Perkembangan teori atom
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Perkembangan teori atom

on

  • 4,284 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,284
Views on SlideShare
4,283
Embed Views
1

Actions

Likes
1
Downloads
166
Comments
0

1 Embed 1

http://mellytauliyandarye.blogspot.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Perkembangan teori atom Perkembangan teori atom Presentation Transcript

  • Powerpoint TemplatesPage 1OLEH :MELLYTA ULIYANDARI (A1F010003)ANI SUSILANINGSIH (A1F010016)THEO KUNTARA (A1F010037)DESPITA YULIANTARI (A1F011021)ERVINA DWIOLVIAN (A1F011019)SITI MAISAROH (A1F011015)STRUKTUR ATOM
  • Powerpoint TemplatesPage 2TEORI ATOM DALTONJohn Dalton tahun 1803 merumuskan teoriatom sebagai berikut.a. Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang disebut atom.b. Atom-atom penyusun unsur bersifat identik (sama dan sejenis).c. Atom suatu unsur tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain.d. Senyawa tersusun atas 2 jenis atom atau lebih dengan perbandingantetap dan tertentu.e. Pada reaksi kimia terjadi penataulangan atom-atom yang bereaksi.Reaksi kimia terjadi karena pemisahan atom-atom dalam senyawa untukkemudian bergabung kembali membentuk senyawa baru.
  • Powerpoint TemplatesPage 3Salah satu hipotesis Dalton adalah reaksi kimiadapat terjadi karena penggabungan atom-atomatau pemisahan gabungan atom. Misalnya, logamnatrium bersifat netral dan reaktif dengan air dandapat menimbulkan ledakan. Jika logam natriumdireaksikan dengan gas klorin yang bersifat racundan berbau merangsang, maka akan dihasilkanNaCl yang tidak reaktif terhadap air, tidakberacun, dan tidak berbau merangsang sepertilogam natrium dan gas klorin.
  • Powerpoint TemplatesPage 4TEORI ATOM THOMPSONSetelah tahun 1897 Joseph John Thomson berhasilmembuktikan dengan tabung sinar katode bahwa sinarkatode adalah berkas partikel yang bermuatan negatif(berkas elektron) yang ada pada setiap materi makatahun 1898 J.J.Thomson membuat suatu teori atomMenurut Thomson, atom berbentuk bulat di manamuatan listrik positif yang tersebar merata dalam atomdinetralkan oleh elektron-elektron yang berada di antaramuatan positif.
  • Powerpoint TemplatesPage 5
  • Powerpoint TemplatesPage 6TEORI ATOM RUTHERFORDPada tahun 1903 Philipp Lenard melalui percobaannyamembuktikan bahwa teori atom Thomson yangmenyatakan bahwa elektron tersebar merata dalammuatan positif atom adalah tidak benar. Hal inimendorong Ernest Rutherford (1911) tertarikmelanjutkan eksperimen Lenard. Dengan bantuankedua muridnya Hans Geiger dan Ernest Marsden,Rutherford melakukan percobaan dengan hamburansinar α. Partikel bermuatan α positif.
  • Powerpoint TemplatesPage 7Berdasarkan percobaan tersebut disimpulkan bahwa:a. Sebagian besar ruang dalam atom adalah ruang hampa partikel αditeruskan (panah a).b. Di dalam atom terdapat suatu bagian yang sangat kecil dan padat yangdisebut inti atom partikel α dipantulkan kembali oleh inti atom (panah b).c. Muatan inti atom dan partikel α sejenis yaitu positif; sebagian kecilpartikel α dibelokkan (panah b).
  • Powerpoint TemplatesPage 8Kelemahan teori atom Rutherford:a. Tidak dapat menjelaskan bahwa atom bersifat stabilb. Tidak dapat menjelaskan bahwa spektrum atomhidrogen berupa spektrum garis (diskrit/diskontinu).
  • Powerpoint TemplatesPage 9Teori Atom BohrPada tahun 1913 bohr, menyampaikan 2 postulatuntuk menjelaskan kestabilan atom, postulat tersebut adalah :a. Elektron mengelilingi inti atom pada lintasan tertentuyang stasioner yang disebut orbit/kulitb. Elektron dapat berpindah dari kulit yang satu ke kulityang lain dengan memancarkan atau menyerap energi.Energi yang dipancarkan atau diserap ketika elektronberpindah-pindah kulit disebut foton. Besarnya foton di rumuskansebagai :
  • Powerpoint TemplatesPage 10Kelemahan teori atom Bohr:a. Hanya mampu menjelaskan spektrum atom hidrogentetapi tidak mampu menjelaskan spektrumatom yang lebih kompleks (dengan jumlah elektronyang lebih banyak).b. Orbit/kulit elektron mengelilingi inti atom bukanberbentuk lingkaran melainkan berbentuk elips.c. Bohr menganggap elektron hanya sebagai partikelbukan sebagai partikel dan gelombang, sehingga kedudukan elektrondalam atom merupakan kebolehjadian.
  • Powerpoint TemplatesPage 11Teori Atom Mekanika KuantumTeori Mekanika kuantum, di kemukakan oleh scrondingerdan haisenberg. Menurut teori mekanika kuantum :“ keberadaan electron dalam suatu atom tidak bisaditentukan secara pasti, yang bisa di pastikan adalahkeboleh jadian terdapatnya electron dalam suatu atom”