Internet maisarah jufri xi ipa 1

677 views
570 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
677
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
33
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Internet maisarah jufri xi ipa 1

  1. 1. By : Maisarah Jufri Class : XI IPA 1SMAN1 lhokseumawe
  2. 2. A.Pengertian Internet Internet (Interconnected network) adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia dimana antara satu komputer dengan komputer lain di dunia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi. Internet merupakan forum global yang tidak membatasi negara, birokrasi,manusia, dan waktu, sehingga antar manusia dapat saling bertukar informasi dan dapat memberdayakan informasi tersebut.
  3. 3. B.FASILITAS INTERNET Secara garis besar internet memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh pengguna, guna memenuhi kepentingannya. Di antara fasililitas tersebut adalah sebagai berikut : World Wide Web (WWW) World Wide Web (WWW) atau lebih dikenal dengan istilah web .web memberikan layanan dengan tampilan canggih serta file (termasuk teks, audio, grafik, dan video) dengan menggunakan hypertext links) yang ditampilkan dapat disimpan dari computer satu ke computer lain dimanapun berada dalam waktu singkat dan cepat Electronic Mail (E-Mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat/berita dengan orang lain, tanpa mengenal batas, waktu, ruang bahkan birokrasi. E-Mail merupakan salah satu contoh wahana pengakses informasi superhighway. E-Mail merupakan wahana yang paling tua dan paling populer sebagai pengakses informasi. E-Mail memungkinkan seorang individu mengirimkan pesannya langsung ke individu lain dalam waktu yang cepat. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan E-mail digunakan untuk berkomunikasi pada orang banyak, misalnya dengan mengirimkan pesan pada sebuah kelompok alamat dan kelompok alamat ini mengirimkannya pada nomor-nomor E-Mail lain yang termasuk dalam mailing listnya.
  4. 4.  Mailing List Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan e-mail. Mailing list ini umumnya digunakan untuk bertukar informasi, pendapat, dan lain sebagainya dalam jarak jauh. Mailing list adalah sistem yang mengirim pesan-pesan untuk kelompok orang, bisa berupa berita, artikel, catatan, dan sebagainya. Seiring dengan terbentuknya berbagai kelompok, maka terdapat ribuan mailing list di seluruh dunia. Setiap mailing list memiliki seorang individu yang menjadi penanggung jawab Bulletin Board System Lebih populer dengan sebutan BBS. BBS adalah tempat menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topik yang sudah ditentukan. Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia. Setiap BBS memiliki seorang "administrator". Untuk memanfaatkan BBS, seorang individu bisa menghubunginya melalui Telnet dan memilih dari sistem menu. Telnet Fasilitas ini digunakan untuk masuk ke sistem komputer tertentu dan bekerja pada sistem komputer yang lain. Chatting Fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakapcakap atau ngobrol di internet.
  5. 5.  Newsgroup Fasilitas ini digunakan untuk berkonferensi jarak jauh, sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet File Transfer Protokol Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu komputer ke komputer lain di internet.Beberapa di internet telah tersedia file atau dokumen yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis (free). Gopher Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang disimpan pada internet server dengan menggunakan hirarki menu dan anda dapat mengambil informasi tersebut.
  6. 6. Misalnya anda akses internet malam hari di Konektivitas dan jangkauan global P4TK Matematika maka di belahan dunia Dalam internet jaringan yang terjalin lain (misalnya Afrika dan Amerika) sedang bersifatglobal tanpa mengenal giat-giatnya bekerja, demikian juga ruang,waktu, dan birokrasi, dimana akses sebaliknya. data dan informasi melampaui batas-batas  Kecepatan negara dan protokoler. Kecepatan untuk mendapatkan informasi Misalnya anda membutuhkan referensi dan dan berkomunikasi di internet menjadi sumber informasi untuk kebutuhan riset, salah satu pertimbangan pengguna dalam maka akan dijumpai berbagai sumber dan menggunakan internet. Pencarian informasi dalam internet secara global informasi dengan internet jauh lebih cepat tanpa harus mendatangi sumber dan dibandingkan dengan pencarian secara informasi tersebut. Di samping itu apabila manual. Anda tinggal klik pada salah satu anda pelaku bisnis dan akan icon dan tunggu beberapa saat, maka menginformasikan produk anda, maka di informasi tersebut sudah anda dapatkan. internetlah sebagai salah satu bentuk  Interaktivitas dan fleksibilitas promosi kepada pengguna di seluruh dunia. Pendek kata hampir seluruh Dalam dunia internet komunikasi dengan kebutuhan informasi tersedia di internet pengguna di belahan dunia, dapat anda dengan jangkauan global tanpa batas- lakukan tanpa batas ruang dan waktu. batas negara. Komunikasi yang anda lakukan dapat secara interaktif, misalnya dengan fasilitas Akses 24 jam chatting. Di samping itu anda dapat Akses di internet tidak dibatasi dengan mengikuti informasi perkembangan waktu, karena dimana pun dan kapan pun terbaru, misalnya dalam bisnis secara dunia maya (akses internet) tidak pernah fleksibel dan dapat dikomunikasikan terlelap tidur. Perbedaan zone waktu dan dengan pengguna lain. ruang tidak dikenal dalam menjelajah internet.
  7. 7.  Ancaman virusSalah satu masalah dalam dunia internet adalah ancaman virus yang selaluberkembang seiring perkembangan dunia komputer maupun perkembanganinternet itu sendiri. Berbagai virus telah berkembang dan penyebarannya punbervariatif, khususnya menyebar lewat jaringan global internet, baik lewat e-mailmaupun file-file yang di download. Ketergantungan pada jaringan telepon, satelit dan Internet Service ProviderFasilitas jaringan telepon, bahkan satelit serta ISP menjadi sangat berpengaruhterhadap biaya pemakaian internet. Apabila anda akses internet dial-up, makakenaikan tarif pulsa telepon dan ISP menjadi pengaruh yang cukup kuatterhadap akses internet.Selain itu saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat, yang pada gilirannyaakan berpengaruh terhadap waktu akses internet dan biaya akan lebih mahal. Disamping itu terbatasnya bandwitdh sistem transmisi yang disediakan ISP danbanyaknya pelanggan yang akses internet dalam waktu bersamaan akanmempengaruhi akses internet.
  8. 8. Browsing merupakan salah satu kegiatan dalam menjelajah internet untukmendapatkan informasi yang terkini tanpa batas dan tanpa birokrasi. Untukmendapatkan informasi tersebut diperlukan software yang dikenal denganbrowser.Browser tersebut antara lain, Internet Explorer, Netscape, Opera, Mozilla Firefox,dll. Namun demikian browser yang paling banyak digunakan oleh user adalahInternet Explorer disusul dengan Mozilla Firefox. Hal ini disebabkanpenggunaannya yang sangat mudah dan secara otomatis terinstalasi pada saatproses instalasi sistem operasi Windows.Pada internet inilah anda akan menemukan informasi terkini dan aktual, baikinformasi mengenai politik, ekonomi, sosial, budaya dan keamanan serta hiburanbahkan berbagai referensi dan lain sebagainya.Di dalam mencari informasi atau menelusuri web site diperlukan alamat web siteyang dituliskan pada browser yang anda gunakan. Proses browsing untukmendapatkan informasi yang anda butuhkan dapat dapat dilakukan secaralangsung pada alamat web site tersebut
  9. 9. Search Engine merupakan web site atau situs tertentu yang dirancang khususuntuk menyimpan katalog dan menyusun daftar alamat berdasarkan topictertentu.Dengan search engine dapat menemukan alamat web site tertentu sesuaidengan kata kunci yang diisikan atau dengan memilih topik tertentu.Dibawah ini beberapa search engine yang ada antara lain sebagai berikut:Nama Web Site Alamat Web SiteYahoo! http://www.yahoo.comAltavista http://www.altavista.comGoogle http://www.google.comLycos http://www.lycos.comInfoSeek http://www.infoseek.comExcite http://www.excite.comGoto http://www.goto.comCatcha http://www.catcha.co.idAOL Anywhere httg://www.aol.com
  10. 10. Langkah untuk menggunakan search pada Internet Explorer adalah sebagaiberikut:• Klik tombol Search dan dilayar akan terlihat task pane Search di sebelahkanan atau jendela browser akan terbagi menjadi dua bagian.• Klik Provider Search Engine yang tersedia sesuai dengan keinginan padaposisi sebelah kiri.• Ketikkan kata kunci (Keyword) pada box pencarian, kemudian klik tombolsearch.• Internet akan melakukan proses pencarian pada web site diseluruh duniayang mengandung kata kunci yang anda ketikkan sebelumnya (keyword).• Untuk menyembunyikan taskpane pencarian, gunakan klik tombol Searchkembali.•Pada alamat website Search Engine seperti tersebut di atas anda dapat memilihkategori/kelompok sesuai dengan keinginan atau mengetikkan keyword padakotak pencarian yang tersedia, kemudian klik tombol Search
  11. 11. 1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidi kan, kebudayaan, dan lain-lain6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
  12. 12. 1. Pornografi Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen „browser‟ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.2. Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat „menjual‟ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.3. Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.4. Carding Karena sifatnya yang „real time‟ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.5. Perjudian Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.6. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).7. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.8. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).9. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan- batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet
  13. 13. 1.INTERNET & KELUARGA Pertama, jika di rumah kita ada anak di bawah umur, gunakan Internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau di tempat yang mudah diawasi oleh kita. Jika diperlukan, berilah penjadwalan / pembatasan waktu untuk anak dalam menggunakan Internet. Kedua, pelajarilah sarana komunikasi dan kandungan informasi yang ditawarkan oleh Internet, secara bersama dengan anggota keluarga yang lain. Ajukanlah pertanyaan kepada mereka. Dengan banyak bertanya, kita bisa menggali sejauh mana mereka memahami Internet, juga tentang cara menggali informasi yang bermanfaat, sekaligus menjauhi informasi yang negatif. Ketiga, berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi / menjawab setiap e-mail ataupun private chat dari orang yang tak dikenal, termasuk tidak membuka file kiriman (attachment) dari siapapun dan dalam bentuk apapun. Keempat, pertegaslah kepada siapapun yang menggunakan Internet di rumah kita untuk tidak memberikan data pribadi / keluarga, alamat rumah / sekolah, nomor telepon, tanggal lahir, password dan data diri lainnya kepada orang yang tak dikenal, ataupun saat mengisi informasi data diri di situs personal, blog ataupun situs lainnya di Internet semisal Friendster.com atau MySpace.com Kelima, mintalah kepada anak di bawah umur untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas atau yang membuat mereka tidak nyaman, baik disengaja ataupun tidak sengaja terbuka. Bujuklah agar mereka terbiasa bercerita kepada kita tentang segala sesuatu yang mereka temui di Internet. Keenam, tegaskan kepada anak maupun remaja di rumah kita untuk tidak gegabah merencanakan pertemuan langsung (face-to-face) engan seseorang yang baru mereka kenal di Internet. Jika memang mereka bersikeras untuk tetap bertemu, maka harus dipastikan ada orang dewasa yang menemani dan pertemuannya harus berlangsung di tempat umum/ publik.
  14. 14. Secara umum, software pengaman tersebut terdiri atas: Software Anti-Spyware. Software ini secara khusus akan berfungsi mendeteksi dan mencegah program jahat seperti sypware dan adware yang gemar menyedot data-data rahasia / privasi kita secara diam-diam. Contoh software: Ad-Aware. Software Browser Anak.Software browser adalah yang menjadi perantara utama antara Internet dengan komputer yang digunakan. Browser anak secara umum telah dirancang untuk semaksimal mungkin menyaring berbagai situs, gambar atau teks yang tak layak diterima anak. Browser anak juga didisain untuk menarik dan mudah digunakan oleh anak.Contoh software: Hekko Software Parental (Filter, Monitor dan Penjadwalan).Software ini untuk mencegah anak sengaja atau tidak sengaja membukan dan/atau melihat berbagai gambar yang tak layak (pornografi, sadisme, dan sebagainya) yang terdapat di situs Internet. Software ini juga akan memudahkan orang tua ataupun pengasuh untuk memonitor aktifitas anak selama online dengan berbagai variasi metode pengawasan. Fungsi lain dari software ini adalah untuk membatasi jumlah / durasi waktu anak dalam menggunakan Internet. Termasuk untuk pengaturan hari dan jam tertentu sehingga komputer dapat atau tidak dapat digunakan oleh anak untuk ber-Internet. Contoh software: iProtectYou.software : Crawler Parental Control. Software Firewall. Software ini akan membantu kita mencegah orang jahil (semisal hacker) yang berkeliaran di Internet dan mencoba menerobos masuk ke komputer kita untuk mencuri atau merusak data didalamnya, selama kita terhubung dengan Internet. Contoh software: ZoneAlarm.
  15. 15. Resiko : Eksploitasi atas anak dalam berbagai bentuk, dari penipuan, hingga pelecehan seksual. Materi negatif lainnya semisal Terpapar berbagai konten yang tidak layak (pornografi, materi SARA, hasutan berbuat negatif, iklan merokok atau meminum minuman beralkohol, atau bahkan resep membuat materi berbahaya semisal racun, bahan peledak, dan sebagainya) Dengan semakin mudah dan semakin banyaknya file musik dan game yang bisa didownload, maka semakin tinggi pula resiko terkena serangan virus Tanpa disadari, beberapa aktifitas download berbagai materi dari Internet merupakan pencurian hak atas kekayaan intelektual (hak cipta)Pencegahan : Orang tua memegang peranan yang besar dalam mengajarkan perilaku ber- Internet yang sehat kepada anak. Baik kita sebagai orang tua maupun anak kita harus mempelajari dan memahami tentang berbagai resiko yang dihadapi ketika berkomunikasi dengan orang yang tak dikenal melalui Internet. Definisikan secara jelas dan gamblang Aturan Penggunaan Internet di rumah. Kemudian tulis dan pasang aturan tersebut di tempat yang dapat dibaca oleh semua anggota keluarga. Tegaskan untuk tidak mendownload materi yang secara nyata merupakan materi ilegal, bajakan atau melanggar hak cipta. Tetaplah menjalin komunikasi yang baik dengan anak kita, berapapun usianya.
  16. 16.  Pasang software Firewall. Software ini akan melindungi komputer dari hacker atau orang jahat yang ingin menerobos masuk melalui Internet dan mengacak-acak privasi. Selalu lakukan update seluruh software, secara rutin. Ini untuk mencegah adanya pihak yang memanfaatkan kelemahan pada suatu software untuk merusak komputer. Gunakan software antivirus yang terkini, dan selalu di update secara rutin. Antivirus akan membantu kita melindung komputer dari serangan worm dan virus. Cari tahu dan pelajari berbagai jenis / fitur software parental yang tersedia, sehingga apabila diperlukan dapat dipasang di komputer. Lindungi diri anda dari kemungkinan berbagai penipuan bisnis melalui Internet, baik yang ditawarkan melalui e-mail, situs Internet ataupun chatroom. Waspadalah terhadap e-mail spam (sampah) ataupun phising (penipuan) Jangan sembarang mendownload dan menginstal software dari Internet, karena bisa saja didalamnya disusupi software jahat untuk mencuri data hingga merusak komputer.
  17. 17. Spam adalah e-mail sampah yang kerap datang bertubi-tubi ke mailbox kita, tanpa kita kehendaki. Isi dari spam tersebut bermacam, dari sekedar menawarkan produk / jasa hingga penipuan berkedok bisnis kerjasama, dari tawaran multi-level marketing hingga penyebaran virus. Untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir masuknya spam ke mailbox kita, berikut ini beberapa kiat yang bisa dilakukan: Tak usah merespon / menjawab / membalas e-mail yang dikirim dari orang yang tidak kita kenal. Waspadalah, mengirimkan e-mail “remove”, “unsubscribe” atau sejenisnya ke pengirim spam (spammer) justru akan memberikan informasi bahwa e-mail kita aktif kepada mereka, yang akan berakibat semakin membanjirnya spam ke mailbox kita. Jangan pernah membuka atau meng-klik link situs yang ditawarkan atau diinformasikan oleh e-mail yang kita tak kenal pengirimnya. Buatlah dan gunakan alamat e-mail yang berbeda untuk tiap keperluan, bedakan e-mail yang digunakan untuk keperluan pribadi (termasuk keperluan sekolah ataupun keperluan pekerjaan) dengan e-mail yang ntuk keperluan mendaftar di mailing-list tertentu atau mengisi suatu formulir online di sebuah situs. Hindari memberikan alamat e-mail pribadi ke sembarang orang, termasuk memasangnya di situs (personal ataupun resmi), blog, Friendster ataupun MySpace. Jika menerima spam lokal (berbahasa Indonesia), segera hubungi tim khusus penanggulangan spam nasional melalui e-mail abuse@apjii.or.id Apabila diperlukan, pasang software antispam di komputer kita, misalnya software MailWasher (www.mailwasher.net). nformasi tentang perkembangan spam secara global / internasional, dapat diakses di situs www.spamhaus.org
  18. 18. Situs Edukasi dan Hiburan Situs Teknologi Komputer(Berbahasa Inggris) untuk TK – SD: - detikINET.com- Yahooligans.com - IlmuKomputer.com- Funbrain.com - Sony-AK.com- Nick.com - InfoKomputer.com- Funschool.com - KomputerAktif.com- Learningplanet.com Situs Bursa KerjaSitus Ilmu dan Pendidikan - Jobsdb.com(Berbahasa Indonesia) untuk SMP-SMA - Infokarir.com- E-dukasi.net - Karir.com- Chem-is-try.org - Infokerja.web.id- Sekolahindonesia.com - Jobstreet.com- Beritaiptek.com Situs Belanja- E-smartschool.com - Bhinneka.comSitus Berita dan Informasi - Indoflorist.com- Detik.com - Glodokshop.com- Kompas.com - Indo.com- Liputan6.com - Disctarra.com- Mediaindo.co.id Situs Lainnya- Republika.co.id - Fotografer.netSitus Keluarga - Detiksport.com- HanyaWanita.com - Forumponsel.com- Detikfood.com - Musikindo.com- Balita-Anda.com - Anjingkita.com- Anggrek.org- Ayojajan.com
  19. 19. This Presentation Created By : Maisarah Jufri XI IPA 1 SMAN1 LHOKSEUMAWE Facebook : Maisarah Jufri Instagram : @MAISARAHJUFRII LINE : SARAHJUFRI24 SKYPE : SARAHJUFRI24THANKS FOR DOWNLOAD MY PRESENTATION COMMENT AT OUR BLOG PLEASE O:) SEMOGA BERMANFAAT

×