• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Tugas TIK- POWER POINT BIJI
 

Tugas TIK- POWER POINT BIJI

on

  • 2,156 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,156
Views on SlideShare
2,130
Embed Views
26

Actions

Likes
6
Downloads
0
Comments
0

1 Embed 26

http://sitimardiah71.blogspot.com 26

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Tugas TIK- POWER POINT BIJI Tugas TIK- POWER POINT BIJI Presentation Transcript

    • BIJI
    • Biji adalah alat perkembangbiakan yangutama. Biji mengandung calon tumbuhan baru(lembaga). Semula biji duduk pada suatutangkai yang keluar dari papan biji atautembuni (placenta). Tangkai pendukung biji itudisebut tali pusar (funiculus). Bagian bijitempat pelekatan tali pusar dinamakan pusarbiji (hilus). Pada biji adakalanya tali pusar ikuttumbuh, berubah sifatnya menjadi salut atauselaput biji (arillus).
    • Sifat salut biji :a.Berdaging atau berair dan dapt dimakan.Misalnya biji durian atau biji rambutan.b.Menyerupai kulit dan hanya menutupisebagian biji. Misalnya pada biji pala.B. Bagian-bagian pada Biji1.Kulit Biji (2.Tali pusar (funiculus)3.Inti biji atau isi biji (nucleus seminalis)
    • Kulit biji berasal dari selaput bakal biji(integumentum).2 lapisan kulit biji dari tumbuhan biji tertutup(Angiospermae) :a. Lapisan kulit luar (testa) : mempunyai sifat adayang tipis, kaku seperti kulit, keras seperti kayuatau batu, dan menunjukkan warna dan gambaranyang berbeda-beda. Bagian ini berfungsi untuk sbgpelindung utama bagi bagian biji yang adadidalam.b.Lapisan kulit dalam (tegmen). Biasanya tipisseperti selaput. Dinamakan juga kulit ari.
    • Pada tumbuhan biji telanjang(Gymnospermae), biji mempunyai 3 lapisan.Misalnya pada biji melinjo. Ke3 lapisan itu adalah :a. Kulit luar (sarcotesta), biasanya tebalberdaging, pada waktu muda berwarna hijau,kemudian menjadi kuning dan akhirnya merah.b. Kulit tengah (sclerostesta), lapisan ini kuat dankeras, berkayu, menyerupai kulit dalam(endocarpium) pada buah batu.c. Kulit dalam (sendotesta), biasanya tipis sepertiselaput, seringkali melekat erat pada inti biji.
    •  Sayap (ala), biasanya biji tumbuhan yang memilikisayap mudah dipencarkan oleh angin. Contohnyapada : spatodea dan Kelor. Bulu (coma), yaitu penonjolan sel-sel kulit luar bijiyang berupa rambut-rambut yang halus. Berfungsisebagai sayap utk memudahkan berterbangan bijioleh tiupan angin. Contohnya pada biji kapas danbiduri. Salut biji (arillus), biasanya berasal dari pertumbuhantali pusar. Misalnya pada biji durian. Salut biji semu (arrillodium), berasal dari bagiansekitar liang bakal biji (micropyle). Contohnya adalahmacis pada biji pala.
    •  Pusar biji (hilus), yaitu bagian kulit luar biji yangmerupakan bekas perlekatan dengan talipusar, biasanya kelihatan kasar dan mempunyaiwarna tersendiri dengan bagian lain kulit biji. Misalnyapada buah polong seperti kacang tanah dan kacangmerah. Liang biji (micropyle), ialah liang kecil bekas jalanmasuknya buluh serbuk sari ke dalam bakal biji padaperistiwa pembuahan. Tepi liang ini seringkali tumbuhmenjadi badan berwarna keputih-putihan,lunak, yangdisebut karunkula (caruncula), seperti pada biji jarak. Berkas pembuluh pengangkutan (chalaza), yaitutempat pertemuan integumen dengan nucleus, masihkelihatan pada biji anggur. Tulang biji (rophe), yaitu terusan tali pusar padabiji, biasanya terlihat pada biji yang berasal dari bakalbiji yang mengangguk (anatropus). Contohnya padabiji jarak.
    • Tali pusar merupakan bagian yangmenghubungkan biji dengan tembuni, jadimerupakan tangkainya biji. Jika biji masak,biasanya biji terlepas dari tali pusarnya (tangkaibiji), dan pad biji hanya tampak bekasnyayangdikenal sebagai pusar biji.
    • Inti biji ialah semua bagian biji yang terdapat didalam kulitnyua. Inti biji juga dapat dinamakan isibiji. Inti biji terdiri atas :a. Lembaga (embryo), merupakan calon individubaru.b. Putih lembaga (albumen), jaringan yang berisicadangan makanan untuk masa permulaankehidupan tumbuhan baru (kecambah),sebelum dapat makanan sendiri.
    • A. 3 bagian utama tubuh lembaga :1. Akar lembaga atau calon akar (radicula), biasanyaakan tumbuh terus menjadi akar tunggang dalamDicotyledoneae. Ujung akar lembaga menghadapke arah liang biji, dan pada perkecambahan bijiakar itu akan tumbuh menembus kulit biji dankeluar melalui liang tadi. Pada rumput (Gramineae),akar lembaga dalam biji diselubungi oleh suatusarung yang dinamakan sarung akar lembaga(coleorhiza). Pada perkecambahan biji coleorhizajiga akan tertembus dan sisanya akan tinggal sbgbadan yang melingkar pada pangkal akar.
    • 2. Daun lembaga (cotyledo), merupakan daunpertama suatu tumbuhan. Fungsi daunlembaga:• Sebagai tempat penimbun makanan, tebal danmempunyai bentuk cembung pada satu sisi danrata pada sisi yang lain, biasanya berjumlah duadan duduk berhadapan pada sisi yang rata tadi.Sehingga biji tampak terdiri atas 2 belahan atau2keping.• Sebagai alat utk melakukan asimilasi.• Sebagai alat penghisap makanan utk lembagadari putih lembaga. Alat itu berbentuk tipisseperti perisai kecil dinamakan skutelum.
    • 3. Batang lembaga (cauliculus)2 bagian batang lembaga : Ruas batang di atas daun lembaga Ruas batang di bawah daun lembaga.Pucuk lembaga (plumula) adalah bagian batanglembaga beserta calon-calon daun.Sarung pucuk lembaga adalah selubung pucuklembaga .
    •  Tumbuhan biji tunggal (monocotyledoneae) adalahtumbuhan yang lembaganya hanya mempunyai satudaun lembaga. Daun lembaga tersebut berbentukseperti perisai dan bertugas untuk menghisapmakanan dari putih lembaga dan dinamakanskutelum. Tumbuhan biji belah (Dicotyledoneae) adalahtumbuhan yang terdiri dua belahan atau dua kepingdaun lembaga Tumbuhan yang bijinya memepunyai lembagadengan lebih dari dua daun lembaga, dapat sampai15 . Biji tersebut hanya ditemukan pada bijitelanjang (Gymnospermae)
    • Putih lembaga adalah bagian biji, yang terdiriatas suatu jaringan yang menjadi tempatcadangan makanan bagi lembaga. Tidak semuabiji mempunyai putih lembaga, seperti misalnyapada biji tumbuhan berbuah polong, cadanganmakanan tidak tersimpan dalam putih lembagamelainkan dalam daun lembaga, sehingga daunlembaganya menjadi lebat.
    •  Putih lembaga dalam (endospermium), jika jaringanpenimbun makanan itu terdiri atas sel-sel yangberasal dari inti kandung lembaga sekunder yangkemudian setelah dibuahi oleh salah satu intisperma lalu membelah-belah menjadi jaringanpenimbun makanan ini. Melihat asalnya putihlembaga dalam ini, maka biji dengan bagian inihanya dapat ditemukan pada tumbuhan bijitertutup. (Angiospermae). Putih lembaga luar (perispermium), jika bagian iniberasal dari bagian biji di luar kandung lembagaentah dari nuselus entah dari selaput bakal biji.
    •  Tumbuhan yang masih kecil, belum lama muncul dari biji,dan masih hidup dari persediaan makanan yang terdapatdi dalam biji, dinamakan kecambah (plantula). Kecambahberasal dari lembaga. Perkecambahan dibedakan atas 2 macam, yaitu :1. Perkecambahan di atas tanah (epigaeis), yaitu jika padaperkecambahan, karena pembantangan ruas batang dibawah daun lembaga, daun lembaganya lalu terangkatke atas, muncul di atas tanah, misalnya pada karanghijau, daun lembaganya lalu berubah warnanya menjadihijau, dapat digunakan untuk asimilasi, tetapi umumnyatidak panjang. Daun lembaga itu kemudian gugur, dansementara itu pada kecambah sudah terbentuk daun-daun normal yang dapat melakukan tugas asimilasi.
    • 2. Perkecambahan di bawah tanah (hypogaeis)Bila daun lembaga tetap tinggal di dalam kulit biji,dan tetap di dalam tanah, seperti terdapatmisalnya pada biji kacang kapri.Syarat biji berkecambah : air, udara, cahaya, danpanas. Jika syaratnya tidak terpenuhi makatumbuhan baru yang berada di dalam lembaga,berada di dalam keadaan tidur. Sebelum dicukupiwaktu istirahat yang diperlukan, biji tidak mautumbuh, walaupun ada air, udara, tanah, cahaya,dan panas. Dalam dunia pertanian gejala itudikenal dengan dormansi (dormancy)