Backpacking
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Backpacking

on

  • 932 views

 

Statistics

Views

Total Views
932
Views on SlideShare
930
Embed Views
2

Actions

Likes
0
Downloads
4
Comments
0

1 Embed 2

https://twitter.com 2

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Backpacking Backpacking Document Transcript

  • Backpacking "JAKARTA – BALI – LOMBOK – BALI – JAKARTA, 11 January 2010 – 18January 2010"Har ke- 1St. Jakarta Kota – St. Surabaya Gubeng “Gaya Baru Malam Selatan”*ekonomi.Rp 33.500,- 16 Jam. 12.00 WIB – 04.30 WIB*sebelum jalan, pas di loket. Ditanyain bener – bener tentang gerbong dan nomer kursiyang lo dapet, jangan sampai terbohongi. Hha.*hati –hati terhadap serangan lemparan batu dari luar. Sumpah! Bahaya bos! Hha.Suasana bakal jadi mencekam dalam beberapa menit. Hha.*rajin – rajin nanya “ini stasiun apa ya?” jangan sampe kelewat. Mati aja lo kalo ampekelewat. Hha. Jangan terpengaruh akan stasiun yang baru atau lama. “St. SurabayaGubeng Lama” dan “St. Surabaya Gubeng “ mereka 1 tempat!! Hha. Hampir aja klewat..*sampai di St. Surabaya Gubeng kan pagi tuh.. sangat disarankan, untuk cuci – cucimuka, sikat gigi, dll.. minimal ganti kaos lah.. karena selama 16 jam, di kereta ekonomiitu, bener – bener bikin lepek badan..Hari ke- 204.30 WIB, St. Surabaya Gubeng *udah di Surabaya….*ada beberapa alternative buat lo sampai ke Bali..1. Dari st. Surabaya Gubeng. Ada kereta ekonomi sampai St. Banyuwangi. Keretanya Jam2 siang, sampai stasiun banyuwangi, gak tau dah jam brapanya, yang jelas malam.. Rp20.000,- nah, dari St. Banyuwangi. Tinggal jalan kaki aja ke pelabuhan ketapang.. gakjauh kok. Sekitar 10 menitan… nyebrang deh naek kapal..2. Dari St. Surabaya Gubeng. Ada kereta bisnis eksekutif sampe Terminal Ubung,Denpasar.. Rp. 120.000,- “KA Mutiara Pagi” jam 9 pagi – 4 sore. sampe St. Banyuwangi,di jemput langsung pake bis Damri. Lanjut dah, langsung sampe terminal ubung,Denpasar *udah sama bayar nyebrang..
  • 3. Dari St. Surabaya Gubeng. Naek kendaraan umum.. rutenya. Naek angkot denganhuruf “F” (disurabaya, angkotnya pake huruf. ) sampe JOYOBOYO Rp 3.000,-. DariJOYOBOYO naek minibus L300, sampe terminal Bungur Asih.. Rp 5.000,- (turunnya, diseberang terminalnya, jadi, nyebrang dulu lewat jembatan penyebrangan.. hha.) 30menit sampe terminal. Total biayanya Rp 8.000,-. Dari terminal Bungur Asih naek bisantar kota “SAMARINDA”*ekonomi. Rp 14.000,- sampe Terminal Pobolingo (2 Jam). Dariterminal Probolingo, naek bis antar kota “AKAS”*eksekutif. Rp 28.000 sampai terminalKetapang (5 Jam). Dari terminal ketapang – pelabuhan ketapang, naik angkot “LIN”(warnanya kuning..) Rp 5.000,- *mahal. Harusnya Rp 3.000,- bisa. Sial. Total perjlanan 7jam..Kita pilih alternative yang ke -3. Ya.. walaupun jauh lebih ribet dan ngebingungin… tapi,percaya aja.. itu lebih efektif dibanding, lo nunggu ampe jam 9 pagi atau bahkan jam 2siang. Dan, ini lebih murah dibanding 1&2 hha. Kita jalan jam 6 pagi dari term. BungurAsih, sampe probolingo jam 8 pagi. Dari Probolingo 4 jam sampe jam 12.00 udah di ferrysiap nyebrang.! lebih cepet kan?? Hha. Trus total biaya ongkosnya. Rp 55.000,- ya..lumayan lah…Jam 12.00 sampai pelabuhan ketapang.. *lewatin semua calo yang ada ! lo jalan ajasendiri.. beli tiket nyebrang sendiri.. biaya tiket nyebrangnya Rp 6.000,- *5.700 itu yangdewasa.. dewasa sama anak – anak beda… hhi. Gua lupa berapanya.. *ubah jam lo..naikan 1 jam lebih cepat. Oke? Hii12.30 siap untuk nyebrang. *alternative 3, lebih cepet dibanding 1&2, kalo 1 & 2 jamsegini, lo blom siap nyebrang.. Hha. Nyebrang Cuma 45 menit! Ya.. sejam lah.. jamstgah 2 SUDAH SAMPAI di BALI.. hha. Sampai di pelabuhan gilimanuk, jalan aja sedikitke terminal gilimanuk. *tpi, ada pengecekan KTP dulu. Tenang aja, gk diapa2in juga kok.Gak dipungut biaya.. hhe. Dari terminal gilimanuk itu, langsung naik bis kota (kayakmetro mini/kopaja) sampai terminal Ubung, Denpasar… Rp 25.000,- *harusnya Rp20.000 dapet… 4 jam… 16.10 – 19.30 WITA.. udah sampe denpasar dah.. hha…Total ongkos yang keluar…KA Gaya Baru Malam Selatan Rp 33.500Angkot F Stasiun – Joyoboyo Rp 3.000Minibus L300 Joyoboyo – Term. Bungur Asih Rp 5.000
  • Bis Kota SAMARINDA Bungur Asih – Probolingo Rp 14.000Bis Eksekutif AKAS Probolingo – Term. Ketapang Rp 28.000Angkot “LIN” Term. Ketapang – Pelabuhan Ketapang Rp 5.000Tiket Nyebrang Ketapang – Gilimanuk Rp 6.000Bis Ketapang – Term. Ubung Rp 25.000TOTAL Rp 119.500Nah, Rp 119.500 belum sama makan… di St. Kota beli nasi bungkus dulu Rp 7.000,-*udah sama kerupuk.. buat makan di kereta. *sebenernya di kereta ada yang jual nasibungkus, bahkan lebih murah. Tapi, gk nyaman aja. Gk tau isinya kaya apa, trus buatnyagmna, Gak aman aja.. trus, karena dikereta juga nyemil2.. pasti berasa kenyang aja,sampe besoknya.. hha. Nah… mulai laper lagi, pas mau nyebrang ke gilimanuk. Emangwaktunya makan siang juga.. beli makan di kapal Rp 5.000,- nasinya sedikit.. macemnasi kucing gitu lah.. *hwah. Jangan beli makan di kapal dah. Mending pas kapalnya mautake off, kan bnyak pedagang pada masuk. Nah, beli aja.. harganya juga gak jauh.. hhii..nah.. gak makan lagi dah, sampai terminal ubung, denpasar.. hha.Jadi, totalnya adalah… Rp 119.500 + Rp 12.000 = Rp 131.500,- hha. Mantap to’?? Cumasegitu, bisa sampai BALI… hhiii…. Ini baru ongkos berangkat aja… nah, kasarnya, lo kalidua aja.. buat nentuin ongkos PP nya.. Rp 131.500,- di bulatkan Rp 150.000,- x 2 = Rp300.000,-Nah… jadi buat ongkos. Rp 300.000,- udah PP… total perjalanan.. 33 jam. *fyi: lo akanbosen sama duduk.. kerjaan lo duduuukkk.. mulu!Oke lanjut .. dari terminal ubung.. lo bisa naek angkot lagi kalo mau ke kuta.. tarifnyapaling 10.000an.. sampe di kuta, langsung cari hotel murah dah. Banyak di Jl. Popies 1atau Jl. Popies 2. *bentuknya macem gang gitu, nyambungin Jl. Legian ke Pantai Kuta..ini surganya para BACKPACKER DI DUNIA.. hha. Banyak banget penginapan murahdisana.. tarifnya Rp 40.000 – Rp 60.000/mlm dan 1 kamar bisa berdua.. nah.. lo bagi dualg deh tarifnya.. jatohnya, paling mahal, UNTUK MENGINAP DI BALI HANYA Rp30.000/org/mlm. Hhaa.. pas di kuta pula… mantap dah… untuk info hotelnya, bisa di caridi www.google.com gua punya sih. Lengkap sama no. telp. Tapi, lebih cepet aja kalo lolangsung searching.. hha.. nah buat makan sehari – hari juga, di popies ini, banyakmakanan murah.. Rp 10.000an udah sama es teh manis.. jadi, buat makan seharinya Rp20.000 cukup. Yaa. Buat jaga – jaga 25.000 lah.. *buat lo yang muslim… ati – ati ya.. View slide
  • jangan sampe lo salah makan… salah – salah ntar daging babi lo makan… hha. Carefull !hhii..Nah. Udah bisa kira – kira deh. Makan sehari Rp 25.000,- hotel permalam Rp 30.000,-tinggal diatur mau berapa lama lo disana.. kalo gua sudah menganggarkan… totalpengeluaran ongkos, makan, hotel selama seminggu Rp 700.000,-• Ongkos Rp 150.000 x 2 = Rp 300.000,-• Makan Rp 20.000 x 10 hari = Rp 200.000,-• Hotel Rp 30.000 x 3 mlm = Rp 90.000,-• Jalan – jalan * sisanya Rp 110.000,-Nah, gua menganggarkan Cuma 3 hari di hotel, karena selebihnya gua nginep dirumahtemen di sana. Jadi, buat lo yang punya saudara atau teman, gunakan lah sebaikmungkin. Hhee…Sip ! jadi, total yang dibutuhkan pas Rp 700.000,- *tapi belum sama lain – lain ya..belanja.. water sport… tattoo-an.. dll.. banyak juga kok, water sport yang murah..tapi…….. ya tentu aja ada tapinya. Hha. Udah nikmatin indahnya pantai bali sama liatbule – bule betebaran aja.. udah seneng kok. Wkka. Oya, kan judul TRIP gua “JAKARTA– BALI – LOMBOK – BALI – JAKARTA”. Nah, untuk Rp 700.000,- itu, paket non-Lombokya.. karena.. butuh ongkos agak lebih untuk ke lombok.. hhe. Ntar gua rincikan.. oke2??Nah, kalo lo mau jalan – jalan.. mending sewa motor aja.. seharian, Rp 50.000,- nah. Itulo pake dah.. kemana pun lo mau.. bahkan lo bisa cari yang lebih murah. Gua dapet yangRp 80.000,- udah 3 hari !!! dan Rp 80.000,- itu masih lo bagi lagi.. paling nggak b2.. kan1 mtor b2 tuh.. jadi Rp 40.000 /org! hha. Sadis kan? Hhii.. dan, lo rajin – rajin aja,searching di om google.. banyak banget blog – blog para backpacker yang ceritainpengalamannya di bali.. nah, lo pelajarin aja dah dari situ.. hha. *yaa.. namanya jugabackpacker… semuanya penuh dengan perhitungan…Nah.. udah tuh.. udah gua kasih tau rinciannya tinggal lo itung2 aja dah.. kira – kira lomau bawa berapa.. hha.. usul aja.. dari awal lo mau berangkat.. uangnya udah lo pisah –pisah… yang buat makan… ongkos PP.. sama hotel… dan jangan lo sentuh – sentuh,kecuali emang sesuai dengan keperluannya. Terutama ongkos PP.! Lo simpen bener – View slide
  • bener jangan lo sentuh sedikitpun selama di bali ! hha. Daripada gak bisa pulang??Bahaya.. wkka.Sip ! itu rincian hidup backpacker selama di bali ya.. sekarang gua kasih tau. Apa ajayang gua dapet selama di bali. Hhe. *curhat lah.. hhe.Lanjutan yang tadi ya. Masih HARI ke- 2.Sampe terminal ubung jam 19.30 WITA. *yang tadinya mau nginep langsung di kuta,tapi ternyata gak jadi. Gua langsung menginap di rumah temen gua. Bang ari… hhe. Gualangsung di jemput oleh sang FC 2008. *Abang gua banget dah. Hha. Sampai dirumahbeliau.. kita semua langsung mandi – mandi + beres – beres. Hha. Oya, sebelumnya guajelaskan ya.. gua berangkat dengan siapa aja. Hha.• Dimas Adi Oetama Sahupala – Pria – 1 taun di atas gua, Jurusan PAJAK’08 UI… (lajang.Wkka)• Theresia Velofa Sihombing – Wanita – 2 taun di atas gua, Jurusan PAJAK’07 UI…(LAJANG!!)• Elizabeth Zoraya Paskarini – Wanita – beberapa taun di atas gua, Jurusan SASTRACINA UI.. (yang ini, udah ada yang punya.. hhii).Jadi. Total berangkat kita b4an.. 2 pria 2 wanita. usul aja.. kalo lo mau backpack, gkusah berame2.. itu ribetnya bukan main.. b4 gini. Udah pas n cukup banget! Usahakangenap.. jangan ganjil.Oke lanjut. Oya, perjalanan dari terminal ubung ke rumah bang ari, yang kebetulanrumah bang ari itu di pusat kota Denpasar.. di panjer, deket Renon… jadi, kita b4, dibawa muter – muter sedikit.. kita ke pusat kota.. ke sman 1 denpasar.. baru dahkerumahnya.. *fyi: di bali, pusat kotanya jalanannya itu, gak Cuma di aspal.. tapi adayang di konblok juga.Jam Setengah 11 malam, setelah semuanya mandi.. kita langsung pergi jalan – jalan..hha. Lebih tepatnya, kita cari makan malam.. kita makan SOTO CEKER.. di daerah Kuta..deket jogger.. harganya Rp 11.000,- udah sama FreshTea.. abis itu, langsung ke McdKuta… beli Burger.. sambil denger ombak pantai.. Rp 9.000,-Jadi pengeluaran di Hari ke- 2.. *terhitung setelah sampai di bali ya.
  • Makan Siang Di kapal Rp 5.000,-Makan Malem “Soto Ceker” Rp 11.000,-TOTAL Rp 16.000,-Hari ke -3Malemnya, kita semua udah niat mau liat SUNRISE di Pantai Sanur.. tapi, kesiangan.!!Hha. Mungkin karena kita baru tidur lagi itu jam stgah 1an.. ditambah, kita masih capek,karna baru sampe BALI. jadi tidurnya agak kebo. Alarm sih nyala.. tapi, ya bodo amatdah… hha.10.00 WITA. Kita tetep ke pantai… SHINDU BEACH.. sampai sana, ternyata sepi.. nikmatlah… mungkin karena abis hujan.. jadi, gak rame. Bahkan, gak ada satu orang pun yangberenang di pantai itu!! Hha. Private beach… wkka. Kita maen Kano Rp 10.000,-SEPUASNYA ! ampe lo ketelen ombak juga.. tetep segitu harganya.. hha. *kita Cumasewa 1, dan itu dipakai bergantian.. hha. Yaa.. dapet sempet kena foto lah satu – satu..hha. Nah.. setelah berenang.. kita bilas.. tariff bilas Rp 2.000,- kamar mandinya enak !bersih! Nyaman lah.. hha.Habis dari pantai… kita ke “Monumen Perjuangan Rakyat Bali”, Renon. Wonderfulplace…. Gak usah masuk ke dalem juga gppa.. cukup foto – foto di depannya aja.. ituudah indah banget bos! Hha. Makan nasi campur Rp 6.000,- next stop. Kita pergi keBANGLI.. disana juga ada monument yang bagus juga.. oya, kita juga ke GUNUNG &DANAU BATUR.. wonderful place…. Berfoto ria… haa. *fyi: ketika lo turun dari mobil.. loakan diserbu oleh ribuan pedagang *hwah, lebay. Mereka menawarkan dagangannya,dan lumayan murah… lo bisa dapet gelang yang seribuan… dll.. tapi, ttep. Lo kudu focus!Ke situ itu, untuk nikmatin indahnya Danau & Gunung Batur.. bukan belanja! Hha. Balikdari sana, karena searah… kita berenti lagi di objek wisata SIDAN. Disini.. lo dapet viewsawah yang berbukit.. Wonderful place…. Hha. Dari Denpasar ke BANGLI itu, makanwaktu sekitar 1 – 2 jam… *naek mobil. Hha.Setengah 11 malam ! kami ngebolang lagi.. hha. PASAR KERENENG .. makan dan minumyang hangat – hangat… makan SOTO AYAM Rp 8.000,- udah sama es teh manis.. jajan –jajan Rp 7.000,-..
  • Jadi, pengeluaran di Hari ke- 3..Sewa Kano Rp 10.000,-Bilas Rp 2.000,-Makan Siang “Nasi Campur” Rp 6.000,-Makan Malam “Soto Ayam” Rp 8.000,-TOTAL Rp 26.000,-Hari ke-4GOES TO LOMBOK…Nah.. disini kita baru sewa motor… kita sewa Rp 80.000,- @3 hari. *fyi: nyari sewaanmotor agak susah.. apa lagi kalo lo carinya pas hari dmana mau langsung lo pake…susah… karena mungkin tuh rental, lebih mentingin bule yang minjem daripada turis localkaya kita. Akhirnya pakai motor bang ari. Total motor yang dipakai 3 motor. Nah, karenakita Cuma nyewa 1 motor.. jadi, yaa.. 80.000 itu dibagi 4.. jadi Rp 20.000,- /org. *murahto? Hha. Berkat bang ari juga sih. Untuk bensin.. Rp 20.000,- juga cukup… *gantian yangisinya.. kan semotor 2 orang… hhe.Jadi, kita ke LOMBOK pake motor… sebenernya ada tracknya kalo kita mau naek angkot..tapi, karena agak ribet. Jadi ya kita pakai motor aja.. itung2, biar di lomboknya gak ribetkalo mau jalan - jalan… nah. Rutenya adalah, kita ke pelabuhan PADANG BAI dulu, dibawah BALI.. *ya distulah pokoknya.. hha. perjalannanya 1 – 1.5 jam.. karena kita naekmotor.. disarankan untuk membeli sarung tangan motor dulu.. ada kok, di pinggiranjalan.. *beda sama di Jakarta ya.. gak ada yg jual sarung tangan di lampu merah,, hha..harga sarung tangan Rp 7.500,- *pinter nawar bos!! Awalnya, dia bilang 20.000 satu.Ogah bener.. sarung tangannya juga yang biasa.. bilang 15.000-2. Yaa. Sedikit perangdingin.. akhirnya dapet.. hha.Sampai di pelabuhan PADANG BAI.. langsung beli tiket.. harga tiket motor Rp 86.000,-++ *udah sama ongkos nyebrang orang yang naek motornya… kalo lo gak bawa motor..tarifnya Rp 31.000,-.. *mahal. Tapi emang segitu.. tapi tetep, 86.000 itu, lo bagi 2..
  • karna kan yang naek motor bedua.. hha. Jadi, Rp 43.000,-/org. tapi karena gua b5, dan3 motor. Jadi beli 3 tiket x 86.000 = Rp 258.000,-/5 = Rp 51.600/org.Untuk makan. Karena udah waktunya makan siang. Gua beli makan di kapal, lebihtepatnya POP MIE, harganya Rp 10.000,- *asu bener. Emng mahal. Tapi, yaudah lah.Beli aja. Buat ngeganjel. Nah, buat lo, mending, lo beli aja dulu nasi di luar, jangan pasdi kapal. Karena di kapal, gak ada yang jual nasi!! Pedagang2 gk boleh ikut kapal.Hwah… ampun dah.Ombak lagi besar. Jadi, goncangan kapalnya bener2 kuat!! Sumpah. Buat lo yang maboklaut, mending minum antimo dulu, kacau dah. Atau ngak lo tidur aja. Ada kok, ruangbuat penumpang yang ber-AC + TV.. tidur aja disitu. Perjalanan selama 5 jam! Diluarperhitungan kita. Biasanya 5 jam itu, kita udah sampe di Lombok.. ternyta malah, kitaabis 5 jam di kapal. Itu karena cuaca yang buruk.. yasudahlah. Kita sampai di Lombokmalem.. *fyi: buat lo yang bener – bener buta akan Lombok. Lo harus punya petaLombok, peta yang yang bener – bener detail. Sampe nama – nama jalan. Nah, kita b5.Semuanya buta Lombok! Wkka. Yaa. Kita rajin – rajin nanya lah.. bahkan, sampe kita ketoko buku, buat liat peta Lombok. Tapi, inilah esensinya… hha.Dapet Hotel. Hotel KARTHIKA.. Rp 100.000,-/mlm kamar ini untuk berdua. Kalodimasukin lebih dari 2 org, kena cas Rp 10.000,-/org. karna kita b5, Jadilah permalam Rp130.000,-. Dapet Ex. Bed pula. Hha. Nah, di bagi 5 deh. 130/5, Rp 26.000,-/org/mlm*gak jauh sama target awal, yg nginep di kuta 30rban… hhii. *fyi: di Lombok banyakbanget losmen2 atau hotel2 murah.. tepatnya di CAKRANEGARA, ya.. lumayan deketsama pusat kotanya, MATARAM..sip. Rp 26.000,-/mlm fasilitas yg lo dapatkan adalah,1. kamar dengan double bed,2. TV,3. Kipas Angin *gk pke kipas juga udh adem, Lombok lagi dingin.,4. Kamar mandi yang luas dan nyaman *bisa mandi b5 (^_^),5. Light Breakfest *roti bakar,6. Teh dan KOPI 24jam selalu stay didepan kamar.. hha.7. + EXTRA BED !!! hha..
  • Wkka. Kebayang. Gimna enaknya bukan? Ya… terbayar lah… *kita backpack, jd fasilitasgini udah serasa bintang LIMA ! hha. *****Langsung cari makan malam.. dan kita makan AYAM BAKAR TALIWANG.. *khas Lombokni.. hhi. Menunya gak cuma ayam bakar aja kok, ada nasi campur, dll. Nasi Campur10rban.. ayam bakarnya juga macem2. Ada ayam bakar madu.. ayam bakar pedas..ayam bakar biasa, goreng pun ada. Harga ayam bakarnya Rp 17.000,- sama nasi jadi Rp20.000,-. Es teh manis 2rban. Kalo Jus 4-5rban… hhe. Gua makan, Ayam Bakar Madu+jus tomat Rp 24.000,- *agak mahal. Tapi, yaudahlah.. skali2 makan enak. Hha.Gak jauh dari tempat gua makan, ada kaya pasar buah gitu. Kebetulan karna lagi musimduren, duren belimpah ruah disana. Hha. Kita makan duren sampe Rp 65.000,- udahdapet 4-5 buah. Hha. Krena velo gak doyan duren, jadi 65 rb itu dibagi 4, per orang Rp16.000,-. Dan.. pulang ke hotel..Oke, total hari pertama GoesToLombok adalah…Sewa Motor Rp 20.000,-Bensin Rp 20.000,-Bayar Nyebrang Rp 43.000,-Makan Siang “POP MIE di Kapal” Rp 10.000,-Hotel Rp 26.000,-Makan Malam “Ayam Bakar Taliwang” Rp 24.000,-TOTAL Rp 143.000,-Hari ke – 5Jam setengah 5 pagi, kita udah siap jalan ke Pantai SENGGIGI.. Pantainya masih bersih..tapi bagian pantai yang gua singgahi, kebetulan buat parkirnya kapal – kapal nelayan..agak jauh, buat jalan ke pantai yang sepi. Tapi, untuk dapetin spot yang enak, ya gakmasalah.. gratis biaya masuk.. Bilas Rp 2.000,- kamar mandinya kurang nyaman.. jadiagak carefull aja.. bayar parkir motor Rp 2.000,-Makan siang, Soto Daging Rp 11.000,- + es teh manis.. karena hari ini, hari terakhir diLombok. Jadi kita putuskan, untuk beli buah tangan. Pergi ke pasar. *jangan malu buatnanya2 aja ya. Hhe. Gua menghabiskan Rp 92.500,-. Yang gua dapatkan adalah, 1 t-shirt
  • Lombok, 2 Daster, 2 selendang Lombok. Intinya bisa ditawar serendah mungkin, kalo kitabeli borongan… bayar parkir Rp 1.000,-Abis dari belanja, kita langsung ngejar sunset ke pantai Senggigi. Karena agak mendung.Jadi kita gk dapetin sunset yg kita mau. Ya gak apa2 lah.. bayar parkir motor Rp 2.000,-kita beli jagung rebus buat ganjel perut. Jagung rebus Rp 1.000,- baliknya kita makan diMcD MATARAM MALL. *hha. Makan enak lagi… Rp 15.000,-. Beli jajanan buat besok baliklagi ke bali, *urungan Rp 15.000,-/org. hotel malam terakhir di Lombok, Rp 26.000,-Jadi, total pengeluaran gua hari ke-2 di Lombok adalah..Bilas mandi Rp 2.000,-Parkir motor *total Rp 5.000,-Makan Siang “Soto Daging” Rp 11.000,-Makan Malam “McD” Rp 15.000,-Hotel malam ke-2 Rp 26.000,-TOTAL Rp 59.000,-Hari ke -6Wisata ke TAMAN NARMADA, LOMBOK. Tiket masuk Rp 5.000,-/ org. pake Guide Rp20.000,-/5 = Rp 4.000,-/org. *fyi: guide itu sangat berguna, saran kita, pake guide aja,gak mahal – mahal amat juga.. trus, waktu kita kunjung kesana, ternyata hujan. Tapitenang.. kita dapet fasilitas pinjaman payung, bagus pula. Hha. Trus, satu lagi, disini adaAIR SUCI, dipercaya.. bisa jadi awet muda! Hha. Biayanya… Rp 20.000,-/org.Makan siang.. MAKANAN KHAS MADIUN, deket Bandara SELAPARANG, MATARAM,LOMBOK. Rp 20.000,- *udah sama jus+dibungkus buat makan dikapal. Nyebrang kapalRp 258.000/4 = Rp 65.000,-/org.Jam 9 malam, baru sampe di Bali. Gak tahan, langsung jalan lagi !! hha. Pas Satnite.Naek mobil bang ari, patungan bensin Rp 20.000,-. Makan di McD KUTA Rp 23.000,-.*fyi: di bali, ada yang namanya nasi Jinggo tau? Hha. Itu makanan macem nasii kucing.Makanannya murah, Rp 2.000,-/bgkus..
  • Jadi.. hari ke -6 ini, pengeluarannya adalah..Taman NARMADA (tiket masuk+guide) Rp 9.000,-Makan Siang “MAKANAN KHAS MADIUN” *+dibungkus Rp 20.000,-Nyebrang Kapal Rp 43.000,-Makan Malam “McD” Rp 23.000,-TOTAL Rp 95.000,-Hari ke– 7Sunrise-an di PANTAI SANUR… sewa kano lagi.. Rp 10.000,-. Lumpia khas bali.. Rp5.000,- bilas mandi Rp 2.000,-. *fyi: untuk motor, pas masuk ke kawasan pantai ini, kenabea parkir Rp 2.000,-. Abis mandi, langsung ke GARUDA WISNU KENCANA (G-W-K), tiketmasuk Rp 25.000,-/org. karna uang kita sudah menipis, jadi kita gak masuk. Hha. Puterbalik.. langsung pulang. Hha. Mampir ke SURFING FACTORY OUTLET, letaknya di bypass*kalo gk salah, hhe. Disini, lo bisa dapetin kaos2 atau apapun, merek surfing-antentunya. Dengan harga miring.! mereka selalu diskon. Waktu gua kesana, diskon 20%-70%. Bahkan, kalo lagi musim akhir2 stok gitu, mreka bakal kasih diskon sampe 90% !gua baca di blog, celana pendek cowo, dari harga Rp 500rban, bisa dia dapetin Rp50rban! Begitu juga kaos2 cwe! Gak sampe 20rban! Hha. Gokil.. gak usah takut palsu!Dijamin keasliannya… hha. Yaa.. macem barang rijekan… tau lah..Langsung beli oleh2… selain PASAR SUKOWATI, ternyata ada juga kok, pusat oleh – olehbali.. sebenrya banyak. Tapi, salah satu yang terkenal adalah ERLANGGA. Disitu, lo gkmusti umpel2an kayak macem di pasar.. tempatnya nyaman.. ya macem kayak dept.store gitu. Dan disni lo gk bisa nawar.. harganya udah nge pas! Tapi gk ush takut, dsinisemua brgnya udh murah2… gk boong dah… hha. Ttep gak kuat kalo gak keSUKOWATI.. langsung pergi lagi ke pasar itu. Hha. Serbu mati2an….. harganya bisa lotawar sampe seerendah yang lo mau, asal jago nawar aja.. sama pinter2 akting sok2pergi nunggu dipanggil. Hha. Sama, dipasar ini penjualnya suka kesel.. kalo lo nawarnyaampe kacau, lo bakal di sorakin sama penjual2nya! Hha. Tips nya, kalo nawar tetep pakehati ya… jangan seenak jiwa lo. Hha.
  • Makan siang.. Nasi Goreng Rp 23.000,-+soda gembira. Hha. Pulangnya, kita langsunggoogling, nyari info buat pulang kita ke Jakarta… *fyi: di bali – Lombok … rata – rata,warnetnya gak Cuma sediain jasa internet biasa aja.. mereka juga sediain jasa wifi ! tapinot free.. tetep ada biayanya.. modelnya, kita kayak beli kupon, sesuai sama berapa jamyg pengen kita pakai, di kupon itu isinya buat kita log-in.. rata – rata biayanya..• 1 jam Rp 3.000,-• 2 jam Rp 6.000,-• 4 jam Rp 10.000,- dll..Bahkan ada yang sampe 24jam.. ya tentunya.. Cuma wifi di warnet ini aja.. gak bisadisembarang warnet… hha. beli jajanan buat di perjalanan pulang Rp 18.000,-/org*urungan. Makan malam, PECEL Rp 9.000,-+minum.Setelah googling.. kita memutuskan untuk pulang malam ini juga. Jadi, setelah sampe dirumah bang ari lagi, kita semua langsung packing, mandi, dll. Jam 21.30 WITA, kitaberangkat.. diantar sama bang ari, sampai terminal ubung, Denpasar. Rencana awal, kitamau ngeteng ke gilimanuk dulu. Ternyata gak ada, bisnya udah abis *karna udah malam.Hwah. Tapi tenang, ternyata kita ditawarin bis executive langsung sampe terminalBUNGUR ASIH, SURABAYA. Kita ditawarkan oleh para calo, Rp 130.000,-. Hwah.. terlalumahal!! Kita ogah –ogahan.. akhirnya, mereka ngalah. Kita dikasih harga Rp 100.000,-!!!Mmh. Boleh2… ternyata, setelah kita pegang tiketnya.. emang harga asli itu bis Rp130.000,-!! Hha. cz, fasilitas yang lo dapetin bener2 executive abis. Ada TV, Kamarmandi, dapet makan pula, bis nya AC, dapet bantal+slimut, langsung sampe Surabayajuga, udah include sama biaya nyebrang.. hha. betapa nyamannya…. Hha. *serasa bukanbackpack…. Hhiii. *fyi: kita sampe terminal gilimanuk jam 1 pagi. Ternyata, masih adakapal yang nyebrang. Jadi, buat lo yang mau jalan malem, gak usah takut. Masih adakapal yang nyebrang, hha.Sampai di terminal Bungur Asih Surabaya. Kita naik bis kota menuju St. SurabayaGubeng. Harga tiketnya, Rp 3.500,- *jauh dari perkiraan kita. Hha. sampai di St.Surabaya Gubeng, pagi, sedangkan keretanya jam 2 siang, yaudahlah.. kita cari makandulu.. ke Mall-nya Surabaya, *gak jauh dari St. Surabaya Gubeng, kita makan pagi KFC,Rp 30.000,- yaa.. makan enak lagi.. hha. *karena ini juga udah pengeluaran2 akhir,sebelum kita pulang, ongkos masih ada sisa?? Yaa.. makan enak lah.. hhe. Trus, balik
  • lagi ke Stasiun.. kita jadi maen uno-an di stasiun. Hha. tiket kereta GAYA BARU MALAMSELATAN, Rp 33.500,-. *kereta ini, gak sampe JAKARTAKOTA, cuman sampe PASARSENEN. Hha. beda sama kaya pas berangkat.. sampe di Jakarta pagi.. jam 7.00 WIB…..nice trip… go ahead…Jadi, pengeluaran di hari ke- 7 sampai tiba di jakarta…Sewa Kano Rp 10.000,-Bilas Rp 2.000,-Parkir Rp 2.000,-Makan Siang “Nasi Goreng” Rp 23.000,-Makan Malam “PECEL” Rp 9.000,-Tiket Bis sampai St. Surabaya Gubeng Rp 103.500,-Makan Pagi “KFC” Rp 30.000,-Tiket Kereta “GAYA BARU MALAM SELATAN”*ekonomi Rp 33.500,-TOTAL Rp 213.000,-Jadi.. Total Pengeluaran SEMUAAA nya..Hari Pengeluaran KET1 Rp 119.500 Keberangkatan…2 Rp 16.000,- Terhitung dari Sampai di Bali3 Rp 26.000,-4 Rp 143.000,- GoesToLombok..5 Rp 59.000,- Hari ke- 2 di Lombok.6 Rp 95.000,- Hari Trakhir di Lombok + Balik ke Bali7 Rp 213.000,- Kepulangan…TOTAL Rp 661.500,- See?? WEW.. hha.Notes :• Untuk kereta awal, minta tmpat dduk yg hadap2an.. jgn sampe misah.. trus, yakininsama kondektur atau petugasnya, kalo gerbong yg lo tempatin beneran ada.
  • • Sebelum naek kereta, pastiin semuanya udah disiapin, Nasi Bungkus, Snack, UNO,Gaple, Remi, bahkan mau bawa gitar juga boleh..TV?? boleh.. hha. trus, semua sampahyg ddlem perut lo, udah dikeluarkan semuanya.. yakinlah lo gak akan make tuh kamarmandi yg di kereta. Ckk. Hha.• Kalo udah di pelabuhan ketapang, lo jangan beli karcis dari calo, emang kalo diakumulasiin harganya gk jauh beda, tp, lo gk akan tau biaya2 nyebrang.. trus lo gbsafoto2 di palbuhan itu, dll.. gak seru lah klo beli dari calo… ckk. Trus juga, kalo lo belumbeli kaca mata, di sini lah tempatnya… jangan beli di bali.. bakalan mahal.. harga kacamata Rp 10.000,- s/d Rp 20.000,- lumayan bagus kok, buat gaya – gaya… hha.• Total – total tariff yang tertera diatas.. itu yang sesuai sama yang gua alami ya…maksudnya.. bisa aja lo gak makan diMcD.. bisa lebih murah kan?? Dan tariff – tariff itusemua, di luar sama hedonnya gua dsana.. hha. ya… itu biaya hidup lo dsana lah…lumayan murah kan?? Hhe.• Kalo lo perhatikan cerita gua diatas, bisa dibilang kita sama sekali gak dapet sunrise*walaupun udah ngejar2 mtahari..brangkat jam stgah5 pagi.. hha. dan juga, kita gakdapet sunset.. hha. kasian ya.? Itu karena.. kita kesana pada MUSIM HUJAN! Hwah.Jadi.. usul aja.. kalo mau kesana, jangan yang pas musim hujan.. selain susah dpetsunrise & sunset, nyebrang pulau pun arus ombaknya bahaya… di tambah lagi kalohujan.. lo gak bisa kemana2.. gak enak lah.. masa udah di bali gak kemna2?? Hha.• Trus juga.. kalo lo perhatikan. Kita sering banget dapetin PRIVATE BEACH… hha. yoaa..karena kita kesana pas banget low season.. jangan yang pas high season.. high seasonitu biasanya juni – agustus… awal & akhir tahun.. ya.. pas liburan panjang, itu highseason..• Oya, trus juga.. tariff – tariff diatas itu non-wisata ya. Yaa. Mungkin ada bberapa kayaTaman Narmada.. sebenernya masih banyak lagi… tapi gak sempet kita kunjungi… karnawaktunya mepet banget! Hha. fyi : 7 HARI BERSIH DI BALI PUN NGGAK CUKUP.Hwahh..!!! min. 1 BULAN ! hha. lebay.
  • • Buat ke Lombok.. usul saya naek motor.. karena, biar pas sudah di Lombok, gak repotkalo mau jalan2… atau lo bisa sewa mobil ketika udh di Lombok… oya, buat motor yangdisewa… usahakan motor bebek. Jangan matic.. oke2?? Hhe.• Selama di perjalanan, dari Denpasar – Pelabuhan PADANG BAI, lo akan nemuin truk2besar yang mau ikut nyebrang juga ke Lombok.. ati2 aja bawa motornya.. dan lo jalan dipinggir laut juga… hha. di tengah perjalanan, lo akan nemuin pura yang indah. Kalo kataorang bali nya.. (bang ari). Dia bilang, *kalo gua salah, tolong dikoreksi ya. Tkut lupa.Intinya, di bali itu, ada 2 pura besar.. yang satunya diatas gunung, yang satunya dibawah deket laut. Nah.. yang ini itu, yang di bawah.. deket laut.. maksudnya, ada atas,ya ada bawah juga.. biar seimbang.. *hwah. Maap ni kalo salah.. hhe.• Ketika lo naik kapal, untuk nyebrang, mau dari Pel. Ketapang – Pel. Gilimanuk atausebaliknya. Atau juga dari Pel. Padang Bai – Lombok atau sebaliknya. Di kapal itu adaruangan Ber-AC + TV, nyaman lah.. jadi, kalo lo mau tidur nyaman, ya disana bisa… hha.*karena kita kesana pas low session, jadi kapalnya gak ramai.. sepi.. jadi nyaman.. Gaktau ya, kalo pas high session.. hhe.Nice trip... semangat!!!!!!!!!!!!!! *duh pegel nih ngetiknya.. hhee