Your SlideShare is downloading. ×
Sistem Informasi Geografis 4
Sistem Informasi Geografis 4
Sistem Informasi Geografis 4
Sistem Informasi Geografis 4
Sistem Informasi Geografis 4
Sistem Informasi Geografis 4
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Sistem Informasi Geografis 4

335

Published on

Chapter 4

Chapter 4

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
335
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
54
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Chapter 4 Digitasi Point (Titik) Digitasi merupakan salah satu cara untuk memasukkandata spasial dalam sistem informasi geografi. Digitasi merupakanproses alih media dari cetak atau analog ke dalam media digitalatau elektronik melalui proses scanning, digital photograph atauteknik lainnya. Digitasi adalah pengambilan data dengan caramenelusuri peta yang telah ada dengan menggunakan mejagambar yang disebut Digitizer Tablet atau mengikuti gambar hasilscanner/penyiaman di layar monitor yang disebut dengan OnScreen Digitizer.Langkah-langkah Digitasi Point: 1. Buka ArcView buat project dan view baru. 2. Tampilkan image raster yang sudah di-georegistrasi pada view dengan cara, View Add Theme. Cari folder tempat citra raster berada, ubah Data Source Type nya menjadi Image Data Source dan pilih citra raster-nya kemudian tekakan OK. 3. Dan tampilannya sebagai berikut.
  • 2. mu71bridwan@gmail.com P a g e | 44 4. Buat theme baru yang bertipe poin melalui menu View New Theme. 5. Kemudian tekan OK dan simpan di folder yang sudah disiapkan, kemudin Theme Baru yang bertipe Point akan muncul pada view.
  • 3. mu71bridwan@gmail.com P a g e | 45 6. Theme tersebut dalam keadaan editable, hal ini ditandai dengan garis putus-putus yang ada di sekeliling chek box. 7. Pilih tool untuk melakukan digitasi poin. 8. Untuk menyimpan pilih menu Theme Stop Editing dan digitasi akan tersimpan. Setelah di-stop editing maka garis putus-putus pada chek box akan hilang.
  • 4. mu71bridwan@gmail.com P a g e | 46Data tabular/attribute dari Theme “Point”: 1. Untuk membuka data tabular dari suatu theme, caranya dari menu Theme Table, atau pilih button Open Theme Table. 2. Untuk mengedit tabel, pastikan tabel dalam keadaan editable yang ditandai dengan model tulisan tegak pada field-fieldnya. Caranya dari menu Table Start Editing. Dan jika sudah selesai diedit, untuk menyimpannya dari menu Table Stop Editing pilih Yes. 3. Untuk menambah field pada tabel, dari menu Edit Add Field. 4. Untuk menambah recordnya, dari menu Edit Add Record (Ctrl+A). 5. Untuk menulis atau menedit tulisan pada record, pilih button .
  • 5. mu71bridwan@gmail.com P a g e | 47Edit Posisi Point pada ArcView Apabila kita mendapatkan suatu koordinat dari surveylapangan dengan GPS atau dari GoogleEarth dan kita inginmemasukkan koordinat pada peta vektor yang kita miliki yangterdapat pada ArcView, dapat kita lakukan dengan cara sebagaiberikut: 1. Select Theme atau layer yang bertipe point yang ingin kita beri inputan data. 2. Pastikan layer tersebut dalam keadaan editable, jika belum maka lakukan langkah berikut, dari menu Theme aktifkan (Start Editing). Jika layer tersebut telah dalam keadaan editable maka akan muncul garis putus-putus disekitar check box pada layer yang diselect. 3. Buat point pada layer. 4. Ubah jenis kursor menjadi pointer. 5. Select point yang ingin diedit koordinatnya. 6. Klick kanan, tahan dan pilih menu Shape Properties, sehingga akan muncul window Shape Poperties.
  • 6. mu71bridwan@gmail.com P a g e | 48 7. Tekan button Edit yang berda pada kanan koordinat. 8. Sehingga akan muncul Window Vertex Point Edit. 9. Edit data koordinat sesuai dengan data yang telah kita dapatkan sebelumnya.

×