Your SlideShare is downloading. ×
0
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Periperal sistem komputer meri anisa X TKJA 17

670

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
670
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
37
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. OLEH : MERI ANISA X TKJA 17
  • 2.  Input Device Proses Device Output Device
  • 3.  MOUSE KEYBOARD SCANNER LIGHT PEN
  • 4. Mouse adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menggerakkan cursor pada layar komputer atau laptop.Fungsi Mouse adalah perangkat genggam yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan, kemudian, melakukan tindakan pada item-item.Sebuah mouse mekanik terdiri dari dua rol dalam kontak dengan bola terletak di dalam obyek pengguna dapat meluncur di atas permukaan datar. Penggulung berada di 90 derajat satu sama lain dan terhubung ke roda slotted. Sebagai slide mouse, bola berputar penggulung, menyebabkan slot pada roda terpasang mereka untuk mengganggu sumber cahaya inframerah, sehingga memberikan komputercara untuk menafsirkan gerakan dan memindahkan kursor sesuai.
  • 5. Keyboard adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU.Fungsi keyboard adalah mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor.
  • 6. Scanner merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan sebagainya. Hasil scanner ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen dan gambar. Perangkat input scanner dapat berupa pembaca mengenal karakter tinta magnetic atau magnetic ink character recognition (MICR) dan optical data reader. MICR reader biasanya digunakan untuk transaksi cek pada suatu bank, yang ditulis dengan tinta magnetic yang hanya bisa dibaca dengan perangkat MICR dan tidak bisa dibaca dengan mata manusia.
  • 7. Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti.Fungsi Light pen adalah pointer elektronik yang berfungsi untuk modifikasi dan men- design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
  • 8.  ROM RAM PROSESOR
  • 9. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
  • 10. ROM kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca.Fungsi ROM :Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware. Pada perangkat komputer, sering ditemukan untuk menyimpan BIOS. Pada saat sebuah komputer dinyalakan, BIOS tersebut dapat langsung dieksekusi dengan cepat, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpan lebih dahulu seperti yang umum terjadi pada alat penyimpan lain selain ROM. Umumnya, pada media simpan lain, jika dieksekusi untuk dibaca isi atau datanya, media simpan tersebut harus dinyalakan lebih dahulu sebelum dibaca, yang tentu saja membutuhkan waktu agak lama. Hal seperti ini tidak terjadi pada ROM. Pada komputer (PC) modern, BIOS disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik yang dikenal dengan nama Flash ROM. Itulah sebabnya istilah flash BIOS lebih populer daripada ROM BIOS.
  • 11. ProsesorProsesor sering disebut juga sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya.Prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system computer dan digunakan sebagai otak atau pusat pengendali yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.Prosesor terletak pada soket yang terdapat pada mainboard dan dapat diganti dengan prosesor yang lain asalkan sama dengan soket yang ada pada mainboard.Prosesor mempunyai banyak merk yang beredar dipasaran diantaranya: AMD,Intel,Apple,Cyrix,VIA,IBM,dan IDT.
  • 12.  MONITOR LCD PROJECTOR PRINTER MICROPHONE
  • 13. Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari sebuah perangkat komputer. Sebagai media output monitor mempunyai arti penting sebagaimana perangkat-perangkat komputer lainnya. Semuanya merupakan unit-unit penting dalam sebuah sistem komputer yang bila salah satunya tiada maka sistem tidak akan bisa bekerja.Fungsi Monitor untuk mengubah sinyal elektronik berupa gambar dari PC atau laptop yang berupa sinyal digital menjadi sinyal analog yang kemudian melalui beberapa proses sampai akhirnya ditampilkan di layar monitor yang dapat kita lihat.
  • 14. Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk membuat proyeksi, proyektor sering dipakai didalam presentasi. Proyektor yang banyak digunakan sekarang ini adalah jenis LCD proyektor.Fungsi LCD Projector untuk menampilkan tulisan atau gambar ke ukuran yang lebih besar dari yang sebenarnya.
  • 15. Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan interpretation dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik dari kertas.Fungsi Printer Komputer Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagusmbar/grafik, di atas kertas.
  • 16. Microphone atau sering ditulis mikropon adalah suatu alat yang dapat mengubah getaran suara menjadi getaran listritrik.Fungsi microphone : Mengubah sinyal suara menjadi sinyal electric.Jenis – jenis :Dynamic dan Condenor.

×