Your SlideShare is downloading. ×
Bab 7
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Bab 7

483
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
483
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
44
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. M U H A M M A D H A R I A N T O4 1 8 1 2 1 2 0 0 5 0SISTEM INFORMASIBERBASIS KOMPUTER
  • 2. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER1. Konsep Dasar Sistem Sistem didefinisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiridari dua atau lebih komponen atau subsistem yangberinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Suatu sistemdapat terdiri dari sistem-sistem bagian (subsystems). Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifatyang tertentu, yaitu mempunyai komponen-komponen(components), batas sistem (boundary), lingkungan luarsistem (environments), penghubung (interface),masukan (input), keluaran (output), pengolah (process)dan sasaran (objectives) atau tujuan (goal).
  • 3. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER2. Klasifikasi SistemSistem dapat dikarifikasikan dari beberapa sudutpandang yaitu sbb :a. Sistem Abstrak dan Sistem FisikSistem abstrak berupa pemikiran ide atau konsepyang tidak tampak secara fisik contohnya sistemteologi (ketuhanan). Sedangkan sistem fisikmerupakan sistem yang ada secara fisik, contohnyasistem komputer.
  • 4. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERb. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan ManusiaSistem alamiah adalah sistem yang terjadi karenaproses alam tanpa ada campur tangan manusia,contohnya sistem perputaran bumi, gravitasi dansebagainya. Sedangkan sistem buatan manusiaadalah sistem yang dirancang atau dibuat olehmanusia, contohnya sistem informasi manajemen,sistem informasi akuntansi, dan sebagainya.
  • 5. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERc. Sistem tertentu (deterministic system) dan sistemtidak tentu (probabilistic system)Sistem deterministic beroperasi dalam cara yangdapat diramalkan atau diprediksi, contohnya sistemprogram komputer. Sistem probabilistic adalahsistem yang memiliki perilaku yang mungkin,sehingga sulit untuk diprediksikan, contohnyasistem persediaan barang.
  • 6. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERd. Sistem tertutup dan sistem terbukaSistem tertutup adalah sistem yang tidak dapatberhubungan dengan lingkungan luarnya, contohnyasistem gaji perusahaan. Sedangkan sistem terbukaadalah sistem yang berhubungan dan terpengaruhdengan lingkungan luarnya, contohnya sistempenjualan.
  • 7. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER3. Sistem Berbasis Komputer Sistem berbasis komputer adalah sistem yangkomponen atau subsistemnya terdiri daria) Orangb) Perangkat keras (hardware) komputerc) Perangkat lunak (software) komputerd) Basis datae) Prosedurf) Dokumentasi
  • 8. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER4. Sistem Informasia. Siklus Informasi Data merupakan bentuk yang masih mentah, sehinggaperlu diolah lebih lanjut. Data diolah melelui suatu modeluntuk menghasilkan informasi. Data dapat berbentuksimbol-simbol semacam huruf-huruf atau, angka-angka,suara, sinyal, gambar dan sebagainya. Data yang diolah melalui suatu model menjadi informasi,penerima kemudian menerima informasi tersebut,membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan, yangberani menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akanmembuat sejumlah data kembali. Data tersebut akanditangkap sebagai input, diproses kembali lewat suatumodel dan seterusnya membentuk suatu siklus. Siklus inioleh John Burch disebut dengan siklus informasi(information cycle) atau ada yang menyebutnya denganistilah siklus pengolahan data (data processing cycles).
  • 9. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERb. Kualitas InformasiKualitas dari suatu informasi tergantung dari tiga hal,yaitu informasi harus akurat, tepat pada waktunyadan relevan.1. Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akuratjuga berarti informasi harus jelas mencerminkanmaksudnya. Informasi harus akurat karena darisumber informasi sampai ke penerimana informasikemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yangdapat merubah atau merusak informasi tersebut.
  • 10. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER2. Tepat pada Waktunya, berarti informasi yangdatang pada penerima tidak boleh terlambat.Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyainilai lagi. Karena informasi merupakan landasan didalam pengambilan keputusan. Bila pengambilankeputusan terlambat, maka dapat berakibat fataluntuk organisasi.
  • 11. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER3. Relevan , berarti informasi tersebut mempunyai manfaatuntuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orangsatu dengan yang lainnya berbeda. Misalnya informasimengenai sebab-musabab kerusakan mesin produksi kepadaakuntan perusahaan adalah kurang relevan dan akan lebihrelevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan.Sebaliknya informasi mengenai harga pokok produksi untukahli teknik merupakan informasi yang kurang relevan, tetapirelevan untuk akuntan.
  • 12. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER5. Sumber Daya Sistem Informasia. Sumber Daya Manusia1)End User Computing (EUC)EUC adalah user yang dapat mengembangkan aplikasikomputer yang digunakan.EUC berkembang karena empat pengaruh yaitu : a. Meningkatnya pengetahuan tentang komputerBerbagai tingkatan manajemen, terutama di tingkatbawah, mulai diisi oleh orang-orang yang menguasaikomputer dengan baik.
  • 13. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERb. Antrian jasa Informasic. Perangkat keras yang murahPemakai dapat memperoleh perangkat keras merekasendiri dengan memesan pada toko komputer localmelalui telepon dan membayarnya dengan harga yangmurah.d. Perangkat lunak jadiPerangkat lunak jadi menawarkan dukunganpeningkatan dan kemudahan penggunaan danmemampukan perusahaan dan user individu dengansedikit atau tanpa keahlian kompuetr untukmenerapkan sistem berbasis komputer.
  • 14. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER2. Spesialis InformasiSpesialis Informasi bertanggung jawabmengembangkan dan memelihara sistem berbasiskomputer.Ada 5 golongan utama Spesialis Informasi, yaitu :
  • 15. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERa. Analis Sistem (system analyst) Analis sistem bekerjasama dengan usermengembangkan sistem baru dan memperbaikisistem yang sekarang ada. Analis sistem adalahpakar dalam mendefinisikan masalah danmenyiapkan dokumentasi tertulis mengenai carakomputer membantu pemecahan masalah.
  • 16. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERFungsi Analis Sistem: Mengidentifikasikan kebutuhan pengguna Contohnya suatu perusahaan menginginkanpemakaian komputer dalam pengolahan data, semuamasalah yang ada pada proses yang sudah berjalandiidentifikasikan dan dianalisis, keudian berbagaiformulir yang ada di perusahaan tersebut dipelajaridengan tepat. Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapaiuntuk memenuhi kebutuhan pengguna. Memilih alternative metode pemecahan masalah yangpaling tepat. Merencanakan dan menerapkan rancangan sistem
  • 17. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERTugas yang harus dilakukan oleh seorang analis sistem yaitu: Mengumpulkan dan menganalisis dokumen-dokumen, file-file dan formulir yang berkaitan dengan sistem untukmerancang sistem yang baru Menyusun dan memberikan rekomendasi berdasarkandata-data yang sudah terkumpul Merancang suatu sistem perbaikan danmengidentifikasikan aplikasi-aplikasi untuk penerapannyapada komputer Menganalisis dan menyusun biaya-biaya dan keuntungandari sistem yang baru Mengawasi kegiatan dari penerapan sistem yang baru
  • 18. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERTugas Teknik Analis Sistem : Menyiapkan gambaran beban kerja yang dikerjakanoleh suatu tim dalam menerapkan sistem yang baru Menyusun prosedur-prosedur untuk pengawasansistem baru Menyusun data flow diagram (aliran data) untukaliran informasi, hal ini diperlukan untukmerancang sistem yang baru secara detil
  • 19. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
  • 20. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERb. Database Administraror(Pengelola Database) Pengelola database bekerjasama dengan user dananalis sistem menciptakan database yang berisi datayang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagiuser. Database adalah suatu kumpulan data komputeryang terintegrasi, diatur dan disimpan menurutsuatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.Setelah database diciptakan, pengelola databasemengelola sumber daya yang penting.
  • 21. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERc. Spesialis Jaringan (Network Specialis)Spesialis jaringan bekerjasama dengan analis sistem danpemakai membentuk jaringan komunikasi data yangmenyatukan berbagai sumber daya komputer yangtersebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlianbidang komputer dan telekomunikasi.d. ProgrammerProgrammer menggunakan dokumentasi yang disiapkanoleh analis sisem untuk membuat kode instruksi-instruksi yang menyebabkan komputer mengubah datamenjadi informasi yang diperlukan user.
  • 22. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERTugas Programmer adalah : Tanggung jawab yang terbatas pada pembuatanprogram komputer (coding) Pengetahuan yang cukup terbatas pada teknologikomputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan. Pekerjaan programmer sifatnya teknis dan harustepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program Pekerjaan tidk menyangkut hubungan denganbanyak orang, terbatas pada sesame pemrogram dananalis sistem yang mempersiapkan rancang bangun(spesifikasi) program.
  • 23. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERe. OperatorOperator mengoperasikan peralatn komputerberskala besar seperti mainframe. Operatormemantau monitor, mengelola disk storage, danlain-lain.
  • 24. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERb. Sumber Daya Hardware Sistem Komputer Periperalc. Sumber Daya Software Software Sistem Softrware Aplikasi Prosedurd. Sumber daya Data Data base Basis pengetahuane. Sumber daya network Media Komunikasi Network Support
  • 25. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTER6. Model Sistem Informasi berbasis Komputer
  • 26. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERa. Sistem Informasi Akuntansi yaitu memelihararincian catatan keuangan dari operasi perusahaandan menghasilkan informasi yang menjelaskanoperasi. SIA berkontribusi pada pemecahan masalahdengan menghasilkan laporan-laporan standar yangmengikhtisarkan kondisi financial perusahaan danmenyediakan database yang digunakan olehsubsistem Sistem Informasi Berbasis Komputeryang lain.
  • 27. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERb. Sistem Informasi Manajemen (ManagementInformation System, MIS) yaitu sistem yangmenyediakan informasi untuk kebutuhan manajemen. Sistemtersebut melibatkan software, hardware dan brainware. SIMbertugas mengumpulkan, menyimpan dan mengolah datauntuk akhirnya menyajikan informasi kepada semuatingkatan manajemen yang berkaitan dengan fungsimanajemen dalam pengelolaan sumber daya.c. Sistem Pendukung Keputusan (Decision SupportSystem, DSS) yaitu digunakan untuk membantupengambilan keputusan atau mengidentifikasi atau memilihantara pilihan dan keputusan. Tujuan DSS sebagai bahanpertimbangan seorang manajer sebelum memutuskankebijakan tertentu.
  • 28. SISTEM INFORMASI BERBASISKOMPUTERd. Sistem Pakar (Expert System) yaitu meng-capture dan menghasilkan kembali pengetahuanpemecahan masalah ahli atau pengambilankeputusan kemudian mensimulasikan “pemikiran”ahli tersebut.e. Sistem Otomatisasi kantor (OfficeAutomation, AO) yaitu membantu karyawanuntuk membuat dan berbagi dokumen yangmendukung aktivitas kantor sehari-hari.
  • 29. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER7. End User Computing sebagai masalah strategis1. Pemakai akhir tingkat menu (menu level end-users) Sebagain end-users tidak mampu menciptakan softwaremereka sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengansoftware jadi dengan menggunakan menu-menu software.2. Pemakai akhir tingkat perintah (command level end-users) Sebagai end-users memiliki kemampuan menggunakansoftware jadi yang lebih dari sekedar memilih menu. Paraend-users dapat menggunakan bahasa perintah darisoftware untuk melaksanakan operasi aritmatika danlogika pada data. Contoh: end-user pada database dapat menggunakanperintah-perintah khusus untuk menyelesaikan proses yangtidak mungkin dilakukan melalui pengguna menu.
  • 30. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER3. Programmer pemakai akhir (end-user programmers) Sebagian end-users dapat menggunakan bahasa-bahasapemrograman, serta dapat mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri.4. Personil pendukung fungsional (functional supportpersonnel) Di sejumlah perusahaan, para spesialis informasi adalahanggota dari unit-unit fungsional dan bukannya unit jasainformasi. Personil pendukung fungsional adalah spesialisinformasi, tetapi mereke berdedikasi pada area pemakaitertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.
  • 31. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER8. Manfaat End User ComputingEUC memberikan manfaat bagi perusahaan dalamdua cara utama: Pemindahan beban kerjaPemindahan beban keja pengembangan sistem kearea pemakai membebaskan para spesialis untukberkonsentrasi pada sistem yang kompleks danberlingkup organisasi, sehingga mereka dapatbekerja lebih baik pada area-area tersebut. Paraspesialis juga dapat memcurahkan lebih banyakwaktu untuk memelihara sistem yang ada.
  • 32. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER Kesenjangan komunikasiKesulitan komunikasi antara pemakai dan paraspesialis informasi telah mengganggu pengembangansistem sejak masa awal komputer. Pemakai memahamiarea permasalahan tetapi tidak mengerti teknologikomputer. Sebaliknya, spesialis adalah pakar dalamteknologi tetapi tidak mengurangi area permasalahan.Dengan membiarkan pemakai mengembangkanaplikasi mereka sendiri, tidak ada kesenjangankomunikasi karena tidak diperlukan komunikasi.Demikian pula, saat pemakai mengembangkansebagian sistem mereka, kesenjangan ini berkurang.
  • 33. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER9. Resiko End User Computinga. Sistem yang buruk sasarannya Pemakai akhir mungkin menerapkan komputer untukpenerapan yang seharusnya dilaksanakan dengan caralain, misalnya secara manual.b. Sistem yang buruk rancangan dan dokumentasinya Pemakai akhir, walau pun memiliki pengetahuan yangtinggi tentang komputer, tidak dapat menandingiprofesionalsme spesialis informasi dalam merancangsistem.
  • 34. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERc. Penggunaan sumber daya informasi yang tidakefisien Saat tidak ada pengendalian terpusat atas perolehanhardware dan software, perusahaan akhirnya dapatmemiliki hardware yang tidak kompatibel dansoftware yang berlebihan.Misalnya berbagai merek komputer pribadi yangdibeli tidak dapat dihubungkan untuk membentukjaringan dan beberapa copy software dibeli padahalsatu copy dapat digunakan bersama.
  • 35. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERd. Hilangnya integrasi data Pemakai akhirnya mungkin kurang berhati-hatidalam memasukkan data ke dalam databaseperusahaan. Pemakai lain mungkin mengunakandata yang salah, namun mengira bahwa datatersebut tepat. Hasilnya adalah output yangtercemar yang dapat menyebabkan manajermembuat keputusan yang keliru.
  • 36. SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTERe. Hilangnya keamananDengan cara yang serupa, pemakai akhir mungkintidak melindungi data dan software-nya. Disketdibiarkan tergeletak di meja, hasil cetakan dibuangdikeranjang sampah, pintu ke ruang komputerdibiarkan tidak terkunci dan seterusnya. Kriminalkomputer dapat mengakses sistem danmembahayakan perusahaan dengan berbagai cara.