Pengantar manajemen

7,864 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,864
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
263
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengantar manajemen

  1. 1. PENGANTAR MANAJEMENDisusun Oleh:Masni Gunawan, S.E
  2. 2. Apa itu Manajemen?
  3. 3. Pengertian Manajemen• Istilah manajemen mengandung tigapengertian yaitu:1. Manajemen sebagai suatu proses,2.Manajemen sebagai kolektivitas orang-orangyang melakukan aktivitas manajemen3.Manajemen sebagai suatu seni (Art) dansebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
  4. 4. Hilman’s TheoryIa mengatakan bahwa manajemen adalah fungsiuntuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang laindan mengawasi usaha-usaha individu untukmencapai tujuan yang sama.• Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalahkolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitasmanajemen.• Menurut pengertian yang ketiga, manajemen adalahseni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan
  5. 5. Menurut G.R. Terry• manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja,yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatukelompok orang-orang kearah tujuan-tujuanorganisasional atau maksud-maksud yang nyata.• Manajemen juga adalah suatu ilmu pengetahuanmaupun seni. Seni adalah suatu pengetahuanbagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalmkata lain seni adalah kecakapanyang diperoleh daripengalaman, pengamatan dan pelajaran sertakemampuan untuk menggunakan pengetahuanmanajemen
  6. 6. Mary Parker Follet• manajemen adalah suatu seni untukmelaksanakan suatu pekerjaanmelalui oranglain.• Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalahsuatu proses perencanaan, pengorganisasian,kepemimpinan, dan pengendalian upayaanggota organisasi danmenggunakan semuasumber daya organisasi untuk mencapaitujuan yang telah ditetapkan
  7. 7. Fungsi-Fungsi Manajemen (ManagementFunctions)• Louis A. Allen : Leading, Planning, Organizing, Controlling.• Prajudi Atmosudirdjo : Planning, Organizing, Directing, atau Actuating and Controlling.• John Robert B., Ph.D : Planning, Organizing, Command -ing, and Controlling.• Henry Fayol : Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.• Luther Gullich : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Repor-ting, Budgeting.• Koontz dan O’Donnel : Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.• William H. Newman : Planning, Organizing, Assem-bling, Resources, Directing, Controlling.• Dr. S.P. Siagian., M.P.A : Planning, Organizing, motivating and Controlling.• William Spriegel : Planning, organizing, Controlling• Lyndak F. Urwick : Forecasting, Planning Orga-nizing, Commanding, Coordina-ting,Controlling.• Dr. Winardi, S.E : Planning, Organizing, Coordi-nating, Actuating, Leading, Co-mmunication,Controlling• The Liang Gie : Planning, Decision making, Directing, Coordinating, Control-ling, Improving.• James A.F.Stoner : Planning, Organizing, Leading, and Controlling.• George R. Terry : Planning, Organizing, Staffing, Motivating, and Controlling.
  8. 8. Dari Beberapa fungsi-fungsi manajemen dapatdikombinasikan sebagai berikut:• Planning Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasarandan tindakan yang perlu untuk mencapaisasaran tadi.• Organizing(organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerjasama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifikatau sejumlah sasaran.• LeadingPekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :•Mengambil keputusan•Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antaramanajer dan bawahan.•Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahansupaya mereka bertindak.Memeilih orang-orang yang menjadianggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuandan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuanyang ditetapkan.
  9. 9. Directing/CommandingDirecting atau Commanding adalah fungsimanajemen yang berhubungan dengan usahamemberi bimbingan, saran, perintah-perintahatau instruksi kepada bawahan dalammelaksanakan tugas masing-masing, agartugas dapat dilaksanakan dengan baik danbenar-benar tertuju pada tujuan yangtelahditetapkan semula.
  10. 10. MotivatingMotivating atau pemotivasian kegiatanmerupakan salah satu fungsi manajemenberupa pemberianinspirasi, semangat dandorongan kepada bawahan, agar bawahanmelakukan kegiatan secara suka relasesuai apayang diinginkan oleh atasan.
  11. 11. CoordinatingCoordinating atau pengkoordinasianmerupakan salah satu fungsi manajemenuntuk melakukan berbagai kegiatan agar tidakterjadi kekacauan, percekcokan, kekosongankegiatan, dengan jalan menghubungkan,menyatukan dan menyelaraskan pekerjaanbawahan sehingga terdapat kerja samayangterarahdalam upaya mencapai tujuanorganisasi.
  12. 12. ControllingControlling atau pengawasan, seringjuga disebut pengendalian adalahsalah satu fungsi manajemenyangberupa mengadakan penilaian, bilaperlu mengadakan koreksi sehinggaapa yang dilakukan bawahan dapatdiarahkan ke jalan yang benar denganmaksud dengan tujuan yang telahdigariskansemula.
  13. 13. ReportingReporting adalah salah satu fungsimanajemen berupa penyampaianperkembangan atau hasil kegiatanatau pemberian keterangan mengenai segalahal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
  14. 14. StaffingStaffing merupakan salah satu fungsimanajemen berupa penyusunan personaliapada suatu organisasisejak dari merekruttenaga kerja, pengembangannya sampaidengan usaha agar setiap tenagamemberidaya guna maksimalkepada organisasi.
  15. 15. ForecastingForecasting adalah meramalkan,memproyrksikan, atau mengadakan taksiranterhadap berbagaikemungkinan yang akanterjadi sebelum suatu rancana yang lebih pastidapat dilakukan.
  16. 16. Tingkatan Manajemen (ManajemenLevel).• Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi tingkatanmanajer menjadi 3 tingkatan :1.Manajer lini garis-pertama (first line) adalah tingkatan manajemenpaling rendah dalam suatuorganisasi yang memimpin danmengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan merekatidak membawahi manajer yang lain.2.Manajer menengah (Middle Manager) adalah manajemen menengahdapat meliputi beberapatingkatan dalam suatu organisasi. Paramanajer menengah membawahi dan mengarahkankegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawanoperasional.3.Manajer Puncak (Top Manager) terdiri dari kelompok yang relativekecil, manager puncak bertanggung jawab atasmanajemen keseluruhan dari organisasi.
  17. 17. Ada 6 macam teori manajamen diantaranya:Aliran klasik: Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkanpada penerapan fungsi-fungsi tersebut.Aliran perilaku: Aliran ini sering disebut juga aliran manajemen hubunganmanusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia danperlunya manajemen memahami manusia.Aliran manajemen Ilmiah: aliran ini menggunakan matematika dan ilmustatistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatankuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untukmenjelaskan masalah manajemen.Aliran analisis sistem: Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalahyang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.Aliran manajemen berdasarkan hasil: Aliran manajemen berdasarkanhasil diperkenalkan pertama kali oleh Peter Drucker pada awal 1950-an.Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannyapada interaksi kegiatan karyawan.
  18. 18. Sarana manajemen• Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yangditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu :1. Man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki olehorganisasi2. Money atau Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapatdiabaikan3. Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahanjadi4. Machine atau Mesin digunakan untuk memberi kemudahan ataumenghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakanefesiensi kerja.5. Metode adalah suatu tata cara kerja yang memperlancar jalannyapekerjaan manajer.6. Market atau pasar adalah tempat di mana organisasimenyebarluaskan (memasarkan) produknya
  19. 19. Prinsip manajemen• Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari:1. Pembagian kerja (division of work)2. Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)3. Disiplin (discipline)4. Kesatuan perintah (unity of command)5. Kesatuan pengarahan (unity of direction)6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri (subordination ofindividual interests to the general interests)7. Pembayaran upah yang adil (remuneration)8. Pemusatan (centralisation)9. Hirarki (hierarchy)10. Tata tertib (order)11. Keadilan (equity)12. Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)13. Inisiatif (Inisiative)14. Semangat kesatuan (esprits de corps)
  20. 20. Peran manajer• Henry Mintzberg, seorangahli riset ilmumanajemen,mengemukakan bahwaada sepuluh peran yangdimainkan oleh manajerdi tempat kerjanya,kesepuluh peran itu kedalam tiga kelompok :1. adalah peran antar pribadi, yaitumelibatkan orang dan kewajibanlain, yang bersifat seremonial dansimbolis. Peran ini meliputi peransebagai figur untuk anak buah,pemimpin, dan penghubung.2. adalah peran informasional, meliputiperan manajer sebagai pemantaudan penyebar informasi, sertaperan sebagai juru bicara.3. adalah peran pengambilankeputusan, meliputi peran sebagaiseorang wirausahawan, pemecahmasalah, pembagi sumber daya,dan perunding.
  21. 21. Keterampilan manajer
  22. 22. Robert L. Katz pada tahun 1970-an mengemukakan bahwa setiapmanajer membutuhkan minimaltiga keterampilan dasar. Ketigaketerampilan tersebut adalah:
  23. 23. 1. Keterampilan konseptual (conceptional skill)Manajer tingkat atas (top manager) harus memilikiketerampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasandemi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide sertakonsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadisuatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasanatau konsepnya itu. Proses penjabaran ide menjadisuatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebutsebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karenaitu, keterampilan konsepsional juga meruipakanketerampilan untuk membuat rencana kerja.
  24. 24. 2. Keterampilan berhubungan dengan orang lain(humanity skill)Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perludilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atauketerampilan berhubungan dengan orang lain, yangdisebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasiyang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajerterhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengankomunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakanakan membuat karyawan merasa dihargai dankemudian mereka akan bersikap terbuka kepadaatasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baikpada tingkatan manajemen atas, menengah, maupunbawah.
  25. 25. 3. Keterampilan teknis (technical skill)Keterampilan ini pada umumnyamerupakan bekal bagi manajer padatingkat yang lebih rendah. Keterampilanteknis ini merupakan kemampuan untukmenjalankan suatu pekerjaan tertentu,misalnya menggunakan program komputer,memperbaiki mesin, membuat kursi,akuntansi dan lain-lain.
  26. 26. Ricky W. Griffin menambahkan dua keterampilan dasaryang perlu dimiliki manajer, yaitu:• Keterampilan manajemen waktuMerupakan keterampilan yang merujuk padakemampuan seorang manajer untuk menggunakanwaktu yang dimilikinya secara bijaksana• Keterampilan membuat keputusanMerupakan kemampuan untuk mendefinisikanmasalah dan menentukan cara terbaik dalammemecahkannya. Kemampuan membuat keputusanadalah yang paling utama bagi seorang manajer,terutama bagi kelompok manajer atas (top manager)
  27. 27. THANK’S FOR ATTENTION

×