• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Sejarah   organisasi pergerakan kebangsaan indonesia
 

Sejarah organisasi pergerakan kebangsaan indonesia

on

  • 23,074 views

 

Statistics

Views

Total Views
23,074
Views on SlideShare
23,073
Embed Views
1

Actions

Likes
1
Downloads
198
Comments
1

1 Embed 1

https://si0.twimg.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

11 of 1 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • Thanks atas bantuannya ya, , , ,
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sejarah   organisasi pergerakan kebangsaan indonesia Sejarah organisasi pergerakan kebangsaan indonesia Presentation Transcript

    • Martha GiovaniAnggasta Paramita SMA Negeri 1Pringsewu- Lampung XI IPS 2 Latar BelakangLahirnya Nasionalisme di Indonesia
    • Faktor Internal• Kenangan kejayaan masa lalu : sebelum imperialsme Eropa ke Indonesia, Indonesia pernah punya negara kekuasaan (nasional) yang membawa kejayaan u/ Indonesia (Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit)• Penderitaan dan kesengsaraan akibat imperialisme : muncul imperialisme di dunia, memberi dampak bagi Indonesia, yakni penjajah yang mengeruk hasil bumi dan membuat rakyat Indonesia sengsara. Maka muncul perlawanan-perlawanan bangsa Indonesia.
    • • Munculnya golongan cendekiawan : golongan cendekiawan muncul dimana-mana sbg akibat dari perkembangan dan meningkatnya pendidikan. Maka muncullah berbagai gerakan yang menentang penjajah.• Kemajuan bidang politik, sosial-ekonomi, kebudayaan : POLITIK : kegiatan gerakan / partai-partai nasionalis ingin menum- bangkan dominasi politik imperialis dan kolonialis (Belanda-Barat) SOSIAL-EKONOMI : penghapusan eksploitasi ekonomi asing, yang bertujuan membentuk masyarakat yang bebas. BUDAYA : kaum nasionalis melihat kebusayaan asli hampir punahsehingga perlu diberikan perlindungan dan rekonstruksi yangmemadai.
    • Faktor Eksternal• Kemenangan Jepang terhadap Rusia (1905) Kemenangan ini berdampak bagi Asia. Lalu, bangsa-bangsa Asia menentang penjajah Belanda dan bangkit membuat gerakan- gerakan seperti di negara Cina, Filipina, India, Turki, Indonesia, bahkan sampai daratan Afrika seperti Mesir dll.• Pergerakan Kebangsaan India Menghadapi penjajagan Inggris, India membentuk gerakan (All India National Congres). Tokoh yang terkenal salah satunya Mahatma Gandhi yang punya dasar perjuangan sbb : ~ Ahimsa (dilarang membunuh) ~ Hartai (tidak melakukan apapun meski mereka pergi ke kantor ataupun pabrik dsb) ~ Satyagraha (gerakan tidak bekerja sama dengan pemerintah kolonial) ~ Swadesi (gerakan untuk memakai barang-barang buatan sendiri)
    • • Gerakan Kebangsaan Filipina Gerakan rakyat Filina yang dikobarkan oleh Dr. Jose Rizal dengan tujuan mengusir penjajah bangsa Spanyol. Dr. Jose Rizal ditangkap dan dibunuh, diganti Emilio Aquinaldo yang berhasil memproklamasikan kemerdekaan Filipina.• Gerakan Nasionalisme Rakyat Cina Dipimpin oleh Dr. Sun Yat Sen dengan mengadakan pembaharuan di segala sektor kehidupan dengan dasar perjuangan San Min Chu I : ~ Republik Cina adalah suatu negara nasional Cina ~ Pemerintah Cina disusun berdasarkan demokrasi . ~ Pemerintah Cina mengutamakan kesejahteraan rakyat.
    • • Pergerakan Turki Muda (1980) Dipimpin oleh Mustafa Kemal Pasha yang menuntut pembaharuan dan modernisasi di segala sekotor kehidupan.• Pergerakan Nasionalisme Mesir Dipimpin oleh Arabi Pasha (1881-1882) dengan tujuan menentang kekuasaan Eropa terutama Inggris atas Mesir.Dengan demikian hal di atas berpengaruh besarterhadap bangsaIndonesia dalam menentang kekuasaanBelanda. Lalu muncullah organisasi-organisasi dangerakan-gerakan dari rakyat Indonesia.
    • Organisasi Pergerakan Kebangsaan IndonesiaBUDI UTOMO (Jakarta, 20 Mei 1908)~ Didirikan oleh mahasiswa STOVIA.~ Dipelopori oleh dr. Sutomo dan Dr. Wahidin Sudirohusodo.~ Bergerak bid. Pendidikan & Kebudayaan, tapi sejak 1915 bergerak di bidang Politik.~ Kegiatan dalam bidang Politik sbb : 1. Ikut duduk dalam Komite Indie Weerbaar (Panitia Ketahanan Hindia Belanda) dr Indonesia. 2. Ikut mengusulkan dibentuknya Dewan Perwakilan Rakyat (Volksraad). 3. Tokoh Indonesia yangikut duduk dalam Volksraad, S. Suryokusuma. 4. Merendanakan program politik untuk mewujudkan pemerintahan parlemen berdasarkan kebangsaan. 5. Ikut bergabung ke dalam Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) yang diprakarsai oleh Bung Karno (1927) 6. Bergabung dengan Persatuan Bangsa Indonesia menjadi Partai Indonesia Raya (1935).
    • INDISCHE PARTIJ (Bandung, 25 Desember 1912)~ Pendirinya Douwes Dekker (Danudirjo Setyabudi), dr. Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara) atau yang disebut Tiga Serangkai.~ Organisasi Politik pertama yang secra tegas menyatakan bahwa dia berjuang untuk melepaskan dari penjajahan.~ Tujuan didirikannya yaitu memersatukan seluruh bangsa Indonesia dan mencapai Indonesia merdeka.~ Tiga Serangkai mengecam dengan Als ikeen Nederlander was (Andaikan aku seorang Belanda).
    • Partai Nasionalis Indonesia (4 Juli 1927)~ Beberapa tokoh nasionalis mengadakan pertemuan di Bandung untuk mendukung berdirinya PNI dan memutuskan Soekarno sebagai ketua.~ Tujuan didirikannya yaitu mencapai Indonesia Merdeka dengan strategi perjuangannya nonkooperatif.~ Berasaskan pada : 1. self help (prinsip menolong diri sendiri artinya memerbaiki keadaan politik, ekonomi, dan sosial budaya yang rusak oleh penjajah dengan kekuatan sendiri) 2. nonkooperatif (tidak mengadakan kerja sama dengan pemerintahan Belanda) 3. marhaenisme (mengentaskan massa dari kemiskinan dan kesengsaraan)
    • Perhimpunan Indonesia (22 Desember 1908)~ Didirikan oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di Belanda (Sosrokartono. Husin Jayadiningrat, Notosuroto, Notodiningrat, Sutan Kasayangan, Sumitri Kolopaking, Apitulay)~ Awalnya hanya perkumpulan sosial lalu berkembang ke arah politik setelah kedatangan tokoh pendiri Indische Partij.~ Dulu bernama Indiche Vereeniging – Indonesische Vereeniging – Perhimpunan Indonesia.~ Tujuan didirikannya untuk mencapai kemerdekaan penih bagi Indonesia.~ Kegiatan Perhimpunan Indonesia :1. Ikut Kongres Liga Penentang Imprelialisme dan Penindasan Kolonial di Paris.2. Jadi anggota Kongres Liga Demokrasi Internasional.3. Ikut ongres Wanita Internasional.
    • Sarekat Islam (Solo, 1911)~ Dulu bernama Sarekat Dagang Islam di bawah pimpinan R.M. Tirtaadisurya yang beranggotakan para pedagang Islam.~ Tujuan didirikannya yaitu memajukan perdagangan Indonesia di bawah panji-panji Islam.~ Diganti Sarekat Islam dengan tujuan memertahankan dan memerkuat basis ekonomi kaum pribumi agar ampu bersaing dn membebaskan ketergantungan ekonomi bangsa lain.~ Sifat SI yang demokratis dan berani serta berjuang terhadap kapitalisme untuk kepentingan rakyat kecil sangat menarik perhatian kaum sosialis kiri yang tergabung dalam Indische Social Democratische Vereeniging (ISDV) pimpinan Sneevliet (Belanda), Semaun, Darsono, Tan Malaka, dan Alimin (Indonesia).~ Lalu SI tergabi jadi 21. Kelompik Naionalis religius (Si Putih)2. Kelompok Ekonomi Dogmatis (Si Merah)
    • Muhammadiyah (Yogyakarta, 18 November 1912)~ Didirikan oleh Kiai Haji Ahmad Dahlan.~ Bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial menuju kepada tercapainya kebahagian lahir batin.~ Tujuan Muhammadiyah :1. Memajukan pendidikan dan pengajaran berdasarkan agama Islam.2. Mengembangkan pengetahian ilmu agama dan cara-cara hidup menurut agama Islam.~ Usaha yang dilakukan Muhammadiyah :1. Mendirikan sekolah-sekoolah yang berdasarkan agama Islam (dari TK sampai dengan perguruan tinggi)2. Mendirikan poliklinik-poliklinik, rumah sakit, rumah yatim, dan masjid.3. Menyelenggarakan kegiatan keagamaan.~ Kaum wanita Muhammadiyah mendirikan Aisyiah.
    • Partai Komunis Indonesia (Semarang, 1914)~ ISDV diganti jadi PKI yang dimpimpin oleh Semaun dan Darsono.Partindo~ Setelah PNI bubar Mr.Sartono mendirikan mendirikan partai indonesia (partindo)~ Asas partindo nonkooperatif ,mandiri dan kerakyatanPendidikan Nasional Indonesia (PNI Baru) (Yogyakarta 1913)~ Didirikan oleh Moh Hatta dan sutan Sahril.~ Asas PNI :nonkooperativ mandiri dan kerakyatan.Parindra~ Parindra adalah partai peleburan antara budi utomo dan PBI~ Tujuan : Mencapai Indonesia Raya yang mulia dan SempurnaGerakan Rakyat Indonesia (Gerindo)~ Berdiri Jakarta 24 mei 1937 sebagai akibat bubarnya partindo~ Diketuai oleh Adnan Katau Ghani (A.K Ghani)
    • Gabungan Politik Indonesia (21 Mei 1939)~ GAPI dilatarbelakangi adanya penolakan petisi Sutarjo dan gentingnya situasi internasional menjelang pecahnya perang duni II~ GAPI menuntut hak untuk menentukan nasib dan pemerintahan sendiriGerakan IndonesiaDipelopori oleh RA.KartiniRA.Kartini dan Dewi Sartika melahirkan organisai –organisasi wanita yaitu : a.Putri Mardika di Batavia b.Kartini Found c.kerajinan Amal setia d.Aisyiah