1.manusia sebagai makhluk budaya

2,922 views
2,722 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,922
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
135
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

1.manusia sebagai makhluk budaya

  1. 1. MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA 1 PRIARTI MEGAWANTI
  2. 2. 2 NEGARA YANG MEMILIKI WARGA NEGARA BERBUDAYA TINGGI AKAN SELALU MENERAPKAN HAL INI DALAM KEHIDUPANNYA:
  3. 3. 3 TERTIB MENGGUNAKAN PRASARANA UMUM
  4. 4. 4 MENGGUNAKAN FASILITAS UMUM SEBAGAIMANA MESTINYA
  5. 5. 5 TERTIB BERKENDARA DI JALAN RAYA
  6. 6. 6 ANTRI DAN SABAR MENUNGGU
  7. 7. 7 SADAR AKAN KESELAMATAN JIWA
  8. 8. 8 MENGERTI DAN MEMATUHI PERATURAN
  9. 9. 9 MEMATUHI RAMBU LALU LINTAS
  10. 10. 10 MEMANFAATKAN WAKTU SEBAIK MUNGKIN
  11. 11. 11 SELALU SIAP MENGANTISIPASI SETIAP ADANYA BENCANA ALAM
  12. 12. 12 MELINDUNGI HAK-HAK DAN KEWAJIBAN GENERASI MUDANYA
  13. 13. 13 MENYEDIAKAN TEMPAT TINGGAL YANG LAYAK
  14. 14. OUTLINE: A. Pengertian Manusia B. Keistimewaan Manusia C. Pengertian Budaya dan Kebudayaan D. Wujud dan Nilai Kebudayaan E. Proses Pembudayaan Budaya 14 F. Dampak Globalisasi
  15. 15. A. PENGERTIAN MANUSIA 15  Manusia? Apakah ia?  Apa pendapatmu tentang teori Charles Darwin  Manusia berasal dari Monyet yang mengalami evolusi.
  16. 16. B. FUNGSI AKAL DAN BUDI MANUSIA (KEISTIMEWAAN DAN KEMULIAAN MANUSIA) Apa yang membuat manusia istimewa? Secara fisik? Secara psikis? Manusia punya kemampuan dan kecerdasan untuk beradaptasi 16   
  17. 17. YANG MEMBEDAKAN MANUSIA DENGAN HEWAN..  Pola reaksi binatang  fixed stimulus-response  Bergerak berdasarkan rangsangan  Pola manusia  bereaksi secara sadar dan disengaja. (seharusnya sadar..) 17  Kebanyakan perilaku emosional manusia yang muncul lebih banyak didorong oleh hawa nafsu ketimbang kesadaran
  18. 18. MANUSIA DIBEKALI 3 HAL PENTING YANG MEMBUAT DIA BERBEDA DENGAN HEWAN:  Dengan 3 sehat itu, manusia dapat disebut sebagai Makhluk Berbudaya.  Sehat Hati  Sehat Akal 18  Sehat Fisik
  19. 19. C. PENGERTIAN BUDAYA DAN KEBUDAYAAN Budaya  1) pikiran; akal budi; 2) berbudaya: mempunyai budaya, mempunyai pikiran dan akal budi untuk memajukan diri. Kebudayaan  1) segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia sebagai hasil pemikiran akal dan budinya; 2) peradaban sebagai hasil akal budi manusia; 3) ilmu pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang dimanfaatkan untuk kehidupannya dan memberi manfaat kepadanya (Kamus Umum Bahasa Indonesia) 19 Koentjoroningrat (1981)  kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta “buddhayah” yaitu bentuk jamak dari “buddhi” yang berarti budi atau akal
  20. 20. JADI, MAKNA KEBUDAYAAN 20 • menurut Prof. Koentjaraningrat, makna kebudayaan adalah sebuah sistem gagasan, tindakan dan hasil karya yang dihasilkan dalam rangka kehidupan manusia dan dijadikan hak milik manusia melalui proses belajar.
  21. 21. D. WUJUD DAN NILAI KEBUDAYAAN Koentjaraningrat (1981) wujud kebudayaan ada 3 macam: 1.Kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ideide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dsb. 2.Kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. 21 3.Kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
  22. 22. UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN UNIVERSAL Tujuh unsur kebudayaan universal terdapat dalam tiap kebudayaan di masyarakat. Mau dimanapun tempat masyarakat itu berada, pasti melingkupi tujuh dari unsur kebudayaan ini. a. Sistem religi atau agama b. Sistem kemasyarakatan atau strata sosial c. Sistem peralatan hidup dan teknologi d. Sistem pengetahuan e. Sistem mata pencaharian g. Kesenian 22 f. Bahasa
  23. 23. NILAI-NILAI BUDAYA SERING JUGA DISEBUT PANDANGAN HIDUP (WORLD VIEW) Pandangan hidup itulah yang kemudian menentukan, berbudaya atau tidakkah seorang manusia?? 23  Pandangan hidup yang telah dipelajari oleh otak, difilter oleh hati, akan diterapkan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari secara fisik.
  24. 24. E. TAHAP-TAHAP KEBUDAYAAN Menurut Van Peursen (1976) perkembangan kebudayaan dapat dibagi atas 3 tahap: 1. Tahap mistis 2. Tahap ontologis 24 3. Tahap fungsional
  25. 25. TAHAP MISTIS Tahap dimana manusia merasakan dirinya terkepung dan bergerak karena pengaruh kekuatan-kekuatan gaib di sekitarnya. 25 “salah satu bukti bangsa yang berbudaya rendah adalah bangsa yang masih mempercayai roh-roh dan hidup dipengaruhi karena itu”
  26. 26. TAHAP ONTOLOGIS Tahap dimana manusia berusaha untuk keluar dari kepungan pengaruh mistis dan secara bebas ingin meneliti segala hal ihwal. 26 Manusia pada tahap ini mulai menyusun suatu ajaran atau teori mengenai dasar segala sesuatu.
  27. 27. TAHAP FUNGSIONAL 27 Tahap dimana manusia berusaha menyelidiki alam dan lingkungannya untuk dimanfaatkan berdasarkan fungsinya.
  28. 28. F. PROSES PEMBUDAYAAN BUDAYA 1. Proses Internalisasi, 2. Proses Sosialisasi, 28 3. Proses Enkulturasi
  29. 29. 1. PROSES INTERNALISASI 29 Proses dari berbagai pengetahuan yang berada di luar diri individu masuk menjadi bagian dari diri individu.
  30. 30. 2. PROSES SOSIALISASI 30 Proses penyesuaian diri seorang individu ke dalam kehidupan kelompok dimana individu tersebut berada.
  31. 31. 3. PROSES ENKULTURASI 31 Proses ketika individu memilih nilainilai yang dianggap baik dan pantas untuk hidup bermasyarakat.
  32. 32. PERISTIWA KONTAK ANTARBUDAYA YANG BERBEDA JUGA MENGAKIBATKAN TERBENTUKNYA BUDAYA BARU 32 Asimilasi dan akulturasi
  33. 33. PROSES ASIMILASI Proses bertemunya dua atau lebih budaya yang berbeda, dimana ciri khas dari unsur-unsur budaya tersebut sudah tidak tampak lagi. A+B=C Contohnya: 33 Interaksi antara bangsa Aria dan Dravida di India yang pada akhirnya membentuk kebudayaan baru yakni Hindu.
  34. 34. PROSES AKULTURASI Bertemunya dua atau lebih kebudayaan yang berbeda, namun tidak menghilangkan ciri khas masing-masing budaya. A + B = AB Contohnya: 34 Di masa hindu-budha nusantara amat terpengaruh dengan budaya Hindu-Budha. Namun sistem kasta tertutup yang ada di India tidak sampai diadopsi oleh masyarakat kita. Masyarakat kita tetap mempertahankan kebudayaan gotong royong yang telah menjadi local genius bangsa Indonesia.
  35. 35. 35 PROSES PEMBUDAYAAN MELAHIRKAN GLOBALISASI
  36. 36. G. DAMPAK NEGATIF GLOBALISASI Culture lag, culture shock, westernisasi, overlook, pengeksploitasian, merasa lebih berbudaya, 36 dll.
  37. 37. PESAN DARI ALAY.. 37 Please don’t be alay…
  38. 38. TES EVALUASI 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan budaya! 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk budaya! 3. Sebutkan 3 wujud kebudayaan menurut Koentjaraningrat beserta contohnya! 38 4. Mengapa seringkali budaya barat yang masuk lebih mudah diterima dibandingkan budaya asli?

×