Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah (2 - Istilah dan Definisi)

1,348 views

Published on

Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah (2 - Istilah dan Definisi)

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,348
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
95
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah (2 - Istilah dan Definisi)

  1. 1. Powerpoint Templates Page 1 Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar TPA Sampah Bagian 2 dari 4 Definisi dan Istilah
  2. 2. Powerpoint Templates Page 2 ISTILAH DAN DEFINISI Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar TPA Sampah
  3. 3. Powerpoint Templates Page 3www.nawasis.com Istilah dan Definisi 1. Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia, dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya. 2. Penataan Ruang adalah suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang. 3. Perencanaan Tata Ruang adalah suatu proses untuk menentukan struktur ruang dan pola ruang yang meliputi penyusunan dan penetapan rencana tata ruang.
  4. 4. Powerpoint Templates Page 4www.nawasis.com Istilah dan Definisi 4. Pola Ruang adalah distribusi peruntukan ruang dalam suatu wilayah yang meliputi peruntukan ruang untuk fungsi lindung dan peruntukan ruang untuk fungsi budi daya. 5. Pemanfaatan Ruang adalah upaya untuk mewujudkan struktur ruang dan pola ruang sesuai dengan rencana tata ruang melalui penyusunan dan pelaksanaan program beserta pembiayaannya. 6. Pengendalian Pemanfaatan Ruang adalah upaya untuk mewujudkan tertib tata ruang.
  5. 5. Powerpoint Templates Page 5www.nawasis.com Istilah dan Definisi 7. Peraturan Zonasi adalah ketentuan yang mengatur tentang persyaratan pemanfaatan ruang dan ketentuan pengendaliannya dan disusun untuk setiap blok/zona peruntukan yang penetapan zonanya dalam rencana rinci tata ruang. 8. Kawasan adalah wilayah yang memiliki fungsi utama lindung atau budi daya. 9. Kawasan Perkotaan adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perkotaan, pemusatan dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.
  6. 6. Powerpoint Templates Page 6www.nawasis.com Istilah dan Definisi 10. Kawasan Strategis Kabupaten/Kota adalah wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup kabupaten/kota terhadap ekonomi, sosial, budaya, dan/atau lingkungan. 11. Zona adalah kawasan atau area yang memiliki fungsi dan karakteristik spesifik. 12. Subzona adalah suatu bagian dari zona yang memiliki fungsi dan karakteristik tertentu yang merupakan pendetailan dari fungsi dan karakteristik pada zona yang bersangkutan. 13. Subzona Inti adalah subzona di dalam tapak TPA sampah yang terdiri atas lahan urug dan penyangga.
  7. 7. Powerpoint Templates Page 7www.nawasis.com Istilah dan Definisi 14. Subzona Penyangga adalah subzona di luar kawasan TPA sampah yang berfungsi untuk mengurangi dampak yang diakibatkan oleh kegiatan TPA sampah terhadap lingkungan di sekitarnya. 15. Subzona Budi Daya Terbatas adalah subzona yang ditetapkan dengan fungsi utama untuk dibudidayakan atas dasar kondisi dan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya buatan dengan batasan tertentu. 16. Penyangga adalah penahan yang berfungsi untuk mengurangi dampak yang diakibatkan oleh gangguan bau, kebisingan, estetika, dan sebagainya.
  8. 8. Powerpoint Templates Page 8www.nawasis.com Istilah dan Definisi 17. Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. 18. Tempat Pemrosesan Akhir Sampah yang selanjutnya disebut TPA sampah adalah tempat untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan. 19. Kawasan Sekitar TPA Sampah adalah kawasan yang berbatasan langsung dengan TPA Sampah dalam jarak tertentu yang terkena dampak dan berpotensi terkena dampak dari kegiatan TPA Sampah dan ikutannya.
  9. 9. Powerpoint Templates Page 9www.nawasis.com Istilah dan Definisi 20. Lindi adalah cairan yang timbul sebagai limbah akibat masuknya air eksternal ke dalam urugan atau timbunan sampah, melarutkan dan membilas materi terlarut, termasuk juga materi organik hasil dekomposisi biologis. 21. Pengelolaan Sampah adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. 22. Lahan Urug Terkendali (LUT) sarana pengurugan sampah yang bersifat antara sebelum mampu melaksanakan operasi pengurugan berlapis bersih, dimana tempat sampah yang telah diurug dan dipadatkan di area pengurugan ditutup dengan tanah, sedikitnya satu kali setiap tujuh hari.
  10. 10. Powerpoint Templates Page 10www.nawasis.com Istilah dan Definisi 23. Lahan Urug Saniter (LUS) adalah sarana pengurugan sampah ke lingkungan yang disiapkan dan dioperasikan secara sistematik, dengan penyebaran dan pemadatan sampah pada area pengurugan, serta penutupan sampah setiap hari. 24. Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah area memanjang/jaur dan/atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.
  11. 11. Nawasis.Com Daftar Modul PEDOMAN PENATAAN RUANG KAWASAN SEKITAR TPA SAMPAH  Modul A: PENGANTAR  Modul B : ISTILAH DAN DEFINISI  Modul C : KETENTUAN UMUM  Modul D : KETENTUAN TEKNIS
  12. 12. Nawasis.Com Sumber : Permen PU No. 19/PRT/M/2012/PRT/M/2011 Tentang Pedoman Penataan Ruang Kawasan Sekitar Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah
  13. 13. Nawasis.Com Nawasis.Com Water Inspiration dimana inspirasi mengalir sampai jauh ...
  14. 14. Nawasis.Com Sanitasi.Net Spirit of Water tak kenal lelah, terus mengalir, untuk kehidupan...
  15. 15. Nawasis.Com Contact: Joy Irmanputhra Email : joyirman@nawasis.com

×