MEMUNGKINKANKETIDAKMUNGKINANdisampaikan pada LDKS OSIS SMAN 2 Tangsel, 1 September 2012 | mataharitimoer.com
Selamanya di Jalan?..
Udin (tengah) mau jadi orang kaya
20 tahun jualan bubur
Bogor, Mei 2012
Akankah setia sampai tua?
Jalan Hidup: Rencana & Pilihan
• Menyesali kehidupan sama dengan menuduh   Tuhan tidak menganugerahkan keadilan.• Kesulitan demi kesulitan makin menyiksa...
Ada di antara mereka yang mencoba bangkit dari kemiskinan. Mereka berusaha meningkatkan kemiskinan Mereka berusaha meningk...
impian yang besar ditentukan oleh kebesaran hati impian yang besar ditentukan oleh kebesaran hatidan kebesaran semangat un...
Belajar dari ORANG LUAR BIASA adalah hal yang BIASA SAJA. Belajar dari ORANG BIASA, itu baru LUAR BIASA
Ajo  Tkg Stempel              Ajo – Tkg Stempel                         Learning by doing•   “Sudah berapa tahun buka usah...
Ale  Tkg Semir                      Ale – Tkg Semir              Kesetiaan pada pelanggan•   “Kalau di Jakarta, banyak yan...
Herman      Herman ‐ Penerjemah              Konsistensi setiap Peran•   “Di sini tak ada bos, tak ada pegawai. Kebetulan,...
Lies Surya  Toko OnlineLies Surya – Toko Online        relationship maintenance• “Apa keunggulan tokoblogmu dibandingkan  ...
Sulaiman  tkg MartabakSulaiman – tkg Martabak                  Menabung itu penting•   “Kebutuhan apa yang paling bapak ut...
nn  tkg Tongseng            nn – tkg Tongseng             Tunjukkan Sikap Positif• “Selain sabar, apa sih rahasia bapak   ...
Abd. Syukur  tkg PotretAbd. Syukur – tkg Potret                      Konsistensi Talenta•   “Sejak kapan praktik di sini, ...
Saslan  tgk Kue Putu       Saslan – tgk Kue Putu               Jalan Pintas Tidak Pantas•   “Kenapa Mas Saslan tidak mengi...
Tulis Rencanamu.             Tapi jika mau berubah,             Tapi jika mau berubah,lakukan apa yang sudah kamu tulis!
80% SIKAP :              • KONSISTEN PADA KEMAMPUAN                KONSISTEN PADA KEMAMPUAN              • PERSISTEN MENJA...
BERKAT KONSISTEN, DAPAT BERAGAM TUGAS
Berkat KonsistenNASKAH DIMINTA NASKAH DIMINTA PENERBIT BUKU
Ini bukan tentang seberapa penting peran kita,                 g       p p      gp          ,tapi tentang seberapa besar t...
TERIMA KASIHKontak Pribadi:Kontak Pribadi:twitter @mataharitimoerphone 085717329705mataharitimoer@gmail.com   t h iti     ...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Motivasi kemungkinan sman2 tangsel

1,699 views
1,531 views

Published on

presentasi MT di SMAN 2 Tangerang Selatan, 1 Sept 2012, pada acara LDKS SMAN 2.

slide MT berisi tentang memungkinkan ketidakmungkinan

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,699
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
905
Actions
Shares
0
Downloads
73
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Motivasi kemungkinan sman2 tangsel

  1. 1. MEMUNGKINKANKETIDAKMUNGKINANdisampaikan pada LDKS OSIS SMAN 2 Tangsel, 1 September 2012 | mataharitimoer.com
  2. 2. Selamanya di Jalan?..
  3. 3. Udin (tengah) mau jadi orang kaya
  4. 4. 20 tahun jualan bubur
  5. 5. Bogor, Mei 2012
  6. 6. Akankah setia sampai tua?
  7. 7. Jalan Hidup: Rencana & Pilihan
  8. 8. • Menyesali kehidupan sama dengan menuduh  Tuhan tidak menganugerahkan keadilan.• Kesulitan demi kesulitan makin menyiksa  dalam menjalani kehidupan.• Padahal kesulitan adalah tempaan yang  menajamkan sebilah pedang, mengubah dari  menajamkan sebilah pedang, mengubah dari sekadar besi menjadi punya arti
  9. 9. Ada di antara mereka yang mencoba bangkit dari kemiskinan. Mereka berusaha meningkatkan kemiskinan Mereka berusaha meningkatkankualitas diri untuk mencapai impian tertinggi
  10. 10. impian yang besar ditentukan oleh kebesaran hati impian yang besar ditentukan oleh kebesaran hatidan kebesaran semangat untuk mencapainya.
  11. 11. Belajar dari ORANG LUAR BIASA adalah hal yang BIASA SAJA. Belajar dari ORANG BIASA, itu baru LUAR BIASA
  12. 12. Ajo  Tkg Stempel Ajo – Tkg Stempel Learning by doing• “Sudah berapa tahun buka usaha seperti ini?” • “3 tahun” jawabnya singkat.• “Belajar membuat stempelnya berapa lama?” j p y p• “3 tahun!” jawabnya tetap singkat, karena ia sedang konsentrasi.• “Lho, gimana maksudnya? 3 tahun belajar, 3 tahun buka usaha Jadi 6 tahun atau tetap 3 tahun?”  usaha. Jadi 6 tahun 3 tahun? tanyaku belum jelas.• “Tetap 3 tahun. Karena aku memulai usaha ini saat baru mulai belajar melakukannya. Ikut‐ikut teman yang sudah mahir. Jadi, ya…. Aku merasa setiap h i d h hi J di Ak ti hari belajar.” Jelasnya.• “Wah, berarti setiap hari semakin terasah kemampuanmu ya!” pujiku. p y p j• “Kalau tidak dilatih tiap hari, nanti tangannya kaku lagi. Sering salah motong!”
  13. 13. Ale  Tkg Semir Ale – Tkg Semir Kesetiaan pada pelanggan• “Kalau di Jakarta, banyak yang pakai semir oplosan.”• “Itu sih, bukan rahasia lagi, pak?”• “Lalu, kamu begitu tidak?” tanyaku, bukannya menuduh.• “Tidak pak Periksa saja semirnya!” Ia siap diperiksa pak. Periksa semirnya!” Ia diperiksa.• “Tapi, kalau dicampur dengan baterai, kan untungnya lebih besar…” Pancingku.• “Tapi itukan bisa bikin rusak kulitnya, pak!” sahut p y ,p salah satu di antara kedua bocah yang sedang sibuk menyikat sepatu pelanggannya. Ia mengemukakan alasan, “kalau mikirnya untung doang sih, maunya g gitu. Tapi, orang pasti kapok!” lanjut bocah yang  p, gp p j y g terakhir kutahu nama panggilannya Ale ini.
  14. 14. Herman  Herman ‐ Penerjemah Konsistensi setiap Peran• “Di sini tak ada bos, tak ada pegawai. Kebetulan,  sang  pemilik usaha lebih suka pola hubungan  sang pemilik usaha lebih suka pola hubungan seperti ini. Ia memandang kami semua di sini  sebagai keluarga, bukan pegawai.”• “Biasanya kalau keluarga, justru jasa kita kurang Biasanya kalau keluarga, justru jasa kita kurang  diperhitungkan.” Bandingku.• “Mungkin. Bagi kami, yang penting adalah  konsistensi terhadap apa yang sudah kami sepakati.  konsistensi terhadap apa yang sudah kami sepakati. Dan setiap orang konsisten terhadap perannya  masing‐masing. Betapapun perannya kecil, tapi jika  konsisten, akan sangat menentukan kelanjutan  usaha ini.” Simpulnya.
  15. 15. Lies Surya  Toko OnlineLies Surya – Toko Online relationship maintenance• “Apa keunggulan tokoblogmu dibandingkan  g dengan toko online dalam format lain?”• “Menurutku justru kekuatannya ada pada  jalinan pertemanan. Dalam interaksinya,  para blogger saling menebarkan pikiran  bl li b k iki positif dan saling memberikan dukungan  bagi temannya. Ini yang kurasakan, sebagai  keunggulan dari toko dalam format blog.” 
  16. 16. Sulaiman  tkg MartabakSulaiman – tkg Martabak Menabung itu penting• “Kebutuhan apa yang paling bapak utamakan dari  p y gp g p hasil jualan martabak ini?” tanyaku spontan.• “Nabung.” Jawab pak Iman. Lengkapnya Sulaiman.• “Menabung? Berarti kebutuhan sehari‐hari bapak Menabung? Berarti kebutuhan sehari hari bapak  sudah lebih dari cukup ya?!”• “Nggak juga. Yang namanya kebutuhan sih nggak  pernah cukup. Tapi kalau nabung itu kan buat  pernah cukup Tapi kalau nabung itu kan buat persiapan urusan yang besok‐besok, seperti  sekolah anak, benerin rumah, dan lain‐lainlah.  Pokoknya setiap hari harus ada yang bisa ditabung,  y p y g g, biar nggak bingung.”
  17. 17. nn  tkg Tongseng nn – tkg Tongseng Tunjukkan Sikap Positif• “Selain sabar, apa sih rahasia bapak  sehingga bisa tahan lama di sini? sehingga bisa tahan lama di sini?”• “Apaan? Nggak ada rahasia‐rahasiaan!  Yang penting saya mah, ceria saja. Jangan  pernah merengut kalau lagi jualan.  Pantangan!” ia tak punya rahasia, tapi  menurutku, justru inilah rahasianya,  menurutku, justru inilah rahasianya, pantang cemberut.
  18. 18. Abd. Syukur  tkg PotretAbd. Syukur – tkg Potret Konsistensi Talenta• “Sejak kapan praktik di sini, pak?” tanyaku sambil  Sejak kapan praktik di sini, pak? tanyaku sambil menunggu hasil potret yang perlu diangin‐ anginkan.• “sudah sejak tahun 1984”• “24 tahun?! Lama sekali, pak?” terkejut aku  mendengarnya “Kenapa memilih kerja seperti ini,  pak? Bukankah semua orang yang datang ke sini  banyak yang sudah punya kamera sendiri?” banyak yang sudah punya kamera sendiri?”• “Kamu sendiri bawa kamera, kenapa masih mau  difoto sama saya, tadi, hehehe…” tawanya  memperlihatkan deretan giginya yang sudah  memperlihatkan deretan giginya yang sudah renggang‐renggang.
  19. 19. Saslan  tgk Kue Putu Saslan – tgk Kue Putu Jalan Pintas Tidak Pantas• “Kenapa Mas Saslan tidak mengikuti cara mereka?” tanyaku terkait teman‐temannya yg muja di gunung  kawi.• “Wah, amit‐amit cabang bayi, Mas! Jangan sampai  deh. Sebodoh‐bodohnya saya, tak mau memberi  makan anak dan istri dari yang seperti itu.” Ia  p p y menepuk‐nepuk dadanya sendiri.• “Kenapa? Bukannya sudah ada buktinya, teman‐ teman mas yang sekarang kaya raya?” Pancingku• “Biar saja mereka kaya. Lebih baik saya miskin terus  deh, dari pada ambil jalan begituan! tegas Mas  deh dari pada ambil jalan begituan!” tegas Mas Saslan tentang Jalan Pintas yg Tidak Pantas
  20. 20. Tulis Rencanamu.  Tapi jika mau berubah,  Tapi jika mau berubah,lakukan apa yang sudah kamu tulis!
  21. 21. 80% SIKAP : • KONSISTEN PADA KEMAMPUAN KONSISTEN PADA KEMAMPUAN • PERSISTEN MENJALANI PILIHAN
  22. 22. BERKAT KONSISTEN, DAPAT BERAGAM TUGAS
  23. 23. Berkat KonsistenNASKAH DIMINTA NASKAH DIMINTA PENERBIT BUKU
  24. 24. Ini bukan tentang seberapa penting peran kita,  g p p gp ,tapi tentang seberapa besar tanggungjawab kita
  25. 25. TERIMA KASIHKontak Pribadi:Kontak Pribadi:twitter @mataharitimoerphone 085717329705mataharitimoer@gmail.com t h iti @ ilhttp://mataharitimoer.com 

×