SINYAL HORMON FARMASI UII

  • 1,316 views
Uploaded on

sinyal hormonal kelompok D8

sinyal hormonal kelompok D8

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
1,316
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
33
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. BIOLOGI SEL Komunikasi Sel :Sinyal Hormonal
  • 2. KELOMPOK 8 :1 . A R YA M A U L A N A ( 1 0 6 1 3 1 6 9 )2 . R A H M A H F I T R I YA N I ( 1 2 6 1 3 2 9 0 )3. SAIMA4. CHAIRUNNISA5. ROBBY ZAINAL ABDI6 . FA U Z I A A L F I R ( 1 2 6 1 3 2 9 1 )7 . Y U N I TA B U N G A D E W I8 . A N I T A O K T AV I A9 . R E VA L I N A P R I C I L L I A W1 0 . A LWA N R I Z A L H I L M Y
  • 3. Definisi : Sinyal hormonal merupakan bagian dari pengisyaratan sel.Pengisyaratan sel adalah system komunikasi kompleks padatingkat seluler yang mengatur seluruh aktifitas dan koordinasiantar sel. Komunikasi antar sel tidak hanya sinyal hormonalsaja, namun ada beberapa contoh mengenai sistem komunikasiantar sel yang lain, seperti sinyal parakrin selain itu ada jugasinyal sinaptik, namun hormonal memiliki jangkauan yang lebihbesar. Sedangkan sinyal hormonal itu sendiri memiliki definisiyaitu senyawa kimia yang dilepaskan oleh sel ataupun kelenjardisalah satu bagian tubuh yang mengirimkan pesan untukmempengaruhi sel-sel lain dari organisme itu sendiri.
  • 4. Lanjutan Definisi ........ Dalam pensinyalan hormonal pada hewan (yang disebut juga pensinyalan endokrin) sel-sel yang terspesialisasi melepaskan molekul hormon yang berjalan melalui sistem sirkuliasi (sistem peredaran darah) menuju sel target di bagian tubuh yang lain. Pada tumbuhan (regulator pertumbuhan tumbuhan) terkadang mengalir dalam pembuluh, namun lebih sering mencapai targetnya dengan cara berdifusi (bergerak dari sel ke sel).
  • 5. Mekanisme Pensinyalan Hormonal Ada 3 tahap pensinyalan sel : 1. Penerimaan (Reception) ketika sel target mendeteksi molekul sinyal yang berasal dari luar sel. Sinyal kimiawi ‘terdeteksi’ ketika molekul sinyal berikatan dengan protein reseptor yang terletak di permukaan sel / di dalam sel. 2. Transduksi (Transduction) Pengikatan molekul sinyal mengubah protein reseptordengan suatu cara sehingga menginisiasi proses transduksi.Tahap ini mengubah sinyal menjadi bentuk yg dapat menyebabkanrespons selular spesifik.. Molekul-molekul dalam jalur ini disebutmolekul relai (Relay Molecule)
  • 6. Lanjutan mekanisme pensinyalan hormonal........3. Respons Pada tahap ini sinyal yang di transduksikan akhirnyamemicu respons selular spesifik. Proses pensinyalan selmembantu memastikan bahwa aktivitas-aktivitas sel krusialseperti ini berlangsung dalam sel yang benar, pada waktu yangtepat dan dalam koordinasi yang sesuai dengan sel-sel lain padaorganisme tersebut.
  • 7. Gambar proses mekanisme persinyalan :EXTRACELLULAR CYTOPLASMFLUID Plasma membrane Reseptor Transduksi ResponReceptor Activation of cellular response Relay molecules in a signal transduction pathway Signal molecule
  • 8. Metode komunikasi persinyalan Hormon :Untuk persinyalan hormon, komunikasi yang di gunakan ialahKomunikasi jarak jauh. Komunikasi jarak jauh adalah komunikasi antar selyang mempunyai jarak cukup jauh. Komunikasi ini berlangsungmelalui sinyal listrik yang dihantarkan sel saraf dan atau dengansinyal kimia (hormon atau neurohormon) yang dialirkan melaluidarah.
  • 9. Bentuk proses pemberian sinyal antar selEndokrin Molekul sinyal : Hormon Mediator sinyal: Peredaran darah Jarak ke sel target jauh (ke seluruh tubuh) Contoh: Adrenalin Kortisol Estradiol Glukagon Insulin Testosteron Tirosin
  • 10. Contoh Persinyalan Sel secara Hormonal Persinyalan hormonal akan mengalami rangsanganstimulasi saraf secara langsung kepada kelenjar yang cocok.Contohnya, sekresi adrenalin dari medula adrenal terjadikarena stimulasi dari sistem saraf simpatetik, atau karenaadanya substansi tertentu dalam darah misalnya :  Hasil-hasil metabolisme, contohnya lepasnya insulin dari pankreas distimulasi oleh tingginya glukosa dalam darah.  Hormon lain yang disekresikan oleh lobus anterior kelenjar pituitari.
  • 11. Kesimpulan :Kesimpulan hasil presentasi :1. Sinyal hormonal merupakan bagian dari pengisyaratan sel.2. Sinyal hormonal, senyawa kimia yang dilepaskan oleh sel ataupun kelenjar disalah satu bagian tubuh yang mengirimkan pesan untuk mempengaruhi sel-sel lain dari organisme itu sendiri3. Ada 3 tahap dalam persinyalan sel,yaitu :  Penerimaan (reception)  Transduksi  Respon4. Metode yang digunakan didalam proses persinyalan hormon ialah metode jarak jauh5. Persinyalan hormonal akan mengalami rangsangan stimulasi saraf secara langsung kepada kelenjar yang cocok. Contohnya, sekresi adrenalin dari medula adrenal
  • 12. Sesi DiskusiPertanyaan :
  • 13. SEKIAN danTERIMA KASIH