Penutur bahasa aceh
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Penutur bahasa aceh

on

  • 147 views

 

Statistics

Views

Total Views
147
Views on SlideShare
147
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Penutur bahasa aceh Penutur bahasa aceh Document Transcript

  • Soal1. Amatilah penutur satu bahasa (Aceh, Melayu, Gayo, Alas, atau bahasa apa saja) dari kelas pekerja dan kelas menengah atau kelas atas.apakah kedua kelompok itu menggunakan bahasa yang sama? Tuliskan persamaan atau perbedaan yang terjadi dalam kedua kelompok itu.Penutur Bahasa Aceh Bahasa dan masyarakat tidak bisa kita pisahkan.bahasa sebagai sistem lambing bunyiyang di gunakan oleh anggota masyarakat sebagai alat komunikasi, berinteraksi, danmengindentifikasi diri. Bahasa begitu melekat erat,menyatu jiwa disetiap penutur didalammasyarakat. Namun, bahasa yang digunakan dalam masyarakat tidaklah sama. Perbedaan itubiasanya terjadi dari kelas perkerja dan kelas menengah atau kelas atas. Penutur bahasa yang digunakan orang dalam kalangan kelas menegah atau kelas atasbiasanya menggunakan bahasa yang sopan. Mereka selalu menjaga kata-kata yang akandiucapkan,agar terlihat nyaman bagi yang mendengarkannya. Bahasa yang digunakan biasanyabernada halussehingga lawan bicarapun tidak merasa risih dan marah, tutur kata dijagasedemikian rupa sehingga kata-kata yang terucap sopan. Orang dari kalangan kelas menengah atau kelas atas biasanya merupakan orang-orangdari kalangan berpendidikan. Jadi mereka cenderung berperilaku baik dan menjaga tuturbahasanya.Mereka lebih sering bertutur dengan hal-halyang dianggap penting-penting saja.Mereka selalu menjaga agar tutur kata yang terucap itu bukanlah perkataan kasar(kata jorok.
  • Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka tutur kata mereka pun semakin terlihatjelas. Pilihan kata dialek dan cara berbicara sangatlah berbeda dengan orang yang rendahpendidikannya. Orang yang berpendidikan selalu bertutur dengan sopan kepada siapa saja,baikyang lebih tua maupun yang lebih muda. Kelas perkerja atau disebut golongan orang-orang yang tidak mengecap duniapendidikan,tutur bahasanya juga sangat berbeda dengan orang berpendidikan.Tutur bahasaorang perkerja biasa kasar/tidak sopan. Mereka cenderung menggunakan bahasa yang tidakenak didengar. Mereka tidak pernah memperhatikan lawan bicaranya, pilihan kata yang dipakaipun selalu asal-asalan saja.
  • 2. Amatilah pedagang buah-buahan atau sayuran dan pedagang pakaian ketika mereka menawarkan jualannya kepada pembeli. Apakah perbedaan bahasa yang meraka gunakan? PEDAGANG BUAH :Dari segi bahasa,biasanya semua pedagang rata-rata memakai kata-kata atau bahasa yang membuat para pelanggan atau pembeli menjadi menarik saatmelakukan jual beli. Tukang buah cenderung menggunakan bahasa yang tidak baku danmencoba menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pelanggannnya. Pembeli puntidak ragu-ragu memberikan contoh buah sehingga pembeli tidak ragu. PEDAGANG BUAH ATAU SAYUR-SAYURAN MAUPUN PAKAIAN :hapir sama jugadidalam melakukan jual beli barang, atau proses penjualan. Mereka melakukan jual beli dengansegala cara untuk menarik perhatian pembeli.
  • 3. Amatilah peran yang biasa yang dilakukan anak laki-laki dan perempuan dalam buku teks. Apakah aktivitas yang lazim dilakukan oleh laki-laki dan perempuan?Peran anak laki-laki dalam buku teks Menurut pengalaman saya,ada perbedaan antara laki-laki denganperempuan.perbedaannya terletak pada anak laki-laki adalah meranjak pada usia sekolah SDsampai Perguruan Tinggi. Perbedaan itu begitu jelas kita lihat rata-rata mereka sangat aktifdalam berbagai hal, diantara mereka selalu ingin tau apa yang belum mereka ketahui, begitujuga dalam buku teks pelajaran biasanya anak laki-laki tidak begitu menyukai buku teks,karenaanak laki-laki lebih merasa cepat bosan, mereka lebih suka dengan menghabiskan waktumereka dengan bersenang-senang. Peran anak laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda dalam buku teks .aktivitas yangdilakukan pun sangat berbeda-beda .aktivitas anak laki- laki biasanya tergantung lingkungantempat tinggalnya .anak laki-laki cendrung beraktivitas memancing main bola. Main game danpermainan/aktivitas yang menentang lainnya .laki laki pada umumnya lebih suka tentangandari pada perempuan. Aktivitas anak perempuan biasa seperti hal –hal yang bersifat keibuan,anak perempuancendrung suka main masak-masak/main boneka kebiasaan yang di lakukan oleh anakperempuan biasanya di lihat dari aktivitas ibunya di rumah. Anak perempuan yang suka menirucara merias diri dari orangdewasa anak perempuan suka kecantikan .