Kerusakan lapisan ozon1
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Kerusakan lapisan ozon1

on

  • 794 views

 

Statistics

Views

Total Views
794
Views on SlideShare
747
Embed Views
47

Actions

Likes
0
Downloads
8
Comments
0

1 Embed 47

http://blogtentangalam.blogspot.com 47

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Kerusakan lapisan ozon1 Kerusakan lapisan ozon1 Presentation Transcript

  • KERUSAKAN LAPISAN OZON
  • LAPISAN OZONPENGERTIAN :Sebuah lapisan yang terdapat di atmosfer pada ketinggian tertentu di ataspermukaan bumi yang mengandung ozon.Letak lapisan ozon pada atmosfer :PERANAN LAPISAN OZON BAGI KEHIDUPAN :1. Sebagai pelindung bumi dari pengaruh langsung sinar ultraviolet.2. Sebagai pemberi efek pada suhu atmosfer yang menentukan suhu dunia.
  • Lapisan yang paling parah
  • PETA KONSEP LAPISAN OZON PERANANPENGERTIAN LAPISAN LAPISAN OZON BAGI OZON KERUSAKAN LAPISAN KEHIDUPAN OZON PENYEBAB DAMPAK KERUSAKAN KERUSAKAN PENGENDALIAN LAPISAN OZON LAPISAN OZON KERUSAKAN LAPISAN OZON
  • KERUSAKAN LAPISAN OZONPengertian : Kerusakan Lapisan Ozon dapat diartikan sebagai penipisan ataupun penebalanlapisan ozon. Kerusakan Lapisan Ozon dapat terjadi karena beberapa hal dansebagian besar disebabkan oleh manusia. Penyebab rusaknya atau menipisnyalapisan ozon yaitu oleh Bahan Perusak Ozon (BPO) yang diemisikan dari berbagaikegiatan, baik dalam menggunakan atau memproduksi barang mengandung BPO.Ancaman yang diketahui terhadap keseimbangan ozon adalah kloroflorokarbon (CFC)yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon.
  • Terbentuknya Lubang Ozon di Antartika dalam periode 10 tahun
  • PENYEBAB KERUSAKAN LAPISAN OZON
  • 1. Pemakaian CFC pada pengharum ruangan, ac dan kulkas.2. Asap yang dihasilkan oleh pabrik.3. Bertambahnya volume kendaraan di bumi.
  • 4. Terjadinya Kebakaran Hutan5. Pemakaian Halocarbon pada alat pemadam kebakaran.
  • Proses Kerusakan Lapisan Ozon oleh CFC Sinar Ultraviolet memasuki ozon. Energi Ultraviolet memecah atom klorin dari molekul CFC. Klorin radikal memecah molekul ozon. Membentuk klorin monoksida dan dua atom oksigen. Oksigen terlepas ke atmosfer. Atom oksigen di atmosfer memecah molekul klorin monoksida. Menghasilkan oksigen dan klorin radikal bebas. Lalu reaksi siklus memulai lagi.
  • DAMPAK KERUSAKAN LAPISANOZON1. Lapisan Ozon akan membentuk lubang, sehingga terjadi kenaikan radiasi Ultraviolet sebesar 20 %. Sinar Ultraviolet yang dapat menyebabkan : a. Kanker Kulit pada manusia. b. Penyakit katarak pada manusia. c. Rusaknya sistem imunitas tubuh. d. Perusakan genetik atau sel –sel hidup pada manusia dan hewan. e. Kehidupan laut, ekosisitem, dan hutan pun akan terganggu bila volume sinar Ultraviolet melebihi batas normal. f. Menurunkan produktifitas pertanian. g. Menngakibatkan penambahan reaksi fotokimia yang menghasilkan asap beracun, tejadinya hujan asam, dan naiknya gangguan saluran pernapasan pada manusia.
  • 2. Gunung – gunung es di Kutub Utara akan mencair sehingga mengakibatkan naiknya permukaan air laut3. Kerusakan lapisan ozon juga memiliki pengaruh langsung pada pemanasan bumi atau “Global Warming”.
  • PENGENDALIAN KERUSAKAN LAPISAN OZON1. Mengurangi atau tidak memakai lagi produk rumah tangga yang mengandung zat-zat yang dapat merusak lapisan pelindung bumi.2. Menggunakan selalu produk-produk yang berlogo ramah ozon. Gambar logo produk ramah ozon :3. Menggunakan alat pemadam api yang tidak mengandung Haloncarbon.4. Memeriksa dan merawat peralatan pendingin / pengatur suhu dan sistem pemadam api secara berkala untuk memastikan tidak adanya kebocoran BPO (CFC, HCFC atau Halon).
  • 5. Memastikan bahwa CFC/HCFC/Halon yang ada di dalam sistem diambil kembali (recovery) dan didaur ulang (recycle).6. Mengirim CFC/HCFC/Halon yang sudah tidak terpakai ke fasilitas pengolahan BPO bekas.7. Mengganti alat kebutuhan yang berpotensi menghasilkan zat - zat perusak ozon dengan alternatif lain yang lebih ramah lingkungan.8. Diperlukan upaya meningkatan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dengan cara mengadakan seminar “Save Our Earth”.9. Tidak membakar hutan maupun menebang pohon-pohon secara liar.10. Melakukan program 8 R.
  • Thank you.