• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Perangkat jaringan
 

Perangkat jaringan

on

  • 3,889 views

 

Statistics

Views

Total Views
3,889
Views on SlideShare
3,797
Embed Views
92

Actions

Likes
1
Downloads
53
Comments
0

4 Embeds 92

http://lifiaanypangestu.blogspot.com 79
http://rifqikhoyang.blogspot.com 8
http://3067524665288407626_3b0f229b32c421d3b72f5384b424bac31015b212.blogspot.in 3
http://www.rifqikhoyang.blogspot.com 2

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Perangkat jaringan Perangkat jaringan Document Transcript

    • Perangkat Jaringan KomputerJaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputeryang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesaninstan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).Tujuan dari jaringan komputeradalahAgar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta danmemberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client)dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).Desain ini disebut dengansistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudiandihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapatperangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yangsederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya,maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gatewaysebagaiperalatan interkoneksinyaHUBHubAlat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hubdigunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untukmenyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yangmasuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semuakomputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudahbanyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalahkarena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub danswitch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudahdikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.
    • SwitchSwitch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yangada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di NetworkLayer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paketprotokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan makadisebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan SwitchedEthernet LANs.RouterRouter Alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan. router dapatdigunakan jika tersambung paling tidak dengan dua jaringan yang berbeda sehinggapengaturan tersebut membutuhkan sebuah router.Router berada di sisi gateway sebuah tempatdimana dua jaringan LAN atau lebih untuk disambungkan. Router menggunakan HEADERSdan daftar tabel pengantar (Forwarding Table) untuk menentukan posisi yang terbaik untukmengantarkan sebuah paket jaringan dan juga menggunakan protokol seperti ICMP,HTTPuntuk berkomunikasi dengan LAN lainnya dengan konfigurasi terbaik untuk jalur antar duahost manapun.
    • BridgePengertian dari sebuah bridge adalah bekarja pada data link layer pada OSI. bridge adal alatyang digunakan pada suatu jaringan yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yangluas menjadi segment yang lebih kecil. bridge membaca alamat MAC (media access control0dari setiap paket data yang diterima yang kemudian akan mempelajari dridging table untukmemutuskan apa yang akan dikerjakan bridge selanjutnya pada paket data tersebut, apakahditeruskan atau di abaikan. jika switch menpunyai domein collision sendiri-sendiri disetiapportnya, begitu juga dengan bridge memiliki domain collision ttetepi ia juga dapatmembaginya dari sebuah domain collision yang besar menjadi yang lebih kecil, dah bridgehanya akan melewatkan paket data antar segment – segment jika hanya segment itu sangatdiperlukanTerdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:Bridge Lokal : sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.Bridge Remote : dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LANuntuk membuat sebuah Wide Area Network.Bridge Nirkabel : sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel danjaringan LAN nirkabel.GatewayGateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringankomputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasiyang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringankomputer lain yang protokolnya berbeda. Definisi tersebut adalah definisi gateway yangutama.Seiring dengan merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tidak jarang pulapemula menyamakan “gateway” dengan “router” yang sebetulnya tidak benar.Kadangkala, kata “gateway” digunakan untuk mendeskripkan perangkat yangmenghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal inimuncul karena seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer hanyaterjadi di tingkat jaringan komputer yang besar.
    • Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagaiclient dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khususdidedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidakmemiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkanfungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer: Client-server Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Peer-to-peer Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.