Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Pengukuran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply
Published

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
219
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2

Actions

Shares
Downloads
1
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. MISTARMistar adalah alat ukur panjang yang memiliki skala terkecil 1 mm. Mistar ini memilikiketelitian 0,5 mm yaitu setengah skala terkecil. Ketelitian adalah nilai terkecil yang masihdapat diukur oleh alat ukur.Mistar banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, sebagai misal digunakan untukmengukur panjang suatu meja, kain, buku, ruangan kelas dan lain lain. Untuk mengukurbesaran yang nilainya lebih besar lagi digunakan rol meter. Rol meter dapat digunakan untukmengukur panjang suatu bidang tanah, ataupun panjang suatu jalan. Skala terkecil dari rolmeter adalah centimeter ( cm ).Gambar di atas adalah cntoh hasil pegukuran panjang pensil. Panjang pensil di antara 47 mmdan 48 mm, sehingga skala mistar yang dibaca adalah 47mm. Kelebihannya diperkirakansetengah dari skala terkecil yaitu 0,5mm. Sehingga hasil pengukuran adalah 47,5 mm.METERAN GULUNGMal ukur ini dibuat dan pelat baja yang Iebih tipis dari ada mistarbaja. Sifatnya lemas/lentur sehingga dapat digunakan untukmengukur bagian-bagian yang cembung dan menyudut seperti:mengukur panjang, keliling bidang Iengkung (bundar). Sepanjangmistar ini terdapat ukuran-ukuran satuan inchi dan metrik. Meterangulung dapat digunakan dari 1 meter sampai 30 meter. Padaujungnya terdapat kait yang gunanya untuk mengait ujung bendakerja sehingga mendapat ukuran yang tepat. Penggunaan alat ukurini tidak untuk pengukuran yang tepat sekali (presisi).JANGKA SORONGDalam bidang teknik, jangka sorong sering digunakan untuk mengukur diameter baut ataupunmur. Secara umum, jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter dalam maupundiameter luar suatu benda berbentuk tabung. Jangka sorong juga digunakan untuk mengukurkedalam suatu tabung.
  • 2. Jangka sorong terdiri dari bagian yang tetap yang dihubungkan dengan rahang tetap danbagian yang dapat digeser yang dihubungkan dengan rahang geser. Pada bagian yang tetapterdapat skala utama dengan skala terkecil 1mm. Sedang pada rahang sorong terdapat skalanonius dari 1 sd 10. Panjang 10 skala nonius sama dengan 9mm, sehingga 1 skala noniussama dengan 0,9mm. Ketelitian jangka sorong adalah 0,1 mm yaitu selisih antara 1 skalautama dengan 1 skala nonius.Gambar di atas adalah contoh skala hasil pengukuran dengan jangka sorong. Pembacaanskala tersebut adalah mengikuti urutan 1, 2 dan 3 yaitu:1). Perhatikan skala 0 nonius ini, kemudian tentukan skala utama sebelum 0 nonius.2). Nomor 2 adalah skala utama sebelum nol nonius yaitu 52 mm3). Nomor 3 adalah skala nonius yang lurus dengan skala utama, yaitu skala nonius 6. Skalaini bernilai 6x0,1mm =0,6 mm.Hasil : 52 + 0,6 = 52,6 mm.
  • 3. MIKROMETER SEKRUPMikrometer skrup digunakan untuk mengukur panjang, lebar ataupun diameter benda yangrelative kecil. Pada gambar di atas adalah contoh pengukuran diameter bola peluru.Mikrometer sering digunakan untuk mengukur tebal plat logam ataupun diameter silinderkawat.Mikrometer sekrup terdiri dari silinder tetap dan silinder yang dapat diputar (bidal). Padasilinder tetap terdapat skala utama, sedangan pada bidal terdapat skala nonius. Apabila bidaldiputar kanan maka bidal akan maju mendekati nol skala utama atau sebaliknya.Skala utama mikrometer skrup ditera sehingga skala terkecilnya adalah 0,5 mm. Sedangkanskala nonius dibagi menjadi 50 yaitu dari 0 sampai 49. Mikrometer diset sehingga apabilabidal diputar sekali maka bidal akan maju atau mundur 0,5 mm atau skala nonius berputar 50skala. Dari seting seperti ini diperoleh:50 skala nonius= 0,5 mmatau 1 nonius = 0,01 mmContoh di atas adalah skala hasil pengkuran dengan mikrometer skrup. Cara membacanyaadalah sebagai berikut.Nomor 1, menunjukkan skala utama yang tidak tertutup bidal yaitu 3,5 mm.Nomor 2, menunjukkan skala nonius yang lurus dengan sumbu utama yaitu 27 atau 0,27 mm.Hasil pengukuran adalah:3,5 mm + 0,27 mm = 3,77 mm