Kelompok 15   pengiriman data dalam jaringan
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
2,081
On Slideshare
2,081
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
38
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. G1G 2G 2.5 G 3G 3.5G 4G 5G GPRS HSDPA EDGE UMTS
  • 2. • Standar baru dari teknologi jaringan. Merupakan ponsel generasi pertama.1G Otomatis dan dengan bentuk yang kecil.
  • 3. Generasi kedua memiliki memiliki fiturCSD sehingga transfer data lebih cepat. sekitar 14.4KBPS. Anda juga dapat mengirimkan pesan teks.
  • 4. 2.5 G adalah terobosan terbaru di generasi kedua ini. 2.5 biasa disebut GPRS. Lahir padatahu 1997 GPRS dengan sigap menggantikanCSD yang boros. Dengan GPRS kita dapatterhubung ke internet dimana saja dan kapansaja. Kecepatan gprs 20-40 kpbs.
  • 5. Suatu teknologi yang digunakanuntuk pengiriman dan penerimaanpaket data. Fasilitas yang diberikanoleh GPRS : e-mail, mms (pesangambar), browsing, internet.
  • 6. Antara tahun 2001 sampai 2003,EVDO Rev 0 pada CDMA 2000 danUMTS pada GSM pertama yangmerupakan cikal bakal generasi ketiga (3G) diperkenalkan.
  • 7. EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) :teknologi perkembangan dari GSM, rata-ratamemiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE sekitar 384kbps.
  • 8. UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) :UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail,mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video calling). Kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps.
  • 9. HSDPA (High Speed Downlink PacketAccess) merupakan perkembanganakses data selanjutnya dari 3G. HSDPAsering disebut dengan generasi 3.5Gkarena HSDPA masih berjalan padaplatform 3G. Kecepatan akses dataHSDPA sama seperti 480kbps.
  • 10.  4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh Mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang.
  • 11. Sesuatu yang dianggap tidak mungkin saat inikarena tidak penjelasan logis atasnya. Awalnya adalah imajinasi yang tanpa sadar dan tidak sadar membawa kita pada kehadirannya yang nyata.
  • 12. OSI merupakan sebuah model arsitektur jaringanterbuka yang dibuat oleh ISO (InternationalOrganization of Standarization) tahun 1977.Mengapa dikatakan terbuka, dikarenakan modelarsitektur jaringan sebelum OSI sangat terbataspada vendor-vendor yang digunakan. dan setelahmunculnya OSI, memudahkan dalam sistim jaringankomputer dikarenakan tidak terbatas pada softwarevendor apapun dan hardware apapun.
  • 13. 1. Pada Layer Physical, data akandikirim dalam bentuk sinyal analog 2. Pada Layer Datalink terjadi segmentasi dan re-assembling data serta penambahan Header pada data. Mulai ditentukan data akan masuk pada hardware seperti apa, MAC address dsb. Mac Address adalah hal utama untuk mengidentifikasi dan sebagai pembeda sobat dengan perangkat lainnya.
  • 14. Media Access Control (MAC) adalah alat penting yang digunakan dalam komputer jaringan untuk mengidentifikasi interface jaringan. Fungsi utama dari alamat MAC adalah memudahkan untuk router dan perangkat jaringan lainnya untuk secara unik mengidentifikasi setiap jenis perangkat yang melekat pada jaringan dalam beberapa cara.Alamat MAC biasanya ditugaskan untuk perangkat jaringan-menghubungkan dengan produsen bila perangkat fisik dibuat. Alamat disimpan dalam on-board memori perangkat atau oleh beberapa jenis lain dari jenis firmware, dan dipancarkan setiap kali terhubung ke jaringan. Alamat MAC tidak selalu ditetapkan oleh produsen dan dapat ditugaskan oleh switch jaringan untuk mewakili sekelompok perangkat antarmuka jaringan lainnya. Ketika alamat MAC yang ditetapkan, mereka harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh IEEE. IEEE 802 standar berasal dari metode pengalamatan Ethernet komputer awal. Tiga sistem yang berbeda penomoran drive penugasan alamat MAC yang unik dan digunakan dalam konteks yang berbeda administrasi. Metode penamaan dipelihara oleh IEEE memberikan sekitar 280000000000000 kombinasi alamat yang mungkin.
  • 15. Gateway adalah sebuah perangkat yangdigunakan untuk menghubungkan satujaringan komputer dengan satu ataulebih jaringan komputer yangmenggunakan protokol komunikasiyang berbeda sehingga informasi darisatu jaringan computer dapat diberikankepada jaringan komputer lain yangprotokolnya berbeda.
  • 16. 3. Layer Network data akan diberikan alamat IP, menentukan kemana data akan ditransmisikan, danmenjaga trafik pada jaringan. data pada layer ini disebut Packet. Disini terdapat protocol yang berperan yaitu: RARP (Reverse IGMP (Internet ARP (Address Address Resolution Group Resolution Protocol) : yaitu Management Protocol) : yaitu ICMP (Internet protokol yang Protocol) : yaitu protokol yang Control Message mendata juga protokol yang berfungsi untuk Protocol) : yaitu tujuan data akan mendeteksikanmendata siapa atau protokol yang dikirimkan atau pada router tentangtujuan kemana data berfungsi sebagai siapa yang berada adanya group akan dikirimkan. pengirim pesan pada jaringan itu. jaringan multicast yaitu dengan kesalahan, seperti yaitu dengan dan juga meresolusi alamat komputer tujuan meresolusi MAC mengetahui IP ke MAC address tidak dapat address tujuan beberapa host dari hardware dijangkau dsb. tersebut kedalam tertentu yang tujuan data bentuk IP dari tergabung dalam tersebut. hardware tujuan itu. multicast tertentu.
  • 17. 4. Di Layer Transport data dipecah-pecah menjadi beberapa bagian tergantungpada hardware yang tujuan. protocol yang bertugas disini ialah TCP dan UDP.TCP : Protokol yang menyediakan layanan penuh lapisan transport untukapplication yang dapat diandalkan / reliableUDP : Protokol yang sifatnya unreliable / yang bertugas menambahkan alamatport, error control dan mengirimkan pesan-pesan proses melalui enkapsulasiatau dekapsulasi proses itu sendiri.5. Session layer berguna untuk menjaga, memelihara dan mengatur koneksi.
  • 18. .