Nim :20130230001
jur : T.elektro
INTERNET
Internet (kependekan dari interconnectionnetworking) adalah seluruh jaringan komputer yang
saling terhubung mengg...
Ini adalah gambaran sederhana internet
Selanjutnya tentang Diagram internet
Sebuah diagram tentang bagaimana Internet bekerja
menunjukkan Anda dalam bentuk gamba...
la
Cara Kerja Internet – Protokol TCP/IP
Bagaimana cara komputer melakukan komunikasi dengan komputer lain yang terhubung ke ...
JARINGAN KOMPUTER DUNIA
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri
atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi
su...
Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Clientserver) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jarin...
JARINGAN INFORMASI
Sistem informasi jaringan (Inggris: network
information system disingkat NIS) adalah sebuah
protokol yang digunakan untuk ...
SKEMA PERALATAN SATELIT
Selain akses internet melalui modem, dapat pula memanfaatkan
teknologi ISDN(Integrated System Digi...
. Dalam konfigurasi VSAT ada tiga komponen utama yang dibutuhkan, yaitu :
a. Stasiun Hub, merupakan hub berbentuk piringan...
BAGAIMANA INTERNET BEKERJA?

Internet

WWW servers

(WWW)
pemakai
(clients)
melakukan
browsing


 Web site
Pembuat web s...
cara kerja internet
Pertama-tama, mari kita kenalan sedikit dengan IP address. Jadi,
karena internet ini merupakan jaringa...
Marauli te,cr kerja internet
Marauli te,cr kerja internet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Marauli te,cr kerja internet

197

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
197
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Marauli te,cr kerja internet

  1. 1. Nim :20130230001 jur : T.elektro
  2. 2. INTERNET Internet (kependekan dari interconnectionnetworking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
  3. 3. Ini adalah gambaran sederhana internet
  4. 4. Selanjutnya tentang Diagram internet Sebuah diagram tentang bagaimana Internet bekerja menunjukkan Anda dalam bentuk gambar bagaimana halhal yang terhubung sehingga Internet bekerja. Sebuah diagram sederhana menunjukkan komputer Anda terhubung ke Internet dan komputer lain yang terhubung di sisi lain dari Internet dan masing-masing memiliki alamat IP yang terpisah. Dan di bawah ini adalah contoh dari diagram internet.
  5. 5. la
  6. 6. Cara Kerja Internet – Protokol TCP/IP Bagaimana cara komputer melakukan komunikasi dengan komputer lain yang terhubung ke internet? Kita lihat contohnya. Misalnya IP address anda adalah 1.2.3.4 dan anda ingin mengirimkan pesan ke komputer dengan IP address 5.6.7.8. Pesan yang anda tulis berupa kata ‘Hello 5.6.7.8!’. Pesan tersebut harus dikirim melalui saluran yang menghubungkan komputer anda ke internet. katakanlah anda telah terhubung ke ISP anda dari rumah dan pesan yang bersangkutan harus dikirim melalui saluran telepon. Oleh karena itu, pesan yang awalnya berupa teks abjad harus diterjemahkan menjadi sinyal elektronik, ditransmisikan melalui internet, lalu diterjemahkan kembali ke dalam teks abjad. Bagaimana caranya ya? Nah, proses ini dilakukan oleh lapisan-lapisan protokol. Setiap komputer protokol untuk berkomunikasi di internet. Protokol yang digunakan pada internet ini disebut sebagai protokol TCP/IP. Apa saja sih tahapan-tahapan yang terjadi pada protokol TCP/IP? Sebelumnya, kami perkenalkan 4 layer (lapisan) utama pada protokol TCP/IP, yaitu Application layer, TCP layer, IP layer dan hardware. Berikut penjelasannya : - Pesan yang bersangkutan akan memulai perjalanan dari Application layer dan melanjutkannya ke TCP layer. Setiap paket akan diberi nomor port. Protokol harus tahu di komputer tujuan program mana yang akan menerima pesan, itulah sebabnya paket dilengkapi dengan nomor port. - Setelah melalui TCP layer, paket akan melanjutkan perjalanan ke IP layer dimana setiap paket akan menerima alamat tujuan, yaitu 5.6.7.8 (berdasarkan contoh). - Kini paket pesan anda telah memiliki nomor port dan IP address serta siap untuk dikirim melalui internet. Sedangkan hardware layer akan mengubah paket yang awalnya berisi teks abjad ke sinyal elektronik untuk kemudian mengirimkannya melalui saluran telepon. - Di ujung lain saluran telepon, ISP anda telah memiliki koneksi langsung ke internet. Kemudian router ISP akan memeriksa alamat tujuan pada setiap paket data serta menentukan akan dikirim ke mana paket yang bersangkutan tadi. Untuk menentukan IP yang menjadi target, biasa dipergunakan system DNS (Domain Name Server) yang berfungsi untuk merubah nama dari berbentuk huruf (A-Z, -, 0-9) menjadi data berbentuk angka. - Akhirnya, paket akan sampai di komputer tujuan, yaitu komputer dengan IP address 5.6.7.8. Disini, paketpaket akan mulai melakukan perjalanan pulang. Selama perjalanan pulang, semua data-data routing (seperti IP address dan nomor port) yang disertakan sebelumnya akan dilucuti dari paket. - Saat data tersebut sampai pada application layer, maka paket telah berubah kembali ke bentuk aslinya, yaitu ‘Hello 5.6.7.8!’
  7. 7. JARINGAN KOMPUTER DUNIA
  8. 8. Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.
  9. 9. Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Clientserver) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klienserver pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen(server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client).Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, misalnya file-server, print-server, database server dan sebagainya.Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras{harddisk), maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.
  10. 10. JARINGAN INFORMASI
  11. 11. Sistem informasi jaringan (Inggris: network information system disingkat NIS) adalah sebuah protokol yang digunakan untuk menamai dan menawarkan layanan direktori dalam beberapa platform UNIX. NIS berfungsi sebagai "buku telepon" yang dapat digunakan untuk menemukan sumber daya dalam sebuah jaringan berbasis TCP/IP. Karenanya, nama asli dari protokol NIS adalah Yellow Pages. NIS mengizinkan para pengguna dan aplikasi yang terdistribusi melalui jaringan untuk menemukan dan mengakses berkas serta aplikasi di manapun di dalam jaringan dengan mengakses sebuah NIS Server pusat. Informasi yang disediakan oleh NIS Server contohnya adalah berkas password (/etc/passwd), tabel host (/etc/hosts), dan alamat e-mail.
  12. 12. SKEMA PERALATAN SATELIT Selain akses internet melalui modem, dapat pula memanfaatkan teknologi ISDN(Integrated System Digital Network) dan Satelit. Teknologi ini masih tergolong mahal untuk digunakan oleh perorangan. Perusahan-perusahan besar atau organisasi telah banyak yang menggunakannya. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider). ISDN adalah jaringan digital yang memberikan berbagai macam pelayanan jasa telekomunikasi yang berlaku di seluruh dunia, dan merupakan tansisi sistem telepon analog ke sistem digital. ISDN memungkinkan transmisi gabungan semua dan setiap informasi yang mecakup suara, gambar, surat kabar, diagram dan videoconferencing. ISDN diperkenalkan pada tahun 1970 di Eropa. Teknologi ISDN mampu melakukan transfer data hingga kecepatan 128 kbps (kilo bit per second). Akses internet satelit dapat pula melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal). Konfigurasi VSAT yang banyak dipakai dan diterapkan dalam sistem multimedia adalah berbentuk star.
  13. 13. . Dalam konfigurasi VSAT ada tiga komponen utama yang dibutuhkan, yaitu : a. Stasiun Hub, merupakan hub berbentuk piringan yang besar yang dipasangkan menghadap langsung ke satelit. sebagai pengatur semua lalu lintas atau rute data pada jaringan VSAT. Setiap terminal VSAT lain (piringan kecil) mengirim atau menerima data harus melalui stasiun hub terlebih dahulu. b. Satelit, disebut juga dengan transfoder yang merelay sinyal dari terminal satu ke terminal lainnya. Satelit yang umumnya digunakan adalah satelit GEO ( Geostationer Earth Orbiting) c. Terminal VSAT, Terminal yang berbentuk piringan dengan ukuran lebih kecil dari statsiun hub. Terminal VSAT ditempatkan pada pelanggan dengan menghadap langsung pada satelit GEO yang digunakan. Bandwitdh besar menggunakan piringan lebih kecil dan sebaliknya bandwidth kecil menggunakan piringan yang lebih besar.
  14. 14. BAGAIMANA INTERNET BEKERJA? Internet WWW servers (WWW) pemakai (clients) melakukan browsing   Web site Pembuat web site menulis HTML berupa file HTML
  15. 15. cara kerja internet Pertama-tama, mari kita kenalan sedikit dengan IP address. Jadi, karena internet ini merupakan jaringan komputer global, maka setiap komputer yang terhubung ke internet harus memiliki alamat yang unik yang disebut dengan IP address. Jika anda terhubung ke internet melalui Internet Service Provider (ISP), maka anda akan diberi alamat IP sementara selama durasi sesi dial-in anda, Tapi jika anda terhubung ke internet melalui local area network (LAN), maka komputer anda akan memiliki IP address permanen atau mungkin juga mendapat alamat sementara dari server DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Secara singkat, dalam sebuah proses pengiriman paket data, sebuah komputer pengguna (client computer) harus terhubung terlebih dahulu ke sebuah server agar bisa terhubung ke jaringan internet. Tugas server adalah mengatur akses serta mengirimkan paket-paket data dari dan ke internet. Yang menghubungkan komputer pengguna dengan server adalah protokol.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×