer atau Developer secara penuh akan bisa mengkustomisasi perangkat androidnya. Android Location API Location API, yang juga dikenal dengan JSR-179 adalah sebuah optional pakage javax. microeditin. Location untuk library J2ME. Location API ini menyediakan beberapa fungsi yang digunakan untuk mengetahui informasi posisi atau letak geografis sebuah peralatan/device yang bisa digunakan untuk aplikasi berbasis lokasi. Location API menghasilkan informasi lokasi secara fisik yang dapat digunakan untuk landmark yang dapat disimpan. Beberapa method yang diperlukan dari Location API adalah : 25 Aplikasi Android untuk Pendidikan IPhone dan iPad tidak bisa memiliki semua kesenangan. Android adalah salah satu teknologi smart-phone terkemuka, dan ada lebih dari 70.000 aplikasi yang tersedia untuk itu. Meskipun kita tidak bisa mengklaim telah meninjau semua 70.000 dari mereka, berikut adalah saran kami untuk beberapa aplikasi atas tersedia untuk pendidikan - untuk digunakan dalam atau di luar kelas: Memory Trainer Sebuah "Gold Gym untuk otot memori Anda." Aplikasi ini klaim untuk membantu Anda meningkatkan memori Anda melalui latihan mental biasa. Aplikasi ini khusus target memori spasial Anda, yang bertanggung jawab untuk merekam informasi tentang lingkungan Anda, seperti ketika Anda bernavigasi di seluruh kota. Capital Quiz Uji pengetahuan Anda tentang negara di dunia, serta ibu kota mereka, bendera, dan mata uang. Tantang teman dan lawan online di game trivia.
  • 9. Fact Book Aplikasi ini pada dasarnya adalah sebuah atlas ponsel digulung menjadi ensiklopedi. Yah, mungkin tidak cukup. Tapi itu akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan data tentang masing-masing negara seperti populasi, pengeluaran militer, dan penggunaan ponsel.Kategori termasuk geografi, penduduk, pemerintah, transportasi, dan militer. Anda juga dapat menghasilkan diagram dan grafik dari informasi, dan dapat membandingkan negara menurut kategori. Google Sky Map Ketika Anda melihat ke langit, rasanya seperti yang Anda cari di salah satu foto-foto Eye Sihir di mana jika Anda menatap sebuah tempat cukup lama, gambar seharusnya datang bersama-sama? Aplikasi ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang Anda lihat. Arahkan telepon Anda di langit, dan aplikasi ini akan menyoroti konstelasi, menarik gambaran yang jelas keluar dari tumpukan bintang. Ini juga akan mengidentifikasi planet dan benda langit lainnya. Jika Anda mencari sesuatu yang spesifik, Anda juga dapat melakukan pencarian. Formulas Lite Aplikasi ini mengumpulkan bersama beberapa formula yang paling penting dan sering digunakan untuk matematika, fisika dan kimia. Ini juga termasuk kalkulator ilmiah dan penerjemah dasar. Jangan berharap untuk bisa lulus sendiri off sebagai fisikawan kuantum dengan bantuan aplikasi ini, tapi mungkin membantu Anda melalui beberapa sesi studi yang mendalam. Plink Art Dengan cara yang sama bahwa Google Sky Peta membantu Anda mengidentifikasi bintang-bintang, Plink Seni membantu Anda mengidentifikasi karya seni. Mengambil gambar dari apa yang Anda lihat, dan Plink akan mencocokkannya dengan database dan memberikan rincian mengidentifikasi. Anda juga dapat menelusuri seni menurut era, gerakan seni, atau galeri, atau hanya tekan "acak" untuk tak terduga - karya - meskipun mungkin tidak diketahui.Aplikasi ini sangat bagus untuk menyikat sampai pada pengetahuan sejarah Anda seni atau untuk menemukan favorit baru! Wattpad Lebih dari 100.000 novel, cerpen, koleksi puisi dan lebih tersedia untuk download pada aplikasi ini, yang terdiri dari konten yang sama sekali userdiajukan.
  • 10. Sixty Four Anda dapat belajar membaca tingkat 1 dan 2 Braille dalam aplikasi ini. Jelas, Anda tidak bisa belajar untuk membacanya dengan sentuhan (karena layar ponsel tidak akan dibangkitkan), tetapi Anda dapat belajar untuk membacanya karena melihat - yang berarti bahwa aplikasi ini lebih baik dimaksudkan untuk akademisi dan mereka yang berharap untuk melatih sebagai dukungan personil. Document Scanner Jika Anda membutuhkan dokumen dalam keadaan darurat, atau Anda hanya tidak merasa seperti mengambil itu untuk memilikinya scan atau fax, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukannya pada telepon Anda. Anda dapat memindai sejumlah halaman dan mengkonversi mereka menjadi satu file. Pdf. USA Quiz Uji pengetahuan Anda tentang ibukota, bendera, nama panggilan, kota, dan lebih banyak negara bagian Amerika Serikat. Pilih dari empat tingkat kesulitan yang berbeda saat Anda menantang lawan dalam permainan trivia menyenangkan. Deluxe Moon Aplikasi ini memungkinkan Anda mempelajari lebih lanjut tentang bulan dan pengaruhnya terhadap aktivitas sehari-hari Anda. Fitur termasuk nama dan gambar dari fase bulan, zodiak tanda saat fase bulan, informasi tentang, bulan terbit siklus bulan dan waktu moonset, dan banyak lagi. Kids Numbers and Math Anak-anak prasekolah bisa mendapatkan bantuan belajar jumlah mereka dan mengembangkan kemampuan dasar matematika dengan bantuan aplikasi ini. Penambahan, pengurangan, dan nomor belajar adalah fitur utama, tetapi ada juga latihan lanjut opsional.Pilihan bahasa termasuk Inggris, Cina, Jepang, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan Rusia. Urban Dictionary Ketika anak-anak Anda ingin mengetahui 411, apakah anda tahu apa artinya? Apakah Anda merasa sulit untuk diikuti jika mereka akhirnya setiap kata lain Mungkin aplikasi ini dapat membantu "izzle?". Anda dapat mencari arti kata-kata gaul modern di database yang dibuat pengguna. Anda juga dapat menelusuri kata-kata acak atau memeriksa kata hari ini. LSAT Assassin Aplikasi ini berguna akan membantu Anda persiapan untuk Test Penerimaan
  • 11. Mahasiswa Hukum Sekolah melalui tutorial, latihan, dan latihan praktek. Tapi aplikasi ini berguna untuk lebih dari sekedar mahasiswa hukum: Ujian ini mengukur penalaran kognitif dan logika, sehingga app adalah alat yang berguna untuk pelajaran dari sifat yang sama. Kidroid Ini game untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tujuan untuk membantu meningkatkan keterampilan pengakuan dengan cara mencocokkan gambar dengan kata-kata tertulis atau lisan. GeoQuiz Berikut permainan trivia lain untuk meningkatkan pembelajaran. Aplikasi ini mencakup topik dari kota-kota ibukota dan bendera ke ekstrem alam. PhotoMix Aplikasi ini menyenangkan memungkinkan Anda untuk mengubah foto Anda menjadi teka-teki.Anda dapat goyang telepon untuk mengacak, kemudian memindahkan potongan ke dalam tempat untuk mencoba untuk membangunnya kembali. Hal ini membuat asah otak menyenangkan atau teka-teki logika yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan kepentingan. My Pocket Prof Mengatur catatan kelas Anda dan tugas dengan aplikasi ini berguna! Anda dapat menyinkronkan catatan Anda kemudian berbagi dengan teman Anda. Anda bahkan dapat menjual catatan Anda, atau membuat kursus online dan kuis yang dapat Anda jual. Dan, tentu saja, apa yang dapat Anda jual, Anda juga dapat membeli. Nook for Android Dapatkan jutaan buku di telapak tangan Anda melalui Barnes dan Noble. Sebuah e-readerberguna! Pocket Knowledge Ada pertanyaan? Aplikasi ini memiliki jawabannya. Tanyakan hal apa pun yang Anda inginkan, dan akan menghasilkan jawaban yang Anda kemudian dapat menyimpan untuk digunakan kemudian. Topik meliputi matematika, budaya, olahraga, cuaca, fisika, kimia, data sosial ekonomi, gizi dan banyak lagi. Electricity Calculator Aplikasi ini adalah meteran listrik pribadi Anda! Dengan itu, Anda dapat mengetahui berapa banyak listrik yang Anda gunakan dan berapa biaya Anda. Anda bahkan dapat mengukurnya menurut alat. Selain manfaat praktis
  • 12. seperti sebuah aplikasi untuk orang dewasa, ini juga berguna dalam kelas untuk mengajar siswa tentang listrik, atau bahkan tentang pentingnya penganggaran. Music Dictionary Pelajari semua kata Italia yang terlibat dalam membaca dan bermain musik. Ini adalah alat yang berguna untuk musisi klasik dan untuk guru musik! Guitar Solo Lite Belajar cara bermain string enam dengan gitar saku virtual. Ada lebih dari 380 akord dan diagram untuk gitar klasik, akustik dan listrik. Sebuah panduan praktis untuk membantu Anda belajar bermain gitar sendiri! StatDist Aplikasi ini berguna untuk "menghitung kepadatan, probabilitas, dan quantiles dari umum distribusi kontinu dan diskrit berguna." Jika Anda tidak tahu apa artinya, Anda mungkin perlu sebuah aplikasi untuk membantu Anda mengetahui aplikasi ini. Kategori termasuk seragam, normal, gamma, eksponensial, chi, seragam diskrit, binomial, geometris, dan poisson. Ini adalah aplikasi berguna untuk kelas statistik. Math Wizard Anak-anak bisa menggunakan aplikasi ini untuk belajar keterampilan matematika dasar: penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kartu flash dan pertanyaan penelitian yang digunakan untuk memandu siswa melalui materi. Selain itu, statistik menawarkan aplikasi pada area masalah siswa, dan tingkat kesulitan dapat disesuaikan untuk kebutuhan individu. Method Kegunaan Address menyediakan informasi pada suatu lokasi. Geocoder menangani Geocoding Criteria konfigurasi awal bagi LocationProvider. Location merupakan informasi dasar suatu lokasi LocationManager menyediakan akses ke systemlocation service LocationListener listener yang menangani penerimaan notifikasi dari Location Manager. LocationProvider class yang pertama kali digunakan untuk lokasi Gps Satellite menyediakan posisi dari GPS satellite Gps Status menyediakan posisi dari GPS engine Gps Status. Listener digunakan untuk menerima notifikasi bila GPS status berubah. Gps Status. Nmea Listener digunakan untuk menerima kalimat NMEA dari GPS OpenStreetMap OpenStreetMap adalah proyek untuk membangun sebuah database geografis yang gratis untuk dunia. Tujuan akhirnya adalah untuk memiliki catatan setiap fitur geografis dari dunia. Sementara ini dimulai dengan pemetaan jalan, OpenStreetMap telah jauh melewati itu untuk mesaukkan jalan setapak,
  • 13. bangunan, saluran air, pipa, hutan, pantai kotak pos, dan bahkan pohon individu. Seiring dengan geografi fisik, proyek ini juga mencakup batasan administratif, rincian penggunaan lahan, rute bus, dan ide-ide abstrak lain yang tidak jelas dari pemandangan itu sendiri. Database dibangun oleh kontributor, pemeta biasanya disebut dalam OpenStreeMap, yang mengumpulkan informasi dengan mengemudi, bersepeda, atau berjalan sepanjang jalan-jalan dan jalan, dan merekam area sekitar dengan menggunakan Global Positioning System (GPS) receiver. Informasi ini kemudian sigunakan untuk membuat satu set poin dan baris yang dapat berubah menjadi peta atau digunakan untuk navigasi. Mappers kebanyakan relawan yang bekerja pada proyek di waktu luang mereka, meskipun organisasi komersial dan badan pemerintah sudah mulai berkontribusi pada proyek. Proses menggunakan kelompok orang untuk bekerja pada tugas dengan cara ini yang disebut crowdsourcing, merupakan fenomena baru berbasis disekitar mereka menggunakan internet unutk mendistribusikan tugas-tugas dan mengumpulkan hasil. Ini digunakan oleh proyek-proyek sukarela dan organisasi komersial, dan telah sangat efektif sejak koneksi internet broadband menjadi tersedia secara luas di dunia barat. Data lain diumpulkan dari out-of-copright maps, database domain publik (yang tanpa perlindungan hak cipta), atau dalam beberapa kasus sumbangan database proprietary oleh perusahaan yang memilikinya. Databse menggunakan sistem mirip wiki dimana mapper bisa menambah atau mengedit fitur di daerah manapun, dan sejarah pengeditan disimpan untuk setiap objek. Ini berarti setiap vandalisme kesalahan atau sengaja dapat diperpanjang kembali, menjaga data yang akurat. OpenStreetMap tidak menggunakan sistem informasi geografis yang ada untuk menyimpan data, melainkan menggunakan perangkat lunak sendiri dan model data untuk membuat proses crowdsourcing semudah mungkin, dan flexibilitas dalam apa yang akan dipetakan dan bagaimana. Data OpenStreetMap bebas untuk digunakan oleh siapa saja, untuk tujuan apapun. Hal ini dirilis dibawah lisensi yang memungkinkan anda untuk menyalin, mengubah dan mendistribusikan data. Tidak seperti sebagian besar sumber data geografis hampir tidak ada pembatasan pada apa yang dapat anda lakukan dengan data openstreetmap.dapat mengedit informasi dalam cara apapun yang anda suka dan mempublikasikan hasilnya. dapat memberikan data kepada orang lain tanpa perlu izin. Openstreetmap berisi lebih dari sekedar jalan. Semua mappers bebas menambahkan objek geografis, menambahkan kotak telepon, halte bis, taman, toilet umum, tempat ibadah, dan banyak lagi. Openstreetmap lebih sering diperbaharui daripada database geografis laiinya dan data terakhir selalu tersedia untuk didownload. Anda dapat memperbaiki kesalahan dalam openstreetmap sendiri dan berbagi koreksi dengan semua orang. Sebagian penyediapemetaan lain hanya memiliki peta dalam jumlah style
  • 14. yang terbatas dan memperoleh peta kostum dapat menjadi mahal dan proses yang lama. Sebaliknya dengan openstreetmap yang menjadi batas hanyalah kemampuan teknis dan kartografi anda sendiri. Beberapa paket render peta san sistem informasi geografis mendukung data openstreetmap dan semua software yang anda butuhkan untuk membuat peta tersedia gratis. Proyek openstreetmap dimulai pada agustus 2994 ketika programmer inggris Steve Coast ingin bereksperimen dengan USB receiver GPS yang dia beli dan notebook Linux-powered nya. Dia mengguankan software GPSDrive yang mengambil peta dari Microsoft MapPoint, melanggar kondisi lisensi. Tidak ingin melanggar hak cipta peta tersebut ia mencari alternatif. Coast menemukan bahwa tidak ada sumber data pemetaan yang tersedia yang bisa ia masukkan kedalam perangkat lunak open source tanpa melanggar kondisi lisensi atau membayar dalam jumlah besar. Coast menyadari bahwa ia bisa mengambar peta sendiri, dan orang lain juga, dan proyek itu lahir. Model data awalnya sangat mentah yang terdiri dari garis-garis sederhana yang ditarik atas informasi Landsat dari NASA. Selema beberapa waktu data berkembang menjadi model yang lebih berguna tetapi prinsip dasar pengenaan sebagai pembatas dapat diikuti oleh mapper. Perangkat lunak server awalnya ditulis dalam java, kemudian ditulis ulang di Ruby, yang masih menjadi platform saat ini. Sangat sedikit struktur formal unutk proyek openstreetmap, tidak ada superuser yang dapat mengubah data dalam cara yang pengguna normal tidak bisa. Data dan proyek keduanya dimaksudkan untuk memberikan fleksibilitas mapper sebanyak mungkin sehinggafitur peta mereka dapat akurat sebisa mereka. Sementara ada sistem administrator yang menjaga infrastruktur proyek. Badan yayasan non profit openstreetmap dibentuk untuk mendukung proyek yang tidak mengatur dimana mapper bekerja, apa fitur peta merekaatau bagaimana mereka mengambarkannya. Yayasan ini memiliki beberapa kelompok kerja yang melihat berbagai aspek proyek, tetapi mereka peduli denga pembangunan jangka panjang daripada hari demi hari. Yayasan ini akan bertindak apabila seluruh proyek akibat tindakan mapper individu. Disisi positif itu memungkinkan pembuat peta untuk mendapatkan dan merekam informasi tanpa harus memiliki izin persetujuan. Situs utama proyek ini adalah www.openstreetmap.org yang bertujuan untuk mengumpulkan dan memelihara data. Openstreetmap adalah proyek dengan ratusan dari jutaan orang yang mengkontribusikan dan memanfaatkan data dengan cara yang berbeda. Hasilnya, banyak sumber daya yang telah diciptakan mapper den tesebar diinternet, tetapi data proyek dan banyak dokumentasi disimpan di openstreetmap.org, pada server yang dioperasikan oleh yayasan openstreetmap. Sebagai proyek crowdsources, openstreetmap sangat bergantung pada komunitas yang berpartisipasi aktif dalam proyek, dan mungkin ada banyak alat
  • 15. dan situs yang bertujuan untuk memungkinkan pembuat peta untuk berkomunikasi dan berkolaborasi untuk pemetaan peta dan menggunakan data. Mapper telah menciptakan berbagai cara berbagi informasi, berdasarkan pada pilihan pribadi dan jenis informasi yang terlibat. Tampilan OpenStreetMap Sebagian bagian atas peta adalah tab navigasi, menunjukkan sebagian besar alat manajemen data pada openstreetmap.org. di sebelah kanan adalah link account pengguna. Di sisi kiri halaman sidebar berisi link ke wiki, blog berita, halaman iklan. Melakuka klik pada tombol peta akan menampilkan tombol di sisi kiri peta. Seperti yang anda harapkan, kunci menunjukkan arti dari simboll dan shading. Kuncinya dinamis dan akan berubah dengan tingkatan zoom dan lapisan dasar yang anda cari. Tidak semualapisan dasardidukung oleh tombol peta dinamis saat ini. Dibawah ini adalah kotak pencarian. Situs pencarian menggunakan dua mesin terpisah. Nominatim, ini adalah suatu mesin pencarian atau geocoder openstreetmap. Menggunakan database openstreetmap untuk menemukan fitur dengan nama, termasuk pemukiman, jalan, dan tempat menarik. Nominatim biasanya cepat dan akurat, tatapi hanya dapat menemukan tempat-tempat yang telah dipetakan dalam openstreetmap. Geonames merupakan layanan lokasi eksternal yangmemiliki cakupan yang lebih besar dari openstreetmap saat ini, tapi kadang-kadang bisa tidak akurat. Geonames berisi nama pemukiman dan kode pos, dan beberapa fitur lain. Fitur Geografis OpenStreetMap OpenStreetMap menggunakan model data sendiri, yang berbeda dari setiap model data lain yang digunakan oleh Sistem Informasi Geografis (GIS). Hanya menggunakan tiga jenis data primitif, dikombinasikan dengan skema-bentuk bebas penandaan yang memungkinkan untuk menggambarkan secara akurat, hampir semua fitur geografis. Hal ini juga menggambarkan topologi dari fiturbagaimana mereka terhubung, dan bagaimana berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain.Fitur ini penting untuk beberapa aplikasi, terutama routing, tetapi bukan merupakan fitur GIS tradisional. Dalam Pembahasan ini, kita akan melihat bagaimana sistem OpenStreetMap's systems record the features yang menarik pada peta. Secara khusus, Adalah sebagai berikut: - Tujuan desain OpenStreetMap itu - Struktur data yang digunakan - Sistempenandaan - Pedoman yang digunakan oleh komunitas OpenStreetMap untuk membuat data Agar konsisten dan seakurat mungkin.Kesederhanaan model data seringkali menakjubkan orang yang melakukan akses ke OpenStreetMap dari latar belakang GIS tradisional, yang digunakan untuk berbagai lapisan data, dan
  • 16. memiliki fitur masing-masing yang dijelaskan secara independen dari orang lain. Beberapa mencari ontologi tetap, atau untuk lebih ke struktur data yang kompleks. Meskipun model data OpenStreetMap dan perangkat lunak yang dikembangkan dari waktu ke waktu Tidak terlalu pesat, dan tanpa perencanaan proyek tertentu, ada beberapa prinsip yang dapat perlakukan sebagai tujuan desain untuk sistem OpenStreetMap ini: - Data model dan API yang sesederhana mungkin-"hal paling sederhana yang akan bekerja". Data model dirancang agar mudah untuk membuat dan mengedit data, bukan untuk menjadi sederhana untuk membuat atau menggunakan dalamaplikasi lain.diharapkan untuk melakukan sejumlah pos-pengolahan pada setiap data yang di ambil dari OpenStreetMap untuk membuatnya sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan di buat, dan banyak kemudahan untuk membantu, dengan proses ini telah dibuat oleh komunitas OpenStreetMap. - Sistem ini memiliki wiki seperti mengedit, di mana beberapa pengguna dapat membuat suntingan ke area yang sama pada waktu yang sama, dan sejarah penuh suntingan disimpan. Mengadaptasi GIS yang ada untuk memenuhi persyaratan ini akan sulit, dan bekerja mungkin lebih dari menciptakan tumpukan server OpenStreetMap. - Sistem ini perlu untuk merekam bagaimana topologi-fitur yang terhubung satu sama lain-serta posisi mereka, yang GIS ada banyak yang tidak merekam. Banyak potensi menggunakan data OpenStreetMap tidak mungkin tanpa merekam topologi. -Sistem harus memungkinkan kebebasan maksimum untuk mappers untuk merekam fitur mereka menemukan, dengan minimum overhead dan birokrasi. Yang perlu di catat bahwa sangat sedikit pengecekan data dilakukan oleh server OpenStreetMap. Selama data yang disampaikan konsisten, tidak akan ditolak. Ada banyak pihak ketiga pengecekan data alat untuk OpenStreetMap, namun server itu sendiri hanya memastikan bahwa data dasar memenuhi standar format tertentu. sebelum kita masuk ke seluk-beluk editing. Dapat di lihat segala hal dengan cara abstrak, tetapi membantu untuk memahami model, seperti setiap editor memiliki cara yang sedikit berbeda dalam pengerjaan. 1. Data Primitives Ada tiga data primitif dasar dalam model data: node, Ways, dan Relation. Fitur geografis ini mewakili dalam hal ini , Dapat di jelaskan oleh penandaan dengan pasangan kunci-nilai. Dalam istilah matematika, model data OpenStreetMap adalah grafik campuran; yang terdiri dari terdiri dari sudut atau simpul, dan tepi. Bagian yang berbeda dari grafik dapat dihubungkan, atau mungkin terisolasi, tergantung pada fitur apa di dunia nyata pemodelan. Format default untuk mewakili model data adalah XML, dan format itu, saat ini hanya dapat mengambil data dari server OpenStreetMap. Model data dapat direpresentasikan dalam format lain, dan memang Potlatcheditor berbasis Flash
  • 17. online yang digunakan di openstreetmap.orgmenggunakan Format Aksi Pesan Flash untuk berkomunikasi dengan server. Kita akan membahas bagaimana Anda bisa mengambil objek individu dari API OpenStreetMap, tetapi tidak perlu tahu bagaimana API bekerja hanya untuk mengedit peta. Ada beberapa atribut umum untuk setiap tipe data primitif. Masingmasing memiliki ID numerik, tetapi ini hanya unik dalam setiap jenis, sehingga mungkin ada node, cara, dan hubungan semua dengan nomor ID yang sama. . Setiap versi dari setiap objek di OpenStreetMap yang diawetkan dalam database, dan sebagainya setiap objek yang di dapatkan dari API berisi nomor versi, bersama dengan ID dari changeset-set perubahan yang dibuat pada waktu yang sama di mana versi yang dibuat. Nama tampilan dan ID pengguna editor terakhir untuk menyentuh obyek juga dikembalikan. Alasan kedua item yang dikembalikan adalah bahwa mappers bebas untuk mengubah nama tampilan mereka kapan saja, namun ID pengguna mereka selalu sama, sehingga memungkinkan untuk melacak pencipta versi tertentu dari sebuah objek bahkan jika mereka ' sudah berubah nama mereka. Perhatikan bahwa API OpenStreetMap akan selalu mengembalikan nama tampilan saat ini, bukan nama yang digunakan pada saat mengedit, sehingga ketentuan ini hanya berlaku ketika berhadapan dengan salinan yang lebih tua dari data. Atribut terlihat menentukan apakah versi dari objek yang Anda miliki adalah data saat ini. Jika ini diset ke false, bahwa versi objek sudah lampau, dan telah digantikan oleh versi yang lebih baru atau dihapus. API selalu mengembalikan versi terbaru secara default, tetapi adalah mungkin untuk mendapatkan sejarah mengedit penuh dari objek apapun jika membutuhkannya. Ada juga timestamp untuk setiap objek, menunjukkan ketika terakhir diperbarui, tetapi harus selalu menggunakan nomor versi sebagai indikasi apakah pengguna atau tidak obyek telah berubah. 2. Nodes Node titik dalam ruang. Mereka adalah data primitif untuk informasi posisi, dan semua data primitif lainnya bergantung pada node untuk lokasi mereka. Sebuah node dapat digunakan sendiri untuk peta tempat tujuan, sebagai persimpangan antara dua cara, atau hanya sebagai perubahan Setiap node memiliki lintang dan bujur disimpan dalam format desimal sampai dengan 7 tempat desimal: lat = "55.9458449" lon = "-3,2035477" Hal ini memberikan resolusi garis lintang dari 1cm, dan resolusi memanjang sekitar 1cm di khatulistiwa, atau sekitar 0.6cm di Greenwich. Tingkat akurasi yang jauh lebih besar daripada anda dapat mengukur menggunakan konsumen kelas peralatan GPS, dan setara dengan yang dicapai dengan peralatan survei profesional. Singkatnya,itu cukup akurat untuk tujuan apapun untuk memasukkan data ke OpenStreetMap.
  • 18. API OpenStreetMap tidak memeriksa untuk node duplikat, jadi mungkin untuk memiliki dua node dalam tempat yang sama. Hal ini telah terjadi di masa lalu di mana data telah diimpor ke OpenStreetMap salah, dan ada alat yang akan memeriksa untuk node duplikat. Unsur-unsur anak tunggal dari sebuah node adalah tag diterapkan pada simpul tersebut, tetapi XML untuk tag apapun tag elemen tunggal dengan atribut k dan v untuk kunci dan nilai masing-masing. di arah jalan. 3.Ways ways yang diperintahkan daftar node. Mereka dapat menggambarkan fitur linier, seperti jalan, jalan, dan saluran air. Mereka juga dapat ditutup untuk membentuk daerah. Mana mereka digunakan untuk menggambarkan fitur linier, ways biasanya harus ditempatkan di garis tengah dari fitur fisik, dan di perimeter untuk suatu daerah. Sebuah ways yang ada semi-mandiri dari node yang dikandungnya, di node itu sendiri tidak berubah dengan menjadi bagian dari jalan atau tidak, dan data untuk ways tidak berubah saat node yang berubah, termasuk menjadi reposisi . Ini berarti bahwa jika semua node yang membentuk jalan dipindahkan, tetapi node dalam cara atau penandaan cara adalah meninggalkan sama, tidak ada versi baru dari jalan akan dibuat, dan tidak ada perubahan yang akan muncul dalam sejarah. Sebuah ways harus memiliki setidaknya dua node, dan dapat, saat ini, memiliki maksimum 2000 node. Batas atas adalah ukuran praktis untuk menghentikan ways yang sangat panjang yang mempengaruhi kinerja server openstreetmap.org 's, daripada batas yang melekat dalam model data. Sebuah node dapat menjadi milik lebih dari satu cara, dan tidak ada batas untuk berapa banyak dapat miliki Urutan dari node dengan cara di simpan, sehingga mereka selalu kembali dalam urutan di upload asli. Ways yang dianggap memiliki arah (meskipun hal ini tidak selalu signifikan), tergantung pada cara apa yang digunakan untuk menggambarkan. Arahnya adalah dari yang pertama ke node terakhir, dan editor yang paling dapat menunjukkan arah ini menggunakan panah. Jika node pertama dan terakhir dari jalan yang sama, ways membentuk daerah tertutup, yang dapat ditandai untuk menunjukkan apa yang mewakili daerah tersebut. Jika bentuk yang lebih kompleks daripada poligon sederhana diperlukan untuk menggambarkan fitur, seperti sebuah bangunan dengan halaman di tengah, atau hutan dengan kliring, ini dilakukan dengan menggunakan beberapa cara dan relasi untuk menghubungkan mereka. Meskipun tidak ada batasan teknis yang mencegah cara dari yang dipakai sebagai area dari diri-berpotongan, ini akan hampir pasti membuat masalah dengan penyaji "dan harus dihindari. ways bisa menyeberang tanpa bergabung, dan hanya harus mengasumsikan cara secara fisik terhubung jika mereka berbagi node, atau lebih dari satu
  • 19. simpul.Sebaliknya, Anda hanya harus bergabung dua cara dengan node jika mereka benar-benar secara fisik terhubung. Contoh terbaik dari ini adalah sebuah jembatan membawa satu jalan di atas yang lain. Hal ini tidak mungkin untuk berhenti di tengah jalan di sepanjang jembatan dan berbelok ke jalan bawah, sehingga data yang Anda gunakan untuk mewakili jembatan dan jalan di bawah ini harus mencerminkan hal ini. Kita akan membahas bagaimana hal ini dilakukan dalam sebuah editor Server OpenStreetMap tidak memeriksa geometri jalan sama sekali. Itu bisa apa saja dari garis lurus untuk mencoretcoret, selama sebagai node yang digunakan adalah semua yang terlihat. Sebuah node bahkan dapat digunakan lebih dari sekali dalam jarak, karena ini diperlukan untuk daerah dan cara-cara yang bulat lingkaran ke diri mereka sendiri, tetapi tidak ada cek di API apakah node digunakan kembali. Sebaliknya, itu diharapkan bahwa aplikasi editing memastikan bahwa mereka tidak menghasilkan cara masuk akal di tempat pertama. 4. Relations Relations adalah daftar data primitif, termasuk hubungan lainnya. Relations ada untuk memungkinkan pembuat peta untuk fitur model yang tidak dapat dijelaskan menggunakan node tunggal atau cara, atau di mana dua dari jenis yang sama tumpang tindih fitur. Contoh termasuk kompleks, jalan bercabang, rute jarak jauh, atau pembatasan putar di persimpangan. Relations khusus merupakan pembatasan gilirannya, dan tidak membuat pada salah satu dari dua OpenStreetMap yang gaya peta utama. Sebaliknya, ini digunakan oleh algoritma routing untuk menghindari membuat gilirannya ilegal. Ada banyak jenis hubungan, dan ini mungkin bagian yang paling tidak dewasa model data OpenStreetMap dan pemetaan. Unsur relasi memiliki atribut umum untuk semua primitif, dan bukan yang lain.Elemen anak adalah daftar tag dan daftar anggota relasi. Setiap elemen anggota memiliki atribut, memberikan jenis dan nomor ID, bersama dengan peran. Atribut peran adalah string sederhana yang nilai-nilai dan signifikansi ditentukan oleh jenis hubungan itu sendiri. Peran dapat dibiarkan kosong untuk jenis hubungan yang tidak memerlukan satu. Dalam contoh kita, ketik diberikan sebagai pembatasan, dan anggota menunjukkan rute yang ilegal untuk ambil menggunakan node yang mewakili persimpangan dengan pembatasan gilirannya, dan cara-cara yang mewakili jalan yang ilegal untuk akses. Para anggota dari sebuah relasi dikembalikan dalam urutan yang sama mereka diciptakan dalam, tetapi order tidak selalu signifikan, dan bahkan mungkin tidak urutan yang diinginkan tergantung pada aplikasi yang menciptakan hubungan di tempat pertama. Jika Anda memiliki aplikasi yang menggunakan hubungan dalam cara order-sensitif, Anda harus memeriksa dokumentasi untuk itu jenis relasinya untuk melihat apakah konvensi untuk pesanan anggota telah ditetapkan. Seperti dengan primitif lainnya, API OpenStreetMap tidak memeriksa apakah suatu relasi sesuai dengan
  • 20. format tertentu atau standar, sehingga Anda harus melakukan Anda validasi sendiri sebelum menggunakan hubungan. 5. Changesets Ada struktur data lebih lanjut yang digunakan dalam API-theOpenStreetMap Changeset. Changesets bukan bagian dari model data yang tepat, tetapi hanya kelompok perubahan yang dibuat untuk data yang primitif. Changesets diperkenalkan untuk membuat lebih mudah untuk mengidentifikasi perubahan yang berkaitan dengan peta, dan untuk merapikan data atribusi. Sebelum diperkenalkan, satu-satunya cara mengidentifikasi suntingan bagian terkait yang berubah dari peta adalah untuk mencari kelompok suntingan oleh seorang editor dalam waktu singkat dari masing-masing lainnya, yang memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan. Sebagai OpenStreetMap tumbuh dalam popularitas, vandalisme diharapkan akan lebih dari masalah, dan changesets yang salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan data yang akurat. Changesets dibuka oleh aplikasi editor yang sebelum meng-upload perubahan apapun, maka tertutup sekali mereka sudah selesai. Setiap mengedit data OpenStreetMap harus ditugaskan ke sebuah changeset. Satu mapper dapat memiliki sejumlah changesets terbuka setiap saat, meskipun changesets idle ditutup secara otomatis oleh server setelah satu jam. Kita akan membahas rincian yang tepat menggunakan changesets , dan perangkat lunak editing yang paling OpenStreetMap secara otomatis membuat dan menutup changesets . 6. Tagging Aspek fisik data OpenStreetMap adalah terkandung dalam model data dan primitif, tapi itu penandaan setiap primitif yang memberitahu apa semua fitur , dan di mana kekuatan sebenarnya dari model kebohongan. Data primitif memiliki tag ditambahkan kepada mereka yang memberitahu Anda apa yang dunia nyata fitur yang mereka wakili, dan dari bahwa dapat membuat peta, menghasilkan mesh routing, atau membangun beberapa aplikasi lain. Sebuah tag adalah pasangan kunci-nilai sederhana. Setiap primitif dapat memiliki jumlah sewenang-wenang tag yang melekat padanya. Kunci dan nilai adalah string sederhana, dan dapat mengandung karakter Unicode yang valid upto batas karakter 255. OpenStreetMap server saat ini menggunakan UTF-8 skema pengkodean. Itu adalah spesifikasi teknis keseluruhan untuk tag di OpenStreetMap. API sendiri tidak menegakkan aturan lebih pada tag daripada yang hanya disebutkan.Sebaliknya, apa yang akan dimasukkan ke dalam tag diputuskan oleh komunitas OpenStreetMap, melalui adat-istiadat, diskusi, dan konsensus. Sudah ada sejumlah besar kunci dan nilai yang digunakan, beberapa pada jutaan obyek, dan beberapa yang hanya digunakan beberapa kali. Tagging adalah semantik, dalam bahwa menggambarkan sifat dari fitur pemetaan , dari pada menjelaskan bagaimana
  • 21. jika ingin untuk muncul pada peta. Munculnya fitur apapun pada peta berdasarkan data OpenStreetMap sepenuhnya di bawah kendali orang yang mengkonfigurasi penyaji peta itu. Tidak ada cara untuk memaksa fitur tertentu untukmelihat cara tertentu dalam setiap penyaji. Satu analogi dengan bahasa halaman web yang ditulis dalam, HTML dan Cascading Style Sheets (CSS). Idealnya, HTML untuk halaman web tidak berisi informasi tata letak sama sekali, tetapi hanya menggambarkan struktur dari dokumen. Sebuah lembar style tersebut kemudian digunakan untuk mengubah dokumen yang menjadi representasi visual atau aural berdasarkan aturan pada style sheet. Demikian pula, data OpenStreetMap hanya menggambarkan struktur dari peta, dan daun presentasi ke sebuah style sheet di penyaji peta. Dan juga harus ingat bahwa tidak semua aplikasi data OpenStreetMap melibatkan render peta. Routing, geolocation, dan statistik aplikasi tidak dapat menggunakan peta sama sekali, atau mungkin mengabaikan tag yang tidak memiliki bantalan pada algoritma mereka. OpenStreetMap wiki digunakan untuk mendokumentasikan apa yang pasangan kunci-nilai tertentu berarti. Entri biasanya ditulis oleh orang pertama yang menggunakan tag, tetapi beberapa tag mungkin tidak didokumentasikan, atau mungkin memiliki halaman mereka di wiki ditulis oleh orang lain. Cara normal menuliskan tag adalah dalambentuk key = value untuk tag yang memenuhi syarat, atau kunci =* untuk kunci dengan tidak ada nilai tertentu. akan melihat ini notasi yang digunakan di wiki, mailing list, dan dokumen lain yang digunakan dalam OpenStreetMap. Kebanyakan editor menggunakan kotak teks terpisah untuk kunci dan nilai tag, sehingga Anda tidak akan biasanya harus menulis tag secara penuh. Tombol dan nilai-nilai simbolik biasanya ditulis dalam huruf kecil, tanpa spasi, dengan garis bawah untuk membantu pembacaan di mana diperlukan. API OpenStreetMap tidak dengan sendirinya kasus sensitif, tetapi tidak menerjemahkan kasus setiap tag yang Anda tambahkan. Alat yang paling untuk pengolahan dan rendering data yang OpenStreetMap bersifat case sensitive, sehingga nilai-nilai harfiah seperti nama jalan harus ditulis dengan kapitalisasi yang benar dan jarak. Inggris Bahasa Inggris biasanya digunakan untuk kunci dan nilai-nilai simbolik, bahkan untuk fitur non-negara berbahasa Inggris. Meskipun ini adalah sebagian besar karena proyek ini dimulai di Inggris, itu terbukti berguna dalam memungkinkan tag yang sama untuk digunakan di berbagai negara. Hanya satu nilai per kunci adalah didukung, jadi jika perlu
  • 22. untuk merekam beberapa nilai untuk kunci tertentu, praktek yang normal adalah dengan menggunakan awalan atau akhiran ke tag, dipisahkan oleh dua titik 7. Any tags you like Satu prinsip penting dalam OpenStreetMap adalah bahwa tidak ada pembatasan pada apa yang pasangan kunci-nilai dapat digunakan sama sekali, baik teknis atau kebijakan. Bebas menggunakan kombinasi apa pun yang menurut Anda paling menggambarkan fitur pemetaan . Prinsip ini diringkaskan dalam ungkapan "Any tags you like" Secara harfiah, hal ini dapat terdengar seperti undangan untuk kekacauan.Sebaliknya, apa yang sebenarnya berarti bahwa user tidak perlu persetujuan sebelum menggunakan tag baru, harus perlu. Masih diharapkan untuk menggunakan tombol yang ada dan nilai-nilai, dimana mereka secara akurat menggambarkan fitur user mencoba untuk peta. Namun, mungkin menemukan tipe fitur yang belum dipetakan sebelumnya, dan perlu datang dengan tag baru. Ini tidak hanya mungkin, itu dimasukan Jika user membuat tag baru, diharapkan untuk menambah dokumentasi untuk tag baru untuk OpenStreetMap wiki, menjelaskan apa yang telah menggunakannya untuk mewakili, jika mappers lain tidak akan tahu apa yang tag berarti, bahkan jika Anda berpikir user adalah tag cukup jelas. Dokumentasi ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa lain, sehingga mappers melakukan terjemahan memerlukan teks asli untuk bekerja. 8. Don’t tag for the renderer User akan menemukan kalimat ini secara teratur pada milis OpenStreetMap, dan itu titik lain penting untuk diingat. Apa artinya adalah: Jangan menggunakan tag yang salah untuk menghasilkan efek tertentu dalampenyaji peta. Sebagai contoh, user mungkin tergoda untuk tag gedung sebagai hutan sehingga muncul pada peta dalam hijau, karena bangunan itu sendiri dicat hijau. Ini menciptakan banyak masalah: -Render yang berbeda dari peta dapat menggunakan warna yang berbeda untuk hutan, atau mungkin mengabaikan hutan sama sekali, sehingga bangunan Anda tidak akan muncul seperti yang Anda inginkan, dan mungkin tidak muncul sama sekali. -Jika sebuah aplikasi geocoding mencari fitur dinilai sebagai sebuah bangunan dengan nama tertentu, tidak akan memeriksa fitur Anda, karena tidak terdaftar sebagai bangunan, namun sebagai daerah hutan. Sebaliknya juga dapat terjadi, di mana seseorang mencari hutan, menemukan bangunan Anda, dan mendapatkan informasi yang salah. Jika use ingin peta di mana fitur tertentu muncul dalam warna tertentu atau gaya, user dapat membuat peta sendiri,
  • 23. 9. Verifiability Informasi yang dicatat dalam OpenStreetMap harus diverifikasi. Ini berarti bahwa mapper lain harus mampu survei ulang informasi yang telah menambahkan, dan sampai pada kesimpulan yang sama seperti yang miliki, berdasarkan apa yang mereka mampu mengamati. Hal ini berlaku baik untuk orang primitif yang di gunakan, dan tag user melampirkan kepada mereka. GPS user jejak adalah metode verifikasi posisi fitur yang telah dipetakan, namun tag yang Anda gunakan juga harus diverifikasi. -user hanya harus tag fitur berdasarkan apa yang dapat dilihat "di lapangan". Jika memverifikasi fitur , menambahkan membutuhkan akses ke sumber informasi tambahan, tidak harus pergi di OpenStreetMap. Misalnya, jika Anda akan menambahkan jejak hiking bernama untuk OpenStreetMap, ini harus didasarkan pada rambu-rambu yang di temukan di sepanjang jalan, bukan sebuah buku panduan. 10. A few core tags Ada terlalu banyak tag digunakan di OpenStreetMap untuk mendokumentasikan semuanya di sini. Ada satu set inti dari tag yang bisa digunakan paling sering untuk mewakili fitur biasa, dan mereka akan menutupi sebagian besar pemetaan yang perlu dilakukan, kecuali jika memiliki spesialis kebutuhan. Daftar utama dari tag yang umum disimpan di http://wiki.openstreetmap.org/wiki/Map_Features, dan tiga aplikasi OpenStreetMap utama editing telah built-in preset yang mencerminkan praktek standar dalam masyarakat. Meskipun tidak ada perbedaan teknis, ada dua jenis umumnya tag, yaitu, orang-orang yang menentukan mana kelas fitur data primitif, dan orang yang mendefinisikan sifat tambahan. Java OpenStreetMap Editor (JOSM) Editor Java OpenStreetMap, adalah sebuah aplikasi desktop yang mengedit serta ditulis di Java.dan pengoprasianya dapati berjalan pada Windows,Mac OS, dan Linux. Proyek ini memiliki website sendiri di http://josm.openstreetmap.de/ serta dapat men-download versi terbaru dari perangkat lunak. Dan juga harusn mendownload Java jika komputer yang akan di pasangkan JOSM belum terinstal, dari http://java.sun.com/ atau melalui manajer paket pada beberapa distribusi Linux. JOSM memiliki banyak fitur built-in, seperti dukungan pemetaan audio dan foto, yang membantu mengubah informasi survei menjadi data peta. Ini juga mendukung plugin yang menambahkan fungsi tambahan, seperti langsung mengumpulkan jejak dari GPS secara real time, dan alat-alat menggambar tambahan atau koneksi ke situs web pihak ketiga. Pada umumnya ada dua versi JOSM tersedia yaitu: versi yang diuji (Http://josm.openstreetmap.de/josm-tested.jar) dan versi terbaru (http://josm.openstreetmap.de/josm-latest.jar). Versi diuji adalah lebih stabil,
  • 24. dan apa yang harus anda gunakan kecuali Anda memiliki kebutuhan khusus untuk beberapa fitur terdepan. Versi terbaru ini lebih up-to-date, tapi akan mungkin berisi bug dan bahkan mungkin kecelakaan saat atau sedang bekerja, kehilangan setiap pekerjaan yang di lakukan. Keduanya didistribusikan sebagai file JAR executable, yang biasanya dapat menjalankan hanya dengan melakukan klik dua kali file jika Java terpasang dengan benar. JAR tidak perlu menginstal, atau berada di lokasi tertentu pada hard drive. Jika memiliki versi kerja Java yang terinstal, namun melakukan klik ganda file JAR tidak bekerja, mulailah JOSM dengan baris perintah berikut: java-jar josm-latest.jar Menggunakan JOSM di komputer public JOSM dikemas sebagai file tunggal, yang dapat digunakan tanpa instalasi tambahan, Java yang disediakan adalah bekerja. Ini berarti user dapat menggunakan JOSM di komputer umum cukup mudah, bahkan di mana setiap orang tidak memiliki hak instalasi. Namun, JOSM menulis preferensi, termasuk username dan password, ke disk lokal, jadi waspada menggunakannya di komputer publik. Client Server Client-server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Server biasanya terhubung dengan client melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (network card). Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA. Dalam teknologi informasi, clientserver merujuk kepada cara mendistribusikan aplikasi ke pihak client dan pihak server. Dalam model client-server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah (tetapi masih dalam sebuah kesatuan) yakni komponen client dan komponen server. Komponen client dijalankan pada sebuah workstation. Pemakai workstation memasukkan data dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu, kemudian mengirimkannya ke komponen server, umumnya berupa permintaan layanan tertentu yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima permintaan layanan tersebut dan langsung memprosesnya serta mengembalikan hasil pemrosesan kepada client. Client pun menerima informasi hasil pemrosesan data tadi dan menampilkannya kepada pemakai dengan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh pemakai. Sebuah contoh dari aplikasi client-server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP). Skrip ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara skrip yang berjalan di pihak client akan dijalankan oleh web browser pada komputer client (workstation). Client-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database. Dengan metode client-server database dapat diinstal pada komputer server dan aplikasinya diinstal pada client.
  • 25. Komponen client juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Gps GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini didesain untukmemberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan. Saat ini GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi, kecepatan, percepatan ataupun waktu yang teliti. GPS dapat memberikan informasi posisi dengan ketelitian bervariasi dari beberapa millimeter (orde nol) sampai dengan puluhan meter. Beberapa kemampuan GPS antara lain dapat memberikan informasi tentang posisi, kecepatan, dan waktu secara cepat, akurat, murah, dimana saja di bumi ini tanpa tergantung cuaca. Hal yang perlu dicatat bahwa GPS adalah satu-satunya sistem navigasi ataupun sistem penentuan posisi dalam beberapa abad ini yang memiliki kemampuan handal seperti itu. Ketelitian dari GPS dapat mencapai beberapa mm untuk ketelitian posisinya, beberapa cm/s untuk ketelitian kecepatannya dan beberapa nanodetik untuk ketelitian waktunya. Ketelitian posisi yang diperoleh akan tergantung pada beberapa faktor yaitu metode penentuan posisi, geometri satelit, tingkat ketelitian data, dan metode pengolahan datanya. Secara umum produk dari GPS adalah posisi, kecepatan, dan waktu. Selain itu ada beberapa produk lainnya seperti percepatan, azimuth, parameter attitude, TEC (Total Electron Content), WVC (Water Vapour Content), Polar motion parameters, serta beberapa produk yang perlu dikombinasikan dengan informasi eksternal dari sistem lain, produknya antara lain tinggi ortometrik, undulasi geoid, dan defleksi vertikal. Desain Sistem Secara Umum Arsitektur desain sistem aplikasi disesuaikan dengan arsitektur aplikasi server, yaitu OSM WMS server yang merupakan arsitektur terpusat dan terdistribusi. Dari arsitektur terpusat (client-server) tersebut, komponen yang terdapat pada sisi clientberupa pengguna akhir perangkat bergerak android yang dapat menampilkan peta atau memberikan hasil analisa operasi SIG seperti pencarian fasilitas pendidikan. Sedangkan, komponen pada sisiservermenyediakan data geospasial dan melakukan operasi SIG berdasarkan permintaan dari sisi client. Terdapat berbagai jenis jaringan komunikasi nirkabel (GPRS/3G, CDMA/EVDO, ISP) diantara sisi client dan sisi server yang berfungsi untukmemfasilitasi pertukaran geodata dan layanan.
  • 26. Berdasarkan desain sistem SIG fasilitas pendidikan Kabupaten Tojo Una-Una secara umum dan menggambarkan 6 komponen dasarnya : 1. GPS/LBS/Wifi Sistem penentuan posisi yang dapat memberikan informasi georeferensi koordinat (x, y, dan z-elevasi) untuk Mobile Android. Terdapat 2 sistemutama, yaitu sistempenentuan posisi lokal (LBS/Wifi) yang mengandalkan sistem posisi triangulasi sinyal radio atau sinyal telepon seluler dari beberapa BTS dan global (GPS) yang menggunakan sinyal satelit untukmenghitung posisi unit GPS. 2. Mobile Android Handphone atau Tablet berplatform Android yang telah diperlengkapi dengan perangkat komunikasi nirkabel yang dapat digunakan untuk pertukaran data dan telekomunikasi ke server. Mobile Android menjalankan aplikasi SIG fasilitas pendidikan Kota Palu yang dapat melakukan proses geocoding, pencarian rute, atau menampilkan peta berserta informasi lokasi dari fasilitas pendidikan kepada pengguna akhir. 3. Memory Tempat penyimpanan sementara data cache geospasial seperti tiles dan basis data fasilitas pendidikan. Data akan terisi setelah dilakukannya pengunduhan dan sinkronisasi dari server. 4. Wireless Communication Mekanisme komunikasi yang menghubungkan Mobile Android dengan server. Hubungan ini dapat berupa komunikasi nirkabel secara real-timeseperti melalui Wifi atau sinyal telepon selular. Komunikasi ini merupakan komunikasi dua arah dimana saat Mobile Android meminta informasi dari server, dan server akan merespon permintaan dengan mengirimkan informasi terbaru ke client atau penerima. 5. OpenStreetMap API Suatu layanan web yang menyediakan cara bagaimana sisi client dapat mengakses langsung data geospasial di OSM WMS server melalui antarmuka HTTP. OSM API digunakan untuk sinkronisasi data antara sisi client dan sesi server seperti saat melakukan permintaan atauupdate datadari sisi client ke sisi server, kemudian servermerespon dan mengirim setiap permintaan dari sisi client . Sinkronisasi ke serverterjadi apabila permintaan data geospasial dari Mobile Android tidak terdapat pada data cache geospasial di memori. Setiap data geospasial yang diterima dari server akan disimpan dimemori sebagai data cache geospasial.
  • 27. 6. OSM WMS Server Layanan basis data geospasial melalui media web atau antarmuka HTTP. OSM WMS servermenghasilkan peta yang ber-georeferensi secara dinamis dari data geospasial (data spasial dan non-spasial). Peta hasil WMS dapat berupa gambar berformat raster atau vector, sesuai permintaan client. Saat melayani permintaan peta pada perangkat bergerak server akan merender peta berformat raster 256x256 pixel tiles yang terdapat pada tile.openstreetmap.org. 7. Routing Service Server Layanan penghitungan rute berserta informasinya berdasarkan data spasial OSM melalui media web atau antarmuka HTTP dengan menggunakan API penghitungan rute. Routing Service Server yang diberi nama YOURS menghasilkan pencarian berdasarkan jalur tercepat atau terpendek dan yang digunakan pada aplikasi SIG ini yaitu pencarian jalur terpendek. API mengirim permintaan informasi rute ke Mobile Android dalam bentuk session yang akan di simpan pada memori untuk sementara waktu (caching). Spesifikasi Aplikasi Aplikasi terbentuk dari dua perangkat utama, yaitu client dan server. Server berfungsi untuk membangun, menyimpan, dan mengolah peta dan data-data atributnya. Sisi server memiliki spesifikasi sebagai berikut : 1. Melakukan digitasi peta dan mengelolah hasil digitasi peta menggunakan JOSM 4550. 2. Melakukan pengeloalaan data attribut fasilitas pendidikan 3. Server menggunakan layanan dari OpenStreetMap sebagai Aplication Server Sedangkan spesifikasi pada sisi client adalah sebagai berikut : 1. Aplikasi yang dibuat pada Mobile Androidmenggunakan JDK, IDEEclipse Indigo dan Android SDK Rev.9. 2. Menggunakan teknologi Java. Mendapatkan Lokasi Modul ini digunakan untuk mendapatkan informasi lokasi user saat ini. Caranya adalah dengan menggunakan fasilitas GPS yang ada pada perangkat Android itu sendiri. GPS bekerja dengan menstransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat, dalam hal ini GPS masih memiliki tingkat keakuratan tertentu jadi lokasi belum 100 % tepat Selain menggunakan GPS, informasi lokasi saat ini juga bisa didapat dengan menggunakan data Cell ID dan Location Area Code. Kedua data ini dapat diperoleh melalui informasi pemancar yang ada di dekat perangkat atau user itu sendiri. Setelah data tersebut didapatkan, maka data akan dikirim ke layanan yang menyediakan informasi tempat berdasarkan Cell ID dan Location Area Code, seperti OpenCellID. Layanan ini memiliki basis data yang menyimpan informasi lokasi berdasarkan kedua data tadi. Jika data Cell
  • 28. ID dan Location Area Code ada dalam basis datanya, maka informasi lokasi berupa koordinat tempat akan diberikan oleh layanan ini. Sama seperti GPS, layanan ini juga memiliki keakuratan tertentu. Mendapatkan Data Peta Modul ini digunakan untuk mendapatkan data peta yang akan diberikan ke sistem. Karena peta yang digunakan dari layanan OpenStreetMap maka yang perlu dilakukan hanya meminta data saja. Data peta yang diminta adalah peta wilayah di sekitar lokasi user berada. Karena basis data yang digunakan hanya terdapat informasi tempat di kota Tojo una una maka jika peta tersebut adalah peta Tojo una una maka informasi tempat bisa dimuat. Untuk memperoleh data peta itu sendiri, akan digunakan OpenStreetMap API yang diberikan oleh layanan OpenStreetMap, dimana dengan API tersebut data peta dapat diperoleh. Menampilkan Tempat Modul ini digunakan untuk menampilkan lokasi-lokasi tempat pada peta. Peta yang sudah diperloleh dari OpenStreetMap itu sendiri akan diberikan informasi tambahan berupa gambar atau lambang berdasarkan tempat yang ada pada basis data. Caranya adalah dengan memberikan Overlay pada peta tersebut. Overlay adalah objek yang ditambahkan pada peta. Pada peta dapat dibuat banyak Overlay. Letak dari Overlay ini berdasarkan koordinat yang sudah tersimpan pada basis data. Lokasi yang ditampilkan juga bisa disaring oleh user baik dengan kategori atau jarak terdekat dari user. Jika user memilih berdasarkan kategori, user perlu memnginputkan kategori apa yang ingin ditampilkan. Setelah itu sistem akan mengambil data yang memiliki kategori itu saja, kemudian dibuatkan Overlay nya. Jika user memilih berdasarkan jarak, maka user juga perlu menginputkan radius yang diinginkan, misalnya 10 km, maka tempat – tempat dengan radius itu yang akan tampil. Untuk menentukan radius digunakan perhitungan jarak berdasarkan koordinat dari tempat dan koordinat dari lokasi user. Menampilkan Informasi Tempat Modul ini digunakan untuk menampilkan informasi dari masing-masing tempat yang sudah dipilih oleh user. Untuk memilih tempat, user hanya perlu meng-klik gambar Overlay yang ada pada peta, maka sebuah Activity baru akan tampil yang memuat informasi dari tempat itu sendiri. Informasi tersebut diperoleh dari basis data. Penentuan Rute Modul ini digunakan untuk mencari rute dari lokasi user, ke tempat tujuan tertentu. Rute yang ditampilkan berupa warna yang berbeda yang ada pada jalan di peta. Proses pencarian rute ini juga menggunakan layanan OpenStreetMap sendiri, sistem akan memberikan parameter yaitu koordinat asal dan koordinat
  • 29. tujuan kemudian OpenStreetMap akan memberikan informasi koordinat koordinat yang dilalui. Setelah koordinat itu didapat maka bisa dibutkan Overlay nya berupa warna tertentu, sehingga jalan yang dilallui akan memiliki warna berbeda. Fitur Yang Dimiliki SIG Fitur Fitur yang di miliki sistem informasi geografis yang akan di bangun adalah sebagai berikut : - Menampilkan atau melakukan navigasi - Mencari fasilitas pendidikan berdasarkan radius jarak - Menentukan rute - Pencarian atau query - Terintegrasi dengan GPS - Penyimpanan data secara lokal - Dapat aktif dalam mode offline maupun online - Memperbesar dan memperkecil tampilan map PENUTUP Pada bab-bab sebelumnya, mulai dari bab I telah diuraikan beberapa hal yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi ini, mulai dari latar belakang, dasar teori, perancangan dan pembuatan aplikasi, sampai dengan implementasinya yang disertai uji coba dan analisa. Pada bab ini diuraikan beberapa hal yang dapat disimpulkan dari hasil-hasil pengujian aplikasi dan beberapa saran dengan harapan untuk lebih menyempurnakan perancangan yang telah dibuat. Kesimpulan Berdasarkan hasil pengujian dan analisa yang telah di bahas pada bab sebelumnya maka dapat diberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Informasi yang ditampilkan berupa informasi Fasilitas pendidikan dan informasi-informasi pendukung lainnya. Dalam hal ini User dapat mengetahui fasilitas pendidikan terdekat dari lokasi user berada.. 2. Berdasarkan penilaian responden terhadap Sistem informasi geografis ini, pada aspek rekayasa perangkat lunak sebagian besar responden memberikan tanggapan baik serta memudahkan untuk penyajian informaasi fasilitas pendidikan bagi user, dan dapat membantu user dalam memberikan pengetahuan tentang teknologi sisteminformasi geografis berbasis mobile..
  • 30. Saran Dari beberapa kesimpulan yang telah diambil, maka dapat dikemukakan saran-saran yang akan sangat membantu untuk pengembangan perangkat lunak ini selanjutnya. 1. Diharapkan kedepan nanti setelah aplikasi telah sepenuhnya selesai user dapat melakukan download langsung pada Android market 2. Data yang di dapatkan sebaiknya data yang terbaru yang langsung didapatkan dari setiap instansi pemerintah terkait. 3. Pengembangan selanjutnya diharapkan memiliki tingkat efektifitas yang lebih baik dan memiliki fitur-fitur yanglebih lengkap. DAFTAR PUSTAKA [1.] Adeline, 2017, “Perancangan Sistem Informasi Geografis Daerah Banjir Di Dki Jakarta Dengan Menggunakan Arc View”. Depok: Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma. [2.] OpenStreetMap Fundation. OpenStreetMap. http://wiki.openstreetmap.org, 2011.5. [3.] Anggie Satria Widihandhik, 2011, “Aplikasi Informasi dan Peta Lokasi Wisata Goa di Jawa Timur dengan Android”. Depok: Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma. [4.] Atik Khoiriyah, 2010, “Sistem Mitigasi Banjir Bengawan Solo”. Surabaya: Jurusan Teknik Informatika PENS-ITS. [5.] Mulyadi, 2010, “Membuat Aplikasi Untuk Android”. Multimedia Center Publishing: Yogjakarta. [6.] Jonathan Bennett. 2010. OpenStreetMap. Packt Publishing: Olton Birmingham.

×