Manajemen Kurikulum

  • 553 views
Uploaded on

This is PPT for "Manajemen Pendidikan" Education is about Manajemen Kurikulum.

This is PPT for "Manajemen Pendidikan" Education is about Manajemen Kurikulum.

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
553
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
28
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. MANAJEMEN KURIKULUM Manajemen Pendidikan oleh kelompok VI
  • 2. Materi yang akan dibahas:  Pengertian Kurikulum  Komponen Kurikulum  Prinsip Pengembangan Kurikulum  Kendala Pengembangan Kurikulum  Tahapan Pengelolaan Kurikulum
  • 3. PENGERTIAN Manajemen adalah melakukan pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah atau organisasi yang diantaranya adalah manusia, uang, metode, material, mesin dan pemasaran yang dilakukan dengan sistematis dalam suatu proses. Kurikulum adalah Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Manajemen Kurikulum adalah segenap proses usaha bersama untuk mewujudkan pencapaian tujuan pengajaran juga meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar.
  • 4. Komponen Pengembangan Kurikulum Sistem kurikulum terbagi menjadi 4 muatan yaitu  Komponen tujuan  Komponen isi /meteri pelajaran  Komponen metode /strategi  Komponen evaluasi
  • 5. Prinsip Umum 1. Prinsip Relevansi 2. Prinsip Fleksibilitas 3. Prinsip Kontinuitas 4. Prinsip Praktis atau efisiensi 5. Prinsip Efektivitas
  • 6. Penjelasan tentang Prinsip Pengembangan Kurikulum 1. Prinsip Relevansi • • 2. Eksternal: kurikulum harus sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat baik pada masa kini maupun masa yang akan datang. Internal: kesesuaian antara komponen kurikulum itu sendiri. Prinsip Fleksibilitas Kurikulum harus lentur tidak kaku terutama dalam pelaksanaan pembelajaran 3. Prinsip Kontinuitas Dikembangkan secara berkesinambungan meliputi kesinambungan antar kelas maupun antar jenjang pendidikan. 4. Prinsip Praktis/Efisiensi Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan aplikabilitas di lapangan. 5. Prinsip Efektivitas Prinsip ini merujuk pada pengertian bahwa kurikulum selalu berorientasi pada tujuan. Kejelasan tujuan akan mengarahkan dalam pemilihan dan penentuan isi, metode dan sistem evaluasi serta model konsep kurikulum apa yang akan digunakan.
  • 7. KENDALA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM  Pada guru : guru kurang berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum  Dari masyarakat : kurang dukungan dari masyarakat, baik dalam pembiayaan maupun dalam memberikan umpan balik terhadap sistem pendidikan  Masalah biaya: untuk pengembangan kurikulum apalagi untuk kegiatan eksperimen baik metode isi atau sistem secara keseluruhan membutuhkan biaya yang sering tidak sedikit  Kepala sekolah : dalam hal ini seharusnya kepala sekolah mempunyai latar belakang mendalam tentang teori dan praktek kurikulum.  Birokrasi : terdiri dari para inspeksi di Kanwil dan juga orang tua maupun tokoh- tokoh masyarakat.
  • 8. Tahapan Pengelolaan Kurikulum  Perencanaan menjabaran kurikulum hingga menjadi RPP.  Pengorganisasiaan dan koordinasi mengatur pembagian tugas mengajar, jadwal pelajaran, dan jadwal ekskul.  Pelaksanaan melaksanakan supervisi akademik utk membantu guru menemukan dan mengatasi kesulitan yg dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran  Pengendalian proses pelaksanaan penilaian pembelajaran (evaluasi)
  • 9. Sesi Tanya Jawab Kelo mpok Nama 2 Rima 3 Tinuk 1 Winda Pertanyaan Bagaimana tanggapan anda mengenai kurikulum yang selalu berubah? Apa dampak terhadap sekolah dan siswanya? Maksud dan contoh prinsip fleksibilitas! Bagaimana langkah-langkah anda untuk meminimalkan kendala dalam kurikulum?
  • 10. Terima-Kasih ^_^