Surah Al-quraisyi

1,716 views
1,593 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,716
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
21
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Surah Al-quraisyi

  1. 1. By : Alfan Rozi Crisma L. M.Alfin K.N R.pandu W
  2. 2.  karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas[1602]. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Kabah). yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.
  3. 3.  [1602]Orang Quraisy biasa Mengadakan perjalanan terutama untuk berdagang ke negeri Syam pada musim panas dan ke negeri Yaman pada musim dingin. dalam perjalanan itu mereka mendapat jaminan keamanan dari penguasa-penguasa dari negeri-negeri yang dilaluinya. ini adalah suatu nikmat yang Amat besar dari Tuhan mereka. oleh karena itu sewajarnyalah mereka menyembah Allah yang telah memberikan nikmat itu kepada mereka.
  4. 4.  Surah Quraisy artinya suku Quraisy. Surah Quraisy terdiri dari 4 ayat surah Quraisy termasuk golongan surat-surat makiyyah surah Quraisy turun di Mekah. Surat Quraisy turun setelah surah At-Tin. Termasuk urutan surah ke- 106. kata quraisy terdapat pada ayat yang ke-1.
  5. 5.  Pokokisi kandungan surah Al-Quraisy adalah peringatan pada orang Quraisy tentang nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah kepada mereka, karena itu diperintahkan untuk menyembah Allah SWT.
  6. 6.  Ayat 1 dan 2  Allah memerintahkan suku Quraisy untuk menyembah Tuhannya sebagai tanda syukur mereka kepada yang menjadikan mereka kaum pedagang di negara yang tandus yang mempunyai dua jurusan perdagangan. Ayat 3  Allah memerintahkan orang-orang Quraisy agar mereka menyembah Tuhan pemilik Ka’bah yang telah menyelamatkan mereka dari serangan orang Ethiopia yang bergabung dengan tentara gajah.
  7. 7.  Ayat 3  Allah menjelaskan sifat Tuhan pemilik Ka’bah yang di suruh sembah itu, yaitu Tuhan yang membuka pintu rezeki yang luas bagi mereka dan memudahkan jalan untuk mencari rezeki itu.

×