• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Part 3   teori konsumsi, tabungan, dan investasi
 

Part 3 teori konsumsi, tabungan, dan investasi

on

  • 12,264 views

Materi Ekonomi Makro part 3

Materi Ekonomi Makro part 3

Statistics

Views

Total Views
12,264
Views on SlideShare
12,177
Embed Views
87

Actions

Likes
0
Downloads
229
Comments
0

5 Embeds 87

http://www.tediakadsuki.blogspot.com 34
http://www.docshut.com 25
http://tediakadsuki.blogspot.com 19
http://www.slashdocs.com 5
http://www.docseek.net 4

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Part 3   teori konsumsi, tabungan, dan investasi Part 3 teori konsumsi, tabungan, dan investasi Presentation Transcript

    • Teori Ekonomi Makro 3
    • C + I + G + (X-M) = PDB(+) Pendapatan Faktor Produksi Domestik yg ada di LN(-) Pembayaran Faktor Produksi Domestik yg ada DN = PNB(-) Penyusutan = PNN(-) Pajak tak langsung(+) Subsidi = PN(-) laba ditahan(-) Pembayaran asuransi sosial(+) Pendapatan bunga personal dr Pemerintah dan konsumen(+) Penerimaan bukan balas jasa = PP(-) Pajak pendapatan personal = Pendapatan Personal Disposable
    • Teori Konsumsi Besar kecilnya pengeluaran konsumsi hanya didasarkan besar kecilnya tingkat pendapatan masyarakat. (Keynes) Pengeluaran konsumsi meningkat dengan bertambahnya penghasilan Ada dua hal penting: 1) MPC < APC, dan 2) APC orang kaya lebih kecil daripada APC orang miskin. Pengeluaran konsumsi dipengaruhi faktor-faktor lain seperti: kekayaan, tingkat sosial ekonomi, tingkat harga, selera, tingkat bunga dan lain-lain.
    • Lanjutan … Secara teoritis dalam kegiatan makro, kegiatan besar dalam mengkonsumsikan dilakukan 2 sektor utama yaitu sektor pemerintah (G) dan rumah tangga (C). Konsumsi pemerintah memiliki hak dengan sendiri untuk “mengurangi atau menambah”. (dapat mempelajari teori ekonomi publik)
    • Besar kecilnya konsumsidipengaruhi oleh beberapa hal : Tingkat pendapatan dan kekayaan Suku bunga dan spekulasi Sikap berhemat Budaya, gaya hidup Keadaan perekonomian
    • 1. Teori Konsumsi dengan HipotesisSiklus Hidup Teori konsumsi dengan hipotesis ini dikemukakan oleh Ando, Brumberg Modigliani yaitu tiga ekonom besar yang hidup di abad 18. Teori ini membagi pola konsumsi seseorang menjadi 3 bagian berdasarkan umur seseorang Bagian petama dari umur nol tahun hingga berusia tertentu dimana orang tersebut dapat menghasilkan pendapatan sendiri. Sebelum orang tersebut dapat menghasilkan pendapatan sendiri maka mengalami dissaving.
    • Lanjutan 1… Bagian kedua dimana seseorang berusia kerja dan dapat menghasilkan pendapatan sendiri lebih besar dari pengeluaran konsumsinya pada bagian ini mengalami saving. Bgian ketiga dimana ia berada pada usia tidak bekerja lagi (tua) dan tidak mampu menghasilkan pendapatan sendiri mengalami dissaving lagi.
    • Kurva Pengeluaran KonsumsiDengan Hipotesis Siklus Hidup C Y C I III II t 0 t0 t1 t2
    • Lanjutan 1… Teori AMB fungsi konsumsi adalah C = aW a = MPC/Marginal Propensity to Comsume dan a tergantung: umur, selera, dan tingkat bunga W adalah nilai sekarang (present value/pv) dari kekayaan yaitu : 1) pv dari penghasilan dari kekayaan seperti bunga, sewa dan sebagainya; 2) pv dari penghasilan sebagai balas jasa kerja misalnya upah, gaji; 3) pv dari upah yang dihrpkan akan diterima salama hidup.
    • 2. Teori Konsumsi Dgn HipotesisPendapatan Relatif Teori konsumsi dikemukakan oleh James Duesenberry, dengan membuat dua asumsi :1. Selera sebuah rumah tangga atas barang konsumsi adalah interdependent, yaitu terpengaruh atas pengeluaran yang dilakukan oleh tetangga.2. Pengeluaran konsumsi adalah irreversible, artinya pola pengeluaran pada saat penghasilan naik berbeda dengan pola pengeluaran pada saat penghasilan mengalami penurunan.
    • Lanjutan 2 … Pengeluaran konsumsi suatu rumah tangga sangat tergantung pada posisi rumah tangga tersebut pada masyarakat sekelilingnya. Fungsi konsumsi jangka panjang didasarkan pada asumsi kedua, besarnya pengeluaran konsumsi dipengaruhi besarnya pendapatan tertinggi yang pernah dicapai. Bentuk fungsi konsumsi C/Y = f (Y/Y*) dimana Y adalah penghasilan pada tahun tertentu dan Y* adalah penghasilan tertinggi pada masa lalu.
    • Kurva Pengeluaran Konsumsi denganHipotesis Pendapatan Relatif CL C C3 D F C2 A C1 B E 0 Y2 Y0 Y1 Y
    • 3. Teori Konsumsi dgn HipotesisPendapatan Permanen Teori ini dikemukakan oleh Milton Friedman dimana pendapatan masyarakat dibagi jadi dua : pendapatan permanen dan pendapatan sementara. Definisi pendapatan permanen1. Pendapatan yang selalu diterima pada setiap priode tertentu dan dapat diperkirakan terlebih dahulu misalnya penghasilan dari upah.2. Hasil dari semua faktor yang menentukan kekayaan seseorang (yang menciptakan kekayaan adalah rumah tangga) ada 2 kategori yaitu kekayaan non manusia dan kekayaan manusia.
    • Lanjutan 3 …Kekayaan non manusia adalah kekayaan fisik (barang konsumsi tahan lama : gedung, bangunan) dan kekayaan finansial (saham, surat berharga)Kekayaan manusia adalah kemampuan yang melekat pada diri manusia itu misalnya pendidikan, ketrampilan dan sebagainya.Pendapatan sementara adalah penghasilan yang tidak dapat diharapkan terlebih dahulu dan nilainya positif nasibnya baik merupakan pendptan transitori positif (mendapatkan undian) serta nilainya negatif nasibnya buruk pendapatan tansitori negatif (panen gagal karena cuaca buruk).
    • Lanjutan 3 … Y = Yp + Yt ; Y = penghasilan yang terukur: Yp = pendapatan permanen; Yt = pendapatan transitori Ada 2 asumsi mengenai hubungan antara penghasil permanen dan penghasilan transitori1. Tidak ada kolerasi/hubungan Yp dan Yt penghasilan transitori yg diterima semata-mata merupakan suatu faktor kebetulan saja.2. Pendapatan transitori tidak mempengaruhi pengeluaran konsumsi yg berarti apabila seseorang menerima pendapatan transitori positif maka semuanya akan ditabung sebaliknya apabila seseorang mengalami pendapatan transitori negatif maka mengurangi tabungan serta tidak mempengaruhi pengeluaran konsumsi.
    • Lanjutan 3 … Pengeluaran konsumsi ada 2 kategori yaitu :1. Pengeluaran konsumsi permanen adalah konsumsi yg direncanakan2. Pengeluaran konsumsi transitori adalahpengeluaran konsumsi tidak direncanakan misalnya karena toko- toko mengadakan obral maka (Cp > 0), adanya pembelian tertunda karena barang diminati tidak tersedia maka (Cp < 0).
    • Lanjutan 3 … Konsumsi jangka panjang dapat diperoleh melalui konsumsi jangka pendek Rumah Tangga/RT digolongkan menjadi dua golongan kaya dan golongan miskin Pada golongan kaya terdapat RT yg memperoleh pendapatan transitori positif jumlahnya lebih besar daripada RT yg memperoleh pendapatan transitori negatif. Sehingga secara keseluruhan bagi golongan kaya penghasilan transitori positif maka (Yp > 0). Ini berarti penghasilan terukur (Y) , maka Yp < Y bagi golongan kaya. Juga ada yg memperoleh konsumsi transitori positif dan mempunyai pengeluaran transitori negatif tetapi secara keseluruhan jumlah keduanya sama sehingga golongan kaya konsumsi transitori = 0.
    • Kurva Pengeluaran Konsumsi JangkaPanjang Menurut Hipotesis PendapatanPermanen Cp C CCp = CtCp = Ct Y Y Yp2 Yp1 Y Yt2 < 0 Yt1 > 0
    • Lanjutan 3 … Bagi golongan miskin terdapat mereka yg memperoleh pendapatan transitori positif tetapi jumlahnya kecil dan pendapatan transitori negatif . Bagi golongan miskin mempunyai pengeluaran transitori positif dan juga pengeluaran transitori negatif.
    • Faktor-faktor yg mempengaruhitingkat konsumsi Faktor ekonomi (pendapatan RT, kekayaan RT, jumlah barang konsumsi tahan lama dalam masyarakat, tingkat bunga, perkiraan tentang masa depan, kebijakan pemerintah mengurangi ketimpangan distribusi pendapatan) Faktor demografi (jumlah penduduk, komposisi penduduk) Faktor-faktor non ekonomi
    • Teori Konsumsi Bahwa konsumsi akan meningkat apabila pendapatan meningkat akan tetapi besarnya peningkatan konsumsi tidak akan sebesar peningkatan pendapatan, oleh karena ada batasan kecendrungan mengkonsumsi marginal MPC = dC/dY dan 0 < MPC < 1 Rata-rata kecendrungan mengkonsumsi APC = C/Y Bahwa pendapatan merupakan faktor penentu utama konsumsi.
    • Saving Faktor yg menentukan besarnya (yg berarti mempengaruhi konsumsi) adalah tingkat bunga Semakin tinggi tingkat bunga tabungan semakin besar jumlah uang yg ditabung. Kredit sangat erat dengan tingkat bunga. Adanya kredit menyebabkan dapat membeli barang sekarang dan membayarnya kemudian sehingga kredit mempengaruhi waktu pembayaran angsuran kredit yg harus dilakukan Rumah Tangga.
    • Fungsi Konsumsi dan FungsiTabungan C = C0 + b Y atau C = a + bY S = - Co + (1-b) Y atau C = -a + (1-b) Y Yang mempengaruhi konsumsi dan tabungan1. Kekayaan yg terkumpul2. Tingkat bunga3. Sikap hemat4. Keadaan perekonomian5. Distribusi pendapatan6. Tersedianya dana pensiun
    • Lanjutan … Hubungan MPC, MPS dan APC , APS MPC + MPS = 1 APC + APS = 1 Buktikan ?
    • Hubungan konsumsi dan tabungan Y=C+S S=Y-C
    • Teori Investasi Investasi dibedakan menjadi dua jenis yaitu investasi riil dan investasi finansial. Investasi riil adalah investasi terhadap barang-barang tahan lama (barang-barang modal) yg akan digunakan dalam proses produksi. Jenis investasi ini dibedakan menjadi tiga komponen yaitu 1) investasi tetap perusahaan; 2) investasi untuk perumahan; 3) investasi perubahan bersih persediaan perusahaan. Investasi finansial merupakan investasi terhadap surat- surat berharga misalnya pembelian saham, obligasi dan sebagainya.
    • Lanjutan … Pertimbangan dalam melakukan investasi riil adalah:1. Tingkat bunga yg berlaku2. Tingkat pengembalian dari barang modal dan harapan berkembangSedangkan yang dimaksudkan dengan investasi adalah penambahan barang modal secara netto yg positif.Tingkat pengembalian barang modal disebut: Marginal Efficiency of Capital/MEC atau r.
    • Lanjutan …C = R1/(1+r) + R2/(1+r)2 + R3/(1+r)3 + … + Rn/(1+r)nC adalah biaya yg dikeluarkan untuk memperoleh investasi hingga siap untuk dipakai/harga investasi.R adalah besarnya permintaan yg diharapkan dan diperoleh dari mengoperasikan investasi.1,2,3 … priode waktu dari masing-masing penerimaan r adalah suku bunga/tingkat bunga.
    • Contoh Soal: Sebuah mesin jahit dapat digunakan selama 2 tahun dan harganya sebesar Rp 500.000. mesin tersebut menghasilkan Rp 300.000 setiap tahun berapa MEC ? 500.000 = 300.000/(1+r) + 300.000/(1+r)2 500 (1+r)2 = 300 (1+r) + 300 500 ( 1 + 2r + r2) = 600 + 300 r 500 r2 + 700r + 100 = 0 r1 = 0,13 dan r2 = - 1,53 (tdk dipakai)
    • Contoh Apabila ada brg modal seperti lemari es yang dapat digunakan selama setahun dan harga Rp 400.000 sedangkan lemari es memberikan hasil Rp 425.000 berapa MEC lemari es ? 400.000 = 425/(1+r) 400 (1 +r) = 425 400 r = 25 r = 0,0625 atau 6,25 persen Keputusan membeli suatu brg tidak hanya tergantung pada MEC atau r tetapi sektor perbankan
    • Keputusan untuk membeli barangmodal atau investasi finansial : Apabila r > i, maka proyek investasi bisa dijalankan Apabila r = i, maka investasi bisa dijalankan dan bisa juga tidak dijalankan tergantung proyek dari investasi tersebut. apabila r < i, maka investasi tidak dijalankan Menggunakan rumus dibawah lebih dari 3 tahun : P = S/r 1 – 1/(1 + r)n
    • Kurva MEC dan kurva MEI Kurva yg menghubungkan titik-titik besarnya investasi yg diinginkan pada berbagai tingkat bunga dimana harga investasi berubah apabila terjadi perubahan tingkat bunga di sebut: Marginal Efficiency of Invesment/MEI.
    • Kurva MEC dan Kurva MEIMEC,MEI Perbedaan Kurva MEC dan Kurva MEI ? MEC MEI i
    • Pengaruh tingkat bunga daninvestasi Kurva yg r menggambarkan hubungan terbalik antara suku bunga dengan investasi I
    • Hubungan Investasi denganPendapatan Kurva yg menggambar I kan perbandingan lurus antara pendapatan terhadap investasi Y
    • Perekonomian tertutup dgn duasektor Y=C+I sisi penerimaan Y = C +S sisi penawaranS=I
    • Kerjakan Soal dibawah ini : $ 100 diterima di akhir tahun 1, $ 200 diterima diakhir tahun 2, $ 300 diterima diakhir tahun 3. nilai sekarang Dari arus uang ini adalah $ 502,20 jika tingkat diskonto tahunan sebesar 0,08. hitunglah nilai sekarang ? Investasi ini sebesar $ 150, dengan asumsi tingkat diskonto sebesar 0,10, hitunglah nilai sekarang dari $ 1000 pada akhir tahun pertama, $3000 pada akhir tahun kedua, dan $ 5000 pada akhir tahun ketiga ?
    • Kerjakan soal berikut ini ? Carilah MEC pada suatu mesin yang biaya pembelian dan pemasangan $ 3433 dan menciptkan arus kas sebesar $ 1000 setiap tahun selama dua tahun. Carilah MEC dari suatu mesin yg biaya pembelian dan pemasangannya $ 4000. mesin tersebut menghasilkan ourput sebanyak 1600 satua pertahun, dan diharapkan terjual dengan harga $ 1 per satuan, mesin tersebut mempunyai umur produktif selama empat tahun dan tidak mempunyai nilai sisa. Pengeluaran biaya produksi lainnya berjumlah $ 300 pertahun. Tidak ada pajak pendapatan perseroan. Penyusutan $ 1000,
    • Kata Bijak … Waktu akan terasa lambat bagi mereka yang menunggu, terlalu panjang bagi yang gelisah, dan terlalu pendek bagi yang bahagia. Namun Waktu adalah keabadian bagi yang mereka mampu bersyukur.