Your SlideShare is downloading. ×
0
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Presentasi skripsi Marwah
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Presentasi skripsi Marwah

2,292

Published on

ANALISIS DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR STASIUN METEOROLOGI MARITIM KLAS II PAOTERE MAKASSAR

ANALISIS DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR STASIUN METEOROLOGI MARITIM KLAS II PAOTERE MAKASSAR

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,292
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
53
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. MARWAH Nomor Pokok Mahasiswa : 2010. 233. 01. 0152Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia
  • 2. Latar BelakangReformasi birokrasi dalam rangka mewujudkanpemerintahan yang bersih dan berwibawa di bidangkepegawaian, belum mencapai hasil sesuai yang diinginkanHal ini disebabkan karena : Masih rendahnya kualitas pelayanan publik yang dilaksanakan oleh sebagian aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya; Masih terdapat pelayanan yang berbelit-belit serta tumpang tindih kewenangan yang mengakibatkan pelayanan publik tidak efisien, biaya tinggi, dan tumbuh penyalahgunaan wewenang; Kondisi disiplin Pegawai Negeri Sipil belum optimal.
  • 3. Pokok Permasalahan Pada Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar, disiplin pegawai terutama jam masuk dan jam pulang menjadi masalah utama, karena masih adanya beberapa pegawai yang masuk dan pulang kantor tidak tepat waktu, masuk telat dan pulang lebih awal, sehingga pekerjaan yang dilakukan tidaklah maksimal. Berdasarkan kenyataan di atas penulis tertarik mengkaji disiplin jam kerja dan ketepatan pekerjaan Pegawai Negeri Sipil pada Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar
  • 4. Tujuan dan Manfaat PenelitianTujuan Penelitian Manfaat Penelitian Tujuan penelitian ini adalah  Manfaat Bagi Dunia untuk mengetahui disiplin Akademik; memberikan kerja Pegawai Negeri Sipil sumbangan kepada dunia pada Stasiun Meteorologi ilmu pengetahuan khususnya menyangkut pembinaan Maritim Klas II Paotere disiplin kerja Pegawai Negeri Makassar. Sipil  Manfaat Bagi Dunia Praktis; memberikan sumbangan pemikiran dan sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan upaya peningkatan disiplin kerja pegawai negeri sipil
  • 5. TINJAUAN PUSTAKAManajemen Sumber Daya Pengertian Disiplin KerjaManusia (MSDM)Berdasarkan beberapa pandangan Pengertian Disiplin Pegawai Negeriyang dikemukakan para ahli tujuan Sipil menurut PP No. 53 Tahunakhir yang ingin dicapai 2010 pada Bab I, Pasal 1 (1) adalah :manajemen SDM adalah : “Kesanggupan Pegawai Negeri Peningkatan efisiensi Sipil untuk menaati kewajiban Peningkatan efektivitas dan menghindari larangan yang Peningkatan produktivitas ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan / atau Rendahnya tingkat perpindahan peraturan kedinasan yang pegawai apabila tidak ditaati atau Rendahnya tingkat absensi dilanggar dijatuhi hukuman Tingginya kepuasan kerja disiplin”. karyawan
  • 6. Pengertian Pegawai Negeri (PP No. 53 Tahun 2010)Pegawai negeri sipil pusat Pegawai negeri sipil daerah  pegawai negeri sipil pusat  pengawai negeri sipil daerah adalah pegawai negeri sipil yang adalah Pegawai Negeri Sipil gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Daerah/Propinsi/Kabupaten/Ko Belanja Negera dan bekerja pada ta yang gajinya dibebankan pada Departemen, Lembaga Anggaran Pendapatan dan Pemerintahan Non Departemen, Belanja Daerah dan bekerja pada Kesekretariatan Lembaga Tertinggi/Tinggi Negara, pemerintah daerah, atau Instansi Vertikal di Daerah dipekerjakan di luar instansi Propinsi/Kabupaten/Kota, induknya. Pegawai negeri sipil Kepaniteraan Pengadilan atau pusat dan daerah yang bekerja di dipekerjakan untuk menyelenggarakan tugas Negara luar instansi induk, gajinya lainnya. dibebankan pada instansi yang menerima perbantuan.
  • 7. Sanksi Pelanggaran DisiplinPengertian Jam Kerja Jam Kerja Jam kerja adalah waktu yang ketentuan PP No. 53 tahun 2010 Bab dibutuhkan untuk melakukan III Pasal 7, yakni berupa : pekerjaan dimana untuk setiap Tingkat hukuman disiplin terdiri dari : instansi pemerintah ataupun  Hukuman disiplin ringan; swasta jam kerja rata-rata 8 Teguran Lisan, Teguran Tertulis, jam/hari. dan Pernyataan tidak puas secara Untuk karyawan yang bekerja 6 tertulis. hari dalam seminggu, jam  Hukuman disiplin sedang; Penundaan kenaikan gaji berkala, kerjanya adalah 7 jam dalam 1 Penundaan kenaikan pangkat dan hari dan 40 jam dalam 1 minggu. Penurunan pangkat selama 1 Sedangkan untuk karyawan tahun. dengan 5 hari kerja dalam 1  Hukuman disiplin berat; minggu, kewajiban bekerja Penurunan pangkat selama 3 thn, pemindahan dan penurunan mereka 8 jam dalam 1 hari dan jabatan, pembebasan jabatan, 40 jam dalam 1 minggu. (SWCA pemberhentian dng hormat dan Rekruitmen , 2011 : 1) tidak hormat.
  • 8. Ketepatan PekerjaanJob Description dan Faktor yang mempengaruhiEfektifitas Kerja efektifitas kerja Dalam melaksanakan suatu  Waktu,Ketepatan waktu dalam pekerjaan hendaknya kita menyelesaikan suatu pekerjaan berdasarkan pada job merupakan faktor utama. Semakin lama description atau deskripsi tugas yang dibebankan dikerjakan, maka pekerjaan, karena dengan semakin banyak tugas lain menyusul dan deskripsi pekerjaan kita dapat hal ini akan memperkecil tingkat menganalisa jenis pekerjaan efektifitas kerja karena memakan waktu yang tidak sedikit. dengan orang yang akan melaksanakan pekerjaan itu.  Tugas, Bawahan harus diberitahukan maksud dan pentingnya tugas-tugas yang Efektivitas (ketepatan) kerja didelegasikan kepada karyawan. pegawai yaitu suatu keadaan  Produktivitas, Seorang karyawan tercapainya tujuan yang mempunyai produktifitas kerja yang diharapkan atau dikehendaki tinggi dalam bekerja tentunya akan dapat melalui penyelesaian pekerjaan menghasilkan efektifitas kerja yang baik sesuai dengan rencana yang demikian pula sebaliknya. telah ditentukan.
  • 9. Defenisi operasional variabel penelitian  Ketepatan Jam Kerja adalah kewajiban setiap Pegawai Negeri Sipil untuk masuk kerja, mentaati ketentuan jam kerja dan wajib datang untuk melaksanakan tugas, pulang sesuai jam kerja serta tidak berada di tempat umum bukan karena dinas.  Ketepatan Pekerjaan adalah ketepatan seorang Pegawai Negeri Sipil menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, efisien dan efektif dengan kata lain berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya selaku Pegawai Negeri sipil.  Disiplin Kerja PNS adalah adanya kesadaran, kemauan dan kesediaan agar dapat taat dan tunduk terhadap semua peraturan dan norma yang berlaku, kesadaaran kerja adalah sikap sukarela akan panggilan terhadap tugas dan tanggung jawab bagi seorang pegawai/karyawan.
  • 10. Kerangka Pikir Penelitian KETEPATAN JAM KERJAa. Jam Masuk Kerjab. Jam Pulang Kerja DISIPLIN KERJA PNS KETEPATAN PEKERJAANa. Deskripsi Pekerjaanb. Penyelesaian Pekerjaan
  • 11. HipotesisBerdasarkan kerangka pemikiran yang telahdikemukakan maka hipotesis dalam penelitian iniadalah : Ketepatan Jam Kerja berpengaruh positif terhadap disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil. Ketepatan Pekerjaan berpengaruh positif terhadap disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil. Secara bersama-sama ketepatan jam kerja dan ketepatan pekerjaan berpengaruh positif terhadap disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil.
  • 12. METODOLOGI PENELITIAN Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, untuk melihat pengaruh antara variabel bebas yaitu ketepatan jam kerja dan ketepatan pekerjaan, variabel terikat yakni Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil . Penggunaan metode ini didasarkan pada pertimbangan bahwa metode ini dianggap sangat relevan dengan materi penulisan skripsi, yakni untuk mendapatkan data yang objektif dan valid dalam rangka memahami, memecahkan dan mengantisipasi faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin Pegawai Negeri Sipil.
  • 13. Populasi dan Sampel Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian ; adapun populasi dalam penulisan proposal ini adalah seluruh Pegawai Negeri Sipil yang bekerja pada Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar. Yang menjadi anggota sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 17 orang pegawai pada lingkup Kantor Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar. Teknik Sampling yang digunakan yaitu teknik Pengambilan Sampel Jenuh dimana penentuan sampel dilakukan bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
  • 14. Teknik Pengumpulan Data Penyebaran Angket atau Kuesioner ; Bentuk kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup yaitu kuesioner yang sudah disediakan jawaban sehingga responden tinggal memilih jawaban. Telaah Dokumen ; Metode ini adalah mempelajari buku-buku yang ada hubungannya dengan objek penelitian. Data primer berupa data yang diperoleh dari kuesioner, ada juga data sekunder yang diperoleh dari hasil telaah dokumen Observasi ; dilakukan dengan cara melihat langsung pelaksanaan disiplin kerja pegawai di lingkungan Kantor Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar
  • 15. Instrumen Pengumpulan Data Angket /Kuesioner ; Penggunaan angket/ lembaran isian atau kuesioner berupa formulir yang berisi daftar pertanyaan mengenai materi dan variabel penelitian Pedoman Dokumen ; Dokumen-dokumen yang ditelaah adalah dokumen atau surat-surat yang berkaitan dengan materi dan variabel penelitian Pedoman Observasi ; Observasi dilakukan setelah melakukan kedua cara sebelumnya dengan tujuan untuk membandingkan hasil/data berupa materi dan variabel penelitian dengan melakukan pengamatan langsung di Lapangan
  • 16. Teknik Pengolahan Data Pengolahan dilakukan dengan menggunakan Y = Disiplin Kerja PNS analisa regresi ganda yaitu a = Konstanta analisa yang didasarkan b1 = Koefisien regresi pada hubungan fungsional ketepatan jam kerja atau kausal dua variabel independen dan satu b2 = Koefisien regresi variabel dependen dengan ketepatan pekerjaan menggunakan rumus : X1 = Ketepatan jam kerja Y = a + b1X1 + b2X2 X2 = Ketepatan pekejaan
  • 17. Teknik Analisis Data Penelitian ini menggunakan metode survey yang bersifat kuantitatif , yaitu data-data yang diperoleh dari kuesioner, observasi dan telaah dokumen, berupa data mentah ditabulasikan dengan menggunakan analisis statistik. Data-data tersebut diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan korelasi
  • 18. Hasil Analisis Deskriptif Variabel Ketepatan Jam Kerja (X1)HASIL PENELITIAN Pernyataan Nilai Pernyataan Persentase (%) ke- 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 3 6 5 2 1 17,65 35,29 29,41 11,76 5,88 2 0 0 3 11 3 0,00 0,00 17,65 64,71 17,65 3 6 7 1 3 0 35,29 41,18 5,88 17,65 0,00 4 0 5 2 10 0 0,00 29,41 11,76 58,82 0,00 5 0 5 3 8 1 0,00 29,41 17,65 47,06 5,88 6 0 5 5 7 0 0,00 29,41 29,41 41,18 0,00 7 0 7 8 2 0 0,00 41,18 47,06 11,76 0,00 8 2 2 1 8 4 11,76 11,76 5,88 47,06 23,53 9 2 0 1 10 4 11,76 0,00 5,88 58,82 23,53 10 1 5 3 8 0 5,88 29,41 17,65 47,06 0,00 11 0 1 9 7 0 0,00 5,88 52,94 41,18 0,00 12 0 0 4 10 3 0,00 0,00 23,53 58,82 17,65 13 3 7 3 4 0 17,65 41,18 17,65 23,53 0,00 14 0 0 11 3 2 0,00 0,00 64,71 17,65 11,76 15 1 2 0 11 3 5,88 11,76 0,00 64,71 17,65 16 0 2 10 5 0 0,00 11,76 58,82 29,41 0,00 17 0 2 12 3 0 0,00 11,76 70,59 17,65 0,00 18 2 1 1 10 3 11,76 5,88 5,88 58,82 17,65 19 0 2 3 8 4 0,00 11,76 17,65 47,06 23,53 20 1 4 4 6 2 11,76 35,29 23,53 23,53 5,88 Rata-rata 1,05 3,15 4,45 6,8 1,5 6,47 19,12 26,18 39,41 8,53
  • 19. Hasil Analisis DeskriptifVariabel Ketepatan Jam Kerja (X1)Dari tabel nilai pernyataan variabel ketepatan jam kerja diatas rangkuman jawaban responden adalah :  Jawaban sangat baik berjumlah 8,53%,  Jawaban baik berjumlah 39,41%,  Jawaban sedang berjumlah 26,18%,  jawaban tidak baik berjumlah 19,12% dan  Jawaban sangat tidak baik berjumlah 6,47 %.Jadi ketepatan jam kerja berada pada level baik dengan nilaiyang paling besar (39,41%) diantara nilai lainnya, artinyaresponden dalam hal ketepatan jam kerja masih perludioptimalkan lagi. Sehingga apabila ketepatan jam kerjadioptimalkan akan meningkatkan disiplin kerja PNS.
  • 20. Hasil Analisis Deskriptif Variabel Ketepatan Pekerjaan (X2)HASIL PENELITIAN Pernyataan Nilai Pernyataan Persentase (%) ke- 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 0 0 0 0 17 0,00 0,00 0,00 0,00 100,00 2 0 1 7 9 0 0,00 5,88 41,18 52,94 0,00 3 0 1 5 7 4 0,00 5,88 29,41 41,18 23,53 4 7 3 4 3 0 41,18 17,65 23,53 17,65 0,00 5 4 6 3 4 0 23,53 35,29 17,65 23,53 0,00 6 1 6 2 7 1 5,88 35,29 11,76 41,18 5,88 7 0 0 4 10 3 0,00 0,00 23,53 58,82 17,65 8 0 2 7 6 2 0,00 11,76 41,18 35,29 11,76 9 0 0 2 11 4 0,00 0,00 11,76 64,71 23,53 10 0 0 2 8 7 0,00 0,00 11,76 47,06 41,18 11 0 0 10 7 0 0,00 0,00 58,82 41,18 0,00 12 0 0 9 8 0 0,00 0,00 52,94 47,06 0,00 13 0 2 9 5 1 0,00 11,76 52,94 29,41 5,88 14 0 0 8 8 1 0,00 0,00 47,06 47,06 5,88 15 0 0 6 11 0 0,00 0,00 35,29 64,71 0,00 16 0 2 6 8 1 0,00 11,76 35,29 47,06 5,88 17 1 5 4 3 4 5,88 29,41 23,53 17,65 23,53 18 9 3 2 2 1 52,94 17,65 11,76 11,76 5,88 19 0 2 4 7 4 0,00 11,76 23,53 41,18 23,53 20 0 3 1 11 2 0,00 17,65 5,88 64,71 11,76 Rata-rata 1,1 1,8 4,75 6,75 2,6 6,47 10,58 27,94 39,70 15,29
  • 21. Hasil Analisis DeskriptifVariabel Ketepatan Pekerjaan (X2)Dari tabel nilai pernyataan variabel ketepatan Pekerjaan diatas rangkuman jawaban responden adalah :  Jawaban sangat baik berjumlah 15,29%,  Jawaban baik berjumlah 39,70%,  Jawaban sedang berjumlah 27,94%,  jawaban tidak baik berjumlah 10,58% dan  Jawaban sangat tidak baik berjumlah 6,47 %.Jadi ketepatan pekerjaan berada pada level baik dengan nilaiyang paling besar (39,41%) diantara nilai lainnya, artinyaresponden dalam hal ketepatan pekerjaan masih perludioptimalkan lagi. Sehingga apabila ketepatan pekerjaandioptimalkan akan meningkatkan disiplin kerja PNS.
  • 22. Hasil Analisis Deskriptif Variabel Disiplin Kerja PNS (Y)HASIL PENELITIAN Pernyataan Nilai Pernyataan Persentase (%) ke- 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 0 0 0 8 9 0,00 0,00 0,00 47,06 52,94 2 0 0 0 9 8 0,00 0,00 0,00 52,94 47,06 3 0 0 2 8 7 0,00 0,00 11,76 47,06 41,18 4 0 0 4 12 1 0,00 0,00 23,53 70,59 5,88 5 0 0 2 9 6 0,00 0,00 11,76 52,94 35,29 6 1 6 2 7 1 5,88 35,29 11,76 41,18 5,88 7 0 1 4 10 2 0,00 5,88 23,53 58,82 11,76 8 0 1 7 7 2 0,00 5,88 41,18 41,18 11,76 9 0 0 1 8 8 0,00 0,00 5,88 47,06 47,06 10 0 0 2 10 5 0,00 0,00 11,76 58,82 29,41 11 0 0 4 7 6 0,00 0,00 23,53 41,18 35,29 12 2 2 6 6 1 11,76 11,76 35,29 35,29 5,88 13 0 2 9 5 1 0,00 11,76 52,94 29,41 5,88 14 0 1 1 8 7 0,00 5,88 5,88 47,06 41,18 15 0 0 1 5 11 0,00 0,00 5,88 29,41 64,71 16 0 0 0 5 12 0,00 0,00 0,00 29,41 70,59 17 0 0 3 7 7 0,00 0,00 17,64 41,18 41,18 18 0 0 3 9 5 0,00 0,00 17,64 52,94 29,42 19 0 1 2 9 5 0,00 5,88 11,76 52,94 29,42 20 0 1 3 7 6 0,00 5,88 17,64 41,18 35,30 Rata-rata 0,15 0,75 2,8 7,8 5,5 0,88 4,42 16,47 45,88 32,35
  • 23. Hasil Analisis DeskriptifVariabel Disiplin Kerja PNS (Y)Dari tabel nilai pernyataan variabel Disiplin Kerja PNS di atasrangkuman jawaban responden adalah :  Jawaban sangat baik berjumlah 32,35 %,  Jawaban baik berjumlah 45,88 %,  Jawaban sedang berjumlah 16,47 %,  jawaban tidak baik berjumlah 4,42 % dan  Jawaban sangat tidak baik berjumlah 0,88 %.Jadi disiplin kerja PNS berada pada level baik dengan nilaiyang paling besar (45,88%) diantara nilai lainnya artinyaresponden dalam hal disiplin kerja PNS masih perludioptimalkan lagi. Sehingga apabila bersama-sama ketepatanjam kerja dan ketepatan pekerjaan dioptimalkan akanmeningkatkan disiplin kerja PNS.
  • 24. Pembahasan Regresi linier berganda merupakan hasil analisis statistik untuk melihat adanya pengaruh variabel- variabel bebas (lebih dari satu variabel bebas) terhadap satu variabel terikat. Pada penelitian ini variabel terikat Y adalah disiplin kerja PNS (lampiran 4), sedangkan variabel-variabel bebasnya adalah ketepatan jam kerja (X1) pada lampiran (2) dan ketepatan pekerjaan (X2) pada lampiran (3). Setelah dilakukan perhitungan dengan metode statistik terhadap data yang telah ditentukan dalam penelitian ini, maka hasil olahan data dapat dilihat pada lampiran (5) penulisan ini.
  • 25. Hasil Analisis Pengolahan Data Berdasarkan hasil analisis pada lampiran (6) diperoleh hasil analisis regresi berganda, dimana diperoleh koefisien untuk persamaan regresi linier berganda sebagai berikut : Untuk nilai konstanta yang merupakan persamaan garis sebesar 39,783 ini berarti bahwa disaat X1 dan X2 bernilai nol maka nilai Y sebesar 39,783. Untuk nilai koefisen regresi variabel X1 (ketepatan jam kerja), berdasarkan hasil olah data sebesar 0,235 dan bertanda positif. Hal ini berarti apabila variabel X1 (ketepatan jam kerja) dinaikkan sebesar satu satuan maka Disiplin kerja PNS akan bertambah sebesar 0.235 satuan (menjadi lebih baik). Untuk nilai koefisien regresi variabel X2 (Ketepatan pekerjaan), berdasarkan hasil olah data sebesar 0,382 dan bertanda positif. Hal ini berarti apabila variabel X2 (ketepatan pekerjaan) ditingkatkan sebesar satu satuan maka disiplin kerja PNS akan bertambah sebesar 0.382 satuan (menjadi lebih baik).
  • 26. Rumus PersamaanPengaruh ketepatan jam kerja dan ketepatan pekerjaansecara bersama-sama terhadap disiplin kerja PNS dapatdiketahui dengan persamaan : Y = 39.783 + 0.235 X1 + 0.382 X2Dimana nilai : a = 39.783 b1 = 0.235 b2 = 0.382
  • 27. Pengaruh Variabel Ketepatan Jam Kerja(X1) terhadap Disiplin Kerja PNS (Y) Dari hasil penelitian ternyata ketepatan jam kerja berada pada urutan kedua dari koefisien regresi sebesar 0.235 dan memiliki tanda positif, menunjukkan pergerakan yang searah dari variabel X2, yang menerangkan bahwa semakin baik ketepatan jam kerja yang ada tertanam dalam diri pegawai maka akan menghasilkan disiplin kerja PNS yang semakin tinggi pula, dengan t hitung 2.402 yang lebih besar dari t tabel pada tingkat signifikan 5 %. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara ketepatan jam kerja terhadap disiplin kerja PNS pada Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar. Dari hasil perhitungan statistik untuk mendapatkan koefisien korelasi ketepatan jam kerja (X1) terhadap disiplin kerja PNS (Y) maka di dapat nilai koefisien korelasi sebesar 0.4571 dengan tingkat hubungan berada pada interval 0.40 – 0.599 yang berarti koefisien korelasi berada pada interval sedang.
  • 28. Pengaruh Variabel Ketepatan Pekerjaan(X2) terhadap Disiplin Kerja PNS (Y).  Dari hasil penelitian ternyata ketepatan pekerjaan berada pada urutan pertama dari koefisien regresi sebesar 0.382 dan memiliki tanda positif, menunjukkan pergerakan yang searah dari variabel X1 (ketepatan jam kerja), yang menerangkan bahwa semakin baik ketepatan pekerjaan yang ada tertanam dalam diri pegawai maka akan menghasilkan disiplin kerja PNS yang semakin tinggi pula, dengan t hitung 3.259 yang lebih besar dari t table pada taraf signifikan 5 %. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara ketepatan pekerjaan dengan disiplin kerja PNS pada Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar  Dari hasil perhitungan statistik untuk mendapatkan koefisien korelasi ketepatan pekerjaan (X2) terhadap disiplin kerja PNS (Y) maka di dapat nilai koefisien korelasi sebesar 0.559 dengan tingkat hubungan berada pada interval 0.40 – 0.599 yang berarti koefisien korelasi berada pada interval sedang.
  • 29. Pengaruh Variabel Ketepatan Jam Kerja (X1) danKetepatan Pekerjaan (X2) terhadap Disiplin Kerja PNS (Y)  Untuk melihat seberapa besar pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat, digunakan R2 (koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil analisis statistik R2 sebesar 0.516 atau berarti 51 % disiplin kerja PNS pada kantor Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar ditentukan oleh variabel ketepatan jam kerja dan ketepatan pekerjaan. Sisanya 49 % pengaruhnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti.  Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari ketepatan jam kerja dan ketepatan pekerjaan secara bersama-sama terhadap disiplin kerja PNS pada kantor Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Paotere Makassar.
  • 30. Simpulan Dan Saran Simpulan Saran Ketepatan jam kerja berpengaruh  Perlunya peningkatan ketepatan jam positif terhadap disiplin kerja kerja dan ketepatan pekerjaan agar Pegawai Negeri Sipil pada Stasiun disiplin kerja PNS lebih maksimal Meteorologi Maritim Klas II ditingkatkan. Paotere Makassar.  Diperlukan adanya kesadaran dan Ketepatan pekerjaan berpengaruh ketaatan dari semua pihak khususnya positif terhadap disiplin kerja pegawai untuk menjunjung tinggi Pegawai Negeri Sipil pada Stasiun peraturan yang berlaku terutama Meteorologi Maritim Paotere peraturan mengenai kedisiplinan Makassar Pegawai Negeri Sipil. Secara bersama-sama ketepatan  Dengan penelitian ini diharapkan jam kerja dan ketepatan pekerjaan dapat memberikan sumbangan dan berpengaruh positif terhadap manfaat kepada dunia ilmu disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil pengetahuan khususnya menyangkut pada Stasiun Meteorologi Maritim wawasan keilmuan dalam hal Klas II Paotere Makassar. pembinaan dan peningkatan disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil
  • 31. Terima KasihMarwah

×