Perencanaan Umum dalam Penanganan Sampah

1,802
-1

Published on

Perencanaan Umum dalam Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,802
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
207
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perencanaan Umum dalam Penanganan Sampah

  1. 1. Perencanaan Umum dalam Penanganan Sampah Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga (Permen PU No. 03/PRT/M/2013) Modul A-2
  2. 2. Nawasis.Com Perencanaan Umum Penyelenggaraan PSP Rencana Induk Studi Kelayakan Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan
  3. 3. Nawasis.Com Perencanaan Umum Penyelenggaraan PSP Untuk kota besar dan metropolitan terdiri dari:  Rencana Induk; dan  Studi Kelayakan. Untuk kota sedang dan kecil berupa:  Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan
  4. 4. Nawasis.Com RENCANA INDUK Perencanaan Umum dalam Penanganan Sampah
  5. 5. Nawasis.Com Rencana Induk Rencana induk di dalam satu wilayah administrasi kota; Rencana induk lintas kabupaten dan/atau kota; dan Rencana induk lintas provinsi.
  6. 6. Nawasis.Com Muatan Rencana Induk Daerah pelayanan Kebutuhan dan tingkat pelayanan Penyelenggaraan PSP yang meliputi aspek  teknis,  kelembagaan,  pengaturan,  pembiayaan dan  peran serta masyarakat Tahapan pelaksanaan.
  7. 7. Nawasis.Com Aspek Teknis Rencana Induk Pembatasan timbulan sampah; Pendauran ulang sampah Pemanfaatan kembali sampah; Pemilahan sampah; Pengumpulan sampah; Pengangkutan sampah; Pengolahan sampah; dan Pemrosesan akhir sampah.
  8. 8. Nawasis.Com Dasar Penyusunan Rencana Induk Kondisi kota Rencana pengembangan kota Kondisi penyelenggaraan PSP Permasalahan penyelenggaraan PSP.
  9. 9. Nawasis.Com Hal-hal Pokok yang Harus Dikaji Kebijakan dan strategi penyelenggaraan PSP; Norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah; Rencana Tata Ruang Wilayah; dan Keterpaduan dengan pengembangan sistem penyediaan air minum, sistem pembuangan air limbah, dan sistem drainase perkotaan.
  10. 10. Nawasis.Com Penyusunan dan Penetapan Rencana Induk Rencana induk disusun dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sesuai dengan kewenangannya. Rencana induk disusun dan ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi sesuai dengan kewenangannya. Rencana induk disusun dan ditetapkan oleh Pemerintah sesuai dengan kewenangannya.
  11. 11. Nawasis.Com Jangka Waktu Rencana Induk Rencana induk ditetapkan untuk jangka waktu paling sedikit 10 (sepuluh) tahun dan dilakukan peninjauan secara berkala untuk disesuaikan dengan kondisi yang berkembang.
  12. 12. Nawasis.Com Sosialisasi & Konsultasi Publik Rencana Induk Rencana induk harus disosialisasikan oleh pemerintah sesuai dengan kewenangannya dalam bentuk konsultasi publik sekurang- kurangnya satu kali dalam kurun waktu 12 (dua belas) bulan.
  13. 13. Nawasis.Com STUDI KELAYAKAN Perencanaan Umum dalam Penanganan Sampah
  14. 14. Nawasis.Com Studi Kelayakan Studi kelayakan diperlukan untuk kegiatan penyediaan prasarana dan sarana persampahan yang menggunakan teknologi pengolahan dan pemrosesan akhir berupa proses biologi, termal atau teknologi lain dengan kapasitas lebih besar dari 100 ton/hari.
  15. 15. Nawasis.Com Dasar Penyusunan Studi Kelayakan Rencana induk penyelenggaraan PSP yang telah ditetapkan; Kelayakan teknis, ekonomi, dan keuangan; dan Kajian lingkungan, sosial, hukum dan kelembagaan.
  16. 16. Nawasis.Com Penyusun Studi Kelayakan Studi kelayakan disusun oleh pemerintah sesuai dengan kewenangannya dan/atau swasta.
  17. 17. Nawasis.Com 1. Kelayakan Teknis Kelayakan teknis antara lain memuat: Rencana teknik operasional; Kebutuhan lahan; Kebutuhan air dan energi; Kebutuhan prasarana dan sarana; Gambaran umum pengoperasian dan pemeliharaan; Masa layanan sistem; dan Kebutuhan sumber daya manusia.
  18. 18. Nawasis.Com 1. Kelayakan Teknis Kelayakan teknis didasarkan atas kajian:  Timbulan, komposisi, dan karakteristik sampah;  Teknologi dan sumber daya setempat;  Keterjangkauan pengoperasian dan pemeliharaan; dan  Kondisi fisik setempat. Kelayakan teknis dilakukan dengan membandingkan usulan atau perencanaan teknik dengan norma, standar, prosedur dan kriteria. Kegiatan dinyatakan layak teknis, jika sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria.
  19. 19. Nawasis.Com 2. Kelayakan Ekonomi Kelayakan ekonomi diukur berdasarkan:  Nisbah hasil biaya ekonomi (Economic Benefit Cost Ratio (EBCR));  Nilai ekonomi kini bersih (Economic Net Present Value (ENPV)); dan  Laju pengembalian ekonomi internal (Economic Internal Rate of Return (EIRR)).
  20. 20. Nawasis.Com 2. Kelayakan Ekonomi Kelayakan ekonomi memperhitungkan:  Manfaat yang dapat diukur dengan nilai uang (Tangible) berupa manfaat langsung dan manfaat tidak langsung; dan  Manfaat yang tidak dapat diukur dengan nilai uang (Intangible).
  21. 21. Nawasis.Com 2. Kelayakan Ekonomi Manfaat langsung antara lain:  Pendapatan dari material yang dapat didaur ulang ;  Pemanfaatan kompos sebagai pupuk dan/atau pengganti tanah penutup TPA;  Pemanfaatan gas bio sebagai sumber energi; dan d. pendapatan dari pemanfaatan lahan bekas TPA untuk keperluan ruang terbuka hijau. Manfaat tidak langsung antara lain:  Peningkatan nilai harga tanah dan bangunan; dan  Pengurangan biaya pengolahan air baku air minum.
  22. 22. Nawasis.Com 2. Kelayakan Ekonomi Manfaat yang tidak dapat diukur dengan nilai uang antara lain:  Pengurangan tingkat pencemaran;  Terjaganya kelestarian sumber daya air; dan  Penurunan derajat konflik yang disebabkan oleh pencemaran
  23. 23. Nawasis.Com 2. Kelayakan Ekonomi Kegiatan sebagaimana dinyatakan layak ekonomi, jika manfaat ekonomi lebih besar dari biaya yang ditimbulkan, baik berupa biaya operasi, pemeliharaan maupun biaya pengembalian modal.
  24. 24. Nawasis.Com 3. Kelayakan Keuangan Kelayakan keuangan diukur berdasarkan: Periode pengembalian pembayaran (Pay Back Period); Nilai keuangan kini bersih (Financial Net Present Value (FNPV)); dan Laju pengembalian keuangan internal (Financial Internal Rate of Return (EIRR)).
  25. 25. Nawasis.Com 3. Kelayakan Keuangan Kelayakan keuangan memperhitungkan : Tingkat inflasi; Jangka waktu proyek; Biaya investasi; Biaya operasi dan pemeliharaan; Biaya umum dan administrasi; Biaya penyusutan; Tarif retribusi; dan Pendapatan retribusi.
  26. 26. Nawasis.Com 3. Kelayakan Keuangan Kelayakan keuangan dilakukan dengan membandingkan pendapatan dari tarif atau retribusi dengan biaya yang ditimbulkan, baik berupa biaya operasional maupun biaya pengembalian modal Kegiatan dinyatakan layak keuangan, jika pendapatan dari tarif atau retribusi lebih besar dari biaya yang ditimbulkan, baik berupa biaya operasi, pemeliharaan maupun biaya pengembalian modal.
  27. 27. Nawasis.Com 4. Kajian Lingkungan Kajian lingkungan didasarkan atas studi : Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL)
  28. 28. Nawasis.Com 5. Kajian Sosial, Hukum dan Kelembagaan Kajian Sosial  harus mempertimbangkan aspirasi masyarakat untuk menerima rencana penyelenggaraan PSP. Kajian Hukum  ketentuan peraturan perundang-undangan;  kebijakan; dan  perijinan yang diperlukan. Kajian Kelembagaan  Sumber daya manusia;  Struktur dan tugas pokok institusi penyelenggara; dan  Alternatif kelembagaan kerjasama pemerintah dan swasta.
  29. 29. Nawasis.Com PERENCANAAN TEKNIS DAN MANAJEMEN PERSAMPAHAN Perencanaan Umum dalam Penanganan Sampah
  30. 30. Nawasis.Com Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan Muatan Perencanaan Teknis dan Manajemen Rencana daerah pelayanan; Tingkat pelayanan; Tahapan pelaksanaan; dan Rencana penyelenggaraan PSP yang telah memuat unsur-unsur kelayakan teknis, ekonomi, keuangan, hukum, dan kelembagaan.
  31. 31. Nawasis.Com Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan Perencanaan Teknis dan Manajemen Persampahan disusun oleh pemerintah kabupaten/kota
  32. 32. Nawasis.Com Daftar Modul  Modul A: PENGANTAR  A-1 : Definisi dan Istilah  A-2 : Perencanaan Umum  A-3 : Penanganan Sampah  A-4 : Fasilitas Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah  A-5 : Penutupan dan Rehabilitasi TPA  A-6 : Peran Masyarakat dan Swasta  A-7 : Pembinaan dan Pengawasan  A-8 : Kompetensi, dan Penelitian & Pengembangan  Modul B : PERENCANAAN UMUM  Modul C : PENGUMPULAN SAMPAH, TPS & TPS-3R  Modul D : PENGOPERASIAN, PENUTUPAN, REHAB TPA  Modul E : PENGOLAHAN & PEMROSESAN AKHIR SAMPAH  Modul F : INDEKS RESIKO PENUTUPAN DAN REHAB TPA
  33. 33. Nawasis.Com Sumber : Permen PU No. 03/PRT/M/2013) Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga
  34. 34. Nawasis.Com Nawasis.Com Water Inspiration dimana inspirasi mengalir sampai jauh ...
  35. 35. Nawasis.Com Sanitasi.Net Spirit of Water tak kenal lelah, terus mengalir, untuk kehidupan...
  36. 36. Nawasis.Com Contact: Joy Irmanputhra Email : joyirman@nawasis.com

×