Kontrasepsi

  • 1,517 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
1,517
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
118
Comments
0
Likes
2

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. XI IPA 4 / SMAN 1 Pacitan Tahun Ajaran 2012 - 2013
  • 2. Kontrasepsi berasal dari kata “Kontra” = mencegah dan “Konsepsi” = pembuahan. Jadi dapat diartikan bahwa kontrasepsi adalah suatu usaha untuk mencegah pembuahan sel telur oleh sperma sehingga tidak terjadi kehamilan.
  • 3. Kontrasepsi permanen adalah cara pencegahan kehamilan yang bersifat sulit / tidak dapat dikembalikan.Yang termasuk dalam kontrasepsi Permanen adalah : 1.Tubektomi (untuk wanita) 2.Vasektomi (untuk pria)
  • 4. Yaitu pemotongan saluran tuba fallopi (oviduct). Ada juga yang dilakukan dengan mengikat oviduct sehingga suatu saat ikatan tersebut dapat dilepas. Cara Tubektomi bertujuan agar ovum / sperma tidak dapat melalui saluran oviduct sehingga tidak terjadi fertilisasi.
  • 5. Vasektomi adalah prosedur bedah sederhana yang menutup tabung penyalur sperma (vas deferens) yang terletak di skrotum sehingga sperma tidak bercampur dengan cairan mani (semen) yang diejakulasi. Setelah prosedur ini, meskipunAnda akan orgasme dan ejakulasi seperti sebelumnya, sperma yang diproduksi di testis tidak dapat lagi melakukan perjalanan melalui tabung ini, sehingga menghilangkan kesempatan konsepsi.
  • 6. Kontrasepsi non permanen adalah cara pencegahan kehamilan yang bersifat sementara / dapat dikembalikan. Kontrasepsi non permanen dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu: 1.Tanpa Alat Bantu 2. MenggunakanAlat Bantu 1. Tanpa Alat Bantu dapat dilakukan dengan : - memperpanjang masa menyusui -Tidak melakukan hubungan intim saat masa subur wanita - mengeluarkan sperma diluar tubuh ( coitus interuptus ) 2. Menggunakan Alat Bantu - Pil KB - Implant - Suntik KB - IUD / Spiral - Jeli / Spons - Diafragma - Kondom
  • 7. 1. Pil KB Adalah semacam pil yang mengandung hormon esterogen dan progesteron sehingga mengakibatkan kondisi rahim tidak siap menerima dan menghidupi hasil pembuahan. 1. Implant / Susuk KB Dengan cara meletakkan suatu implant / susuk dibawah permukaan kulit. Implant ini akan mengeluarkan hormon yang mencegah terjadinya ovulasi. Efek sampingnya adalah dapat mengalami gangguan menstruasi.
  • 8. 1. Suntik KB Dengan cara meletakkan suatu implant / susuk dibawah permukaan kulit. Implant ini akan mengeluarkan hormon yang mencegah terjadinya ovulasi. Efek sampingnya adalah dapat mengalami gangguan menstruasi. 1. IUD / Spiral Dengan cara memasang alat berbentuk spiral yang diletakkan di dalam uterus untuk mencegah implantasi 1. Jeli / Spons Dengan cara memasukkan suatu bahan semacam spons yang mengandung spermisida ( zat pembunuh sperma )
  • 9. 1. Diafragma Disebut juga dengan cervical cap / kondom wanita yang berfungsi menutupi uterus sehingga menghalangi sperma untuk memasuki uterus. 1. Kondom Adalah semacam kantong karet elastis yang dipasangkan pada penis. Sehingga sperma tertahan di ujung kondom dan tidak dapat membuahi sel telur.