Perusahaan dalam sistem sosial

2,839 views

Published on

materi makul

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,839
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
34
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perusahaan dalam sistem sosial

  1. 1.  Lingkungan perusahaan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan Etika Bisnis By : Oktora Dwi Setyaputra NIM : S.10110005
  2. 2. Lingkungan Umum PerusahaanLingkungan Khusus Perusahaan
  3. 3.  Politik Hukum Sosial Perekonomian Kebudayaan Pendidikan Teknologi Demografi
  4. 4. Dalam Hal ini menyangkut tingkatpemusatan kekuatan politik, sifat organisasipolitik, sistem partai, kesadaran dalambermasyarakat. Perusahaan merupakanlembaga sosial yang selalu berhubungandengan masyarakat, maka kehidupanoperasi perusahaan sangat terpengaruholeh poitik negara dimana perusahaanberada.
  5. 5.  Lingkungan ini meliputi sifat dari sistem hukum, sistem hukum yang berlaku khususnya yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, masalah peraturan perundangan.
  6. 6.  Disini meliputi struktur golongan yang ada dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan, termasuk didalamnya sifat dan perkembangan darri lembaga- lembaga sosial.
  7. 7.  Sistem perekonomian yang mempengaruhi perkembangan perusahaan terdiri dari berbagai aspek ekonomi dan unit-unit ekonomi dalam masyarakat yang meliputi jenisorganisasi ekonomi, sistem pemilikan perusahaan, sistem perpajakan dan perbankan, angkatan kerja, tingkat produktivitas, tingkat investasi, pola konsumsi masyarakat dan lain-lain.
  8. 8.  Hal ini menyangkut latar belakang sejarah dari suatu masyarakat dimana perusahaan berada yaitu yang berhubungan dengan hasil produksi perusahaan. Juga tercangkup didalamnya norma-norma masyarakat setempat, adat istiadat dan kebiasaan mereka.
  9. 9.  Lingkungan ini adalah keseluruhan dari tingkat pendidikan paling rendah sampai pendidikan tertinggi secara formal serta tingkat pendidikan non formal yang akan mempengaruhi tingkat keahlian khusus dari masyarakat tersebut.
  10. 10.  Dalam kenyataan tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang industri dan fasilitas lain dalam pabrik yang perkembangannya sangat pesat ikut terpengaruh dalam pekembangan perusahaan. Oleh karena itu apabila perusahaan ingin mengembangkan tingkat proses produksi dan kegiatan operasionalnya harus berpacu dengan kemajuan teknologi.
  11. 11.  Lingkungan ini meliputi sumber tenaga kerja yang tersedia dalam masyarakat, angkatan kerja, tingkat kelahiran, tingkat kematian, penyebaran penduduk, umur, jenis kelamin dan lain- lain. Khusus untuk perusahaan yang sangat tergantung pada tenaga kerja maka urbanisasi sering menjadi masalah dalam masyarakat industri.
  12. 12.  Penyedia Pelanggan Pesaing Teknologi Sosio Politik
  13. 13.  Disini termasuk penyedia bahan baku, alat-alat produksi, tenaga kerja atau singkatnya pemasok faktor-faktor produksi yang dibutuhkan perusahaan. Perusahaan harus membina hubungan baik dengan para penyedia ini sebab, jika tidak maka operasi perusahaan akan terganggu. Semakin luas perusahaan maka tentunya semakin besar kebutuhan akan faktor-faktor produksi tersebut.
  14. 14.  Termasuk dalam lingkungan ini adalah semua pembeli produk perusahaan, bak yang membeli atauuntuk dijual lagi maupun membeli untuk keperluan sendiri (konsumen akhir). Jadi disini para pedagang perantara, baik pedagang besar maupun pengecer.
  15. 15.  Dalam hal ini meliputi perusahaan- perusahaan yang membuat produk sejenis maupun yang membuat barang pengganti (substitusi). Agar perusahaan tetap bertahan dalam persaingan maka diperlukan suatu strategi untuk menghadapi para pesaing tersebut atau kalau memungkinkan justru perusahaan harus dapat mengubah tantangan pesaing itu menjadi suatu kesempatan.
  16. 16.  Inti dari operasi perusahaan adalah proses produksi. Untuk itu selalu diperlakukan pengembangan teknik berproduksisecara kualitatif dan kuantitatif yaitu berproduksi pada jumlah optimal yang dapat memenuhi selera langganan dengan memuaskan.
  17. 17.  Berbagai aspek kehidupan masyarakat dan peraturan pemerintah yang dapat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan. Misalnya sikap masyarakat terhadap adanya polusi/pencemaran akibat suatu limbah industri.
  18. 18.  Bertanggungjawab Terhadap Pelanggan/Konsumen Bertanggungjawab Terhadap Tenaga Kerja Bertanggungjawab Terhadap Lingkungan Bertanggungjawab Terhadap Investor
  19. 19.  Pelanggan adalah pembeli produk/jasa yang diproduksi oleh perusahaan. Konsumerisme adalah suatu gerakan untuk memberikan informasi kepada para konsumen dan melindungi mereka dari tindakan-tindakan yanng salah.
  20. 20. a) Hak untuk keselamatanb) Hak untuk memperoleh informasic) Hak untuk memilihd) Hak untuk didengar
  21. 21. Perusahaan harus bertanggungjawab terhadapkeberadaan tenaga kerja dalam perusahaan.Tenaga kerja tersebut tentunya sangatmengharapkan adanya kenyamanan dalambekerja,pemberian upah yang layak,adanyabeberapa jaminan kerja seperti asumsikesehatan,cuti,rekreasi. Pekerja juga berhakmengetahui keadaan umum perusahaan danmengkehendaki adanya manager yangresponsif terhadap keluhan pekerja.
  22. 22.  Upaya perusahaan supaya tetap dapat menciptakan lingkungan disekitar perusahaan yang sehat, bebas dari polusiyang disebabkan oleh limbah perusahaan. Misal : pembuangan limbah jangan sampai menyebabkan polusi pada air sungai/sumur,tanah. Juga asap agar tidak menyebabkan polusi udara.
  23. 23. Pada umumnya para investor sangatberkepentingan terhadap kemajuanperusahaan , terutama yag terkait denganpengelolaan dana, jual beli saham.
  24. 24. Lingkung Organisa an si bisnis Perilaku Filosofi Moral individu
  25. 25. Kata etika berasal dari kata yunani yaitu“ethos” yang berartiadat, akhlak, watak, perasaan, sikap dan caraberpikir atau berarti adat istiadat.
  26. 26.  Etika adalah tuntunan mengenai perilaku, sikap dan tindakan yang diakui,sehubungan dengan suatu jenis kegiatan manusia. Etika meruapakan dasar-dasar moral, termasuk ilmu mengetahui kebaikan dan sifat-sifat tentang hak.
  27. 27. a) Untuk menjaga keselarasan & konsistensi antara gaya manajemen strategis dan kebijakan dalam pengembangan usaha disuatu pihak dengan pengembangan sosial ekonomi dilain pihak.b) Untuk menciptaka iklimusaha yg bergairah dan suasana persaingan yang sehat.c) Untuk mewujudkan integritas perusahaan terhadap lingkungan, masyarakat dan pemerintah.d) Untuk menciptakan ketenangan,kenyamanan dan keamanan batin bagi pemilik perusahaan/investor serta bagi para karyawan.e) Untuk mendapatkan mengangkat harkat perusahaan nasional didunia perdagangan internasional.
  28. 28. Sekian Terima kasih,,,,,,,,,,,  ^_^

×