• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Tips dan trik lamaran kerja
 

Tips dan trik lamaran kerja

on

  • 7,384 views

 

Statistics

Views

Total Views
7,384
Views on SlideShare
7,371
Embed Views
13

Actions

Likes
1
Downloads
272
Comments
1

1 Embed 13

http://materikuliah.info 13

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

11 of 1 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • mau bisnis online???


    Klik saja : gasaherbal.com

    atau di sini : peluangbisnisbagus.com/sun



    ada pertanyaan, bisa hubungi kami di nomor telpon tersebut....!

    kami bantu full time.....
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tips dan trik lamaran kerja Tips dan trik lamaran kerja Document Transcript

    • TIPS MELAMAR PEKERJAANBeberapa tips melamar pekerjaan : 1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan. 2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/personal khusus untuk perusahaan yang dimaksud jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standard atau meniru /jiplak mentah-mentah dari buku. 3. Usahakan surat tsb singkat , faktual dan menarik dengan bahasa yang jelas dan penampilan yang menarik dalam arti : rapi ( tidak ada kesalahan dalam ejaan atau tatabahasa), bersih ( tinta hitam diatas kertas putuh, jangan ada koreksi seperti tippex atau perbaikan dengan pensil/bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja ) dan selalu berusaha ditujukan kepada seseorang tertentu ( nama dan /atau jabatan yang spesifik ). 4. Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume/C.V. (curriculum vitae) anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang anda. 5. Resume /C.V. anda sebaiknya memberi detil tentang dirimu mencakup latar belakang pendidikan, ketrampilan-ketrampilan yang anda miliki, pengalaman kerja ( full-time atau part-time atau free lance yg memberi anda kompetensi tertentu untuk melakukan suatu pekerjaan ), aktivitas (organisasi, masyarakat, olah raga ,dsb) dan prestasi - prestasi ( disekolah maupun luar sekolah) yang pernah anda raih. . Ciri resume / C.V. yang baik adalah : rapi, simpel, jujur dan akurat . Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik dan mudah dibaca. Berilah jarak ( margin) pada semua sisi resume/c.v anda sebesar 1" ( minimal 1/2" kalau anda kekurangan space untuk mengisi informasi tentang diri anda.) Bagian putih ini membuat resume anda menarik, bersih dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi pembaca untuk membubuhkan catatan langsung pada resumemu. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya. 6. Proof read ulang surat lamaran dan resume/C.V. anda Pastikan bahwa tidak ada kesalahan Tipografis, tatabahasa/ grammar, bahasa yang diulang-ulang/repetitif,layout yang kurang rapi (miring atau tidak lurus) ataupun kesalahan lain. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan. 7. Silahkan membaca buku/literatur yang tersedia di toko-toko buku. Banyak yang mengulas cara-cara dan kiat yang efektif dalam menulis surat lamaran , resume/C.V. maupun wawancara.
    • BERAPA GAJI YANG ANDA MINTA ? Bila dalam wawancara, Anda ditanya berapa gaji yang anda inginkan, bagaimana caramenjawab pertanyaan itu dengan baik tanpa menimbulkan kesan bahwa Anda pencari gaji tinggiatau memberi kesan berapapun imbalan yang diberikan Anda mau. Pada umumnya perusahaan sudah mempunyai rentang standar gaji untuk jabatan -jabatanyang ditawarkan. Bagi pelamar untuk posisi yang lebih tinggi dan langka biasanya memilikikekuatan tawar menawar yang lebih tinggi. Jadi dalam menjawab pertanyaan tersebut anda harusmemperoleh gambaran dulu imbalan total yang akan anda terima dalam setahun. Imbalan totaladalah gaji dan tunjangan lain yang diberikan termasuk insentif dan bonus. Selain itu perluditanyakan apakah imbalan yang ditawarkan itu termasuk PPH atau netto. Dalam menjawab pertanyaan tersebut jawablah imbalan yang anda harapkan setahun.Berdasarkan harga pasar yang sesuai untuk jabatan tersebut serta nilai tambah yang anda miliki.Jawablah dengan diplomatis: " Saya berpendapat perusahaan ini pasti sudah mempunyai standarimbalan bagi jabatan ini. Berdasarkan pengalaman yang saya miliki dan kontribusi yang dapat sayaberikan pada perusahaan ini, saya mengharapkan imbalan yang akan diberikan adalah minimal Rp.…/tahun ditambah fasilitas-fasilitas lain sesuai dengan peraturan perusahaan. Negosiasi mengenai gaji pada saat ini tidak lagi dipandang tabu oleh sebagian besarperusahaan, namun anda diharapkan mengumpulkan informasi dulu agar dapat bernegosiasi denganbaik.
    • BERBURU KARIR DI AKHIR PEKANCermati kata-kata bersayap para pengiklan… Menjelang akhir pekan, biasanya anda lebih santai. Punya banyak waktu untuk jalan-jalan,menyalurkan hobi, termasuk membaca koran. Nah, di akhir pekan umumnya iklan lowongan kerjabertaburan di koran. Aha…tertarik untuk berburu pekerjaan baru atau memang sedang mencarikerja setelah lulus sekolah? Ada baiknya anda mencermati iklan lowongan kerja yang anda baca dengan teliti. Sebab,banyak lho mereka yang melamar kerja lalu mengeluh setelah menjalani wawancara. "Kok gajinyarendah ya? padahal jabatannya keren." Atau "Itu kerja atau rodi, kok harus siap kapan saja? Kapandong waktu saya untuk istirahat?" Seperti juga anda yang menjual diri anda sebaik-baiknya ketika berhadapan denganpewawancara di sebuah perusahaan, maka begitu jugalah sebaliknya. Perusahaan yang beriklan dimedia massa umumnya selalu berusaha menampilkan citranya sebaik mungkin, misalnya dengantampilan iklan yang eksklusif menggunakan huruf yang bagus, bahasa Inggris… dan kata-kata yangmuluk. Tak jarang, kita terlanjur berkhayal yang muluk tentang perusahaan yang kita lamar, sakingeksklusifnya iklan perusahaan itu di media massa. Padahal setelah dijajaki, banyak juga perusahaanbermasalah karena ternyata gajinya rendah, waktu kerjanya tak manusiawi, posisi yang ditawarkantak seimbang dengan kemampuan kita dan sebagainya. Nah, berikut ini beberapa kata-katabersayap yang kerap muncul dalam iklan lowongan kerja yang ada baiknya kita cermati, sebelummenyesal di kemudian hari. - Great opportunity. Pekerjaan yang ditawarkan perusahaan ini biasanya penuh tantangantetapi gajinya rendah. Mereka biasanya mengutamakan calon karyawan yang belum berpengalamanagar tidak harus memberikan gaji yang tinggi. Jika anda hanya ingin mengejar pengalaman pernahbekerja untuk dijadikan referensi di kemudian hari, tak apalah menjalani pekerjaan yangkategorinya seperti ini untuk sementara waktu. Yang masuk dalam kategori ini misalnya sales,interviewer untuk perusahaan riset produk, marketing atau pialang saham. - Varied responsibilities. Kategori ini biasanya menawarkan pekerjaan di bidang-bidangyang umum. Tetapi, pekerjaan ini justru menuntut kesigapan anda melakukan segala hal yangdiberikan atasan anda. Selain itu, anda juga secara tak tertulis diwajibkan siap sedia kapan dandimana saja diperlukan oleh atasan anda. Kategori ini biasnya menawarkan posisi staf umum ataustaf administrasi.
    • - Valuable management-training position. Posisi ini umumnya ditujukan untuk segala linipendidikan. Anda tidak perlu harus sarjana untuk mengajukan lamaran. Perusahaan ini biasanyaakan melakukan training dan melihat kemampuan anda sesudahnya. Seringkali juga dicantumkankata-kata no need experience. Faktor kerja keras, kesungguhan dan keberuntungan menjadi hal-halyang seringkali lebih berperan dalam posisi-posisi seperti ini. Receptionist, waiter, sales, penerimatamu di kafe adalah beberapa lowongan yang masuk kategori ini. - High energy environment. Kalau anda punya semangat yang tinggi, jiwa petualang,mungkin inilah posisi yang cocok untuk anda. Perusahaan ini mencari orang yang tangguh untukmenjalani pekerjaan yang padat jadwal, menyita waktu, pikiran dan tenaga. Anda yang mudahstress, tidak cekatan dan tidak sabaran lebih baik tidak melamar di posisi ini. Yang masuk dalamkategori ini diantaranya wartawan, guide tourism, instruktur olahraga, sales, marketing dan, talent(pencari bakat). An investment on your future. Kalau anda ingin pekerjaaan yang tidak mengikat, ini adalahposisi yang bisa dipertimbangkan. Pekerjaan yang ini biasanya menyiapkan sistem penggajianberdasarkan prestasi yang orientasinya lebih ke penjualan, bisa dijalani secara paruh waktu (part-time) atau permanen.Perusahaan-perusahaan multi level marketing atau riset produk, masuk dalam kategori ini: - Experience is a must. Perusahan-perusahaan bertaraf nasional ataupun internasional yangreputasinya sudah bagus dan dikenal luas, biasanya mengutamakan calon karyawan yang sudahberpengalaman di bidangnya. Dengan persyaratan yang ketat seperti itu, mereka juga beranimembayar anda dengan gaji yang tinggi dan fasilitas yang baik. Kepala sekolah, direktur, manager,kepala bagian, staf khusus di suatu divisi, pemimpin redaksi, redaktur bidang di suatu media massa,manager public relations, manager keuaangan, staf analist kimia, staf keuangan, sekretaris direktur,instruktur fitness adalah beberapa contoh posisi yang masuk dalam kategori ini. - Planning and coordinating. Perusahaan ini biasanya mencari orang-orang yang disiplin,menghargai waktu dan punya jiwa kepemimpinan untuk mengisi posisi yang ditawarkan. Pekerjaanini lebih mengarah pada penyusunan beragam jadwal yang berhubungan dengan orang lain. Merekayang punya latar belakang organisasi ketika kuliah seringkali lebih disukai, dengan atau tanpapengalaman. Yang masuk dalam kategori ini diantaranya adalah manager planning, sekretaris,marketing promotions atau public relations.
    • BILA SURAT LAMARAN ANDA TIDAK DIBALAS Bila anda sudah mengirimkan surat lamaran dan ternyata tidak mendapat balasan, adabeberapa kemungkinan mengapa surat lamaran anda tidak dibalas. Tentunya, pertama-tama andaharus melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat anda sendiri, yang harusdicerminkan dalam surat anda. Kemudian, kita perlu memahami bagaimana suatu perusahaanmenyeleksi surat lamaran yang diterimanya. Bagi perusahaan, surat lamaran dapat dianggap sebagaisaringan pertama bagi calon karyawannya. Biasanya, yang ingin diketahui pertama-tama adalahapakah persyaratan mutlak yang biasanya tercantum dalam iklan terpenuhi atau tidak. Persyaratan mutlak itu meliputi misalnya, pendidikan terendah, jumlah pengalaman kerja,dan juga apakah pengalaman itu relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Tentu saja kesanpertama penting sekali. Surat yang lipatannya kurang rapi, salah tulis atau ketik menimbulkan kesankurang baik. Bila surat lamaran anda lengkap, dilampiri keterangan-keterangan sesuai persyaratan,maka kesan pribadi yang tampil dari surat lamaran anda akan menentukan apakah anda akandiundang untuk wawancara atau tidak. Surat yang mencerminkan penulis yang berkepribadianmenarik akan mendapatkan lebih banyak perhatian. Tampilkanlah diri anda secara wajar, jujur dan profesional. Sebutkanlah lowongan yangdilamar secara jelas. Ceritakanlah secara ringkas apa yang mendorong anda untuk melamarpekerjaan itu dan bagaimana anda secara pribadi merasa akan dapat berkembang dan jugaberkontribusi kepada perusahaan itu. Janganlah membuat surat yang terlalu panjang. Satu lembarsudah cukup. Sertakan lampiran berupa riwayat pekerjaan, pendidikan, salinan ijazah dan hal-hallain yang diminta.
    • CARA BERPAKAIAN YANG BAIK DALAM WAWANCARA Berpakaian yang "baik" dalam wawancara memang tidak dapat digeneralisasikan karenasetiap perusahaan memiliki kebiasaan-kebiasaan/budaya perusahaan yang berbeda. Namun, adabeberapa tips yang dapat diingat, antara lain: Cari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan dan Bapak/Ibu yang akan mewawancaraianda. Beberapa perusahaan memiliki peraturan atau "kebiasaan" berpakaian secara formal, tetapiada juga yang semi formal, atau bahkan ada yang bebas. Hal ini penting, agar anda tidak dilihatsebagai "orang aneh, disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar. Bagi pelamar pria disarankanmenggunakan kemeja lengan panjang dan berdasi, tidak perlu menggunakan jas. Berpakaian rapihdan bersih, tidak kusut. Hal ini memberi kesan bahwa anda menghargai wawancara ini.  Berpakaian dengan warna yang tidak terlalu menyolok (mis., mengkilap, ngejreng).  Bagi pelamar wanita berpakaian yang tidak terlalu ketat (rok bawah, kancing baju atasan).  Berpakaian dengan disain yang simple (tidak telalu banyak pernik-pernik, toch ini bukan acara pesta).  Tidak berlebihan dalam menggunakan wangi-wangian dan perhiasan.
    • MEMILIH IKLAN YANG TEPAT Umumnya pencari kerja akan memberikan perhatian yang banyak pada iklan lowongankerja. Banyaknya iklan lowongan kerja bukan berarti kita dapat seenaknya mengirimkan suratlamaran. Tidak ada larangan untuk Anda mengirim surat lamaran kepada semua pemasang iklan,tetapi perlu dipertimbangkan bahwa perilaku demikian akan berdampak biaya tinggi. Beberapa tipsdalam memilih iklan lowongan kerja yang baik, seperti sebagai berikut :1. Memberikan kejelasan jenis bisnis perusahaan tersebut. Kenapa penting ?, informasi ini perludiketahui agar kita dapat mengukur apakah akan cocok dengan jenis bisnis perusahaan tersebut bilanantinya bekerja di perusahaan tersebut.2. Syarat lamaran jelas dan terukur. Informasi persyaratan kerja perlu kita ketahui untuk bahantanya jawab wawancara. Kita dapat juga mengukur kemampuan diri apakah layak melamar keperusahaan tersebut3. Manfaat yang di tawarkan. Kadang-kadang ada yang mencantumkan, tetapi cukup banyak yangtidak mencantumkan. Misalnya besaran gaji dan fasilitas lain yang diberikan. Jika mencantumkaninformasi ini, maka dapat kita indikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerimakaryawan sebagai suatu aset. Tetapi Andapun harus sadar, bahwa pencantuman itu menandakanbesaran prestasi yang diinginkan oleh perusahaan pemasang iklan terhadap calon pelamar.4. Informasi perilaku kerja. Informasi ini sangat kita butuhkan untuk kesiapan mental dalammenjalankan tugas. Misalnya "bersedia melakukan perjalanan dinas keluar kota", dan sebagainya.Kejelasan informasi ini menandakan bahwa perusahaan tersebut mengetahui benar tanggung jawabcalon pelamar jika di terima kelak.5. Informasi dalam urutan yang logik. Misalnya ada iklan yang menyatakan persyaratan untukjabatan Sekreataris sebagai berikut : "Wanita, umur antara 20 - 23 tahun, lulus Akademi Sekretaris,pengalaman kerja minimal 5 tahun, dan seterusnya". Jika Anda urutkan logika angka dari informasitersebut, maka akan terlihat tidak dalam urutan yang rasional. Ini menandakan bahwa pemasangiklan kurang persiapan untuk mencari tenaga yang dibutuhkannya.6. Alamat jelas. Pastikan alamat pemasang iklan jelas.7. Batas waktu pengiriman surat lamaran. Perlu diketahui agar kita tidak menyia-nyiakan biaya dantenaga untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, padahal sudah tidakdibutuhkan.8. Media tempat pemasangan iklan. Jika iklan tersebut berada pada media terkenal dan memilikisebaran luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini juga menandakan bahwa tingkatkompetisi pasti akan tinggi dan mempengaruhi peluang diterima bisa kecil. Tetapi iklan lowongankerja yang di pasang pada media terkenal dengan ukuran yang besar berarti perusahaan tersebutcukup bonafit.
    • VARIASI PERTANYAAN DALAM WAWANCARABagi pelamar terutama bagi pemula pencari kerja perlu mempersiapkan diri dalam menghadapipertanyaan-pertanyaan yang akan dihadapi. Berikut ini kami berikan variasi-variasi pertanyaanyang kerap muncul dalam wawancaraPertanyaan mengenai riwayat pendidikan :  Mengapa anda memilih jurusan tersebut?  Mata pelajaran apa yang anda paling suka, jelaskan alasannya.  Mata pelajaran apa yang kurang anda sukai, jelaskan alasannya.  Pada tingkat pendidikan mana anda merasa paling berprestasi, mengapa?  Apakah hasil ujian menggambarkan potensi anda, jelaskan?  Siapakah yang membiayai studi anda?  Bagaimana teman-teman atau guru mengambarkan mengenai diri anda?  Dalam lingkungan macam apakah anda merasa dapat bekerja paling baik?Pertanyaan mengenai pengalaman kerja :  Ceritakan mengenai pengalaman kerja anda  Bagi yang belum pernah bekerja pada umumnya diminta untuk menceritakan mengenai aktivitas ekstra kurikuler selama studi  Pekerjaan manakah yang paling menantang bagi anda, mohon dijelaskan.  Pekerjaan manakah yang paling menantang bagi anda dan bagaimana anda menyelesaikan hal tersebut  Dengan kolega macam apakah anda senang bekerja sama?  Dengan boss macam apakah anda senang bekerja?  Bagaimanakah anda memperlakuan anak buah anda?Pertanyaan mengenai sasaran anda :  Mengapa anda ingin bekerja dalam industri ini?  Apakah yang mendorong anda melamar kepada perusahaan kami?  Apakah yang anda inginkan dalam 5 tahun mendatang?  Apakah yang anda inginkan dalam hidup anda?  Apa yang anda lakukan untuk mencapai sasaran anda?Pertanyaan mengenai organisasi yang ingin anda masuki :  Apakah yang anda ketahui tentang organisasi yang akan anda masuki?  Menurut anda faktor faktor sukses apa yang dibutuhkan seseorang untuk bekerja disini?  Apakah yang anda cari dalam bekerja?  Bagaimana anda dapat berkontribusi dalam perusahaan ini?  Menurut anda apa visi dan misi dari organisasi ini?Pertanyaan yang perlu dicermati :  Tolong buka jendela tersebut ( ada tanda "sedang dicat mohon ditutup")Kita lanjutkan wawancara ini tanggal 27 Desember 2000 (lebaran).
    • WAWANCARA KERJA Menjawab dengan cerdas, taktis dan optimisMeski anda merasa pintar dan brilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akanterbuka secara otomatis untuk anda. Sebab kenyataannya, para tuan dan nyonya pintar ini seringkaligagal dalam wawancara. Alasannya ? tidak smart dan taktis dalam menjawab pertanyaan.1. Ceritakan tentang diri andaErina Collins, seorang agen rekruitmen di Los Angeles menyatakan seringkali ada perbedaan yangmengejutkan antara ketika kita membaca lamaran seseorang dengan saat berhadapan dengan sipelamar. "Pengalaman menunjukkan, surat lamaran yang optimis tidak selalu menunjukkan bahwapelamarnya juga sama optimisnya," kata Erina. Ketika pewawancara menanyakan hal yangsederhana seperti "Di mata anda, siapa anda?" atau "Ceritakan sesuatu tentang anda", banyakpelamar menatap pewawancaranya dengan bingung dan lalu seketika menjadi tak percaya diri."Saya merasa biasa-biasa saja" atau "tak banyak yang bisa saya ceritakan tentang diri saya"seringkali menjadi jawaban yang dipilih pelamar sebagai upaya merendahkan diri. Selama inibanyak artikel karir konvensional yang menyarankan agar anda sebaiknya merendahkan diri sebisamungkin, sebagai upaya mencuri hati si pewawancara. "Tapi ini jaman modern. Jawaban yangterlalu merendah dan banyak basi-basi hanya menunjukkan bahwa anda sebenarnya tidak yakindengan diri anda. Dan perusahaan masa kini tidak butuh karyawan seperti itu," tegas Erina.Pengalaman Eliana Burthon, staf humas sebuah hotel berbintang di New York mungkin menarikuntuk disimak. Ketika pewawancara memberinya satu menit untuk bercerita tentang dirinya, Elianamengatakan "Saya Eliana Burthon, anak pertama dari lima bersaudara. Sejak SMA, saya aktif dikoran sekolah. Disitu saya menulis, mewawancarai orang-orang di sekitar saya dan berhubungandengan mereka. Dari situ saya sadar alangkah menariknya bisa bertemu dengan orang banyak,berdiskusi dan mengetahui banyak hal dari mereka. Diluar itu, saya senang musik, membaca dantraveling.Ketika kuliah, saya sering menulis pengalaman jalan-jalan saya, atau sekedar memberireferensi kaset yang sedang laris untuk koran kampus saya."Meski tak memberikan jawaban yang berbunga-bunga, apa yang diungkapkan Eliana tentangdirinya menunjukkan bahwa dirinya terbuka, ramah dan punya rasa ingin tahu. "Jawaban itu cerdasdan efektif untuk menggambarkan bagaimana dia menyatakan secara implisit bahwa dirinya merasalayak ditempatkan di posisi yang diincarnya. Pewawancara butuh jawaban seperti itu. Cukupsingkat, tapi menunjukkan optimisme yang alamiah," kata Erina Collins.Kalau anda dipanggil untuk wawancara, sebisanya persiapkan diri dengan baik. Rasa percaya diridan menunjukkan bahwa anda menjadi diri sendiri adalah yang terpenting. Pewawancara tidakbutuh jawaban yang berbunga-bunga, berapi-api apalagi munafik. Pada kesempatan pertama,mereka biasanya ingin melihat bagaimana si pelamar menghargai diri sendiri. Sebab itu, buatlahbeberapa poin tentang kemahiran anda, hal-hal yang anda sukai dan inginkan untuk masa depananda. Kalau telah menemukan poin-poin itu, berlatihlah mengemukakan semua itu dalam sebuahjawaban singkat yang cerdas dan optimis.2. Hati-hati pertanyaan jebakanSiapapun idealnya tak suka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan. Tapi begitulahkenyataannya ketika anda diwawancara. Seringkali banyak hal tak terduga yang dilontarkan sipewawancara dan membuat anda seringkali kelepasan bicara. Dalam hal ini, Erina memberi contoh
    • pengalamannya ketika mewawancarai seorang pelamar tentang mengapa ia memutuskan pindahkerja."Ketika itu saya tanya apa yang membuat anda memutuskan pindah kerja? tadi anda bilang,lingkungan kerjanya cukup nyaman kan? dan pelamar itu menjawab saya tidak suka bos saya.Seringkali ia membuat saya jengkel dengan pekerjaan-pekerjaan tambahan dan itupun tidakmembuat gaji saya naik. Saya lalu berpikir, apa yang akan dia katakan jika suatu saat keluar dariperusahaan saya tentulah tak beda buruknya dengan apa yang dia ungkapkan pada saya tentangperusahaan lamanya," ungkap Erina.Poinnya, taktislah dalam memberi jawaban. Jangan pernah memberi jawaban yang menjelekkantempat kerja anda yang lama atau apapun yang konotasinya negatif. Lebih baik kalau andamenjawab "saya menginginkan ritme kerja yang teratur dan terjadwal. Mengenai gaji, sebenarnya ditempat kerja yang lama tak ada masalah, tapi tentu saya senang kalau ada peluang untukpeningkatan gaji." Atau kalau anda ditanya tentang kelemahan anda, lebih baik tidak menjawab"saya sering telat dan lupa waktu." Tetapi jawablah lebih taktis, misalnya "kadang saya memangpelupa, tetapi beberapa waktu ini sudah membaik karena saya selalu mencatat segalanya di bukuagenda." atau "saya sering kesal kalau kerja dengan rekan yang lamban, tetapi sebisanya kamiberdiskusi bagaimana caranya menyelesaikan kerja dengan lebih cepat."Dalam wawancara, si pewawancara selalu berupaya mengorek sedapat mungkin tentangkepribadian pelamar. Kadang pertanyaan sepele seperti "Sudah punya pacar? Ada niat menikahdalam waktu dekat?" sering ditanggapi buru-buru oleh si pelamar dengan menjawab misalnya"Sudah, rencananya kami akan menikah akhir tahun ini." Padahal, menurut Erina, jawaban itu bisajadi penutup peluang kerja anda. "Perusahaan selalu ingin diyakinkan bahwa calon karyawannyahanya akan fokus pada pekerjaan mereka, terutama pada awal masa kerja. Jawaban bahwa andaakan menikah dalam waktu dekat justru menunjukkan bahwa perusahaan bukanlah fokus anda yangsebenarnya, tetapi hanya seperti selingan," ujar Erina sambil menambahkan bahwa akan lebih baikkalau anda menjawab "sudah, tapi sebenarnya saya ingin mempunyai pengalaman kerja yang cukupsebelum memutuskan untuk menikah."3. Semangat dan bahasa tubuhDalam wawancara kerja, penampilan memang bukan nomor satu tetapi menjadi pendukung yangikut menentukan. Karena itu selain berpakaian rapi, tidak seronok, mencolok atau banyak pernik,tunjukkan bahasa tubuh yang baik. Jangan pernah melipat tangan di dada pada saat wawancara,karena memberi kesan bahwa anda seorang yang kaku dan defensif. Idealnya, tangan dibiarkanbebas untuk mengekspresikan kata-kata anda, tentu saja dengan tidak berlebihan.Selama wawancara berlangsung, buatlah kontak mata yang intens. Pelamar yang sering membuatkontak mata menunjukkan keinginan untuk dipercaya serta kesungguhan memberikan jawaban.Rilekslah dan sesekali tersenyum untuk menunjukkan bahwa anda pribadi yang hangat. Umumnya,perusahaan menyukai pelamar yang menyenangkan. Kurangi kata-kata "saya merasa…" atau "sayakurang…" dan sebaiknya gunakan "saya pikir…", "menurut pendapat saya..", "saya yakin…", "sayaoptimis…". Kata-kata "saya merasa…" atau "saya kurang…" mengesankan anda lebih seringmenduga, menggunakan perasaan, tidak terlalu percaya diri dan tidak menguasai persoalan.Nah, siap bersaing di dunia kerja? Yang penting, persiapkan diri anda dengan baik dan janganpernah meremehkan pertanyaan sekecil apapun dalam wawancara kerja. Selamat bersaing!
    • YANG PERLU DICERMATI DALAM WAWANCARA KERJAPERNAHKAH Anda mempunyai teman, kerabat atau entah apa saja yang punya pengalamanseperti ini? Berkali-kali melamar kerja, tetapi gagal saat wawancara.Seperti pengalaman Asti-sebut saja begitu-yang bolak-balik mengadu nasib untuk mencaripekerjaan baru, tetapi sekian kali gagal mendapatkannya. Sialnya, dia tidak berhasil lolos setelahmengikuti tahapan wawancara. Asti sempat putus asa dan malas untuk melayangkan lamaran lagi.Tetapi seorangteman menghiburnya, "Kamu masih beruntung karena untuk dipanggil, dites kemudiandiwawancara itu merupakan separuh bahkan tiga perempat keberhasilan. Banyak orang yangdipanggil saja tidak, apalagi sampai diwawancara."Rupanya kata-kata itu betul-betul memberikan semangat baru buat Asti. Sambil terus bekerjadengan status kontrak di tempatnya sekarang, Asti tetap mencoba mencari peluang kerja yang lebihbaik. Meski begitu, setiap kali melamar, wawancara beberapa kali yang gagal itu tetap membayang."Biasanya orang tambah banyak pengalaman, makin percaya diri. Tetapi saya, makin seringdiwawancara, makin pesimis, karena di sini saya selalu gagal," ujar Asti.Pengalaman seperti itu sebenarnya jamak dialami orang. Tak cuma di Indonesia, tetapi universaldialami oleh para pelamar kerja di mana-mana di dunia, yang menggunakan sistem seleksi obyektif,bukan sistem koneksi.Wawancara sebenarnya hanya merupakan bagian dari sekian proses yang harus dilalui. Seleksipertama biasanya sudah berlangsung saat lamaran diterima perusahaan. Kualifikasi, termasukpendidikan, pengalaman, dan lainnya menjadi pertimbangan sebuah perusahaan untuk melanjutkanatau tidakmelanjutkan proses lamaran.Betapa pentingnya wawancara, terbukti dari contoh kasus Asti di atas. Sepandai apa pun Anda,dengan pengalaman yang Anda miliki, tetap saja tak menjamin Anda bisa diterima di tempat kerjabaru yang Anda inginkan. Tak ada rumus yang bisa digunakan dalam wawancara, selain berusahameyakinkanorang yang mewawancarai bahwa Anda memang mampu, cocok, dan merupakan orang yang tepatuntuk mengisi lowongan yang sedang dicari.Berbagai tipeAda beberapa bentuk wawancara yang umumnya dipraktikkan oleh pencari kerja. Yang cukupbanyak dikenal adalah bentuk wawancara tanya jawab antara pelamar dengan calon tempatnyabekerja. Ini bisa dilakukan oleh satu orang saja atau oleh sebuah panel pewawancara.Dalam tipe demikian, wawancara bisa cuma berbentuk skrining, sekadar mencocokkan antara yangdikemukakan pelamar dalam surat lamarannya ditambah dengan rincian lisan. Wawancara demikianadakalanya bisa dilakukan melalui telepon. Namun yang lebih banyak, wawancara dilakukandengan tatap muka.Sesuatu yang kini banyak dipraktikkan di banyak tempat adalah wawancara kelompok. Di sinisejumlah kandidat yang sudah lolos seleksi sebelumnya dikumpulkan untuk mengikuti diskusiinformal. Subyek yang dibicarakan dipilih oleh pewawancara, para kandidat diminta melontarkanpendapatnya, bertanya, atau membuat kesimpulan.
    • Wawancara seperti ini biasanya dilakukan untuk mencari tahu potensi kepemimpinan seseorangdalam bidang manajerial. "Tujuan dari wawancara kelompok ini adalah untuk mengetahuibagaimana interaksi kandidat dengan orang-orang lainnya. Juga untuk mengetahui bagaimana diamenggunakan pengetahuan dan kemampuan berpikirnya untuk mengalahkan orang-oranglainnya," demikian alasannya, sebagaimana ditulis dalam CareerBuilders "How to" Guide: JobInterview Types.Jangan terpancing sewot kalau si pewawancara menyudutkan Anda dengan kata-kata sarkastik.Bukan tidak mungkin ini bagian dari bentuk wawancara yang disebut wawancara stres. Bentuk yangseperti ini dimaksudkan untuk menguji bagaimana seorang pelamar mengatasi hal situasi demikian.Tak cumalontaran kata-kata sarkatis atau argumentatif, tetapi yang namanya wawancara stres atau stressinterview adakalanya menguji kesabaran pelamar. Salah satunya dengan membiarkan pelamarmenunggu beberapa lama.Terhadap situasi seperti ini, jangan sakit hati. Tahan emosi Anda ketika menghadapi pertanyaandari pewawancara. Bersikaplah kalem, seolah tidak terjadi apa-apa. Klarifikasi pertanyaan yangkurang jelas bila diperlukan. Ingat,jangan terkesan terburu-buru saat menjawab.Wawancara adakalanya juga dilakukan sambil makan siang (lunch interview). Suasananya mungkinlebih santai dibanding dengan wawancara yang dilakukan di kantor. Namun jangan lupa, makansiang ini adalah makan siang bisnis dan Anda sedang diperhatikan. Gunakan kesempatanwawancara ini untuk mengembangkan dasar hubungan dengan pewawancara.Pertanyaan umumApa saja yang ditanyakan dalam sebuah wawancara?Jawabannya bisa bermacam-macam. Bahkan posisi yang sama untuk kesempatan wawancara yanghampir bersamaan, antara satu orang dengan orang lainnya bisa mendapatkan pertanyaan yangberbeda.Namun ada sejumlah pertanyaan umum yang sering kali dilontarkan saat wawancara. Siap-siap sajakalau ditanya, "Kenapa Anda ingin bekerja di sini? Bagaimana perusahaan ini sampai membuatAnda tertarik?" Atau bisa jadi cuma pertanyaan sangat ringan, seperti: "Coba ceritakan tentang diriAnda."Masih banyak pertanyaan penting selain pertanyaan di atas. Alasan mengapa seseorang inginpindah, termasuk pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Penanya tentu ingin mengetahuiapakah Anda mempunyai masalah dengan tempat kerja Anda atau tidak. Jika Anda memang benar-benar tidak mempunyaiproblem, katakan saja alasannya. Anda bisa mengatakan, soal tidak adanya kemungkinanpengembangan atau Anda memerlukan pekerjaan yang cocok dengan keterampilan Anda, ataukantor Anda pindah ke lokasi yang terlalu jauh, dan sebagainya dan sebagainya.Sebaliknya pun begitu. Kalau memang ada masalah, jujur saja. Tunjukkan bahwa Anda bisamenerima tanggung jawab dan belajar dari kesalahan sebelumnya. Anda perlu menjelaskanmasalahnya, tetapi jangan menguraikan posisi bekas atasan Anda dalam terminologi yang serbanegatif. Tunjukkan bahwa semua itu merupakan bagian dari proses belajar yang tidak akanmempengaruhi pekerjaan nantinya.
    • Di samping kekuatan, pertanyaan juga sering menyangkut sesuatu yang negatif. Simak umpamanyakalimat, "Apa kelemahan utama Anda?"Untuk hal seperti ini, bersikaplah positif. Alihkan kelemahan menjadi kekuatan. Misalnya Andamungkin bisa mengatakan, "Sering saya khawatir terhadap pekerjaan saya. Kadang- kadang sayabekerja sampai larut untuk memastikanpekerjaan telah berjalan semestinya."Pertanyaan-pertanyaan ringan sampai soal hobi serta olahraga kegemaran bukan tidak mungkinmasuk dalam wawancara. Dari hobi dan aktivitas kegemaran mungkin penanya ingin mencocokkanapakah Anda orang yang kreatif, punya daya analisis baik, staminanya bisa diandalkan, atau apakahAnda termasuk orang yang mudah bekerja sama.Bahkan banyak pewawancara yang ingin tahu apakah pelamar yang sedang dihadapinyamempunyai kehidupan di luar pekerjaannya. Ini bukan sekadar pertanyaan mengada-ada, karenadari sini bisa ditemukan suatu nilai tambahseseorang yang bermanfaat untuk perusahaan. Sebagai contoh, orang yang kreatif atau menjadikanatletik sebagai jalan keluar dari stres umumnya lebih sehat, lebih gembira, dan lebih produktif.Percaya diriKepercayaan diri memang perlu ditampilkan. Usahakan untuk melakukan kontak mata denganpenanya dan jawabpertanyaan- pertanyaan dengan jawaban yang jelas.Jangan lupa untuk cermat mendengarkan pertanyaan. Komunikasi harus berjalan dua arah. JikaAnda terlalu mendominasi konversasi, bisa jadi Anda kehilangan soal-soal yang dirasakan pentingoleh penanya.Jika ada kesempatan bertanya, jangan menanyakan sesuatu yang bisa menimbulkan kesimpulannegatif. Contoh yang paling umum misalnya pertanyaan mengenai hari libur. Jika pertanyaanseputar ini terlalu rinci, jangan-jangan pihak pewawancara menganggap pelamar tertarik bergabunglebih karena banyaknya kesempatan libur. Kalaupun soal ini ingin diperjelas, pastikan bahwapewawancara mengerti kenapa Anda perlu menanyakan hal itu.Sikap tubuh yang baik hendaknya diperhatikan selama berlangsungnya wawancara. Hindari bahasa-bahasa tubuh yang negatif, seperti menggerak-gerakkan kaki, menggigit bibir, melipat tangan, tidakmelihat lawan bicara atau berdehem sebelum menjawab setiap pertanyaan. (mnsbc/ret)Rileks dan TerbukaTERLAMBAT datang mengikuti wawancara merupakan satu hal yang hendaknya tidak bolehterjadi. Tepat waktu (atau datang awal) biasanya diartikan oleh pengundang sebagai bentukkomitmen, bahkan lebih dari itu bisa dianggap sebagai tanda bisa dipercaya serta sikap profesional.Bersikaplah positif dan usahakan agar pihak lain merasa nyaman. Perlihatkan keterbukaan dengancara memberi senyum hangat serta jabat tangan keras.Jangan memberi komentar negatif tentang perusahaan Anda sebelumnya atau perusahaan tempatbekerja sekarang.
    • Rileks. Anggap saja wawancara adalah sebuah percakapan biasa. Ingat, penanya sebenarnya samagroginya dengan yang diwawancara.Bila wawancara sudah selesai, jangan lupa memberi salam dan mengucapkan terima kasih.Kesankan bahwa Anda berminat dengan posisi yang ditawarkan. Kalau perlu tanyakankemungkinan bisa menelepon untuk mencek status lamaran. Kalau mereka menyatakan akanmengontak, dengan sopan tanyakan kapan hal itu bisa diharapkan.Kirimkan pesan, "Terima kasih untuk wawancaranya". Usahakan supaya pesan itu tiba sebelumkeputusan diambil. Kalau kontak selama ini dilakukan melalui e-mail, kirim e-mail terima kasihsegera setelah wawancara. (mnsbc/ret).