Metode penelitian r and d
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Metode penelitian r and d

on

  • 2,047 views

 

Statistics

Views

Total Views
2,047
Views on SlideShare
2,047
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
112
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Metode penelitian r and d Metode penelitian r and d Presentation Transcript

  •  Penelitian  ® Kegiatan pengumpulan, pengolahan,analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan obyektif untuk memecahkan suatu persoalan atau ingin menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum
  • Pengertian  Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut(Sugiono,2011) Menurut Sujadi (2003:164  Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru, atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan.
  • KARAKTERISTIK R&D Borg and Gall, 1983 menjelaskan 4 ciri utama R&D, yaitu: 1.Studying research findings (penelitian awal untuk mendukung produk yg akan dibuat) 2.Developing the product (mengembangkan produk berdasarkan hasil penelitian) 3. Field testing (uji lapangan produk) 4. Revising (merevisi kekurangan-kekurangan yang ditemukan setelah uji lapangan)
  • Dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan, ada beberapa metode yang digunakan, yaitu metode: -deskriptif, -evaluatif, dan - eksperimental Deskriptif: Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarka n dan menginterpreta si objek sesuai dengan apa adanya (Best, 1982:119).
  •   Evaluatif: digunakan untuk mengevaluasi proses uji coba pengembangan suatu produk. eksperimen : digunakan untuk menguji keampuhan dari produk yang dihasilkan . Strategi penelitian dan pengembangan R&D banyak digunakan dalam teknologi instruksional atau teknologi pembelajaran yang sekarang lebih difokuskan pada sistem instruksional atau sistem pembelajar-an.
  • Langkah-langkah R & D: 1. Potensi dan Masalah Penelitian dapat berangkat dari adanya potensi atau masalah. Masalah ini dapat diatasi melalui R & D dengan cara meneliti sehingga dapat ditemukan suatu model, pola atau system penanganan terpadu yang efektif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Potensi dan masalah yang dikemukakan dalam penelitian harus ditunjukan dengan data empiric (berdasarkan pengalaman dan pengetahuan)
  • 2. Pengumpulan Informasi Setelah potensi dan masalah dapat ditunjukan secara factual dan uptode, maka selanjutnya perlu dikumpulkan berbagai informasi yang dapat dikumpulkan sebagai bahan untuk perencanaan produk tertentuyang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut. 3. Desain Produk Produk dirancang berdasarkan pada penilaian terhadap sistem yang lama, sehingga dapat ditemukan kelemahan-kelemahan terhadap sistem tersebut. Hasil akhir dari kegiatan berupa produk baru yang lengkap dengan spesifikasinya.
  • 4. Validasi Desain Validasi desain merupakan proses kegiatan untuk menilai apakah rancangan produk akan lebih efektif dari yang lama atau tidak. 5. Perbaikan Desain Kelemahan produk selanjutnya dicoba untuk dikurangi dengan cara memperbaiki desain. Yang bertugas memperbaiki desain adalah peneliti yang mau menghasilkan produk tersebut.
  • 6. Uji Coba Produk Dalam bidang teknik desain produk yang telah dibuat tidak bisa langsung diuji coba dulu, tetapi harus dibuat terlebih dahulu menjadi barang, dan barang tersebut yang diujicoba. Dalam bidang teknik desain produk yang telah dibuat tidak bisa langsung diuji coba dulu, tetapi harus dibuat terlebih dahulu menjadi barang, dan barang tersebut yang diuji coba. Uji coba produk dapat dilakukan melalui eksperimen, yaitu membandingkan efektivitas dan efisiensi keadaan sebelum dan sesudah memakai sistem baru atau dengan membandingkan dengan kelompok yang tetap menggunakan sistem lama. 7. Revisi Produk Revisi produk diperlukan untuk memperbaiki hasil uji coba produk
  • 8. Uji Coba Pemakaian Setelah pengujian terhadap produk berhasil , dan mungkin ada refisi yang tidak terlalu penting , maka selanjutnya produk baru tersebut diterapkan dalam lingkup yang luas. 9. Revisi Produk Revisi produk ini dilakukan , apabila dalam pemakainan dalam lembaga pendidikan yang lebih luas terdapat kekurangan dan kelemahan. 10. Pembuatan Produk Masal Pembuatan produk masal ini dilakukan apabila produk yang telah diujicoba dinyatakan efektif dan layak untuk diproduksi masal.
  • Selesai…
  • CONTOH PROPOSAL R and D 1 CONTOH PROPOSAL R and D 2
  • DISKUSI 1.