Power Point TIK
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Power Point TIK

on

  • 240 views

 

Statistics

Views

Total Views
240
Views on SlideShare
224
Embed Views
16

Actions

Likes
0
Downloads
1
Comments
0

1 Embed 16

http://rzkiana.blogspot.com 16

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Power Point TIK Presentation Transcript

  • 1. A. INTERNET DAN INTRANETa) Pengertian Internet internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagi macam situs.b) Pengertian intranet intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP atau IP (Transmission Control Protocol atau Internet Protocol)
  • 2. c) Manfaat dengan adanya internet sebagai berikut :1. Internet sebagai media komunikasi2. Internet sebagai media promosi3. Internet sebagai alat komunikasi interatif4. Internet sebagai alat Research and Development5. Internet sebagai media pertukaran data.
  • 3. d) Beberapa layanan internet, antara lain : WWW (World Wide Web) E-mail (Electronic Mail) File Transfer Protocol ( FTP) IRC (Internet Relay Chat) Telnet Mailing List Newsgroup Gopher Ping (Packet Internet Gopher)
  • 4. a) Pengertian jaringan Jaringan adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dengan menggunakan media tertentu.b) Tujuan utama pembuatan jaringan untuk memudahkan pengguna komputer untuk berbagai daya yng terdapat dijaringan.
  • 5. c) Manfaat adanya jaringan komputer1. Shering Fessources bertujuan seluruh perogram peralatan dapat dimanfaatkan oleh setiap orang tanpa terpengaruh oleh lokasi.2. Intergrasi Data jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada satu komputer saja tetapi dapat didestribusikan ketempat lain.3. Media komunikasi : jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antara pengguna.4. Pengembanan dan pemelihara dapat dilakukan secara efisien.5. Keamanan data sistem jaringan komputer dapat memberi pelindungan terhadap data.6. Sumber daya lebih efisien dan informasi terbaru
  • 6. d) Jenis jenis jaringan komputer1. Jaringan komputer berdasarkan metode distribusi datao Jaringan terpusat (Host Based Network) : terdiri dari beberapa komputer terminal yang terhubung kekomputer induk.o Jaringan terdistribusi : terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal.2. Jaringan komputer berdasarkan hubungan fungsional komputer dalam pemrosesan data.o Jaringan clien server yang terhubung dengan beberapa komputer client.o Jaringan peer to peer terdiri atas beberapa termil yang saling terhubung.
  • 7. 3.Jaringan berdasarkan jangkauan wilayah (area) o Jaringan LAN (Local Area Network) : jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil.Keuntungan :1. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah.2. Pemakaian printer dapat dilakuakan oleh semua client.3. File file data dapat disimpan pada server sehingga dapat diakses semua client.o Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) : jaringan yang menjangkau antar wilayah dalam satu provinsi.o Jaringan WAN (Wide Area Network) : jangkauan mencangkup sebuah negara bahkan benua.
  • 8. 4. Internet : merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada diseluruh dunia. Jaringan tersebut dihubungakan kesebuah jaringan internet yang menggunakan kabel serat optik yang menghubungkan satu benua denagn benua lain. Biasanya dibangun didasar laut.5. Jaringan Tanpa Kabel (Nirkabel) : jaringan ini solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan kabel, contoh sendang di kendaraan, pesawat dengan menggunakan jasa satelit.
  • 9. 1. Sebagai client : komputer pemakai tidak menyediakan sumber daya, informasi, dan lain lain.2. Sebagai peer : client yang menyediakan sumber daya untuk dibagi dengan client yang lain.3. Sebagai server : menyediakan sumber daya secara maksimal digunakan untuk client tetapi tidak menggunakan sumber daya dari client.
  • 10.  Modem Hub atau switch Repeter Router Bridge Server Client
  • 11. E. Topologi Jaringana. Topologi star (bintang) : merupakan bentuk topologi jaringan berupa percabangan pada topologi star kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau lain yang dipilihnya.Keuntungan : paling fleksibel dalam perawatan Bila ada gangguan disalah satu kabel maka jaringan lainya tak terganggu.Kelemahan : Menghabiskan banyak kabel Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan berhenti.
  • 12. b. Topologi Bus : menggunakan kabel tunggal seluruh workstation dan server dihubungkan salah satu mesin difungsikan sebagai file server.Keuntungan : Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakuakan dengan mudah tanpa menggunkanan workstation yang lain. Hemat kabel karna hanya memiliki satu jalurKelemahan : Bila ada gangguan dispanjang kabel pusat maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan. Kepadatan pengiriman data akan menghambat kecepatan akses.
  • 13. c. Topologi Ring : topologi pengembangan dari jaringan bus, semua workstationKeuntungan : Hemat kabel Tidak terjadi tabrakan pengiriman dataKelemahan : Pengembangan jaringan kaku Setiap node yang terdapat dalam jaringan akan ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan bila terjadi gangguan pada node maka seluruh jaringan aka terganggu
  • 14. d. Topologi Mesh : semua node saling terhubung, topologi ini jarang dipakai karena sulit ditangani dan boros kabel.Keuntungan : Memiliki tinggkat kesalahan kecil. Relatif lebih mudah untuk dilakukan bila terjadi troubleshoot.Kelemahan : Sulit pada saat melakukan instalasi dan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatannya yang terhubung semakin meninggkat jumlahnya Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang lebih.